Asiknya Jepret Jajanan Pasar dengan Tekhnologi Kamera PixelMaster pada ASUS Zenfone


Halo kawan kawan, apa kabar ? semoga dalam keadaan sehat wal afiat ya semuanya, amin. Pada kesempatan kali ini saya ingin jelajah kuliner nusantara berupa jajanan pasar yang ada di kota saya Kebumen Jawa Tengah.. 

Indonesia itu bukan hanya kaya akan budaya dan wisatanya saja, namun kulinernya pun bermacam macam. Dan tentunya dengan citarasa yang khas dan unik di setiap daerahnya, yang pastinya bikin kita jadi pengen mencicipinya.

Ngomong ngomong soal jajanan pasar, kalian tau grobi nggak ? itu loh yang di bikin pake parutan ubi jalar, warnanya merah dan rasanya manis. Saat dimakan, renyah di mulut. 

Atau kalian tau tau jongkong ? jongkong itu mirip kue lapis tapi dimakan pake parutan kelapa, rasanya enak lho. 

Atau ini nih, kalian tau lepet nggak ? biasanya makanan ini disajikan saat acara kenduri (kendurenan) hajatan. Terbuat dari ketan dan di bungkus dengan janur kelapa. Rasanya enak dan ada asin asinya gitu.

Saya yakin kalian pasti penasaran, ya kan ? Oke, kesemua makanan di atas adalah jajanan pasar yang banyak di jual di pasar pasar tradisional di kota saya Kebumen JawaTengah. Seperti pasar Giwangretno, pasar Karanganyar, Pasar Gombong, Pasar Menganti, Pasar Tumenggungan Kota dan lain sebagainya. 

Jajanan pasar. Dokpri
Namun sebagai penggila kuliner akut, tak afdhol rasanya jika tidak mengabadikanya dalam gambar. Dan perangkat mumpuni yang saya gunakan adalah ASUS ZenFone Go ZC500TG dengan fitur kamera mumpuninya yaitu PixelMaster. 

ASUS ZenFone Go ZC500TG miliku. Dokpri
Dengan kamera utama 8 Mp dan kamera depan 2 Mp dilengkapi PixelMasternya, membuat aksi jepret kuliner saya menjadi lebih mengasyikan karena foto yang di hasilkan menjadi terlihat lebih menarik. Oke deh, sekarang kita mulai yuk jelajah kulinernya satu persatu.


Kue lumpur ini bentuknya mirip serabi. Kemarin saat tanya ke penjualnya, saya kira ini serabi, eh ternyata kue lumpur. Kue lumpur ini paling enak dimakan saat masih anget. Rasanya enak lho. Jika Anda pernah makan kue pancong, mungkin hampir mirip mirip, tapi kue lumpur lebih empuk. Kue ini terbuat dari tepung terigu, santan, gula pasir dan bahan bahan pelengkap lainya. Di tempat emak saya pasar, kue ini di jual dengan harga 2 ribu rupiah isi 5. Cocok sekali buat mengisi perut di pagi hari di temani minum teh atau kopi.

Kue Lumpur, mirip serabi. Dokpri

Siapa sih yang gak kenal dadari gulung ini ? makanan yang berbahan dasar tepung terigu ini, banyak sekali di gemari banyak orang. Yang menarik dari dadar gulung pas kemarin saya beli ini, warnanya bermacam macam, seperti merah, hijau, ungu dan lain sebagainya.

Dadar Gulung. Dokpri
Rasanya manis karena ada gula jawa atau gula merahnya. Isinya parutan kelapa dan cocok sekali disantap di pagi hari selagi hangat. Makanan ini banyak sekali di jual di pasar pasar dengan harga yang sangat terjangkau. Di tempat emak saya pasar cuma 2 ribu rupiah isi 5 buah.


Bolu kukus ini sudah banyak tersebar dimana mana. Yang unik dari bolu kukus ini adalah warnanya yang bermacam macam, ada putih, pink, hijau, biru dan lain sebagainya. Kemarin pas waktu beli, warnanya juga macam macam. Karena warnanya yang beragam pula, membuat saya jadi penasaran sekali ingin mencicipinya. Rasanya manis. 


Karena namanya bolu kukus, maka cara memasaknya pun di kukus, bukan di oven. Kalau pakai oven namanya bolu oven dong, haha... Harganya di tempat Emakku pasar pun murah, 1 nya seribu rupiah, namun jika beli 1 wadah berisi 5, harganya cukup 4 ribu saja. 


Grobi, grubi, adalah makanan yang terbuat dari ubi jalar yang di serut memanjang dan di bentuk bola bola, kemudian di baluri gula jawa sehingga rasanya manis. Jika di makan, grobi ini akan renyah di mulut. Di pasar Giwangretno tempat Emak saya jualan, harga 5 buahnya cuma 2 ribu rupiah, murah banget kan ? 

Grobi. Dokpri

Lepet ini seringkali di sajikan saat jamuan makan pada acara acara hajatan seperti sedekahan, mitoni (7 bulan ibu hamil), khitanan dan lain sebagainya. Lepet ini terbuat dari ketan dengan bungkus berupa gulungan janur kelapa. Unik ya ? Makanan ini pun banyak di jual di pasar pasar tradisional, namun jika untuk acara hajatan, biasanya dibuat sendiri. Harga di pasar Giwangretno cuma 2 ribuan untuk 1 ikat berisi 5 buah. Beli 3 ikat sudah cukup untuk sarapan pagi.

Lepet. Dokpri

Makanan yang satu ini bentuknya mirip kue lapis, namun dengan taburan parutan kelapa di atasnya dan biasanya berwarna hitam. Rasanya manis. Beruntung karena kemarin saya bisa menemukanya di pasar Emak saya. Karena sepertinya kue macam ini sudah jarang di temui di pasaran. Harganya 2 ribu rupiah, murah banget deh pokonya.

Jongkong. Dokpri

Makanan yang satu ini cara memasaknya menggunakan layah yang berukuran kecil. Layah itu semacam cobek yang terbuat dari tanah. Kue serabi ini terbuat dari tepung beras yang di campur dengan santan. Rasanya ada dua macam yaitu manis dan asin. Untuk rasa manisnya menggunakan gula jawa. Sedangkan untuk asinya menggunakan garam. Harganya seribu rupiah per bijinya. Umumnya serabi ini di jual di pagi hari. Kebetulan di dekat tempat saya tinggal ada yang jualan, langsung saja deh saya beli.

Serabi. Dokpri

Martabak mini ini ukuranya kecil, ya iya dong namanya juga martabak mini. Harganya seribuan per bijinya. Yang unik dari martabak mini pas waktu kemaren beli yaitu, karena pada bagian topingnya di taburi selai warna warni dan membentuk berbagai macam pola. Seperti love, kupu kupu dan lain sebagainya. Sepertinya hal ini di maksudkan agar pembeli tertarik untuk membelinya, terutama anak anak. Enak juga lho rasanya. 

Martabak mini. Dokpri

Kalau di tempat kalian ada sale pisang gak ? Kalau di tempat saya banyak, karena memang banyak industri rumahan di bidang kuliner. Sale pisang ini terbuat dari pisang yang di iris tipis kemudian di jemur selama kurang lebih 5-6 hari, kemudian di goreng. Sale pisang ini rasanya manis karena ada campuran gula pasirnya saat proses pengolahanya. Pisang yang di gunakan biasanya pisang ambon. Kemarin pas waktu beli harganya 2 ribu rupiah isi 5 lapis, murah banget pokonya. 

Sale pisang. Dokpri

Empek empek ini adalah makanan khas kota Palembang. Namun di daerah Jawa seperti di tempat saya pun banyak yang menjualnya. Saya suka empek empek karena rasanya yang gurih, terlebih jika kuahnya pedas, maknyus tenan pokonya. Di pasar tempat Emak saya jualan, empek empek ini banyak di jual, harganya 2500 rupiah, murah meriah banget pokonya.

Pempek. Dokpri

Pas liat agar agar ini, saya tertarik sekali untuk membelinya karena warnanya macam macam, ada kuning, hijau, merah dan lain sebagainya. Harganya 2 ribu rupiah isi 5 buah. 

Agar agar. Dokpri

Nah, yang terakhir adalah jus buah. Jus buah ini adalah hasil kreasi rumahan milik tetangga saya. Rasanya bermacam macam, ada jus alpukat, jus jambu, jus sirsak, jus wortel dan lain sebagainya. Harganya mulai dari 2 ribu - 3 ribu rupiah per bijinya. Cara bungkusnya menggunakan plastik seperti es lilin, namun lebih besar. Yang unik dari jus buah ini adalah karena menggunakan gula asli, jadi aman di konsumsi, terutama bagi anak anak. 

Jus buah. Dokpri
Wah banyak ya jajanan pasarnya. Dan pastinya masih ada banyak lagi jajanan pasar lainya yang tidak bisa saya ulas satu persatu. Seperti golak, enggeng, mendoan, lanting bumbu, jipang, jenang dan lain sebagainya.

Oiya, foto foto diatas juga saya bikinkan videonya loh. Dan lagi lagi saya membuatnya dengan aplikasi mini movie bawaan smartphone asus. Ini dia videonya :


Nah, yang menjadi pertanyaan adalah : 

“Kenapa sih ko aksi jepret kulinernya pakai ASUS ZenFone, kenapa nggak pakai yang lain saja, kan banyak ?”

Untuk di ketahui, berdasarkan pengalaman saya walau sebentar menggunakan ASUS ZenFone ini, kamera yang di benamkanya begitu apik untuk menghasilkan foto berkualitas. Itu karena teknologi PixelMaster dalam kameranya.

PixelMaster. Sumber : www.asus.com
Hasil jepretanya jelas, apalagi kalau dalam kondisi pencahayaan yang cukup. Sedangkan untuk kamera depanya pun cukup mumpuni, jika di pakai untuk selfie dengan fitur pengindahan atau beautificationnya, wajah kita jadi terlihat lebih bagus.Kulit menjadi lebih halus dan hilang deh tuh jerawat. Gigi jadi tambah putih, rambut pun jadi tambah hitam. Menawan sekali pokonya. saya aja sampai senyum senyum sendiri melihatnya. Masa iya sih ini foto saya, padahal cuma menggunakan kamera depan ukuran 2 Mp saja, waow. Lihat foto saya yang menggunakan fitur beautification disini.

PixelMaster Camera adalah tekhnologi dari asus yang di kembangkan dengan unik, dengan menggabungkan antara software, hardware dan desain optik, untuk menghasilkan gambar yang luar biasa.

Berikut adalah aspek aspek kunci PixelMaster Camera milik Asus yang perlu kalian ketahui :

[1] Photo & Video Rendah Cahaya

Mode lowlight pada PixelMaster Camera ASUS ZenFone memungkinkan Anda dapat mengambil foto dan video dengan jelas. Tekhnologi PixelMaster Camera ini dapat meningkatkan kepekaan cahaya hingga 400%, pengurangan noise, serta meningkatkan kontras warna hingga 200%. Dengan mode ini, Anda dapat mengambil foto dan video dengan kulaitas pencahayaan yang baik walau objek berada dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Low Light Mode. Sumber : www.asus.com
[2] 5 Elemen Lensa Optik 

Foto reseptor sensor lebih besar dan lensa f/2.0 wide aperture dapat mengumpulkan lebih banyak cahaya, sehingga menghasilkan hasil foto yang sangat detail. Kamera PixelMaster Asus ini mengintegrasikan lima lensa untuk meningkatkan kinerja optik yang sangat baik dan foto bebas distorsi

5 elemen lensa optik. Sumber: www.asus.com
[3] Time Rewind

Mode time rewind ini mampu menghasilkan foto 2 detik sebelum dan 1 detik sesudah Anda menekan tombol shutter kamera. Sehingga Anda bisa memilih foto yang paling bagus dari 31 foto yang di hasilkan. 

[4] Image Stabilizer

Fitur ini berfungsi agar hasil foto yang Anda jepret bebas dari blur walaupun tangan Anda bergerak gerak saat memegang ponselnya. Wah keren ya ?

Image Stabilizer. Sumber : www.asus.com
[5] Panorama 

Fitur panorama ini unik sekali. Jadi foto yang di hasilkan bisa berputar 360 derajat. Fitur ini banyak tersedia pada kamera professional, namun sudah ada pada ASUS Zenfone.

Mode panorama. Sumber : www.asus.com
[6] Depth of Field 

Fitur ini berfungsi untuk mengambil objek terdekat menjadi lebih jelas, sedangkan objek sekeliling menjadi agak buram. Ini mirip fitur yang ada pada kamera proffesional, namun sudah di benamkan juga pada ASUS ZenFone. Saya yakin Anda akan takjub melihat hasilnya.

Mode Depth of Field. Sumber : www.asus.com
[7] Instant Camera

Instant Zoom ini memungkinkan Anda untuk menjepret objek dalam sebuah moment dengan cepat. Caranya hanya dengan menekan tombol volume 2 kali dengan cepat, lalu tekan sekali lagi untuk mengambil fotonya. Dengan begitu Anda tak akan pernah terlewat jika ada objek atau moment penting yang perlu di abadikan dengan cepat.

[8] Clear Zoom

Teknologi Clear Zoom ini memungkinkan Anda melakukan zoom in pada objek yang jauh, atau zoom out pada objek yang dekat, dengan begitu bisa tetap menjaga kejelasan gambar yang luar biasa.

Mode Clear Zoom. Sumber : www.asus.com
[9] All Smile

Jika Anda berfoto bersama teman teman atau grup, fitur ini dapat menghasilkan 5 foto dengan ekspresi terbaik yang kemudian Anda bisa memilih foto dengan hasil ekspresi yang paling menarik.

Mode All Smile. Sumber : www.asus.com
[10] Smart Remove

Fitur ini dapat menghilangkan atau memblurkan objek foto sekeliling yang tidak di inginkan, sehingga hasil foto akan lebih fokus ke objek utama. Mirip Depth of Field tapi beda.

Mode Smart Remove. Sumber : www.asus.com

[11] Effects

Fitur efek ini bisa menghasilkan berbagai macam gambar ber-efek yang membuatnya beda dengan aslinya, seperti efek tulisan pensil, efek kartun dan lain sebagainya.

Mode Effects. Sumber : www.asus.com

[12] GIF Animation

Fitur GIF ini bisa membuat foto yang Anda hasilkan bisa bergerak dengan cara tekan dan tahan tombol shutter kamera, maka secara otomatis jadilah gambar GIF Animation ini.

[13] Beautification

Seperti yang sudah saya singgung di atas. Fitur ini membuat wajah kita menjadi lebih ganteng atau lebih cantik. Saya sudah coba pas waktu tengok padi karena sebentar lagi mau panen. Wajah saya jadi bersih dan nampak tak ada jerawat. Gigi pun jadi lebih putih, rambut jadi lebih hitam. Ah pokonya keren deh.

Mode Beautification. Sumber : www.asus.com
Nah, bagaimana, tekhnologi PixelMaster Camera memang mantap sekali kan buat fotografi. Dan kalian bisa mendapatkannya pada smartphone atau tablet merk ASUS. Pengen tau lebih lanjut seperti apa sih efek efek PixelMaster ini, klik link ini  https://www.asus.com/PixelMaster/

Kesimpulanya, Indonesia memang kaya sekali akan kuliner kulinernya, contohnya seperti jajanan pasar diatas. Dan dengan perangkat bertekhnologi PixelMaster dari Asus, aksi jeprat jepret kuliner nusantara menjadi lebih mengasyikan. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel

Sumber pendukung

Artikel : 
www.asus.com
http://komputerlamongan.com/

Vector :
www.freepik.com

Subscribe to receive free email updates:

32 Responses to "Asiknya Jepret Jajanan Pasar dengan Tekhnologi Kamera PixelMaster pada ASUS Zenfone"

  1. btw harus punya hp asus ya buat ikutan lomba ini? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gakkok, pinjem boleh punya temen atau tetangga

      Hapus
  2. Wuih banyaknya pilihan makanan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, itu semua jajanan pasar yang ada di derahku. Kalau di Aceh pasti lebih unik lagi

      Hapus
  3. Sampeyan asli kebumen tho, sayang kenale telat ya, 2 tahun yg lalu aku kerjo kono. Btw asus memang jagoan buat photo makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pernah kerja di sini ya ? Aku Sruweng Mas

      Hapus
  4. Jajanan pasar memang membuat kangen, dimanapun itu.. he
    Semoga menang ya mas..

    Btw, salam kenal ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dan harganya murah murah dan di jamin super enak

      Hapus
  5. Ajib banyak makanannya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, itu jajanan pasar Koh Deddy, kalau di Palembang kayaknya lebih unik lagi :)

      Hapus
  6. Oh itu namanya Grobi, aku kok nyebutnya legi2. wkwkkwk Tapi mulai jarang sih di sini. Adanya kalo ke pasar tradisional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, disini namanya grobi, bikinya pake ubi jalar dan dikasih gula jawa

      Hapus
  7. Aku sudah lama nggak makan grubi.. jadi kangen hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak di jual pasaran Mas, apalagi daerah Magelang, banyak disana

      Hapus
  8. Klanting, yg kuingat dr kebumen.
    Wah kandidat ni mas amir,postnya komplit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, Kebumen merupakan sentra lanting, khususnya lanting bumbu. Di sini banyak sekali home industri yang memproduksi lanting sebagai komoditi karena Kebumen banyak menghasilkan singkong berkualitas sebagai bahan utama pembuatan lanting ini. Btw iya saya Amir, aku ko terkenal ya xixixixi...

      Hapus
    2. Warna lanting jg menarik y, sengaja d bikin dgn wrn-wrni.dominasi pink deh kayae.
      Ya mestii kenal,jagoan kontes gitu...hehehe

      Hapus
    3. Iya betul, warna warni biar menarik. Rasanya juga bermacam macam, paling di gemari rasa pedas manis, lalu ada rasa keju dan rasa bawang. Dan inilah yang membedakan lanting bumbu dari Kebumen dengan lanting lainya :)

      Hapus
  9. jajanannya gawe ngiler kabeh mas Amir hedehhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. So pasti dong Mbak, kalau pagi tuh, tukang jajanan pasar pasti di kerubutin orang orang pada mau beli

      Hapus
  10. WAW, ramainyakuliner kebumen, dibahas lengkap sama mas amir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biar orang orang pada tau :D

      Hapus
  11. Wah gambarnya gede-gede, mas. Manteb

    BalasHapus
  12. lengkap banget jajanan pasarnya...
    kalau di Wonosobo Grobi=Grubi, beda O sama U doang. Rasanya pasti sama ya :) enaaak! jajanan saya waktu kecil dulu, karena ada tetangga yang produksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Kebumen grobi, di tempat saya masih banyak yang jual, murah meriah dan enak rasanya

      Hapus
  13. Kalau sudah pakai Asus Zenfone serasa pegang kamera DSLR....bedanya cuman dikit diukuran senornya....keren....!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, ASUS ZenFone emang keren,saya paling suka dengan kamera depannya untuk selfie, hasil fotonya menjadi lebih bagus

      Hapus
  14. ahhh jajanan msa kecil ku, masi ada sih yg jual tapi kayanya jarang ya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di tempatku masih banyaaakkk. murah murah banget dan enak enaaaak ^_^

      Hapus
  15. Balasan
    1. Kalau ke Kebumen, coba mampir ke Pasar Giwangretno yang ada di pinggir jalan raya Sruweng, banyak banget jajanan jananan pasarnya, tapi jangan kesiangan ya tar kehabisan ^_^

      Hapus