Kelebihan Kompasiana untuk Lomba Blog



Hai kawan, apa yang kalian rasakan jika sudah montang manting ikut lomba blog, tapi selalu kalah karena pesaingnya keren keren abis karena mereka itu para master yang sudah malang melintang di dunia perbloggeran. Master yang tulisanya bagus, jago desain grafis, dan web designya juga keren. Sedangkan kalian masih newbie, amatiran, pemula, atau pendatang baru. 

Apa yang kalian rasakan jika selalu kalah terus ? sementara saat itu kalian belum bisa seperti mereka. 

Ngenes kah ?


Nah, kalau begitu saya punya solusinya, daftar blog di kompasiana.com saja, karena di kompasiana yang di nilai adalah murni tulisan. Infografis jarang di gunakan disini. Secara kan kompasiana itu sifatnya resmi, seperti artikel di portal berita. 

Dan secara tidak langsung, kita bisa paham bahwa artikel yang nantinya akan di buat di kompasiana itu artikel resmi pula. Bahasa yang di gunakan juga bahasa yang lebih resmi, atau kalau orang bilang pake bahasa baku. Dan gambar gambar yang digunakan lebih lebih cenderung gambar asli hasil jepretan kamera. 

Kalian boleh perhatikan, para pemenang blog contest kompasiana rata rata artikelnya menggunakan bahasa yang lebih resmi (baku) dan jarang di temukan infografis. 

Kalau kita nulis di kompasiana, nantinya admin kompasiana ikut mengedit tulisan kita, namun dengan maksud ingin membetulkan tulisan kita yang mungkin kurang sesuai susunan katanya. Kemaren pas waktu saya nulis di kompasiana dan kebetulan judulnya panjang, oleh adminnya dipotong menjadi lebih ringkas, namun tanpa merubah maksudnya. Dan kita juga gak boleh nulis dengan kalimat lebay apalagi Al@y. Bagi yang masih baru di kompasiana, mungkin akan kaget “kok tulisan saya gak berubah padahal sudah di edit?”. 

Jadi saat kalian mengklik tombol tayang setelah selasai nulis, kalian harus nunggu beberapa saat jika ingin mengedit lagi, sekitar 5 menitan, baru kalian bisa ngedit kembali, kemudian klik tayang lagi, baru deh kelihatan perubahanya. Karena kompasiana itu begitu ketat editorial artikelnya, gak seperti blog pribadi kita di blogger atau wordpress.

Oiya, di kompasiana kita juga gak bisa bikin layout desain blog ya seperti di blogspot atau wordpress, karena kompasiana itu milik bersama. 

Yang paling saya suka jika ikut lomba blog di kompasiana itu karena pendaftaranya mudah, gak ada formulir pendaftaran segala. Artikel akan otomatis terdaftar jika sudah menyematkan label atau tag tertentu dan dalam jangka waktu pelaksanaan. Selain itu juga cek competitor juga mudah karena bisa di lakukan melalui label atau tag itu sendiri. 

Untuk menjadi member kompasiana, dulu saya mendaftar dengan menggunakan email aktif saya. Namun untuk mendapatkan verifikasi, kita diharuskan untuk mengirimkan data data lain seperti scan KTP. Usahakan scan KTP nya yang jelas agar cepat terverifikasi. Biasanya blog yang di perbolehkan ikut lomba di kompasiana haruslah blog yang sudah di verifikasi. 

Kalau dulu saya dapat status verifikasinya agak lama, kemudian ada yang menganjurkan bahwa saya harus menghubungi adminya agar blog kompasiana saya cepat terverifikasi. Dan benar saja, tanpa berselang lama blog saya langsung di verifikasi. 

Di kompasiana, kita tidak bisa melihat artikel versi HTML nya, kita juga tidak bisa membuat artikel dengan paragraph rata kanan kiri seperti blog di blogspot atau wordpress. Tool editor teksnya terbatas. Namun akan lebih mudah jika sudah terbiasa. 

Hal lain yang saya suka dari kompasiana adalah karena berita yang di hadirkan lebih terpercaya dan akurat. Itu karena seperti diatas saya tuliskan, editorial artikel di kompasiana itu ketat. Sehingga lebih cocok dijadikan sumber referensi.

Nah, itulah kelebihan kompasiana, bagi kalian yang ingin ikut lomba namun murni penilaian adalah dari tulisan, ya di kompasiana. #versi_saya

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Kelebihan Kompasiana untuk Lomba Blog"

  1. Blogger yang berasal dari kompasiana saya kira lebih dewa tentang pengetauan dan juga mereka tau bagaimana tulisan itu diracik. banyak belajar dari sana sih tapi blm berani terjun juga ke kompasiana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disana tempatnya orang orang berpengetahuan luas Gus, jarang ada remaja ngeblog disana

      Hapus
  2. Sesuai dengan tagline kompasiana, "Beyond Blogging", kalo ikut lomba disana harus banyak riset, soalnya saingannya intelektual semua, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, isinya Dosen sama ilmuwan semua :D

      Hapus
  3. Saya juga suka untuk mencari informasi dari Kompasiana. Tapi belum berani untuk ngeblog melalui Kompasiana. Thanks sharingnya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya, semua punya kelebihan dan kekurangan masing masing. Salam semangat :D

      Hapus
  4. Kompasiana media buat para master nulis deh... kalau mau belajar nulis bagus, membaca artikel di kompasiana sangat direkomendasikan menurut saya.

    btw saya belum berani ikut lomba di kompasiana haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulisan Masnya sudah layak sekali di kompasiana, bener :D

      Hapus
  5. Berarti lebih master di Kompasiana dong ya, karena yang dinilai lebih ke kualitas tulisan. Pengen sih ikutan daftar. BTW, bikinin dong tutorial lengkap cara daftar atau cara ikut lomba blog di Kompasiana mas, biar pembaca pada tau. Kan lumayan buat nambah artikel juga, hehehe.... Thanks mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja Mas, untuk tips nya saya sudah nulis berulang kali hehehe

      Hapus
    2. Berarti saya harus ngubek-ngubek artikelnya di blog keren ini nih..

      Hapus