Menjadi Gravitasi di Lingkungan Sekitar karena Hobi IT

Sebuah percakapan yang sering terjadi waktu saya terlalu lama nganggur dulu.

Orang-orang : “Hai Amir, kamu kerja dimana sekarang?”

Saya : “Masih nganggur Mas/Mbak”

Orang-orang : “Lho, kok masih nganggur ?”

Saya : “Iya, entah kenapa saya ini sulit sekali mendapatkan pekerjaan, tidak seperti teman teman yang lainya karena begitu mudahnya mendapatkan pekerjaan”

Orang-orang : “Lah trus, apa yang sekarang kamu kerjakan agar tetap ada pemasukan ? secara kan kalau kantong selalu kosong itu bisa bikin pusing kepala beb”

Saya : “Saya hanya bekerja seadanya, kadang sering minta sama orang tua buat jajan”

Orang-orang : “Lah kok gitu?”

Saya : “Ya mau bagaimana lagi, entah ada apa dengan diriku ini, surat lamaran kerja yang jumlahnya puluhan itu tidak kunjung mendapat kabar baik”

-------------------------------------

Ya, sebelum menjadi blogger seperti sekarang, dulu saya ini terlalu banyak nganggur. Saya paling lama kerja itu 2 tahun, ndak sampai 5 apalagi 10 tahun. Selebihnya saya hanya kerja 4 bulan, 7 bulan, bahkan ada yang 3 hari, karena ndak betah lalu saya keluar.

Baca juga : sengaja merenovasi kamar hanya untuk ikut lomba blog

Ya begitulah, entah kenapa dengan saya ini, yang tidak seberuntung orang lain karena begitu mudah mendapatkan pekerjaan. Bisa merasakan nikmatnya bekerja, menerima gaji setiap bulan, membeli barang barang favorit, beli ini beli itu, dan lain sebagainya tanpa meminta dari orang tua. 

-------------------------------------

Namun begitu, saya tetap bersyukur karena saya paham bahwa Tuhan itu sedang merencanakan sesuatu yang indah untuk saya nanti. 

Dan benar saja, dimasa masa pahit tersebut, saya ini begitu dikenal dikalangan warga sekitar karena saya memiliki hobi yang berkaitan dengan tekhnologi informasi dan menulis. Saking hobinya, sebagian besar uang saya digunakan untuk menekuni hobi IT ini.

“Hasilnya apa, Mir?”

Hasilnya, saya jadi sedikit banyak tahu tentang dunia IT, seperti komputer, software, aplikasi aplikasi, smartphone dan solusi solusinya. Dan dari hobi nulis, sekarang saya sudah memiliki pekerjaan tetap, yaitu menjadi blogger lepas.

Enaknya jadi blogger adalah bisa memiliki waktu yang fleksibel, tidak terikat, tidak diperintah perintah atasan karena saya adalah bos buat diri sendiri, dan lain sebagainya. Dan yang paling penting dari hasil ngeblog, saya sudah bisa berpenghasilan, sehingga saya jarang minta uang sama orang tua.

“Lah, trus, yang dimaksud dengan gravitasi seperti pada judul diatas itu apa ?”

Jika dalam pelajaran fisika, gravitasi adalah gaya tarik bumi karena bumi memiliki massa yang lebih besar dari benda lain, sehingga benda akan tertarik atau terjatuh ke tanah. Sedangkan dalam hal ini, yang dimaksud dengan gravitasi pada diri saya adalah karena seringkali saya dimintai bantuan oleh tetangga, teman, saudara dan lain sebagainya saat mereka menghadapi masalah dengan komputer, smartphone atau hal lain yang berkaitan dengan IT. 

O iya, mohon maaf sebelumnya kepada para pembaca semua bahwa saya ini tidak bermaksud apapun (pamer/riya) karena memang tema pembahasan kali ini adalah tentang gravitasi dalam rangka mengikuti lomba blog luna. Dan berikut adalah orang orang yang seringkali bertanya pada saya saat menghadapi masalah tersebut

[1] Muslimin
Muslimin atau kakak saya ini, hobi sekali bermain smartphone, namun karena mungkin pengetahuanya masih kurang tentang IT, maka seringkali ia meminta bantuan kepada saya saat menghadapi masalah dengan hp atau akun aplikasinya. Seperti beberapa waktu lalu saat bbm nya eror, Beliau meminta saya agar bbm nya lekas normal kembali.

Saat kakak saya meminta bantuan saya. Dokpri
Selain bbm, kemaren kakak saya ini juga bermasalah dengan koneksi internetnya, dan bingung harus cari operator seluler apa yang sebaiknya dipilih agar aktifitas internetnya bisa lancar kembali.

Nah, karena selama ini saya tidak ada masalah soal provider internet untuk akses internet, maka saya pun menganjurkannya untuk menggunakan provider internet dengan merk seperti yang saya gunakan, dan akhirnya masalahpun terselesaikan. 

Dan bukan hanya itu saja, hampir setiap hari saya selalu menjadi tempat bertanya jika ada masalah soal aktifitas internetnya, seperti cara merubah profil di akun gamenya, menerjemahkan bahasa dan lain sebagainya.

[2] Yusuf
Orang kedua yang sering bertanya pada saya adalah Yusuf. Dia adalah teman saya yang saat ini baru duduk di kelas 1 SMK jurusan IT. Karena kita sama sama hobi IT, dan saya sudah lama menekuni hobi ini, maka jika saya sudah ngobrol denganya, yang dibahas pasti soal IT.

Seperti kemarin nih saat dia ingin tanya seputar blogging, maka saya pun menjawabnya sebisa saya. Seperti bagaimana membuat blog, merubah template, mendaftarkan blog ke search engine, kontes blog, dan lain sebagainya.

Saat Yusuf teman saya sedang belajar bersama saya tentang blog. Dokpri
Selain itu saya juga seringkali ditanyai seputar software edit gambar Photoshop karena program tersebut di ajarkan disekolahnya. Seperti bagaimana cara menduplikat gambar, menseleksi gambar, menambahkan teks, membuat animasi dan lain sebagainya. 

Bukan hanya itu saja, pokonya setiap kali ketemu, ada banyak pertanyaan yang ia lontarkan ke saya karena ia begitu penasaran dengan hobi IT yang saya tekuni selama ini. Dan kebetulan ditempat saya, masih jarang sekali orang yang memiliki hobi IT ini, makanya saya jadi tempat bertanya olehnya.

Oiya, karena Yusuf juga penasaran bagaimana membuat blog, setelah kita sharing bareng, blognya pun berhasil ia buat. Namun karena tampilan blognya dirasa kurang menarik, dan sudah berusaha mengganti templatenya tapi masih gagal, akhirnya ia meminta bantuan saya untuk menggantinya. Dan sekarang template blognya pun sudah berubah. Untuk Blognya bisa dilihat disini. Juga karena saya sering ikut lomba blog, ia pun pernah beberapa kali ikut lomba blog juga seperti saya.

[3] Teguh
Teguh adalah teman saya. Teguh ini memiliki seorang adik yang masih duduk dibangku SMK, namanya Arif, dan saya belum mengenalnya. 

Karena adiknya ingin membeli laptop, namun karena Teguh tidak paham tentang laptop, seperti bagaimana menggunakanya, dimana membelinya, harganya berapa dan lain sebagainya, maka dia pun meminta bantuan saya untuk menemaninya membeli laptop untuk adiknya. 

Saat Arif belajar bersama saya. Dokpri
Akhirnya setelah dana terkumpul, ia pun mengajak saya untuk membeli laptop untuk adiknya. Dan memang benar, teman saya ini tidak paham soal laptop. Kasihan juga jika dia beli sendiri, nanti malah bingung sendiri jadinya. Dan akhirnya pun dengan bantuan saya, teman saya bisa mendapatkan laptop dengan merk terbaik untuk adiknya.

Namun karena Arief baru pertama kali menggunakan laptop, sistem operasinya sempat eror dan merasa kebingungan bagaimana memperbaiknya. Kemudian ia pun datang ke rumah saya dan saya coba memperbaiknya, dan akhirnya masalah pun teratasi dan laptop normal kembali. Dari kejadian ini, sayapun jadi punya teman baru

[4] Toro
Mas Toro ini adalah tentagga saya. Beliau ini hobi sekali chating di bbm. Namun karena beliau tidak begitu paham soal aplikasi aplikasi di smartphone, beberapa waktu lalu bbm nya tidak bisa dibuka. Kemudian ia pun meminta bantuan saya agar masalahnya bisa teratasi. Dan ternyata hal itu disebabkan karena masih ada aplikasi pendukung yang belum terinstall. Dan beliau tidak tahu soal itu. Setelah smartphonenya saya instal aplikasi pendukungnya, akhirnya bbmnya pun berjalan normal.

Mas Toro saat bertanya soal bbmnya yang sedang problem. Dokpri
Bukan hanya itu saja, setiap kali kita ngobrol, seringkali ia menanyakan tentang hal hal seputar IT, seperti aplikasi andorid, merk merk handphone, tentang kegiatan saya, dan lain sebagainya.

[5] Ruri
Mas Ruri adalah tetangga saya. Beliau ini juga hobi sekali bermain smartphone. Namun karena pemahaman soal IT belum masih sedikit, maka setiap kali kita ngobrol, hampir selalu melontarkan pertanyaan seputar IT terutama internet.

Seperti beberapa waktu lalu saat ia kesulitan berinternetan karena smartphonenya sulit menangkap sinyal. Maka ia  pun bertanya pada saya mengenai modem apa yang baiknya digunakan agar  aktifitas internetnya tetap lancar. Dan setelah saya merekomendasikan sebuah merk, akhirnya ia berhasil mendapatkan modem tersebut dan bisa internetan dengan lancar. Namun untuk orang ke 5 ini saya tidak ada fotonya untuk di tampilkan

Nah, itu hanya sedikit dari tetangga tetangga saya yang tiap kali bermasalah soal IT, selalu lari ke saya untuk bertanya. Mereka menjadikan saya sebagai tempat bertanya (gravitasi) agar masalahnya bisa teratasi.

Selain mereka, hampir setiap orang didaerah saya itu penasaran dan antusias ingin bertanya pada saya, terutama soal profesi yang sedang saya jalani.  Anggapan mereka terhadap tuh seperti ini “Masa didaerah pelosok seperti ini ada pekerjaan yang berhubungan dengan internet, memangnya bagaimana dan apa itu internet ?” 

Dan biasanya setiap kali saya bercengkrama dengan tetangga, mereka mendekati saya kemudian bertanya seperti ini :

“Mir, kamu kerjanya apa sih, katanya kerja di internet, kerja di internet itu bagaimana sih?”

Juga seringkali saat dijalan saat naik motor, saya distop untuk ditanyai karena penasaran dengan aktifitas saya di internet. Ada juga yang tiba tiba senyum senyum disertai rasa antusias ingin bertanya pada saya tentang apa yang tengah saya lakukan. Dan dikemudian hari ia menemui saya untuk bertanya tanya.

Bahkan sampai ada 2 orang tetangga saya yang ternyata secara diam diam, mengingingkan agar saya tergerak untuk memajukan kampung saya melalui tulisan tulisan dan pemikiran yang sering saya lakukan. 

Mereka ingin agar kampung saya mendapatkan dana dari pemerintah untuk memperbaiki jalan jalan yang rusak dan jembatan yang belum dibangun melalui sebuah proposal. Karena memang bisa dibilang kampung saya ini termasuk kampung terpencil dengan kondisi jalan yang perlu diperbaiki terutama dimusim hujan dan butuh sentuhan pemerintah. Semua itu bertujuan agar berdampak pada perkembangan ekonomi masayarakat ke arah yang lebih baik. Untuk hal ini semoga saya bisa merealisasikan.

Hal hal lain yang menarik diri saya karena saya menjadi gravitasi adalah soal pekerjaan rumah atau merawat rumah. Seperti mengepel, menyapu halaman, mencuci piring, membantu emak dikebun, mencari kayu bakar, membeli gas, mengantar emak kepasar, membersihkan kamar mandi, ke sawah, panen, bahkan kadang memasak pun saya yang mengerjakan. Tidak heran jika saya sering kecapean lalu sakit, bahkan sampai 3 kali dalam sebulan. Untuk yang sakitnya jangan di tiru ya ? ^_^

Bertanggung jawab pada seluruh pekerjaan rumah. Dokpri
Boleh dibilang semua pekerjaan saya yang lakukan. Maklum karena saya tidak mau emak saya kecape’an kemudian jatuh sakit. Dan itu saya lakukan karena dirumah hanya ada saya, makanya semua saya lakukan. Saya bersyukur memiliki rumah, sementara masih banyak orang orang diluar sana harus kedinginan karena berstatus tunawisma.

Dan dari semua yang saya lukan diatas kemudian Anda bertanya "bagaimana caranya agar bisa menjadi gravitasi buat orang lain?"

Caranya yaitu dengan selalu tekun belajar, rajin, ulet, berkemauan keras dan pantang menyerah, serta rasa tanggung jawab. Selain itu saya juga selalu menanamkan sikap optimis terhadap sesuatu yang sulit. Karena biasanya jika hal sulit itu hanya di angan angankan saja tanpa dicoba, justru akan semakin menciutkan mental. Sementara jika kita berani mencobanya, malah akan menjadikannya semakin mudah.

Dan untuk sampai saat ini, aktifitas yang selalu saya lakukan dengan dedikasi tinggi yaitu menulis dan menulis, karena dari menulis aku hidup. Prestasi dari menulis saya sampai saat ini masih sedikit dan masih bisa dihitung dengan jari, mau liat ? klik disini

Nah, itulah sedikit cerita saya tentang gravitasi di lingkungan sekitar, bagaimana dengan Anda ?

Noted : Artikel ini sebenarnya adalah artike kompetisi, namun karena terjadi kecurangan yang dilakukan oleh penyelenggara hingga menyebabkan ratusan peserta kecewa, akhirnya produk yang sebenarnya juga di ikut di sematkan di artikel ini saya turunkan sebagai bentuk solidaritas sesama peserta kompetisi.

Subscribe to receive free email updates:

76 Responses to "Menjadi Gravitasi di Lingkungan Sekitar karena Hobi IT"

  1. Mantap tulisannya! saya jadi kepengen punya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smartphone luna emang keren banged, kameranya setara iPhone 6S

      Hapus
  2. Semoga menjadi gravitasi positiv di lingkungan sekitar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ain, trimakasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  3. Mas Amir memang gravitasi buat tetangga y mas. Banyak yg ingin belajar dari mas amir, bahkan ada yg ingin dibantu buat proposal spy jalan diperbaiki.
    Btw mas amir juga keren lho, mau bantu2 pekerjaan rumah tangga. Salut deh
    Good luck ya, lihat luna jadi pengin beli jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, karena saya bertanggung jawab atas semuanya

      Hapus
  4. Balasan
    1. Trimakasih sudah berkungjung Bang...

      Hapus
  5. Semoga bisaa menjadi grafitasi para perempuan juga ya mas, hihi... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja, trimakasih kunjunganya

      Hapus
  6. mempunyai banyak ilmu pengetahuan seperti mas amir ini memang banyak di butuhkan orang orang sekitarnya.Apalagi pengetahuan di bidang IT yang notabene masih jarang banget orang yang paham.

    salut deh buat mas amir ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, saya masih sedikit banget wawasanya soal IT Mas, masih banyak belajar

      Hapus
  7. MAs Amir keren sekali selain hobi IT juga bisa meracuni orang-orang dilingkungan sekitar untuk belajar IT juga.
    Aku yakin dari segilntir orang yang mas Amir ajak pasti lama-lama bakal membludak.
    mas Amir bakal mengajaran semua orang di kampung untuk belajar IT terutama belajar Blog.
    lama kelamaan kampung mas Amir bakal jadi kaampung blogger deh muehe,
    btw terimakasih ya sudah mampiir ke blog aku :)
    Semoga mas Amir mnjadi salah satu yang beruntung memenangkan lomba blog ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga semua orang bisa belajar ngeblog, yang itu berarti jadi hobi membaca

      Hapus
  8. sekecil apapun hobi bisa dijadikan suatu hal yang positif dan menjadi gravitasi apalagi di tunjang dengan Luna Smartphone

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, smartphone Luna emang keren

      Hapus
  9. Keren. Semoga terus menjadi inspirasi buat orang banyak.

    BalasHapus
  10. Keceee bingitss mass. . Banyaak berbagi kebermanfaatan dari kemampuan yg dimiliki. Saluut bangeet 😊😊 terus berkaryaa mas yaa, bukan masalah dimana kita bekerja, berapa gaji kita, tp lebih ke seberapa besar manfaat yg kita berikan ke sekitar dr pekerjaan yg kita lakukan. Ngeblog insya Allah memberikan banyak manfaat dr tulisan yg dibagikan 😊😊

    Terus berkarya dan berbagii mas biar gravitasi ke lingkungan lebih kuaat dan lingkungan sekitar jd terinspirasi untuk lebih baik lagi. Apalagii ada Luna yg kece dan mendukung upaya untuk memperkuat gravitasi. Hehehe semangaaat ngeblognya mas, goodluck yaak 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, masukanya juga tak kalah inspiratif Mbak, trimakasih sudah berkunjung :D

      Hapus
  11. pengalamannya sangat menarik, mas :)
    Dari penggangguran, belajar menulis dan belajar tentang IT. dan akhirnya Mas Amir bisa sukses seperti sekarang, dan menjadi gravitasi dilingkungan sekitar juga gravitasi di internet. Semoga saya bisa belajar dari pengalaman mas.

    HP Luna nya keren tuh bisa buat talenan
    #BeTheGravity with #SmartphoneLUNA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum sukses, masih belajar Mas, ayo kita sama sama semangat belajar, trimakasih sudah berkunjung :D

      Hapus
  12. bahagia itu sederhana, bahagia itu ketika bisa bermanfaat bagi orang-orang disekitar kita, bahagia itu sederhana ketika menjadi sumber inspirasi untuk orang lain dan menjadi saluran berkat untuk orang lain. Semangat Mas Amir mantapppp, dan satu lagi, bahagia itu sangat sederhana ketika kepingin Luna, eh dikasih ama Luna Indonesia, :), terima kasih sudah mampir di blog kami mas. https://rentalmobilpontianak.my.id/menjadi-gravitasi-dunia-bersama-smartphone-luna/
    Keep Blogging, jangan lupa bagi-bagi ilmunya kepada kami yang pemula ini mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mas, bahagia itu sederhana, ketika kita bisa berbagi kepada orang lain. Saya yang nulis malah nggak ngeh ^^

      Hapus
  13. Mas Amir selalu pandai merangkI kata2 dengan rapi dan enak dibaca. Terus menjadi gravitasi ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih sudah berkunjung Mas Nizam

      Hapus
  14. Keren kamu Mas Amir!
    Semoga senantiasa memberikan gravitasi kepada orang sekitar kamu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada Pak De, trimakasih sudah berkunjung kerumah saya :D

      Hapus
  15. Inspiratif Mas. Sekarang memang zamannya IT. Siapa yang mengikuti arus ia akan maju bersama zaman. Begitu juga sebaliknya.
    Betewe, si Luna memang cantik dan keren ya? Berharap kapan-kapan, saya bisa menyuntingnya.. Agar aktivitas ngeblog dan foto-foto semakin mantab jiwa.. heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya btul Mas, semakin mengikuti arus maka semakin update. Btw kalau soal luna emang cantik, secantik Luna Maya :D

      Hapus
  16. Nggak perlu jadi orang penting atau artis dulu buat jadi gravitasi dan bermanfaat, dengan kemampuan yang kita kuasai bisa juga. Hehehe...

    BalasHapus
  17. Inspiratif, bikin semangat jadi timbul buat terus memberikan manfaat buat sekitar, mantablah. Sukses buat lombanya gan !!

    BalasHapus
  18. Luna memang keren ya mas, bikin gregetan, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya btul, kameranya stara iPhone 6S, mantabs banget buat mendukung aktifitas ngeblog

      Hapus
  19. Wahaha, pengetahuan akan sesuatu kadang emang bikin kita seakan punya magnet (eh, gravitasi ya) yang bisa menarik orang lain untuk bertanya..

    Jadi hal bermanfaat juga buat orang lain yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, itu belul sekali Mas, maka dari itu kita di wajibkan untuk menuntut ilmu

      Hapus
  20. Keren Mas bisa bermanfaat bagi banyak orang-orang di sekitarnya, semoga terus menginspirasi ya :)

    BalasHapus
  21. Semoga terus menjadi gravitasi untuk sekitar Mas Amir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih, semoga kita semua bisa menjadi gravitasi buat orang2 sekitar

      Hapus
  22. Kenapa nggak sekalian buka servis pc/hp gan, kan bisa jadi tambahan penghasilan agan.
    Smartphone Luna produk hp baru langsung launching dengan spek dewa. Keren juga nih hp. :D

    Sukses untuk lombanya ^_^ #BeTheGravity with #SmartphoneLUNA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya gak bisa reparasi HP Mas. Btw untuk LUNA emang keren

      Hapus
  23. Sungguh menginspirasi mas karya-karyamu... semoga tetap menjadi gravitasi ditengah duniamu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita semua bisa terus menginspirasi orang orang sekitar, terimaksih sudah berkunjung :D

      Hapus
  24. bener-bener jadi gravitasi di lingkungan tempat tinggal, mas amir
    semoga bisa terus bermanfaat & bisa menularkan gravitasinya ke orang lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita semua bisa terus menginspirasi orang orang sekitar, terimaksih sudah berkunjung :D

      Hapus
  25. Yoi saya merasakan gaya gravitasi itu setelah jadi blogger dan akrab dengan internet hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kita bisa suatu ilmu memang bisa bikin banyak orang penasaran

      Hapus
  26. Kalo jago it buka jasa web development jg kak lmyn bgt itu hihi, mupeng ya kak liat hape luna ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi...saya cuma sekedar bisa bisaan saja, kalau untuk web development malah gak tau saya :D

      Hapus
  27. Alhamdulillah bisa bermanfaat bagi sesama ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, semoga kita semua bisa jadi gravitasi buat orang lain layaknya smartphone LUNA

      Hapus
  28. itu layar dijadikan talenan? walah aku merinding tapi ternayta kuat ya, sukses ya amir, keep inspiring buat teman-temannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak karena pakai pelindung layar corning gorilla glas 3, bahkan kelindes ban mobil pun gak apa apa lho, coba deh liat videonya diatas

      Hapus
  29. Semoga dengan tulisan kita dapat menginspirasi yah.... Tentunya dengan berbagi ilmu dan pengalaman seperti luna memberi pengalaman seru untuk penggunanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya , semoga apa kita bagikan seperti artikel blog kita bisa mengispirasi banyak orang

      Hapus
  30. Sukses buat lombanya mas, jangan lupa kunbal yaaa 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih Mas, oke langsung ke TKP

      Hapus
  31. Memang harus mampu jadi gravitasi bagi orang sekitar. Berbagi hal baikndan tetap menjadi positif. Semoga sukses ya mas ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita semua bisa menajdi gravitasi dan bermanfaat buat banyak orang. Trimakasih Mas Dodon Jerry, sukses juga buat Masnya

      Hapus
  32. Dunia memeang cepat banget berputarnya, sampai banyak banget kemajuan yang belum sempat kita jamah dan manfaatkan. maju terus mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, semakin kesini semakin maju. btw trimakasih sudah berkunjung :D

      Hapus
  33. ..manusia terindah adalah manusia yang bermanfaat untuk saudaranya, dan
    orang lain.,saya suka banget dgn apa yg Mas lakukan,Good Luck dengan lombanya yah, semoga Menang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita semua bisa bermanfaat buat sesama, trimakasih sudah berkunjung :D

      Hapus
  34. Wah, mas Amir keren, sering jadi rujukan temen2 kampungnya untuk soal IT. Bikin workshop dan komunitas IT kampung aja mas, biar bs sharing rutin terus *just suggest hehe. Terus berkarya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kedepan bisa mewujudkan, amin. Btw trimaksih kunjunganya Mbak Prita :D

      Hapus
  35. Wah mas Amir ini ternyata keren banget. Sebaik-baiknya manusia itu memang yang paling bermanfaat bagi orang lain. Terima kasih mas beberapa hari lalu berkunjung ke blog saya. Good luck juga ya mas... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah Masnya pandai memuji :D. Terimakaih atas kunjungan baliknya

      Hapus
  36. Cuma bisa ngidam saja. Duh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luna smartphone emang keren banget

      Hapus
  37. Keren... Keceh badai pokoknya mah... Sukses ya kang :D

    Www.malesnanya.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih, sekeren smartphone LUNA pokonya #suombong hihihi

      Hapus
  38. Setuju mas, Walau dari kampung, otak gak boleh kalah pintar dengan orang kota. Sasenang bisa berkomentar sesama peserta kompetisi ini. Nice artikel, Semoga menang mas. \^-^/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mas, karena belajar itu hukumnya wajib bagi semua orang. Btw trimakasih sudah berkunjung ke blog saya, sukses juga buat Masnya ^_^

      Hapus