Jawara Blogger dari Tahun ke Tahun


Ilustrasi : http://thayyiba.com
Awal pertama kali saya mengikuti lomba blog yaitu sekitar tahun 2011. Saat itu nama blogger tersohor karena sering menang lomba yaitu seperti Alfian Hoki, Akida Pratama, Hartomo, Pak De Zaki, dan lain sebagainya. Umumnya di tahun tahun tersebut, mereka masih mengutamakan tulisan sebagai focus utamanya. Sedangkan untuk grafis tidak terlalu menonjol.

Saya paling kenal dengan Alfian dengan ciri khas kartun komiknya yang seringkali menang. Pada saat itu, masih banyak blog dengan subdomain gratisan baik itu wordpress ataupun blogspot. Boleh di bilang persaingan blog saat itu masih tergolong mudah karena kualitas tulisan yang menjadi focus utama. 

Selain Alfian, saya juga kenal Pak De Zaki yang juga jago membuat karakter komik dan juga sering menang. Untuk yang jago main grafis dan video, waktu itu ada Hartomo yang hampir semua artikel yang di lombakan, selalu menyabet gelar juara. 


Untuk blogger perempuan, saya kenal dengan blognya Mbak Evrina di evrinasp.com. Beliau juga seringkali menang karen tulisanya bagus dan alurnya jelas. Saya masih ingat saat Mbak Evrina berhasil menjadi juara utama lomba blogdetik bertemakan daur ulang barang bekas. 

Jadi artikel milik Mbak Evrina ini membahas tentang daur ulang kantong plastic seperti bungkus kopi dan mie untuk di jadikan tas oleh ibu ibu di daerahnya. Karena artikel yang solutif, blognya pun berhasil meraih gelar juara 1.


Selain Mbak Evrina, saya juga kenal Mbak Arifah Wulansari dari Jogjakarta. Mbak yang satu ini emang keren banget karena sering kali menang. Itu karena tulisan tulisanya begitu enak untuk di baca, story telling beitu dapat. Bukan hanya di blog pribadinya di arifahwulansari.com, di blognya yang berplatform kompasiana pun beliau seringkali menang.

Dan ternyata, saya tidak tahu jika ternyata selain mereka berdua, ada Mbak Arin Murtiyarini yang juga tak kalah bagus tulisanya. Prestasinya ada banyak sekali, sampai saat ini hampir seratusan lebih. Tulisanya pun tak kalah bagus dengan mereka diatas. Hampir setiap ada event lomba yang di ikutinya, beliau selalu mendapatkan gelar juara. 

Memasuki tahun 2013, mulai terkenal Diko denga blognya handikoo.com yang terkenal infografisnya. Anak yang satu ini pun seringkali menang, bahkan sepertinya blogger mana yang tahu dengan Diko, jawara lomba.

Memasuki tahun 2014 saya absen lomba, hingga akhirnya di tahun 2015 saya mulai kembali dan saat itulah kemenangan pertama saya dapat, rasanya senang sekali. Hingga membuat saya ketagihan dan terus mengikutinya. 


Tahun 2016 adalah masa keemasan saya karena saya cukup seringkali meraih gelar juara. Dan masuk tahun 2017, era baru perbloggeran versi lomba blog mulai di gegerkan dengan hadirnya template page builder yang membuat para blogger berbondong bondong untuk membuat blog dengan tema seperti ini. 

Tahun 2017 ini, mungkin hampir blogger sejagat Indonesia kenal dengan blogger perempuan bernama Mbak Yuni Andriyani dari Jogjakarta. Karena bisa di bilang beliau ini adalah ratu blogger yang sesungguhnya. Kenapa ? karena hampir semua tulisanya memenangkan lomba. 

Bukan hanya tulisanya saja yang bagus, tampi Mbak yang satu ini mempunyai kemampuan grafis di atas atas rata. Selain itu, Mbak Yuni ini juga memperkenalkan page builder kepada khalayak ramai hingga masyarakat blogger beramai ramai membuat blog premium agar bisa mencoba page builder seperti miliknya. 

Dulu saya juga pernah bertanya tanya “Mbak Yuni basic pendidikanya IT ya Mbak ?” 

“Bukan Mas, saya Hubungan Internesional, bukan IT”

Tak kira IT karena ada banyak sekali software yang ia kuasai dengan baik. Seperti photosop, coreldraw, illustrator, software 2D, 3D, 4D, serta skill utak atik page builder yang ia kuasai dengan baik. Wah banyak banget ya ? berapa lama belajarnya dan bagaimana cara belajarnya ? Saya 1 software saja masih amatiran.

Dari Mbak Yuni inilah, banyak orang berbondong bonding untuk belajar lebih tekun dan rajin. Gak apa apa, justru itu bagus. Berbondong bondong karena tak sabar ingin belajar, malah jadi pintar. Dari pada membanggakan sebuah kenakalan yang banyak dilakukan remaja remaja jaman sekarang, rusaklah dunia ini. 


Selain Mbak Yuni, sekarang ada Masruro di blognya kangmasroer.id yang juga menggunakan page builder. Beliau ini yang juga seorang guru SMA, seringkali memenangkan perlombaan menulis di blog karena tulisanya yang intelektual dan banyak di sukai orang. Dulu ia pernah memenangkan lomba menulis yang di adakah oleh ASTRA dan berhasil meraih juara umum, waow….hingga akhirnya menjadi terkenal alias naik daun.

Halaman admin page builder

Selain beliau, ada juga Mbak Langit Amaravati yang sering kali menang. Blognya pun menggunakan page builder, namun lebih di dominasi background putih. Berbeda dengan blog page builder milik blogger blogger lain yang berwarna pelangi. Jadi, tulisan Mbak Langit itu selalu bikin penasaran di setiap pargrafnya. Dan sepertinya semua suka dengan tulisanya. Tak heran jika ia seringkali menang. 

Oiya, ada lagi nih blogger super keren, namanya Abdur Rahman asal Madura. Walaupun ia masih sibuk belajar karena masih berstatus mahasiswa, ia sering kali menang karena tulisanya begitu menarik dan berbobot. Juga di lengkapi dengan infografis menarik sebagai pelengkap artikel. 


Kalau untuk saya sendiri, saya masih belajar dari mereka semua. Cita cita saya kedepan adalah menjadi yang terbaik dari terbaik dengan selalu menimba ilmu.

Dan kalau boleh saya bikin top chart blogger, maka saya akan mengurutkannya seperti ini.

1 Yuni Andiryani
2 Masruro
3 Abdur Rahman
4 Langit Amaravati
5 Evrina Budiastuti
6 Murtiyarini

Kesimpulanya, perkembanga dunia lomba itu mengikuti perkembangan jaman, untuk saya sendiri, saya tetap jadi diri sendiri namun tetap mengikuti perkembangan jaman. Jika dulu pergi kesekolah pake sepeda onthel yang memakan waktu lama, maka jika ada alat transportasi yang lebih memudahkan karena mempersingkat waktu dan banyak orang begitu termudahkan, kenapa tidak mencobanya ? 

Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Jawara Blogger dari Tahun ke Tahun"

  1. Iya ya, mereka jawara2 lomba blog yang hampir tak terkalahkan kalo ikutan lomba

    BalasHapus
  2. Keren2 neh para jawara. Mereka inspiratif bgt

    BalasHapus
  3. Wah, terlalu berlebihan Mas.. Mas Amir nggak tau kalau saya kalah lebih dari separuh lomba yang saya ikuti.. Dan kebanyakan kalau saya pas menang, menangnya karena kelima blogger+Mas Amir itu nggak ikutan hehehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Separuh itu sedikit Mas bagi saya, kalau saya 90 % gak lolos ^^

      Hapus
  4. Keren! Tapi kalo misal halaman blognya terlalu berat, siapa yang mau baca?

    BalasHapus
  5. Ada lagi mas :

    Handiko
    Langit Amaravati
    Irwin
    Adhi
    dan......
    Amir SIlangit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ? amin, semoga, dan Hendra Suhendra juga :D

      Hapus
  6. Wah, keren deh mas Amir ini sering menang lomba blog. Jawara2 blog itu aku salut loh kayak mbak Yuni dari Jogjqa bisa menguasai keahlian blogging padahal bukan dari IT.

    BalasHapus
  7. Blogger Jawara memang keren semua. Mas Amir juga keren prestasinya dalam dunia blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya masih bayak belajar Mbak :D

      Hapus
  8. salam kenal mas amir. blog mas amir juga enak dibacanya. tulisannya mengalir. saya yang belajar ngeblog, alias nubie ini suka. dan dengan posting yang ini, jadi nambah referensi blog orang sebagai bahan belajar. baik itu tulisan atau desain :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, moga bermanfaat :D

      Hapus
  9. Ahh kak Langit... aku ngefans banget sama tulisan-tulisannya! hehe thank you untuk berbagi informasi ini mas, sebagai blogger baru akhir2 ini ak jadi sering bloogwalking ke beberapa blog lain buat baca tulisan2 orang dan belajar dari situ... so, artikel ini bisa jadi referensi! :) Salam kenal mas amir!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Langit emang keren, saya juga suka tulisanya, selalu bikin penasaran. Btw salam kenal juga

      Hapus