Wisata Alam Menarik di Surabaya

Surabaya. Foto : http://www.skyscrapercity.com
Sebagai kota yang dijuluki kota pahlawan dan sekaligus merupakan kota kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta, suasana kota Surabaya juga hampir sama dengan Jakarta yang panas dan macet. Namun Jika di Jakarta kita sulit menemukan area hijau, di Surabaya kita masih mudah menemukannya. Salah satunya yaitu Hutan Mangrove, dimana tempat ini juga merupakan tempat wisata alam yang menarik di Surabaya. Makanya setiap hari libur tiba, warga Surabaya berdatangan ke tempat ini untuk berlibur melepas penat dari rutinitas harian yang menyibukan. Dan berikut adalah 3 wisata alam yang ada Surabaya dan layak untuk di kunjungi. 

Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya. Foto : http://www.diarysivika.com
Merasakan sejuknya udara segar di lingkungan perkotaan merupakan keunikan tersendiri. Dan di Surabaya ini terdapat sebuah hutan wisata bernama Hutan Mangrove Wonorejo. Bagi Anda pecinta alam, hutan ini cocok sekali untuk dijadikan destinasi wisata bersama teman atau keluarga.

Di hutan ini Anda bisa menyaksikan secara langsung 7 jenis primata dan 80 jenis burung yang hidup secara bebas. Untuk tanaman bakau (mangrove) itu sendiri disini ada 16 jenis. Untuk menysusuri hutan mangrove ini, disediakan jalan setapak yang terbuat dari kayu yang cukup aman, dan pada bagian sekelilingnya merupakan rawa rimbun yang di tumbuhi pohon bakau.

Agar puas berkeliling, Anda juga bisa menyewa perahu menyusuri arus sungai hutan dengan biaya per orang Rp 25.000,- bagi orang dewasa, dan Rp 15.000,- bagi anak 5 tahun keatas. Sementara bagi balita 5 tahun ke bawah tidak dikenakan biaya alias gratis. Sesekali Anda juga akan melihat biawak yang berenang di sungai. Bagi para instagramer, tempat cocok sekali untuk dijadikan spot berfoto foto.

Menyusuri hutan mangrove dengan perahu. Foto : http://www.diarysivika.com
Ekowisata yang menjadi kebanggaan warga Surabaya karena menyimpan potensi wisata penyelamat lingkungan ini lokasinya berada di Jl Raya Wonorejo Rungkut Surabaya. Dari Kampus STIKOM Surabaya jaraknya pun cukup dekat. Atau jika kesulitan buka saja google maps, pasti langsung ketemu.

Hutan Mangrove Gunung Anyar

Hutan mangrove gunung anyar. Foto : http://wisatalova.com
Nah, selain Hutan Mangrove Wonorejo, juga ada Hutan Mangrove Gunung Anyar. Lokasi hutan ini pun tak jauh dari hutan Wisata Mangrove Wonorejo, yaitu berada di daerah Gunung Anyar atau sekitar 2 km dari kampus UPN Veteran Surabaya. Tempatnya pun tak kalah menarik dengan Hutan Mangrove Wonorejo. Disini Anda bisa melihat fauna endemic yang juga hidup di alam bebas, seperti monyet ekor panjang, butung kuntul putih besar dan itik kelabu.  

Ada nilai eksotis tersendiri saat Anda berkunjung kesini. Di antaranya karena menggunakan perahu nelayan untuk menuju ke tempat ini. Begitu masuk ke tempat wisata ini, Anda bisa melihat hutan mangrove, laut, flora dan fauna yang unik.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini juga bisa ikut serta menanam pohon bakau di area tersebut. Keberadaan hutan wisata ini juga melibatkan banyak unsur masyarakat setempat, seperti petani tambak, nelayan, UKM, RT, RW, PKK, Forum Kemitraan Polisi, Karang Taruna dsb.

Hutan Bambu

Hutan bambu Surabaya cocok untuk berlibur bareng keluarga. Foto : http://www.kelilingkota.com
Nah, selain hutan mangrove diatas, Surabaya juga memiliki tempat wisata teduh yang bikin ngantuk karena suasananya yang sejuk dan adem. Tempat ini cocok sekali untuk bersantai, berfoto foto atau sekedar jalan jalan bersama keluarga. 

Surabaya memang patut di acungi jempol. Mengapa ? Karena dulu tempat ini adalah tempat pembuangan sampah, namun karena adanya perhatian serius dari pemerintah, tempat ini di sulap menjadi tempat wisata alam yang sejuk. Tujuan dari di buatnya tempat ini adalah sebagai lahan hijau karena panasnya kota, juga sekaligus menjadi tempat wisata. 

Bagi Anda yang suka refleksi kaki, disini juga disediakan tempat refleksi kaki yang terbuat dari kerikil. Sedangkan bagi Anda yang membawa anak anak, tempat ini juga cocok sekali karena tersedia wahana bermain anak anak. Dan tentunya, tidak dikenakan tarif untuk masuk ke tempat ini, aliasnya gratis.

Arena bermain anak hutan bambu Surabaya. Foto : trepling.xyz
Nah, itulah 3 wisata alam menarik yang ada di Surabaya. Dan tentunya berkunjung ke Surabaya menikmati semua pesonanya tidak cukup hanya 1 atau 2 hari saja, karena selain wisata diatas, masih banyak sekali tempat wisata keren lainya di Surabaya. Paling tidak Anda butuh 3 sampai 4 hari agar puas berkeliling kota. Dan pastinya harus menginap dong. Tapi tenang, di Surabaya banyak sekali ko’ hotel atau tempat menginap, dari yang paling murah sampai yang paling mahal dengan fasilitas wah pun ada.

Hotel yang Murah di Surabaya

Berbicara soal hotel, disini saya akan merekomendasikan hotel murah di Surabaya dari Airy Rooms. Airy Rooms adalah perusahaan tekhnologi yang mengelola kamar kamar hotel berkualitas dengan harga terjangkau. 

Halaman home website airy room. Sumber : https://www.airyrooms.com/
Di Surabaya ini terdapat banyak hotel kerjasama Airy Rooms dengan tarif ramah kantong. Contohnya seperti Airy Gubeng Kalibokor dengan tarif per mulai dari Rp 257. 450,- permalam. Jaminan kenyamanan yang disediakan seperti tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air hangat, WiFi, air minum, TV layar datar dan AC. Lokasi hotel ini berada di Jl. Kalibokor No. 27, Gubeng, Surabaya.

Kamar hotel Airy Rooms Kalibokor Surabaya. Foto : airy rooms
Selain hotel diatas, juga ada hotel Airy Tanjung Perak Sultan Iskandar Muda, hotel Airy Eco Syariah Sukomanunggal, dan lain sebagainya. Dan tentunya dengan harga dan fasilitas kenyamanan yang tiada 2 nya. 

Btw, mengapa sih harus menginap di hotel jaringan Airy Rooms ?

Nah, untuk menjawab hal ini saya akan membagikanya dalam 6 point, diantaranya :
  1. Karena tarif sewa hotel di Airy Rooms itu murah
  2. Airy Rooms adalah jaringan hotel dan guest house terbesar di Indonesia dengan jumlah properti hotel terbanyak
  3. Fasilitasnya oke karena memiliki 7 jaminan fasilitas di setiap kamar, seperti  AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis 
  4. Bisa dipesan melalui website, Android Apps dan iOS Apps
  5. Pembayarannya flexible, bisa bayar lewat bank transfer dan juga kartu kredit
  6. Hotelnya mudah ditemukan di semua kota jaringan hotel Airy Rooms

Selain itu, banyak pelanggan yang telah puas setelah menginap di hotel dari Airy Rooms, lihat gambar dibawah 


Kesimpulanya, Surabaya merupakan kota besar yang hampir menyerupai Jakarta. Namun begitu Surabaya juga masih memiliki wisata alam yang unik dan layak untuk di kunjungi. Seperti yang saya ceritakan di atas. Untuk menikmati kota Surabaya tidak cukup hanya 1 atau 2 hari, paling tidak 3-4 hari, maka dari itu pengunjung perlu untuk menginap. Dan disini Airy Rooms menyediakan kamar kamar hotel untuk Anda sewa dengan kenyamanan adalah prioritas utamanya, namun dengan harga yang murah dan bersaing. Nah, itu saja yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat, terimakasih dan sampai jumpa :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Alam Menarik di Surabaya"

Posting Komentar