Beradaptasi dengan Tekhnologi Bersama Dumetschool


Dulu sekitar tahun 2003 an, saya masih mengalami bagaimana menelpon di wartel. Waktu itu belum kenal hp karena di daerah saya belum ada yang memilikinya. Menginjak tahun 2004, kakak laki laki saya memiliki hp dan sudah bisa di gunakan untuk telfon dan sms. Dan begitu masuk tahun 2007, kakak saya yang perempuan memiliki hp berwarna yang sudah bisa di gunakan untuk nelpon, sms dan internetan (kita sering menyebutnya GPRS san), serta mms untuk mengirim gambar. Setelah masuk tahun 2009, saya sudah mengenal hp yang bisa di gunakan untuk video call.

Jaman semakin canggih, tekhnologi komunikasi pun semakin maju. Dari yang dulu hanya bisa di gunakan untuk menelpon saja, kini sudah bisa di gunakan untuk berbagai keperluan, bahkan untuk mencari penghasilan seperti jualan online, jualan pulsa, dan lain sebagainya. Dan di sini saya ingin membahas seperti apa sih perkembangan tekhnologi jaringan seluler dari masa ke masa yang ada di Indonesia berdasarkan pengalaman saya

Jaringan 1G
Awal mula mengenal jaringan ini yaitu sekitar tahun 2003 an seperti yang saya singgung di awal paragraf, dimana kami sering ke wartel untuk menelpon saudara saya yang ada di Jakarta. Setiap kali ke wartel, biasanya kami menghabiskan biaya sekitar Rp 6.500,- untuk beberapa menit. 


Di daerah dekat saya tinggal, waktu itu masih banyak terdapat jasa wartel yang banyak berjajar di pinggir jalan. Bahkan di desa kami pun ada yang membuka jasa ini. Terakhir saya menjumpai jasa wartel pada tahun 2007 di Jakarta. 

Jaringan 2G
Awal mula saya mengenal jaringan 2G ini saat saya masih duduk di bangku SMK, yaitu sekitar tahun 2004. Waktu itu kakak saya yang laki laki memiliki hp yang sudah bisa di gunakan untuk menelpon dan sms. Waktu itu biaya telfonya masih terbilang mahal. Untuk sms pun masih mahal, yaitu sekitar Rp 350,- per sms. Dulu benda seperti ini di tempat saya masih jarang yang memilikinya, masih 1 atau 2 orang saja.



Karena kakak saya memilikinya, maka seringkali di mintai tolong oleh para tetangga untuk menelponkan saudara atau kerabatnya yang tinggalnya jauh di perantauan, dan pastinya gak gratis dong, secara kan ini barang mewah dan masih mahal harganya.

Jaringan 3G
Saya masih ingat saat saat jaringan 3G ini di luncurkan. Waktu itu yang sering mengiklankan tekhnologi ini di TV yaitu artis sekitar tahun 2009. Mbak krisdayanti ini mengenalkan tekhnologi 3G yang sudah bisa di gunakan untuk panggilan video atau video call. 


Jaringan 3.5 G
Tahun 2016 kemarin, saya bisa menikmati nikmatnya punya akses internet di rumah yang saya gunakan untuk ngeblog. Koneksinya lumayan cepat, berkisar 1 Mbps. Berkat akses internet 3.5 G ini, saya jadi bisa fokus ngeblog setelah menyerah karena sulitnya mencari kerja.

Jaringan 4G
Nah, jaringan 4G ini adalah jaringan yang memberikan kecepatan internet tinggi. Saya mengenal 4G sejak 1 tahun terakhir, namun baru bisa menggunakannya beberapa bulan yang lalu. Yang paling saya suka dari jaringan ini yaitu karena speednya yang sangat tinggi, sehingga untuk download ataupun upload menjadi lebih cepat. Dulu waktu saya masih menggunakan jaringan 3.5G, seringkali bermasalah bahkan gagal saat upload, apalagi jika sinyal sedang low. 


Setelah saya mengenal jaringan 4G ini, upload dan download menjadi sangat cepat. Sekarang saya tak perlu galau lagi saat di kejar deadline, karena speed di jaringan 4G ini begitu membantu saya sebagai blogger aktif. Apalagi jika menggunakan modem, download 4GB pun mudah. Pokonya mantep banget lah jaringan 4G ini, walaupun harus mengeluarkan biaya lebih, tapi saya belum siap untuk koneksi lambat.

Dan kedepan, saya juga sudah mendengar bakal hadir jaringan 5G atau generasi ke 5 yang membawa kecepatan super cepat dari 4G. Semoga jika sudah masuk ke Indonesia, saya bisa menikmatinya, amin. Nah, itulah perkembangan tekhnologi pada jaringan seluler yang saya rasakan selama ini, yang semakin kesini semakin maju saja.

Bicara soal teknologi, di sini saya juga ingin memperkenalkan tempat kursus tentang tekhnologi, khususnya tentang tekhnologi informasi, agar kita semakin bisa menyesuaiakan perkembangan tekhnologi di Indonesia yang semakin lama semakin meningkat. Tempat kursus tersebut bernama dumetschool dengan alamat website di www.dumetschool.com 


DUMET School adalah tempat kursus yang mengajarkan berbagai program, seperti web master untuk Anda yang ingin belajar membuat website, graphic design jika ingin belajar desain grafis, dan juga web programming bagi Anda yang ingin belajar pemrograman. Selain itu ada juga program lain, seperti digital marketing bagi Anda yang ingin belajar promosi online, serta web design yang mengajrkan bagaimana mendesain website.

“Bisa di jabarkan gak masing masing programnya ?”

[1] Pertama yaitu program web master
Jadi di program ini, Anda akan di ajarkan tentang bagaimana membuat wabsite yang bagus tanpa perlu basic IT. Materi materi yang akan di pelajari yaitu seperti  pada tabel berikut ini


Di program ini, Anda akan lebih banyak belajar tentang coding atau pengkodean. Namun jika Anda mengambil paket Pro, Anda juga akan belajar tentang edit gambar photoshop. Setelah mengikuti kursus web master ini, Anda bisa membuat website, baik itu untuk perusahaan, website portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce dari nol. 

“Mmmm, lantas, mereka yang sudah selesai kursus, apa sudah bisa memiliki karya sendiri ?”

Ouw, ya jelas dong, salah satunya yaitu Bapak Julizar. Beliau adalah pemiliki bisnis properti yang mengikuti kursus web master di dumetschool. Dan setelah selesai, Beliau pun bisa membuat website untuk usahanya sendiri.



“Alumni web master yang lain bagaimana ?”

Ya jelas ada dong, lihat testimoni mereka di bawah ini :


[2] Kedua yaitu program Graphic Design
Di program ini, Anda akan mempelajari 4 program, yaitu Photoshop, Illustrator, InDesign, dan Flash. Dengan program ini, nantinya Anda akan bisa membuat berbagai karya, seperti desain logo, brosur, majalah, edit foto, spanduk, kartu nama, poster, banner, branding, character, dll. Untuk paket programnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini :


“Lalu, testimoni mereka setelah mengikuti kursus design grafis ini bagaimana ?”

Ada dong, lihat testimonya di bawah ini :


Oiya, ada murid yang sengaja datang dari Papua lho ke dumetschool hanya untuk belajar desain grafis, namanya Mr. Anthony Mirin. Beliau adalah seorang peneliti dan aktivis lingkungan hidup di daerahnya. Maksud beliau belajar ke dumetschool yaitu agar bisa mendesain, seperti mendesain brosur, yang nantinya akan di gunakan untuk sosialisasi mengenai larangan merusak hutan melalui brosur atau poster poster yang di buatnya. Videonya bisa di lihat di bawah ini :


Kesan kesan yang Ia dapatkan setelah belajar di dumetschool yaitu Beliau senang belajar di dumetschool, karena staff dan instrukturnya baik, bersahabat, tidak membeda-bedakan, profesional dan hebat.

Tuh, kan ? dumetschool itu emang jos, proffesional dan tidak membeda bedakan. Makanya banyak murid yang sengaja datang dari luar daerah bahkan luar negeri hanya karena ingin belajar di dumetschool

[3] Ketiga yaitu program digital marketing
Di program digital marekting ini, Anda akan belajar tentang tentang WordPress, SEO, Facebook Ads & Instagram Ads, Adwords Search, Youtube Ads, Email Marketing, dan Landing Page. Program ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan pelanggan atau pembeli dari Internet dengan cepat, mudah dan efektif.

Jika saya berkesempatan kursus di sini, saya ingin belajar tentang SEO agar blog saya bisa menempati urutan pertama google. Nantinya ilmu SEO ini bisa saya gunakan untuk lomba seo yang kini banyak tesebar di dunia maya. Karena hadiah yang di sediakan untuk lomba lomba seperti ini sangatlah menjanjikan. Seperti beberapa waktu lalu, ada lomba SEO yang juara 1 nya dapat 30 juta, waow.

Berkat kursus digital marketing di dumetschool, seorang murid bernama Mas Defriansyah yang merupakan alumnus kelas ini, sudah bisa mendapatkan project sendiri lho, berikut videonya :


O iya, ada juga Mbak Sri Astuti, seorang pemilik restoran di Jepang yang sengaja datang ke dumetshool hanya karena ingin kursus digital marketing. Hal ini membuktikan bahwa dumetschool itu begitu terpercaya sampai ke luar negeri. Dan berikut adalah terstimoni dari alumnus kelas digital marketing dumetschool :


Untuk paket kursusnya bisa di lihat pada tabel di bawah ini :


[4] Keempat yaitu web programming
Di kelas ini, Anda akan di ajarkan bagaimana membuat website E-Commerce / Toko Online dengan PHP Framework Codeigniter. Jika Anda adalah seorang seller atau pedagang, dengan mengambil program web programming di dumetschool ini, maka Anda bisa belajar bagaimana membuat toko online untuk menjual produk Anda sendiri. Atau jika Anda penasaran bagaimana E-Commerce E-Commerce ternama di buat, maka dumetschool adalah tempat yang tepat untuk belajar. 

Kelas yang di tawarkan yaitu level Pro dengan biaya 7,9 juta. Sementara materi yang di ajarkan yaitu Object-Oriented Programming (pemrograman PHP tingkat lanjut) dan PHP Framework (membuat sistem e-commerce). Untuk estimasi waktu kursusnya yaitu 2 bulan dengan jatah waktu kursus sampai bisa, dan pembayaran bisa dengan cash, debit, credit, transfer bank, dan cicilan.  Testimoni dari mereka alumnus program ini bisa di lihat pada gambar di  bawah ini.


Sedangkan dalam bentuk video, bisa di lihat di bawah ini :


[5] Kelima yaitu program web design
Di program ini, Anda akan belajar bagaimana membuat template website proffesional. Seperti template website untuk perusahaan, portal berita, blog, katalog online, e-commerce, yang di ajarkan melalui langkah demi langkah dan langsung praktek. Kelas yang di tawarkan yaitu level Pro dan ada 5, yaitu :

  1. HTML & CSS: Mendesain layout / tampilan website
  2. Bootstrap: Membuat website yang responsive
  3. jQuery Plugin: Menambahkan animasi di website
  4. Javascript & jQuery: Membuat website yang interaktif
  5. Photoshop: Mendesain logo, banner, edit foto, mengolah gambar dll.

Dan untuk lama kursusnya yaitu 2 bulan dengan biaya 7.5 juta rupiah. Anda juga akan mengikuti ujian gratis sertifikasi internasional Adobe Certified Associate (ACA). Estimasi selesai kursusnya yaitu 2 bulan dengan jatah waktu kursus yang tidak terbatas (seumur hidup) dan sampai bisa. Sementara Pembayaran bisa dengan cash, debit, credit, transfer bank, dan cicilan.
Perlu di catat bahwa biaya yang Anda keluarkan tidak sebanding dengan ilmu yang akan Anda dapatkan
Hal ini seperti yang di utarakan oleh Mas Yuppy Wietanto, videonya bisa di lihat di bawah ini :


Oiya, ada salah satu murid dari Malaysia yang mengambil program ini. Baru belajar sehari saja, Beliau sudah paham apa itu HTML & CSS. Hal ini membuktikan bahwa sistem pembelajaran di dumetschool memang begitu mudah di mengerti, sehingga banyak orang yang senang belajar disini. Testimoni mereka bisa di lihat pada gambar di bawah ini :


Nah, bagaimana, kursus IT di dumetschool oke banget kan ? 

“Wah recomended nih. Tapi btw, kenapa harus dumetschool sih, kenapa gak pilih yang lain ?”

Ho ho ho, ada banyak alasan mengapa harus dumet school, berikut detailnya.
  1. Instruktur berpengalaman di bidangnya
  2. Materi yang di ajarkan terupdate dan mudah di pahami
  3. Anda akan mendapatkan Akses ke iLab, yaitu sistem pembelajaran yang bisa anda akses dimanapun dan kapanpun
  4. Jadwal fleksibel karena Anda bisa memilih jam belajar dari senin sampai minggu
  5. Instrukturnya baik, ramah, bersahabat, tidak membeda bedakan, kelasnya nyaman dan rapi, serta fasilitasnya lengkap 
  6. Satu murid bisa langsung mulai belajar
  7. Di ajarkan sampai bisa dan sampai menghasilkan karya
  8. Setelah lulus pun Anda akan terus di support dan gratis konsultasi selamanya.
  9. Mendapatkan sertifikat dengan nomor izin diknas.
  10. Biaya kursus bisa di lakukan secara cash, debit, credit, transfer bank, dan cicilan.
  11. 100% money back guarantee untuk semua program (S & K berlaku)
  12. Sudah banyak yang membuktikan bahwa kursus di dumetschool itu bagus dan terpercaya, bahkan sampai ke luar negeri, karena materi yang di ajarkan mudah di pahami dan di mengerti.
  13. Telah meluluskan lebih dari 3000 murid
  14. Anda bisa mencoba kelas gratis
  15. Bisa mengulang
  16. Dan pastinya terbuka bagi siapa saja, baik masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, guru, dosen, pebisnis, eksekutif dan lain sebagainya.
  17. Terakhir, customer servicenya sangat tanggap. Kemaren pasa saya tanya tanya, Customer Servicenya selalu sedia dan begitu antusias menjawab pertanyaan saya, udah gitu ramah pula.

“Wah banyak ya keunggulanya. Btw lokasi kursusnya dimana saja ?”

Lokasi kursunya ada di 5 empat, yaitu di :

Kelapa Gading
Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, Jalan Boulevard Artha Gading
Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240
(Belakang Mall Artha Gading)
Telp: (021) 4585-0387

Grogol
Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23
Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470
(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)
Telp: (021) 2941-1188

Tebet
Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid). Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam
(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)
Jakarta Selatan 12870
Telp: (021) 2298-3886


Srengseng
Ruko Permata Regensi Blok B - 18, Jalan Haji Kelik
Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630
(Depan Hutan Kota Srengseng)
Telp: (021) 5890-8355

Depok
Ruko Jalan Kartini Raya No. 53
Pancoran Mas, Depok 16436
(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)
Telp: (021) 7720-7657

SMS / WhatsApp / Email
Kelapa Gading: 0851-0055-5666
Grogol: 0819-7555-666
Tebet: 0812-1999-9155
Srengseng: 0812-9933-3913
Depok: 0812-9393-3210

 info@dumetschool.com

Sedangkan untuk waktu bukanya yaitu setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00, aliasnya tak pernah tutup. Wah keren banget pokonya. Bisa belajar kapan saja kalau kayak gini, menarik bukan ? O iya, untuk bulan maret 2017 ini, ada promo diskon sampai dengan 20% untuk program web master, web programming dan web desain, menarik bukan ? Nah, bagaimana, dumetschool mantap kan sebagai tempat kursus IT  pilihan kita semua.

Oiya, saya punya saran nih buat dumetschool. Bagaimana jika program belajarnya di tambah, yaitu animasi video After Effect, secara kan pastinya banyak juga yang ingin belajar software yang pas sekali di pakai untuk membuat video stop motion ini, seperti yang sedang saya pelajari di rumah.

Kesimpulanya, tekhnologi terutama tekhnologi informasi, semakin kedepan semakin maju, dan pastinya akan begitu membantu kehidupan manusia. Dan dengan hadirnya dumetschool sebagai tempat kursus IT berkualitas, kita jadi lebih bersiap dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, baik dalam dunia usaha ataupun dunia kerja.

Terakhir, untuk update info terbaru darinya, jangan lupa subscribe sosmednya ya, seperti facebook, twitter, instagram dan channel youtubenya, sampai jumpa dan terimakasih.

Amir Mahmud
Kebumen 25 Maret 2017

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Beradaptasi dengan Tekhnologi Bersama Dumetschool"

  1. aku dari 1G-4G berarti ngerasain semuanya nih, zaman 1G itu sesuatu banget lho bisa teleponan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman itu emang berkesan bgt, kalo di inget2 bikin kangen

      Hapus
  2. Wah lomba maning.. Semangat kang..

    BalasHapus
  3. Gak terasaa ya mas amir perkembangan teknologi cepat sekali. Jaringan 4G aja udah seneng banget ehh ini mau ada 5G. Daebaakk emang . . Thanks for sharing mas. 😁semoga dumet schoolnya segera buka cabang di area timur 😁 surabaya khususnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, 4G aja udah cepet apalagi 5G, semakin kesini semakin mantep pokonya perkembangan tekhnologi. Dan semoga dumet school segera hadir si Surabaya, amin

      Hapus
  4. Balasan
    1. Sudah pasti, kursus itu buat menambah ilmu, biar ngeblog makin lancar

      Hapus
  5. Di Jogja ngga ada yaa, pengen belajar design grafis di Dumet school juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya, Jogja kudu ada juga nih, moga kedepan ada deh

      Hapus