Visit Tidore Island – Surga Wisata di Maluku Utara

Kota Tidore Kepulauan. Sumber  : http://travel.detik.com/read/2011/12/04/144200/1782127/1274/
Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang Tidore, saya ingin memberitahukan hal menarik terlebih dahulu tentang Tidore. Yaitu, menurut penuturan Mbak Dian yang sudah pernah berkunjung ke Tidore, Kota Tidore Kepulauan itu adalah kota yang bersih, rapih, asri, dan hampir tidak ada sampah yang berserakan serta memiliki hawa sejuk yang menenangkan. Tidak heran jika kota ini pernah mendapat penghargaan Adipura 5 kali berturut turut dari pemerintah setempat karena kebersihan dan kerapihan lingkungannya. Yang itu berarti bahwa, Kota Tidore Kepulauan merupakan destinasi wisata yang cocok untuk para traveler yang ingin menentukan liburanya. Dan agar kalian semakin penasaran, di awal pembahasan ini saya punya 2 rekomendasi tempat wisata unik yang perlu Anda ketahui, yaitu 

[1] Pemandian Air Panas di Tepi Pantai

Wah, ini unik sekali, ada pemandian air panas air tawar yang letaknya di tepi pantai. Biasanya tempat seperti ini adanya di dataran tinggi, namun ini letaknya di tepi pantai. Lokasi pemandian ini berada di Pantai Ake Sahu atau dalam bahasa setempat di artikan sebagai air panas. Untuk mencapai tempat ini cukup mudah, dari Pelabuhan Rum yang merupakan pelabuhan utama di Tidore, bisa di tempuh dengan waktu kurang lebih 30 menit dengan kendaraan.

Pantai Akesahu dengan pemandian air panasnya. Sumber : http://travel.detik.com/read/2012/04/13/095400/1891510/1025/2/yang-unik-dari-tidore-pemandian-air-panas-tepi-pantai#menu_stop 
Kabar gembira nih buat para traveler, karena jika kita mengikatkan plastik ke pohon yang tumbuh di sekitar pemandian, di percaya bisa menyembuhkan penyakit kulit yang di derita, wah unik ya ? 

[2] Pemandangan Negri di Atas Awan Desa Gurabunga

Di sebut sebagai desa Negri di Atas Awan, karena saat keadaan sedang berkabut, desa ini di liputi oleh awan awan, sehingga para traveler menyebutnya dengan Negri di Atas Awan. Desa Gurabunga ini letaknya berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, sehingga hawanya pun dingin.

Desa Gurabunga. Sumber : http://ilhamarch.blogspot.co.id 
Di namakan Desa Gurabunga, karena jika kesini, Anda bisa menyaksikan pertunjukan bunga dari warga setempat. Salah satu hal unik dari Desa Gurabunga ini yaitu rumah rumah penduduknya memiliki pekarangan di hiasi dengan bunga bunga yang berwarna warni. Bagi traveller yang ingin menyepi dari hiruk pikuknya kota, Desa Gurabunga bisa menjadi tempat yang cocok untuk berlibur dan bersantai bersama keluarga atau teman teman. 

Bukan hanya alamnya yang menampilkan keindahan, tapi kita bisa meyaksikan biru lautnya dari ketinggian dan  hijaunya hutan, serta sensasi suhu dinginnya yang menarik untuk di rasakan oleh tubuh. Di desa ini juga terdapat Folajikosarabi, yaitu sebuah rumah adat Kota Tidore. Yang menarik lagi yaitu karena Anda bisa melihat rumah ini dari dekat dan mempelajari tentang sejarahnya.

Nah, itulah sedikit keunikan tentang wisata Kota Tidore Kepulauan, penasaran kan seperti apa Tidore itu sebenernya, lanjutkan membaca ya ? Tapi tunggu dulu, karena ada pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang”. Jadi sebelum kita bahas lanjut, kita kenalan sedikit saja yuk dengan Tidore kepulauan ini.

Kota Tidore Kepulauan adalah salah satu kota yang ada di Provinsi Maluku Utara yang memiliki luas wilayah 13.862,86 Km2  dan berpenduduk sekitar sekitar 111.000 jiwa (tahun 2010). Sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani atau perkebunan. Kota Tidore Kepulauan di pimpin oleh Walikota Captain Ali Ibrahim dan Wakil Walikota Muhammad Senin (2016 - 2021).

Walikota Tidore, Capt. H. Ali Ibrahim, MH (berkacamata) dan Wakil Walikota Tidore Muhammad Senin, SE (tidak berkacamata) Sumber : https://tidorekota.go.id
Wilayah Kota Tidore Kepulauan pada umumnya memiliki iklim tropis lembab yang dipengaruhi oleh angin laut. Iklim di kota ini sangat di pengaruhi oleh laut Halmahera, laut Seram dan laut Maluku. Kota Tidore Kepulauan terdiri dari 8 kecamatan, 72 kelurahan/desa, dimana sebanyak 52 kelurahan/desa merupakan desa pesisir.  

Dan sekarang, yuk kita bahas hal hal menarik yang ada di Kota Tidore Kepulauan ini :

[1] Tidore Punya Sejarah yang Menarik untuk di Bahas

Tahukah kalian jika Tidore dulu adalah Pulau yang menjadi perebutan bangsa bangsa Eropa seperti portugis dan spanyol karena kekayaan rempah rempahnya yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Pulau pulau di gugusan Propinsi Maluku Utara adalah sumber cengkeh yang terkenal di seluruh dunia. Para pedagang dari India, Arab, Tiongkok dan Pulau Jawa seringkali datang ke Tidore karena menjadi sumber rempah rempah dunia untuk di jual kembali di negaranya dengan harga tinggi yang setara dengan emas.

Rempah rempah tidore. Sumber : https://sky-adventure.com/artikel/berkunjung-ke-pantai-bandengan-dan-negeri-rempah-rempah-di-tidore

Nantinya rempah rempah ini akan di gunakan sebagai bumbu masakan karena memiliki rasa dan aroma yang khas, serta untuk mengawetkan makanan dan juga sebagai bahan pembuat obat obatan. Namun setelah terjadinya perang salib, rute perdagangan ke timur di tutup oleh Kesultanan Otoman bagi pedagang Eropa, sehingga bangsa portugis, Spanyol, Inggris dan Belanda bertekad untuk menemukan sendiri dimana sumber rempah rempah yang di  maksud.

Vasco da Gama adalah orang yang pertama kali berlayar ke Tanjung Harapan di Afrika untuk mencapai India. Kemudian dari India, Portugis akhirnya menemukan rute ke Maluku pada tahun 1521, dan tiba di Kepulauan Ternate, Tidore dan Banda yang merupakan sumber rempah rempah dunia yang selama ini dicari.

Untuk mencapai Pulau emas ini, Protugis rela berlayar sejauh 14 ribu kilometer atau sekitar 9 ribu mil menyebrangi lautan yang belum terpetakan, menghadapi badai besar, ombak tinggi dan angin muson yang sangat beresiko terhadap keselamatan nyawa.

Setelah kedatangan pedagang Eropa tersebut, saat itu sudah ada kesultanan yang berkembang di Tidore, sehingga persaingan perdagangan dan upaya monopoli pun terjadi. Pedagang Spanyol, Belanda dan Inggris pun tergiur untuk membentuk armada perang untuk memonopoli rempah rempah hingga akhirnya di menangkan oleh Belanda.

Dari penggalan sedikit cerita sejarah di atas, membuktikan bahwa Tidore merupakan Pulau yang kaya akan hasil alamnya yang membuat para pedagang Eropa rela mempertaruhkan nyawa untuk bisa mendapatkan rempah rempah bernilai tinggi tersebut. Ingin tahu lebih lanjut tentang sejarah selengkapnya, datang saja ke tidore.

[2] Tidore Punya Wisata Alam yang Memanjakan Mata

Pada kategori wisata alam ini, Tidore memiliki berbagai tempat tempat yang menarik, seperti :

Wisata Bawah Laut Tanjung Konde
Kota Tidore Kepulauan ini memiliki banyak spot menyelam untuk menikmati indahnya dunia bawah laut. Salah satunya yaitu Tanjung Konde yang terletak di Kelurahan Rum Kota Tidore. Disini Anda bisa menikmati indahnya trumbu karang yang masih terjaga kelestarianya. Berbagai trumbu karang seperti table coral dengan lebarnya mencapai 12-15 meter di sertai ikan ikan hiasnya yang berwarna warni, membuat Anda akan ketagihan untuk kembali dan kembali lagi kesini.

Wisata bawah air laut Tidore. Sumber foto : http://www.wisataonesia.com/2016/10/tanjung-konde-taman-bawah-laut-tersembunyi-di-maluku-utara.html 
Pantai Pulau Maitara
Di Pulau ini Anda bisa menikmati suasana indahnya pantai dengan pasir putih yang bersih dan biru air lautnya yang menenangkan hati. Untuk di ketahui, Pulau maitara ini bisa kita lihat dalam pecahan uang kertas Rp 1000,- . Untuk mencapai Pulau ini pun cukup mudah, karena hanya 5 menit dari Pelabuhan Rum menggunakan speedboat.

Pulau Maitara. Sumber : http://rinmuslimah.blogspot.co.id/2015/09/pesona-kota-tua-di-kaki-gunung-gamalama.html
Pantai Cobo
Pantai ini terletak 25 km dari pusat kota. Keunikan dari Pantai ini yaitu karena memiliki pasir putih yang sangat halus. Selain itu, yang menarik dari pantai ini yaitu karena di sekelilingnya di tumbuhi pepohonan yang membuat view pantai semakin indah dan menenangkan. Dan yang pasti, pantainya bersih dan bebas dari sampah yang berserakan.

vPantai Cobo. Sumber : http://picbear.com/media/1437505134330245529_1417088948
Air Terjun Luku Celeng
Di namakan air terjun Luku Celeng karena air terjun ini seringkali menjadi tempat favorit babi hutan (celeng) untuk minum. Duh, jadi gak enak bacanya nih, tapi memang itulah nama air terjunya. Air terjun ini tidaklah besar, bahkan mini. Namun begitu air terjun ini tetap memiliki pesona yang indah untuk di kunjungi. 

Air Terjun Luku Celeng. Sumber : https://nanangwp.wordpress.com/2011/12/26/tidore-maluku/ 
Puncak Kie Matubu
Puncak Kie Matubu ini lebih dikenal dengan sebutan gunung Tidore. Gunung yang merupakan gunung tertinggi di Maluku Utara ini memiliki ketinggian 1730 di atas permukaan laut. Jika Anda mendaki sampai ke puuncaknya, Anda akan di suguhkan dengan pemandangan spektakuler karena Anda bisa melihat Pulau Maitara, Pulau Ternate, Pulau Hiri, Pulau Halmahera, Pulau Mare, Pulau Moti dan lain sebagainya.

Puncak Kie Matubu. Sumber : http://ilhamarch.blogspot.co.id/ 
[3] Tidore Kaya akan Wisata Sejarah

Selain dengan sejarah uniknya yang sudah saya bahas sedikit di atas, Tidore Kepulauan juga memiliki wisata sejarah yang tak kalah seru untuk di ketahui, seperti :

Kedaton Kesultanan Tidore
Kedaton Kesultanan Tidore merupakan tempat tinggal para sultan dan keluarganya. Letaknya berada di Kelurahan Soasio, Kecamatan Tidore. Melalu tempat inilah sultan memimpin rakyatnya. Kedaton kedaton yang di bangun di awal pemerintahan umumnya terbuat dari bambu dan beratap ilalang sehingga mudah rusak. Kedaton kedaton yang bisa bertahan lama dan kokoh adalah Kedaton Kie, namun hancur akibat konflik internal keluarga istana. Dan kini kedaton sudah di restorasi dan dan telah berdiri megah. Bagi Anda yang suka dengan wisata sejarah, tempat ini merupakan tempat bersejarah yang ada di Tidore Kepulauan.

Kedaton Kesultanan Tidore.Sumber : https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/maluku/sultan-van-tidore/foto-kedaton-kesultanan-tidore/1-tido/  





Museum Sonyinge Malige
Jika Anda berkunjung ke Tidore, sempatkanlah untuk berkunjung ke Museum Sonyinge Malige. Karena Anda bisa mendapat ilmu sejarah tentang kesultanan Ternate dan Tidore. Dalam museum ini, Anda bisa menemukan benda benda bersejarah seperti pakaian ada kesultanan, cap sultan, singgasana kesultanan, perlengkapan berburu dan lain sebagainya.

Museum Sonyinge Malige. Sumber : www.indonesia-tourism.com
Di tempat ini juga ada benda bersejarah yang paling terkenal, yaitu mahkota berambut dan Al- Qu’an tertua di Tidore. Menurut cerita, mahkota yang berambut emas itu akan selalu bertambah panjang, sehingga ada upacara khusus pemotongan rambut pada malam menjelang hari raya idhul adha.

Benteng Torre
Mengunjungi Benteng Torre, Anda bisa merasakan suasana seperti saat jaman Portugis dulu saat penjelajahanya mencari rempah rempah yang akhirnya tiba di Maluku. Untuk sampai ke Puncak, Anda harus menaiki tangga yang cukup membuatmu berkeringat, namun rasa lelah akan terbayarkan jika sudah sampai ke puncaknya, karena Anda akan mendapatkan view yang begitu menarik, seperti bisa melihat Gunung Kie Matubu dan jajaran Pulau Halmahera. Untuk mencapai tempat ini pun cukup mudah karena hanya 30 menit dari Pelabuhan Tidore

Benteng Torre. Sumber : https://www.tripadvisor.co.id/Attraction_Review-g800484-d9697545-Reviews-Fort_Tore-Tidore_North_Maluku_Maluku_Islands.html#photos;geo=800484&detail=9697545 

[4] Tidore Kaya akan Wisata Kuliner

Nah, ini nih yang paling menarik untuk di coba, wisata kulinernya. Secara kan letak tidore yang unik di timur Indonesia, beserta kebudayaan dan adat dan istiadat yang unik pula, pastinya membuat penasaran seperti apa sih wisata kulinernya ? yuk kita bahas sama sama

Papeda
Papeda adalah makanan khas Tidore yang terbuat dari sagu yang di campur dengan air sebagai bahan utamanya. Makanan ini mirip dengan lem kanji. Ada kebiasaan unik dari masyarakat Tidore terkait makanan ini. Yaitu setiap pulang sholat Jum’at, warga bergegas pulang ke rumah untuk makan Papeda bersama keluarga. Atau bagi mereka yang tidak pulang ke rumah, mereka mendatangi warung warung juga untuk makan Papeda. Wah unik banget ya ? di Jawa tidak ada yang unik seperti ini hehehe.

Papeda ini biasanya di santap dengan ikan kuah soru. Soru di sini artinya asam. Kuah ikan soru berwarna bening dengan tone asam pedas, dan cara makanya pakai sumpit. Duh, apa gak mrosot mrosot karena licin tuh, hmmm sepertinya penasaran ya untuk di cicipi, unik bin unik pokonya, Tidore gitu ^_^

Papeda. Sumber : Sumber : http://jdfoodiary.blogspot.co.id/2014/12/culinary-makanan-khas-maluku-utara.html 
Kue Sagu
kalau di Jawa, mungkin mirip seperti kue sagon yang biasanya jadi takjil saat lebaran idul fitri, jika di makan rasanya seret di tenggorokan, namun enak rasanya. Nah, kalau di Tidore ada kue sagu, yang bahan utamanya dari sagu, selalu sedia air ya biar gak keseretan. Hmmm..kayak apa ya rasanya, pasti enak :D

Kue Sagu. Sumber : Sumber : http://jdfoodiary.blogspot.co.id/2014/12/culinary-makanan-khas-maluku-utara.html
Gohu
Nah, makanan yang satu ini juga cukup unik. Gohu adalah makanan yang terbuat dari Ikan mentah yang di bubuhi bumbu seperti jeruk nipis, bawang dan cabai. Namun, Gohu ini ada 2 macam, yaitu yang terbuat dari ikan asap dan Gohu yang terbuat dari jantung pisang, wah penasaran nih kayak apa rasanya ?

Gohu. Sumber : Sumber : http://jdfoodiary.blogspot.co.id/2014/12/culinary-makanan-khas-maluku-utara.html 
[5] Tidore juga Kaya akan Wisata Budaya

Untuk wiasta budayanya, Tidore Kepulauan memiliki wisata seperti :

Paji dama Nyili-nyili
Paji dama Nyili-nyili adalah upacara arak arakan dengan berjalan kaki sambil membawa obor. Upacara ini merupakan simbol semangat sejarah perjuangan Sultan Nuku dan pasukannya saat perang dulu. Upacara dama Nyili-nyili merupakan rangkaian acara yang dilaksanakan pada peringatan  Hari Ulang Tahun Tidore.

Upacara Paji Dama Nyili-nyili. Foto : Om Gogo



Bambu Gila 
Bambu Gila adalah sebuah pertunjukan budaya dengan menggunakan sebatang bambu yang memiliki 4 ruas, sabut kelapa, kemenyan dan bara api. Atraksi ini pada jaman dahulu di gunakan untuk mengangkat benda benda berat yang biasanya di gunakan saat proses pembangunan.


Atraksi Bambu Gila. Foto : http://www.negerikuindonesia.com/2015/11/bambu-gila-kesenian-tradisional-dari.html
Tarian Soya-Soya
Tarian Soya-soya adalah tarian yang merupakan simbol semangat para pasukan Sultan Baabullah yang pantang menyerah ketika melawan penjajah Portugis. Tarian ini di iringi alat musik seperti Tifa dan Gong. Tarian Soya-soya di masa sekarang di pertunjukan untuk menyambut tamu tamu penting. Tarian Soya-Soya juga merupakan  simbol perjuangan yang tak akan lekang dimakan oleh waktu dan akan terus bertahan seiring berkembangnya kemajuan jaman.

Tarian Soya soya. Sumber : https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/makna-kepahlawanan-di-tiap-unsur-tari-soya-soya#lg=1&slide=7 

Nah, setelah kita tahu bahwa Tidore itu kaya akan wisatanya, selanjutnya adalah bagaimana menuju ke Tidore itu sendiri ? Tidore kepulauan itu letaknya di timur Indonesia, tepatnya di Provinsi Maluku Utara, dekat Pulau Irian Jaya. Letaknya yang unik, membuatnya semakin penasaran untuk di kunjungi. Lihat peta di bawah ini :


Untuk menuju Tidore caranya pun cukup mudah. Misal dari Jakarta nih ya, maka Anda bisa turun di Bandara Sultan Babullah Kota Ternate, karena Tidore sendiri belum memiliki Bandara. Setibanya di Bandara Babullah, Ternate, Anda bisa meneruskan perjalanan lewat darat ke pelabuhan Bastiong sekitar 10 menit.

Bandara Sultan Babullah Ternate. Sumber : http://nasional.inilah.com/read/detail/2314650/penutupan-bandara-sultan-babullah-diperpanjang
Dari Pelabuhan Bastiong tersedia dua angkutan laut menuju pelabuhan Rum di Pulau Tidore, yaitu kapal feri dan speedboat. Tarif kapal feri cukup murah ko, hanya 5 ribu rupiah per orang dan untuk mobil 60 ribu, sementara lama penyeberangan cuma 30 menitan.

Atau jika menggunakan speed boat, tarifnya 8 ribu per orang. Namun jika Anda mencarter speedboat, harga sewanya 70 ribu. Lama penyeberangan cuma  5 menitan.

Motor kayu sebagai alat penyeberangan dari pelabuhan Rum Tidore ke pelabuhan Bastiong Ternate. Sumber : https://halmaheranews.wordpress.com/2011/04/26/motor-kayu-penyeberangan-tidore-ternate-bertahan-diantara-cepatnya-speedboat-dan-kapal-feri/ 
Setelah dari Pelabuhan Rum, Anda bisa naik angkutan kota dengan tarif 9 ribu menuju Kota Soasio, Ibukota Tidore Kepulauan. Lama perjalanan sekitar 30 menit. Saat dalam perjalanan menuju kota Soasio, Anda akan melewati pesisir pantai yang memiliki pemandangan eksotis lengkap dengan Gunung Gamalamanya. Selama di Soasio, Anda bisa mencoba naik betor atau becak motor dengan tarif jauh dekat hanya 4 ribu rupiah.

Betor Tidore. Sumber dari sini 
Untuk di ketahui, tarif tersebut berlaku di tahun 2013 lalu ya. Karena sekarang sudah tahun 2017, mungkin tarifnya sudah berubah ^_^
Nah, gampang kan menuju ke sana. Jangan lupa bawa GPS ya biar gak kesasar. 

Bagaimana dengan penginapanya ?

Tenang, berbagai penginapan banyak tersebar di berbagai pulau, baik untuk yang bergaya koper atau yang standar dengan harga yang lebih murah, semuanya ada. Seperti Hotel Seroja contohnya. Bahkan hotel seroja menawarkan kolam renang air laut lho. Dari depan memang tampak seperti rumah biasa, namun begitu melihat belakang, Anda akan melihat kolam renang yang langsung terhubung dengan laut. Airnya jernih dan banyak ikan ikan kecilnya.


Hotel Seroja dengan kolam air lautnya. Sumber : http://travel.detik.com/read/2013/01/31/110440/2157349/1383/keren-penginapan-di-tidore-punya-kolam-renang-air-laut 
Untuk penginapan lainya ada Cahya Wajo Penginapan, Kasih Abadi Penginapan, Nurrahmatia Palupi Penginapan, dan banyak lagi penginapan penginapan yang lainya. 

Kesimpulan dan penutup
Dengan segala keindahan dan kekayaan wisatanya, Tidore bisa menjadi destinasi favorit untuk liburan. Mau wisata alam ada, wisata sejarah ada, bahkan kental banget akan sejarah karena dulu Tidore menjadi saksi bisu bangsa Eropa berkunjung ke sini. Mau wisata budaya ada, wisata bawah air ada, keren keren banget pokonya. Jadi, ayo - Visit Tidore Island - dan Anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

Link Kompetisi
Sumber referensi artikel :
1. http://tips-wisata-indonesia.blogspot.co.id/2015/06/pantai-ake-sahu-yang-unik-dan-indah.html
2. https://travel.detik.com/read/2012/08/24/141402/1998102/1383/gurabunga-kulkasnya-tidore
3. http://pulaupulaukecil.blogspot.co.id/2010/11/gambaran-umum-kota-tidore-kepulauan.html
4. https://www.tidorekota.go.id
5. http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/07/pulau-yang-menjadi-pusat-rempah-di-dunia-berada-di-indonesia
6. http://www.wisataonesia.com/2016/10/tanjung-konde-taman-bawah-laut-tersembunyi-di-maluku-utara.html
7. http://wisatadirektori.com/istana-soasiu-museum-sonyine-malige-di-tidore
8. http://makanankhastidore.blogspot.co.id/
9. http://travel.kompas.com/read/2013/05/14/16265915/Tips.Melancong.ke.Tidore
10. http://daftarhotel5.blogspot.co.id/2016/02/alamat-hotel-penginapan-di-tidore-kepulauan.html
11. http://diantrihapsari.blogspot.co.id/2012/05/kesunyian-di-tidore.html

Subscribe to receive free email updates:

26 Responses to "Visit Tidore Island – Surga Wisata di Maluku Utara"

  1. Semoga kita bisa berkunjung kesana ya mas...

    BalasHapus
  2. Alamnya indah sekali, semoga pemerintah juga bikin kebijakan membuat tiket ke sana terjangkau dan transportasinya lbh muda jd banyak yg punya kesempatan berkunjung ke sana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, karena murah adalah pilihan ^_^

      Hapus
  3. Lagi bayangin andai saja bisa ke Tidore dengan low budget, mungkin aja aku udah kesana duluan. hehehe Semoga ada rezeki bisa berkunjung ke Tidore ya Mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga kita bisa kesana ^_^

      Hapus
  4. Kayaknya Desa Gurabunga itu cantik sekali ya, Mas. Semoga ada rejeki kesana ya Mas. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Desanya keren banget, hampir tiap rumah penduduk di tanami bunga2 indah

      Hapus
  5. tambah saingan sama master-master ini saya hehe

    kalau saya bisa ke tidore, pengennya langsung ke pulau failonga terus ke gunung kie matubu biar bisa berkunjung ke desa gura bunga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga penasaran Desa Gurabunga itu kayak apa sih ? saya yakin pasti indah sangat dan bertebaran bunga bunga di sekitar rumah penduduk. Btw aku masih level bawah, belum jadi master ^_^

      Hapus
  6. Bentor Tidore lucu, ya?
    Kak Amir niat banget nulisnya, detail sampai walikotanya juga. Btw, semoga menang, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penasaran banget pokonya sama bentor tidore, buat keliling2 Tidore pasti seru banget. Niat banget dong, karena disana ada yang lebih niat dari saya. Btw thkns udah berkunjung ^_^

      Hapus
  7. Sangat Mempesona Keindahan Alam dan Tradisinya .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, saya aja pengen banget kesana

      Hapus
  8. Mau banget ke Tidore mas :D Banyak wisatanya yang keren-keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, saya paling suka pantainya karena masih alami dan bersih

      Hapus
  9. Alamak, cuma bisa lihat Tidore lewat internet, selebihnya, belum bisa berkunjung.... Mantap nih mas Amir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa berkesampatan kesana, amin

      Hapus
    2. Ini pemenangnya bisa berkunjung kesana ya?? Enak dong ya jalan-jalan. Semoga mas Amir bisa menang... Aaamiiin...

      Hapus
  10. Indonesia emang kaya ya. Gak itu pemandangan, begitupun kulinernya. Semoga bisa kesana ya, Mas. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Indonesia emang kaya. Semoga kita bisa kesana, amin

      Hapus
  11. Kalau ada kesempatan trip, kayaknya asik kalau ke Tidore ini apalagi naik betornya yang unik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau ada kesempatan pengen sekali kesini, keliling2 naik betor pasti ada suasana indah tersendiri

      Hapus
  12. Wuuuow, Tidore keren, sekeren pulau lain di Indonesia, kepengin keliling Indonesia yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidore emaang keren, sayang banget belum bisa kesana

      Hapus