Bukit Teletubbies itu Bernama Padang Savana

Padang Savana Banjarnegara mirip dengan taman teletubbies. Dokpri

Dulu sewaktu kecil, saya seringkali menonton salah satu acara favorit anak anak saat itu, yaitu teletubbies. Saat menonton, saya selalu membayangkan dan ber angan angan seperti ini :

“Ada gak ya taman bermain teletubbies seperti itu, saya ingin sekali kesana. Oh seandaianya memang benar ada, pasti saya akan sering sering berkunjung dan bermain di taman tersebut sepuasnya”

Dan bukan hanya saya saja yang suka mengandai andai, tapi teman teman saya yang lain pun juga. Bagaimana tidak, taman yang begitu indahnya membuat hati siapa saja tertarik ingin mengunjunginya. Berlarian naik turun bukit pasti akan sangat menyenangkan. Apalagi jika ada keajaiban seperti di filmnya yang dalam dunia nyata tidak pernah ada ^_^.

Di tahun 2016 kemarin, keinginan saya terkabul saat saya memenangkan lomba blog pariwisata Kabupaten Banjarnegara. Dari hadiah yang berupa paket wisata, saya bersama 4 orang teman lainya berkesempatan untuk berkunjung ke suatu tempat nan indah seperti taman teletubbies bernama Padang Savana yang ada di Kabupaten Banjarnegara tersebut. Mengetahui hal itu, rasanya pun surprise banget, seperti apa sih bukit tabi itu ?

Bukit yang berundak undak mirip sekali dengan bukit teletubbies.Dokpri
Di awal perjalanan, kita menjumpai kebun sayuran seperti kol, cabe, wortel, kentang, carica dan terong belanda yang semakin mewarnai perjalanan kita. Untuk terong belanda, bentuknya seperti buah jambe (pinang) dan bisa dimakan langsung jika sudah matang. Rasanya asam manis dan bibir akan berwarna merah. Saya sampai di ketawain karena di kira habis makan ayam mentah ^_^

Terong Belanda. Dokpri
Ladang sayuran jadi pemandangan indah tersendiri. Dokpri
Naik sedikit keatasnya, kita sudah tidak menemui perkebunan sayuran lagi dan yang tersisa hanya deretan rindangnya pohon pinus dan bunga bunga yang semakin menambah serunya perjalanan. Pengunjung di larang keras memetik bunga apalagi sampai merusak tanaman. Jadi, disini benar benar masih alami dan masih terjaga kelestarianya.

Bunga yang banyak tumbuh di sepanjang jalan merupakan keindahan tersendiri. Dokpri
Seumur hidup saya, saya baru merasakan berada di sebuah tempat yang bersih dan begitu indah bak surga. Bagaimana tidak, suasana dan udaranya yang sangat sejuk membuat hati dan pikiran jadi tenang.

Yang terdengar olehku hanya suara kicauan burung yang begitu merdunya. Kalau kalian pernah mendengar terapi musik mp3 bersuarakan burung dan sejuknya hutan lengkap dengan suara air terjunnya, seperti itulah kira kira suasana yang ada di Padang Savana ini.

Kontur tamannya yang berundak undak dan berbukit bukit, persis sekali seperti bukit telletubbies seperti yang saya tonton saat kecil dulu. Cuma bedanya disini tidak ada rumah teletubbiesnya :D.

Begitu sampai disana, kita pun bermain main mengekpresikan diri karena saking senangnya. Guling guling disini pun semakin asik karena rumputnya sangat tebal dan bersih, apalagi jika musim hujan. Padang Savana ini lokasinya seperti cekungan yang di kelilingi pohon pinus. Udaranya sangat dingin namun menyejukan.

Bermain main di Padang Savana. Dokpri

Di tempat ini juga terdapat cekungan yang berisi genangan air yang bisa di gunakan sekedar untuk cuci muka atau cuci tangan. Di larang buang sampah sembarangan karena disini tempatnya sangat bersih.

Oiya, bagi Anda yang akan kesini, baiknya harus buang air kecil dulu. Karena udara yang sangat dingin akan membuat tubuh lebih cepat untuk kepingin buang air kecil.

Dan karena udaranya dingin, berarti Anda harus membawa jaket atau selimut, sarung juga bisa. Bawa juga makanan dan minuman karena sepanjang perjalanan yang memakan waktu sekitar 1 jam, tidak ada warung.

Saat pagi, kabut akan turun hingga hampir menutupi tempat ini. Waktu dulu saya kesana, jam 11 siang kabut masih menyelimuti walau tidak banyak.

Untuk masalah penginapan, di daerah ini ada banyak sekali penginapan, mulai dari yang ekonomis sampai mewah pun ada. Harganya mengikuti fasilitas yang di sediakan. Berkisar 100 sampai 500 ribuan.

Oiya, oleh oleh yang harus kalian bawa jika Anda kesini yaitu buah carica, sejenis pepaya namun hanya bisa tumbuh di suhu dingin seperti dieng dan daerah ini.



Manisan buah carica, oleh oleh khas Dieng. Dokpri


Carica ini tidak bisa dimakan langsung, melainkan di olah menjadi manisan. Rasanya segar dan manis. Harganya waktu saya beli, satu bungkus 15 ribu isi 5 cup.

Kesimpulanya, ternyata Indonesia itu sangat Indah, bukit teletubbies itu ternyata ada di Banjarnegara Jawa Tengah. Jadi jika Anda ke Banjarnegara, jangan lupa kesini ya ?

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Bukit Teletubbies itu Bernama Padang Savana"

  1. pemandangannya seger bgt,, adem sampe ada kabut gitu.. banjarnegara,hmm.. oneday lah ya kesana...semoga bisa,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren banget pokonya, adem bikin tenang pikiran :D

      Hapus
  2. Balasan
    1. Banjarnegara Jawa Tengah Mbak, DIENG

      Hapus
  3. Wah seneng banget bisa jalan-jalan hadiah lomba blog. BTW pas sampe sana ketemu Teletubbiesnya gak, hahaha...

    Ini sebenarnya tempat wisata dikelola atau gak ya, sayang banget kalo dibiarkan gitu aja. Apalagi tempatnya bagus dan sejuk banget. Kalo saya kesini pasti sering kencing nih, kan jadi beser. Coba disana ada Indomaret ya mas, jadi gak perlu berat-berat dan repot bawa makanan dari rumah.

    BTW, ditunggu komennya di artikel lomba ShopBack ya mas.... Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini di kelola Mas, saya kesini bareng orang dinpar setempat. Pemandanganya keren sangat Mas :D

      Hapus