Indahnya Curug Bajing Petungkriyono Pekalongan

Curug bajing dari kejauhan. Dokpri
Beberapa waktu yang lalu, saya beserta rombongan promotor wisata yang terdiri dari blogger, wartawan, droner dan fotografer, berkunjung ke salah satu wisata alam yang baru baru ini popular di kota Pekalongan, yaitu Wisata Alam Petungkriyono. 

Di pertemukanya kami semua dalam perkumpulan ini karena kita semua terpilih menjadi peserta Amazing Petung National Explore (APNE) yang di adakah oleh pemerintah kota Pekalongan. Ah senang sekali rasanya bisa bertemu dengan orang orang hebat secara langusung. 

Nantinya para peserta bertugas mempromosikan destinasi wisata yang di kunjunginya melalui karya melalui kategorinya masing masing dan di perlombakan. Karena saya seorang blogger, maka saya mempromosikanya dalam bentuk artikel. Dan pada kali ini, saya ingin menuliskan tentang keindahan alam petungkriyono pada spot curug bajingnya yang keren banget. Yuk kita mulai. 

Curug bajing adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter lebih. Lokasi curug bajing itu sendiri berada di desa telogo pakis kecamatan petungkriyono Pekalongan. Untuk mencapai tempat ini kita bisa naik angkutan umum melalui terminal angkot di Kecamatan Doro menggunakan angkot bak terbuka bernama anggun paris (angkutan gunung pariwisata) dengan membayar 500 ribu untuk 12 orang.

Selama perjalanan, kita akan melewati hutan hutan belantara yang masih sangat alami dan tidak ada penerangan di sepanjang hutan. Track yang di lalui pun masih berupa jalan gragal aspal aspal berlubang. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Buat Anda yang akan kesini, pastikan kendaraan Anda full bensin dan sudah di service. Karena di jalan tidak ada penjual bensin dan bengkel serta jalanya naik turun. Jangan sampai kendaraan Anda macet di tengah jalan, nanti ketemu simbah bisa berabe. 

Sesampainya di curug bajing, kita bisa membeli tiket masuk beserta jasa parkirnya yang sekaligus di gabung dalam selebar karcis sebesar 7 ribu rupiah. Parkir 2 ribu dan tiket 5 ribu. Untuk menuju curug bajing dari area parkiranya, kita hanya berjalan sekitar 10 menit.  

Wah keren banget, air terjunya itu tinggi banget lho, dan debit airnya sangat deras walaupun di musim kemarau. Yang menarik dari curug bajing ini yaitu karena kontur curug bajing ini berundak undak pada bagian bawahnya. Karena debit air yang deras, curug bajing juga di jadikan pembangkit listrik dengan menggunakan kincir air. Jadi di sini tidak ada yang namanya mati lampu. 

Di sekitaran curug bajing, kita banyak menemukan warung warung yang menjual aneka makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Khusus untuk warung yang tepat di bawah air terjunya, makanan dan minuman yang di jual disini sangat murah. Kenapa murah ? karena tanah dekat warung tersebut berdiri, merupakan tempat petilasan yang dulunya pernah di diami orang sakti. Jadi, ibu tukang warungnya di beri wasiat agar daganganya tidak di jual mahal atau di bawah standar dari harga harga di warung lainya. 

Curug bajing dari dekat. Dokpri

Menurut penuturan sang ibu warung, itu di karenakan kita sebagai manusia harus saling memudahkan antara satu dengan yang lainya, dan karena kita hidup di dunia tidaklah selamanya.

Di curug bajing ini, kita tidak hanya bisa menikmati keindahan air terjunya saja, tapi kita berselfie di pohon selfie yang sudah di sediakan, atau di panggung yang berbentuk love yang letaknya ada di bawah air terjun, wak asik banget pokonya. 

Untuk soal kebersihan, lingkungan disini juga cukup bersih. Banyak tempat tempat sampah tersedia disini. Toilet pun cukup bersih. Dan yang pasti air terjun disini bersih dan jernih. 

Oiya, khusus untuk daerah petilasan seperti yang di atas saya tuliskan, kita tidak boleh berbicara sembarangan apalagi buang hajat. Pacaran juga di anjurkan jangan, apalagi sampai melakukan hal hal aneh, bisa tau sendiri akibatnya. 

Bagi Anda yang ingin menginap, disini juga menyediakan penginapan di daerah kecamatan, letaknya pun tidak jauh dari curug bajing. Harga sewa per kamarnya yaitu 180rb per malam. 

Kedepan, infrastruktur terutama jalan menuju curug bajing akan terus di perbaiki, agar supaya akses menuju kesini semakin mudah. Sehingga para wisatawan pun semakin banyak yang berkunjung ke curug bajing ini. 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Indahnya Curug Bajing Petungkriyono Pekalongan"

  1. Waktu naik dari pintu masuknya dan melihat deretan warung-warung dan toilet yang sudah tertata, langsung salut dengan pengelolanya. Nggak ada kaki lima liar yang merusak pemandangan sehingga tempat wisata Curug Bajing punya kesan bersih dan rapi. ^^

    BalasHapus
  2. Iya, pokonya keren dan masih alami. Semoga tatanan ruangnya semakin bagus kedepanya

    BalasHapus
  3. hmmm .. pekalongan bukan hanya batiknya aja yang bagus.. rupanya alamnnya juga mempesona ya :)

    BalasHapus