Kegemukan dan Penyakit, Tantangan Terberat Blogger


Beberapa waktu lalu saya pergi ke klinik untuk berobat karena sedang flu, oleh perawatnya saya di suruh cek berat badan dan tensi darah. Beruntung karena tekanan darah saya normal yaitu 130mg/hg.

Saya ke kliniknya 4 hari berturut turut. Di hari pertama, berat badan saya masih 59 kg, namun di hari ke tiga naik 1 kg, aliasnya jadi 60 kg. Kalau menurut ilmu kesehatan sih menurutku ideal mengingat tinggi saya sekitar 165 cm. Tapi bukan itu yang mau saya bicarakan. Karena disini saya akan sedikit berbagi cerita tentang kegemukan yang saya alami karena setiap hari duduk di depan laptop. 

Dulu pas masih berat badan saya sekitar 53 atau 54 kg, rasanya tuh enteng sekali, di bawa buat nyelip nyelip celah kecil bisa dengan mudah. Buat lari pun enak karena gak keberatan perut. Badan pun terasa ringan. Nggak berasa rempong pula. Tapi semenjak saya fokus ngeblog 2 tahun terakhir ini, badan saya mulai melar. 

Kemarin saya beli celana pendek, ukuran yang saya pakai yaitu nomor 32. Saya nyantai nyantai aja karena saya kira ukuran 31 itu sudah agak sesak, eh ternyata sampai dirumah setelah saya pakai, ukuran nomor 32 masih sesak, rasanya seperti di tekan. Waduh, kalau begitu besok besok kalau beli harus ukuran minimal 33 dong. Gak kerasa jika semakin lama perut saya semakin buncit. Wah ini pasti efek keseringan duduk di depan laptop nih. 

Dulu saya pernah bikin program olahraga 10 menit sehari saja di dalam kamar agar badan bisa rileks sekaligus menjaga berat badan. Olahraganya pun ringan karena sekedar menggerak gerakan tangan dan sit up 100 kali setiap pagi. Namun ternyata lama kelamaan lupa dan  akhirnya sampai sekarang pun saya sudah tidak melakukanya. Sebenernya badan terasa sangat kaku sekali jika tidak digerakan. Namun karena keinget DL mengejar, akhirnya jadi lupa olahraga walau cuma 10 menit. Manusia mah gitu, nafsunya tinggi. 

Di tambah lagi karena saya setiap hari selalu di jalan naik motor mengitari kota dan kecamatan, badan capek dan kaku. Secara naik motor kan diam tidak bergerak namun tubuh tegang. Apalagi karena saya tidak punya sepeda. Sekarang orang orang ditempat saya hampir sudah tidak punya sepeda karena sudah berganti dengan motor, padahal di desa lho. Kemana mana naik motor yang cepet. Ke warung naik motor, ke masjid naik motor, kemana mana pokonya naik motor. Anak anak sekolah SMP pun sekarang sudah banyak yang naik motor. 

Dan ternyata bukan hanya kegemukan saja yang di akibatkan dari perilaku kerja blogger yang seperti ini, tapi dari kegemukan tersebut juga beresiko terkena penyakit. Karena sering lembur mengejar DL, saya pernah sebulan 4 kali sakit. Saya juga seringkali tensi darah dan tekanannya 160mg/hg, waow. Dulu saya seringkali lembur sampai jam 12 malam kadang malah lebih. Kalau habis lembur, badan rasanya kaku dan lesu sekali. Mata terasa panas dengan sayup hitam seperti mata pocongan. Dan pas pagi pagi rasanya gak karuan. 

Karena sering sakit, sekarang saya mulai sadar bahwa kesehatan itu sangatlah penting. Sekarang saya sudah jarang lembur jika tidak di kejar kejar DL amat. Jam 9 biasanya saya sudah tidur,maksimal jam 10 lah, dan jam 5 sudah bangun. 

Pernah juga saya tidur jam 8, paginya rasanya seger banget, otak juga jadi lebih enak buat mikir. Tapi kalau tidur jam 12, pas pagi rasanya gak karuan, badan lesu dan lemas, otak pun berat sekali buat mikir, kepala juga rasanya sakit. Kalau sudah kayak gini biasanya pekerjaan jadi berantakan. Terkadang juga jadi marah marah sendiri karena pekerjaan gak kelar. 

Sekarang program yang rencananya akan saya jalankan yaitu olahraga setiap seminggu sekali. Joging dan senam ringan menggerak gerakan anggota tubuh biar rileks. Saya juga berencana beli sepeda buat olahraga. Kemarin saya coba pake sepeda keponakan, karena sudah lama tidak naik sepeda, pinggang rasanya enak sekali di gerakan gerakan melalui kayuhan pedal sepedanya. Rasanya seperti sedang membuang penyakit yang bersarang di tubuh. 

Nah, itulah sedikit cerita saya tentang aktifitas ngeblog yang mengancam kita terkena kegemukan dan berbagai macam penyakit. Maka dari itu, kita harus pintar pintar menjaga tubuh agar tetap sehat sehingga rejeki tetap lancar, amin. 

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Kegemukan dan Penyakit, Tantangan Terberat Blogger"

  1. pas akses ngeblog di blok sama it kantor saya pun mesti begadang akhirnya bikin emosi krn kurang tidur wkwkwk alhamdulilah skrg akses nheblog bisa lagi jd saya uda ga begadang lagi 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagus itu, begadang emang mengurangi produktif, pengaruh ke kesehatan pasti

      Hapus
  2. Baru kerasa kalo udah ada dan merasa ada yang kurang bener dengan tubuhnya sendiri...

    BalasHapus