Musiknya Amir Silangit Ada di Langit Musik

Hidup itu ada banyak rasa, kadang seneng, kadang sedih, gembira, galau, bimbang, labil dan lain sebagainya. Saya pun begitu. Kadang saat sedang senang, misalnya karena baru saja memenangkan lomba, maka saya akan memutar lagu pop bernada jingkrak jingkrak. Saat saya sedang kalah, kadang saya memutar lagu lagu penyemangat agar terus semangat bertanding. Saat saya galau, maka saya pun akan menyetel lagu bertema galau. Dan berikut adalah pemaparan saya dari berbagai rasa yang timbul di hati, yang setiap rasa seringkali di iringin dengan musik.

Senang



Seperti beberapa waktu lalu saat saya memenangkan lomba blog dan menjadi juara pertamanya. Rasanya bahagia dan senangggg sekali. Biasanya jika sudah begini, saya menyetel lagunya Michael Jackson yang goyangan moonwalk itu. 

Moonwalker Mc. Jackson. Sumber dari sini
Jedag jedug jedag jedug jegerrr....wah asik sekali sekali. Penggalan Lirik lagunya seperti screenshoot di bawah ini  :



Kalau sudah begini biasanya saya ikut menirukanya, itung itung biar badan jadi sehat karena malas berolahraga.


Foto Michael Jackson kecil by King Tahapary
Sedih



Ada kalanya saat sedih, saya juga terkadang memutar lagu yang pas dengan kondisi tersebut. Seperti awal 2016 lalu, keluargaku sedikit mengalami cobaan yang berat karena Ibuku harus bolak balik kerumah sakit. 

Sudah berobat berulang kali kesana kemari tapi belum juga sembuh. Pokonya sedih sekali waktu itu. Namun begitu saya harus tetap sabar menghadapinya. Jika sudah begini biasanya saya menyetel lagunya D’Masiv dengan penggalan lirik lagu seperti screenshoot dibawah ini :


Dengan lagu tersebut saya jadi lebih termotivasi dalam menghadapi setiap cobaan agar bisa di lewati dengan baik

Galau



Awal 2016 lalu saya di risaukan sekali dengan keadaanku waktu itu. Jadi di waktu tersebut saya harus memilih apakah saya harus kerja atau fokus ngeblog. Terlebih karena waktu itu saya numpang tinggal di rumah teman di Jakarta. Selain itu karena umur yang semakin bertambah, membuat saya harus cepat cepat memutuskan mana jalan yang terbaik. 

Sebenarnya saya sudah ada panggilan wawancara, namun pada akhirnya saya tidak di terima kerja. Dan hal itu membuat saya menjadi bimbang, risau, bingung, atau bahasa kekinianya di sebut galau.

Biasanya di saat saat tersebut, saya memutar lagu yang sesuai dengan apa yang sedang saya rasakan. Seperti lagu yang berjudul “Kerja” milik Ella & The Boys. Penggalan liriknya seperti ini 

“apa yang kan terjadi pada diri ini, ingin mencari rezeki untuk menafkahi diri”

Yahhhh, itulah hidup, ada berbagai macam rasa, seperti galau misalnya. Dan biasanya orang sering mengiringi kisah hidupnya dengan mendengarkan musik

Kecewa



Dulu saya pernah mengalami kejadian pahit di tahun 2011 – 2012. Jadi waktu itu saya sedang antusiasnya mengikuti event lomba kepenulisan. Karena hadiahnya yang lumayan sangat, maka saya pun semangat sekali mengikutinya. Namun apalah daya setelah 1 tahun mengikuti lomba, tak ada satupun lomba yang saya menangkan. Rasanya yang pasti sedih dan kecewa sekali. 

Di saat saat kecewa seperti ini, biasanya saya memutar lagu penyemangat agar saya tak pernah putus asa. Seperti lagunya Bang Haji Rhoma Irama yang berjudul perjuangan dan do’a, dimana lagu tersebut pas sekali dengan suasana hati yang sedang saya rasakan, penggalan lirik lagunya seperti ini : 

“Rintangan rintangan, rintangan sudah pasti ada, hadapilah semua dengan sabar dan di sertai Do’a. Berjuang, berjuang sekuaa tenaga, Hadapilah semua dengan tabah juga dengan kebesaran jiwa”

Dengan di iringin lagu tersebut, saya jadi tambah semangat untuk terus mencoba saat sedang kecewa karena sering kalah dalam perlombaan. 

Bingung



Saya yakin jika setiap manusia pasti pernah merasakan kebingungan. Entah karena masalah pribadi, keluarga, asmara dan lain sebagainya. Hal itu pun seringkali saya alami. Seperti yang sudah saya ceritakan di atas saat Ibu saya sakit. Rasanya sedih dan bingung sekali. Sambil terus berdoa dan berusaha, saya memohon kepada Tuhan semoga saya dan keluarga saya di berikan kesabaran dalam menghadapi setiap cobaan. 

Saat saat seperti ini biasanya saya menyetel lagu yang pas dengan kondisi saya saat itu, masih dari lagunya Bang Haji Rhoma Irama yang berjudul Stress, lirik lagunya seperti ini :  

“Stresss....obatnya iman dan takwa, tak perduli miskin ataupun kaya. Semua orang bisa stress”

Dengan lagu yang sesuai seperti di atas, membuat saya termotivasi bahwa dengan berusaha dan berdoa, apa yang sedang saya dan keluarga rasakan bisa segera teratasi. 

Kangen Masa Kecil



Mengenang masa kecil di tahun 90an, saya jadi teringat lagu favorit Kakak saya dulu dari koleksinya Ebiet G. Ade. Seperti Elegi Esok Pagi, Untuk Kita Renungkan, Cinta Sebening Embun, Kupu Kupu Kertas dan lain sebagainya. 



Dengan memutar lagu tersebut, nostalgia saat saya masih kecil seperti hadir kembali.

Nah, itulah musiknya hidupku, alias musiknya Amir Silangit yang menyatu dalam banyak rasa. Dimana setiap lirik yang di tampilkan hampir semuanya ada dalam sebuah aplikasi musik bernama langit musik.

Bicara soal musik, disini saya juga akan membahas tentang aplikasi musik bernama langit musik tadi, mari kita bahas sama sama.

Menjadikan Hidup Lebih Asik dengan Musik Bersama Langit Musik

Langit musik adalah aplikasi streaming musik dari telkomsel yang bisa di unduh melalui android maupun iOS. Dengan aplikasi musik ini, kalian bisa streaming lagu baik lokal maupun internasional dengan jumlah lagu lebih dari 6 juta lagu. Waow banyak banget ya ?

Setelah kita mendownload aplikasinya, kita bisa mendaftarkan diri menggunakan nomor telkomsel seperti Simpati, Kartu AS dan Loop. Caranya mudah ko, hanya dengan memasukan nomor telkomsel kita lalu ikuti langkah selanjutnya. Saya yakin semua pasti bisa. 


Untuk opsi bahasa, kalian bisa memilih bahasa inggris atau Indonesia. Agar lebih mudah, maka saya menggunakan bahasa Indonesia. Cara setting bahasanya pun mudah, pilih tombol ID di pojok kanan atas pada gambar di atas. 

Setelah selesai, sekarang saatnya membahas fitur fiturnya. 

Kolom Pencarian

Fitur ini berada di paling atas layar dan berfungsi mencari lagu yang kita inginkan. Misal saya ingin mencari lagunya Billie Jean dari mendiang Michael Jackson, maka saya akan mengetikannya di kolom pencarian dan seketika hasil pencarian akan muncul.



Jelajah

Di fitur jelajah ini terdapat dua menu, yaitu menu “untuk anda” dan menu “cari”.

Di menu “untuk anda” ini, kita bisa melihat deretan lagu  yang di rekomendasikan oleh langit musik. Lagu lagu yang di rekomendasikan adalah lagu yang sebelumnya telah kita putar. 

Karena saya baru saja mendengarkan lagu Beauty Sleeps dari Raisa, Nothin’ On You dari B.o.B, dan lagu lagu koleksinya Maher Zain, maka lagu tersebut pun muncul di halaman submenu “untuk anda”


Sedangkan untuk menu “cari” terdapat pilihan submenu “lagu terbaru”, “top hits”, “top artist”., "moods anda" dan "aliran".

Untuk menu “lagu terbaru” tersedia submenu yang berisi pilihan antara semua lagu, Indonesia dan Internasional. Jadi kalian bisa mengetahui lagu apa yang baru di luncurkan melalui menu ini. Update banget kan langit musik ?

Sedangkan menu “top hits” berisi submenu yang berisi lagu lagu populer saat ini, seperti Closer dari The Chainsmokers, Dia dari Anji Drive, Penantian Berharga dari Rizki Febrian dan lain sebagainya. Penjelasan lengkapnya seperti pada gambar di bawah ini :


Sedangkan untuk submenu "moods anda" berisi lagu sesuai dengana moods anda. Dan submenu "aliran" berisi aliran musik


#TagStation

Di menu tag station ini, kita bisa memutar lagu sesuai dengan kondisi mood kita. Saat kita sedang senang atau bahagia, kita bisa memilih #bahagia. Saat kita sedang Sedih, kita bisa memilih #sadness. Saat kita akan tidur, kita bisa memilih #sleep. Moody banget kan langit musik ini ?


Trending

Di menu trending ini, kita bisa melihat lagu apa yang sedang populer di suatu wilayah. Di menu ini kita akan di hadapkan dengan peta Indonesia, dimana hal ini membuatnya beda di banding aplikasi musik lain karena menyuguhkan musik populer disetiap wilayah.

Sebagai contoh, saya akan memilih daerah saya yaitu Jawa Tengah. Musik apa sih yang populer di daerah saya. Saya klik deh menu trending lalu pilih Jawa Tengah, ternyata ada banyak musik yang sedang populer. Seperti Closer dari The Chainsmoker, Dia dari Anji Drive, Let Me Love You dan lain sebagainya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :


Laguku

Di menu laguku ini, kita bisa melihat lagu lagu yang baru saja di mainkan dan lagu yang sering di mainkan. Screenshootnya bisa di lihat pada gambar di bawah ini:


Pemberitahuan

Pada menu pemberitahuan ini, kita bisa melihat update dari teman teman dan artis untuk melihat apa yang mereka dengarkan. Jika tidak ada update, kalian bisa klik tombol “CARI TEMAN BARU”



Pengaturan

Di menu pengaturan ini, kita bisa mengelola akun, pemberitahuan, merubah pengaturan bahasa, equalizer, penyimpanan dan menu tentang langit musik yang berisi syarat ketentuan dan kebijakan privasi. 

Untuk equalizer ini, suara musik yang di hasilkan oleh langit musik begitu menggelegar....karena menggunakan terkhnologi dolby audio. Setelah saya bandingkan dengan musik mp3 lain di smartphone saya, musik dari langit musik suaranya begitu jernih dan lebih bagus.

Sementara untuk penulisan kebijkan privasi, kata “privasi” tertulis “pribadi” dan semoga bisa di perbaiki oleh langit musik (lihat point 7 pada gambar di bawah). Sedangkan jika ingin keluar bisa klik tombol keluar yang ada di bawahnya.


Nah, itulah sedikit fungsi menu menu di langit musik apps.

Kelebihan yang saya rasakan dari langit musik adalah karena lirik lagunya bisa di ulang dengan menggeser lirik ke bagian yang kita inginkan, atas atau bawah. Barangkali ada yang sedang menghapal lagunya, kan jadi lebih mudah. Kita juga bisa mengulang atau mempercepat lagu hanya dengan menggeser ikon titik yang berjalan pada piringan yang berputar.  


Selain itu saya juga suka dengan tampilan antarmuka dari langitmusik yang berwarna hitam dan kekinian. Beda sekali dengan yang lain karena penuh kreativitas dan inovasi. Oiya, kita juga juga bisa mendengarkan lagunya secara offline lho, caranya : pilih Jelajah > Dengarkan secara offline > daftar putar > musik offline, atau lihat gambar di bawah ini :


Dan yang paling menarik, saat sedang di putar, kuota data kita tidak berkurang asalkan menggunakan kartu telkomsel (Simpati, As dan Loop)

Lalu bagaimana cara berlangganan premiumnya ?

Gampang ko. Pastikan kalian menggunakan kartu telkomsel seperti Simpati, AS atau Loop. Kemudian download aplikasi langit musik baik di android atau iOS, lalu pilih tombol gear (pengaturan) kemudian pilih tombol akun > pilih tombol bebas dan akan muncul halaman daftar dan ikuti langkah selanjutnya. 


Saya sendiri berlangganan versi premium 7 dan hanya membayar Rp 6.600,- melalui pulsa. Keuntungan jika berlangganan premium adalah kita bisa mendengarkan lagu secara offline. Tapi jika kita keluar akun, maka lagu offline akan hilang.


Namun begitu dalam sebuah karya, pasti ada kekurangan dan kelebihan. Jika tadi saya sudah jelaskan salah satu kelebihan Langit Musik, maka berikut adalah kekurangannya : 

[1] Tidak di tampilkan total durasi lagunya. Yang ada hanya waktu berjalan saja. Bagi saya total durasi lagu itu penting karena berhubungan manajemen waktu.

[2] Masih ada lagu yang tidak memiliki lirik, contohnya pada lagu Nothin' On You milik B.o.B, lalu ada lagunya Ella & The Boys yang berjudul “Kerja” dan lagu yang berjudul “Fokus” milik Top Gun. Barangkali kita ingin menghapalkan liriknya, namun karena tidak tersedianya lirik lagunya jadi agak sulit.


[3] Masih ada lagu yang tidak saya temukan, contohnya lagu berjudul perjuangan dan do’a, dan lagu berjudul stress milik Bang Haji Rhoma Irama, padahal lagu tersebut cukup terkenal. Namun saya tidak menemukanya, makanya saya tidak bisa menampilkan liriknya di awal pembahasan.

Akhirnya, selesailah pembahasan saya tentang musiknya hidupku. Kesimpulanya, hidup itu memang banyak rasa, dan musik dari langit musik selalu bisa menemani hari hari kita dalam banyak rasa. Oiya, dengan menggunakan langit musik, kita juga sedang kampanye anti membajak karya lho, sehingga kerja keras para musisi tidak sia sia. 

Dan sebagai bentuk dukungan saya terhadap langit musik agar terus di kembangkan ke arah yang lebih baik, saya juga memberikan rating performa aplikasi langit musik di playstore, berikut screenshootnya :


Satu lagi, follow sosial media langit musik seperti facebook, twitter, instagram untuk update info terbaru darinya, sampai jumpa


Subscribe to receive free email updates:

30 Responses to "Musiknya Amir Silangit Ada di Langit Musik"

  1. huiiiii kereeeeeeen





    dan saya belum bikin T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih 14 hari Mbak, masih lamaaaa...ayo ikutin ^_^

      Hapus
  2. keren banget... saya mau ikutin ah.. makasih lho sharenya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ikutan, mumpung masih lama DL nya

      Hapus
  3. Aku suka nih denger Langit Musik. Makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka, musiknya ada 6 juta lagu, banyak bingits

      Hapus
  4. Bener banget mas, terkadang mood music d pengaruhi kondisi hati yaa. klw sy br tau ni klw ada langit musik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,dalam keadaan apapun, musik bisa jadi teman setia

      Hapus
  5. mau suasana hati kayak apapun rasanya mendengarkan musik tetap jadi kegiatan yang cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, banyak suasana hati bisa di cocokan dengan musik, dan musiknya banyak tersedia dia langitmusik, jadi, ayo pasang appsnya sekarang juga ^_^

      Hapus
  6. udah berapa kali saya liat post ini seliweran, tapi karena nggak ngerti musik ya udah lah entar aja mampir *jujur*
    Aduh kayak ngerasa tua banget apa ya saya sampe ndak ngerti musik.
    .
    .
    (Kemudian ngeliat maher zein, ah iya ya...mau ah coba juga langir musiknya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo instal aplikasinya sekarang juga, dan bikin postnya. Hadiahnya bikin ngiler huhuhu

      Hapus
  7. Jarang banget denger lagu di langit musik, biasanya di joox wkwkw.
    Nanti deh kucoba, kalo sempet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langit musik itu keren lo, suaranya dolbi digital gitu, mantap deh pokonya. Thks dah mampir

      Hapus
  8. Balasan
    1. Betul sekali, tanpa musik hidup bagai sayur tanpa garam ^_^

      Hapus
  9. Balasan
    1. Langitmusik emang keren, ayo pasang appsnya sekarang

      Hapus
  10. saya juga pakai aplikasi ini nih untuk dengerin musik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langtmusik emang keren, saya udah coba fitur premiumnya, mantep pokonya

      Hapus
  11. Jadi lagu apa aja sesuai suasana hati ada dilangit musik \m/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apa aja ada, lebih dari 6 juta lagu lho,waow

      Hapus
  12. Hai mas amir, selalu total deh kalau ikutan lomba, good luck ya aku dukung moga menang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dong Mbak, yang lainya juga pada kecekece abis, kalo gak totalitas nanti gampang kesaing. Btw trimakasih dukunganya ^_^

      Hapus
  13. Waah keren reviewnya. Aku juga suka dengerin lagu2 favorit di langit musik. Kalo pas pengen nostalgia sih playlistnya lagu2 tahun 90an, dan aku seneng banget karena lagu2 favoritku semua ada di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langitmusik emang upgrade banget, semua lagu lagu ada disini, dari lagu lama sampai lagu terbaru

      Hapus
  14. belum pernah coba. lumayan lengkap ya fiturnya. kapan-kapan ah cobain langit musik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo coba,keren banget pokonya, tampilan UI nya mantep banget

      Hapus