Karena Sehat adalah Harga Mati Sebelum Kita Mati

Sumber foto : http://health.liputan6.com
Teman, kesehatan adalah barang yang sangat mahal sekali. Sebanyak apapun harta yang kita miliki, jika tubuh kita sakit maka kita tak bisa merasakan nikmatnya harta tersebut. Coba lihat artis Julia Peres, walaupun duitnya banyak, namun harus terbaring tak berdaya di rumah sakit selama berbulan bulan. Gak mau banget kan kayak gitu ?

Kalau boleh memilih, saya lebih mending punya duit banyak tapi tetep sehat. Karena sehat, kita bisa melakukan banyak hal, seperti bercengkarama dengan anggota keluarga, teman teman, travelling, kopdaran bareng blogger, jalan jalan dan lain sebagainya. Karena sehat adalah harga mati sebelum kita mati.

Deadliners, saya yakin, kalian terutama para blogger yang sering dikejar kejar tugas dan harus diselesaikan segera, pasti gugup. Dan jika waktu sudah mepet, seringkali harus lembur hingga akhirnya kurang tidur. Kurang tidurnya bukan hanya sehari dua hari, tapi berhari hari bahkan berbulan bulan. Terlebih bagi kalian yang menyandang predikat sebagai blogger deadliners, karena gak mau karyanya di contek atau idenya sama, maka postingnya mepet mepet DL, setengah jam sebelum DL dan umumnya jam 12 malam.

Jika sudah begitu, keesokan harinya badan lemas, mata sayup sayup dan terasa panas. Banyak penelitian membuktikan, orang yang kurang tidur usianya lebih pendek. Iya sih bahwa umur itu ada di tangan Tuhan, namun yang menjadi perantara adalah bagaimana manusia itu menjalani pola hidupnya. Jika hidupnya sering bertaruh dengan kesehatan, maka sakit adalah resikonya. 

Kurang tidur itu rasanya sangat tidak enak sekali. Pokonya tidak enak. Karena kurang tidur, pekerjaan jadi berantakan. Otak susah konsentrasi karena otak juga lelah dan butuh istirahat. Bahkan karena kurang tidur, orang bisa marah marah sendiri. Untuk saya sendiri, cara mengatasi kurang tidur yaitu dengan pandai mengatur waktu. Yaitu membuat jadwal jika sudah jam 9 malam harus sudah istirahat, dan paling telat jam 10 malam. Dan tidur lebih cepat lebih baik.

Saat bangun pagi, usahakan untuk berolahraga walau hanya gerakan sederhana. Tubuh yang kurang gerak akan terasa kaku. Jika sudah begitu, saat dibawa tidur pun lebih sulit. Biasanya jika sudah begini, tidurnya hanya merem mereman seperti tidurnya ayam yang sebentar sebentar bangun. Maka dari itu, olahraga atau mengerak gerakan tubuh walau hanya gerakan sederhana itu penting agar otot tidak kaku.

Untuk saya pribadi, biasanya dengan melakukan push up sebanyak 20 kali, sit up 100 kali, jalan ditempat, berjalan kaki saat ke warung/mesjid daripada menggunakan motor, senam didalam kamar, dan lain sebagaianya. Dengan cara seperti itu, badan saya jadi agak mendingan. Otot yang tadinya kaku menjadi rileks, tidurpun jadi lebih enak.

Sebenarnya saya ingin sekali jogging di alun alun atau tempat berolahraga biar olahraganya maksimal, tapi karena jauh jadi agak malas. 

Sekiranya hanya itu yang bisa saya bagikan, semoga kita semua selalu bisa menjaga kesehatan agar tubuh tetap sehat dan tetap bisa berkarya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Karena Sehat adalah Harga Mati Sebelum Kita Mati"

  1. makasih dah bagiin tipsnya, semoga tetap sehat meski DL menghantui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita semua tetap sehat walafiat agar bisa terus berkarya

      Hapus
  2. Semoga di sisa hidup ini, bisa digunakan untuk yang lebih manfaat lagi ya, Mas..aamiin..

    BalasHapus
  3. Kalau nulis mepet dl, selain ga sehat, hasilnya jg ga maksimal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, sekarang saya lebih memilih nulis jauh jauh hari atau awal awal biar gak mepet DL

      Hapus
  4. Sehat akan terasa nikmat saat sakit, makanya sebaiknya jangan dzalim terhadap badan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mbak, saat sakit, kita jadi iri melihat orang orang diluaran yang sehat

      Hapus
  5. Saya juga mendingan banyak duit tapi tetap sehat mas, hehehe... Kirain lomba blog lagi, ta cariin kok gak ada link atau produk.

    Masih mending sih mas Amir, kalo saya udah dikejar deadline artikel, ditambah kerjaan pula, pening sirah nyonge

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tetep sehat dan banyak duit. Ini bukan lomba, hanya artikel biasa. Kerjaan banyak, kejar DL pula, tapi semua terselesaikan di Sabang Aceh nanti :D

      Hapus
    2. Hahaha bisa bae dah ah... Belum jalan mas, masih lama

      Hapus