Manfaat Besar Smartphone Dalam Kegiatan Sehari Hari Sebagai Blogger

Sebagai seorang blogger, saya tak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Fungsi smartphone bagi saya amatlah vital untuk mendukung aktifitas ngeblogku. Dengan smartphone, banyak hal yang bisa saya lakukan seperti poin point dibawah ini :

Memotret

Artikel blog saya hampir tidak ada yang yang tidak terbubuhi oleh gambar. Karena pastinya, artikel yang menarik adalah artikel yang memiliki gambar, sehingga pembaca pun menjadi lebih betah berlama lama di blog saya. Dengan smartphone ditangan saya, saya tak perlu repot repot membawa kamera, terlebih kamera yang memiliki bodi besar sehingga memakan tempat.


Dengan adanya kamera smartphone, saya menjadi lebih mudah dalam mengambil gambar. Bentuk smartphone yang kecil dan pas di tanganpun semakin memudahkan saya dalam mendapatkan gambar menarik untuk diupload di blog dengan cepat.

Untuk pengolahan gambarnya, saya memanfaatkan fitur bluetooth di smartphone saya, yang kemudian ditransfer ke laptop. Dengan fitur bluetooth ini, saya menjadi  terbantu sekali dalam proses pengiriman gambar ke laptop.


Browsing
Browsing adalah hal wajib yang saya lakukan lakukan sebelum menulis artikel. Dengan adanya smartphone, aktifitas browsing menjadi lebih mudah dilakukan, kapanpun dan dimanapun, asalkan masih menjangkau koneksi internet.

Namun saat berada di tempat tempat yang sulit sinyal, biasanya saya mengantisipasinya dengan menyimpan halaman halaman blog atau website didalam browser smartphone, sehingga bisa dibaca kapan saja walaupun internet sudah di nonaktifkan.

 
Selain itu agar blog saya ramai pengunjung dan komentar, saya pun seringkali blogwalking lewat smartphone. Sambil tiduran, saya pun asik baca baca artike artikel blog lain untuk memberikan komentar. Dengan harapan blog tersebut nantinya juga akan berkomentar balik ke blog saya.


Memaksimalkan Fungsi Socmed Untuk Sharing Artikel Blog
Hampir disetiap ajang lomba blog, seorang blogger diwajibkan untuk memposting artikelnya di social media, baik itu facebook, twitter ataupun instagram, dengan maksud agar pengunjung bisa membaca artikel tersebut. 


Dan itu pun seringkali saya lakukan lewat smartphone agar lebih mudah. Dengan smartphone, saya jadi bisa share artikel kapanpun dimanapun. Berbeda jika saya melakukanya lewat laptop, karena harus dilakukan didalam ruangan atau dirumah agar lebih nyaman.

Misal saat sedang duduk bercengkrama dengan teman dan tetangga, saat akan membeli sesuatu di warung, saat membaca buku, saat kemana saja, seringkali saya  membawa smartphone agar aktifitas share artikel lebih menyenangkan tanpa harus terpaku duduk menghadap laptop.

Email
Membuka email, sering banget saya lakukan lewat smartphone. Dengan aplikasi email yang terpasang dismartphone, saya jadi bisa melihat teman teman blogger yang telah berkomentar di blog saya, untuk kemudian saya bisa membalasnya.

 
Berbeda jika saya melakukanya lewat laptop, karena harus menyalakan terlebih dahulu, mengaktifkan internetnya, membuka browsernya kemudian membuka website emailnya. Dan itu pasti membutuhkan waktu. Walau paling lama 5 menit, namun jika menggunakan smartphone bisa dilakukan kurang dari 1 menit. Sambil jalan, sambil bercanda bersama teman teman atau tetangga, sambil baca buku, sambil duduk manis, sambil makan, sambil olaharga, semua bisa dilakukan dengan mudah lewat smartphone.

Mencatat Ide Blog di Smartphone

Nah, ini nih yang seringkali saya lakukan. Saat saya sedang riset keluar, ide ide penting atau point point penting harus saya catat agar saat menulis nanti menjadi lebih mudah. Dan saya pun sering melakukanya lewat smartphone.

Saya mencatatnya dalam aplikasi note di smartphone. Dengan smartphone, saya tak perlu repot repot mengeluarkan kertas dan bolpen untuk kemudian menulisnya. Saya hanya perlu mencatatnya lewat smartphone.

Seperti yang saya lakukan saat berkunjung ke Semarang beberapa bulan yang lalu, saat itu saya sedang riset dalam rangkan menulis sebuah artikel di blog, lalu saya mencatatnya dalam aplikasi note di smartphone saya.


Jika dengan kertas dan bolpen, kata atau kalimat yang salah harus dicoret, dan pastinya dengan coretan tersebut membuat kata dan kalimat yang berisi ide ide kita jadi semrawut dan kurang rapih, sehingga jadi kurang nyaman saat di baca ulang.

Tapi dengan smartphone, kita tak perlu mengeluarkan kertas, tersedia banyak lembaran baru disana, kita juga tak perlu mencoret tulisan yang salah, tinggal tekan saja tombol backspace, maka tulisan yang salah tersebut bisa dihapus dan diperbaiki lagi.

Nah, jika khawatir ide tersebut terhapus, maka bisa disimpan diemail ataupun google drive, sehingga kita punya cadangan jika secara tak sengaja file ide tadi tak sengaja kehapus.

Menjadikan Smartphone Sebagai Modem
Nah, ini nih fungsi smartphone yang amatlah penting dan amatlah wajib bagi saya. Karena saya belum memiliki modem, maka saya menjadikan smartphone sebagai modem. Saya sudah melakukanya hampir setahun terakhir ini. Smartphonenya saya taruh di kaca jendela yang letaknya lebih tinggi, sehingga sinyal yang didapat pun menjadi lebih kuat, sehingga pula koneksi internetpun menjadi lebih kencang.


Menurut saya jika saya membeli modem, maka saya harus membeli paket interrnet untuk modem, dan membeli paket internet untuk smartphone. Dan itu berarti saya harus mengeluarkan biaya kurang lebih 200 ribu. 150 ribu untuk modem dan 50 ribu untuk smartphone.

Namun karena saya bisa mengandalkan smartphone, saya tak perlu lagi lagi membeli modem, sehingga biaya interpun menjadi lebih hemat.  Dan pokonya smartphone ini sangat bermanfaat sekali sebagai teman saya negblog.

Berbicara soal smartphone, saya ingin merekomendasikan sebuah smartphone dari vendor ternama yaitu samsung, tepatnya Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J5 2016 J7 keluaran terbaru.

Smartphone ini memiliki banyak keunggulan loh, dan cocok banget buat kita sebagai blogger agar aktifitas blog sehari hari semakin maksimal, berikut keunggulannya :

Desain Body

Samsung Galaxy J5  2016 dan Samsung Galaxy J7 2016 memiliki body yang terbuat dari logam, sehingga bisa meminimalisir cedera saat tak sengaja terjatuh. 



Layar
Untuk layar dari Samsung Galaxy J5 2016, memiliki ukuran 5,2 inch dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel dan 16 juta warna, sehingga mampu memberikan warna yang begitu. Dengan tambahan tekhnologi super amoled, mampu memberikan suguhan warna yang kontras dan, namun tetap nyaman di mata. Bahkan layar akan tetap terlihat jelas walau diluar ruangan.

Sementara untuk Samsung Galaxy J7 pun demikian, namun dengan ukuran layar yang lebih besar yaitu 5.5 inch.

Untuk kedua type tersebut pun sudah mendukung sentuhan 5 jari sekaligus.

Otak Canggih
Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 2016, memiliki RAM 2 GB, penyimpanan internal 16 GB serta mampu menampung memori eksternal hingga 128 GB. Dengan kapasitas yang sangat longgar tersebut, mampu menampung ribuan foto foto kesayangan Anda.

Dengan prosesor 1.2 GHZ dan CPU Quad Core untuk type Samsung Galaxy J5 2016 nya, mampu memberikan kinerja cepat dan minim lag. Juga dengan terpasangnya grafis adreno 306, membuat aktifitas multimedia dan game supaya berjalan lebih mulus dan lancar.

Sedangkan untuk Type Samsung Galaxy J7 2016 nya juga sama seperti type diatas, namun dibekali prosesor yang lebih heabt lagi, yaitu 1.6 GHz dan CPU Octa Core dan GPU adreno 405 yang pastinya akan memiliki kinerja yang lebih baik lagi.

Kamera Mumpuni
Nah, ini nih yang jadi andalan semua orang dalam sebuah smartphone. Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 2016  memiliki kamera depan 5 mp dan kamera belakang 13 mp. Dengan kamera tersebut mampu menghasilkan jepretan yang begitu terang dan jelas.



Juga dengan fitur led flash dan auto fokusnya baik didepan maupun belakang, membuat hasil jepretan seperti dimalam hari akan terlihat lebih jelas.

Keduanya sama sama memiliki fitur kamera yaitu aperture f/1.9 untuk hasil foto yang lebih baik lagi walau dalam kondisi kurang pencahayaan.

Baterai
Untuk type Samsung Galaxy J5 2016 memiliki kapasitas baterai 3.100 mAh. Dengan kapasitas tersebut mampu bertahan seharian. Juga dengan dibenakamnya fitur  Ultra Power Saving mode, secara dramatis akan mengurangi konsumsi daya baterai dengan menutup fungsi yang tidak dibutuhkan, sehingga bisa memastikan smartphone Anda tetap aktif saat Anda benar-benar membutuhkannya.
Baterai Samsung Galaxy J5 2016
Untuk type Samsung Galaxy J7 2016 nya juga sama, cuma kapasitas baterainya lebih besar lagi yaitu 3.300 mAh, sehingga mampu bertahan lebih lama lagi.

Baterai Samsung Galaxy J5 2016
Jaringan
Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 2016, kedua duanya sudah mendukung jaringan 2G, 3G dan 4G LTE lengkap dengan dual sim dan micro sim. Dengan dukungan tersebut, Anda bisa lebih bebas menggunakan 2 kartu dalam 1 smartphone. Jaringan 4G LTE nya juga mampu memberikan koneksi internet super cepat.

Juga dengan tekhnologi GPS Glonassnya, mampu melacak lokasi dengan lebih cepat dan akurat.

Fitur Tambahan
Dengan adanya fitur smart manager pada kedua type smartphone ini, memeriksa informasi baterai, status penyimpanan, status memori dan pengaturan keamanan menjadi lebih mudah.

Harga
Untuk Type Samsung Galaxy J5 2016 dibanderol dengan harga Rp. 2.999.000,- dan Type Samsung Galaxy J7 2016 di banderol dengan harga Rp 3.499.000,-. Cukup pas untuk kualitas yang diberikan untuk dari kedua smartphone tersebut. Silahkan kunjungi link http://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-j5-2016-j510fn/ ya jika ingin tau lebih banyak tentang produknya

Nah, itulah ceritaku dalam memaksimalkan smartphone sehari hari sebagai blogger. Dan produk Samsung diatas sangat recomended untuk sebagai blogger, sampai jumpaaa...

Sumber referensi artikel :
1] www.gsmarena.com
2] www.teknokita.com
3] www.samsung.com

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Female Daily x Samsung : Blogger competition x Samsung Galaxy J Series. Klik gambar dibawah untuk ikutan.

http://forum.femaledaily.com/showthread.php?23689-Female-Daily-x-Samsung-Blogger-competition-x-Samsung-Galaxy-J-Series

Subscribe to receive free email updates:

29 Responses to "Manfaat Besar Smartphone Dalam Kegiatan Sehari Hari Sebagai Blogger"

  1. good luck ya mas. aku juga pakai smartphone untuk berbagai aktifitas ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, aku juga, goodluck juga buat Mbaknya

      Hapus
  2. Benar banget. Yang namanya smartphone mah mmg wajib.

    BalasHapus
  3. Waah saya sudah punya kemaren Samsung J tapi karena lagi megang 1 smartphone lainnya, gak jadi deh dipakai, malah diambil suami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogger kontes emang sering dapet hp baru, aku juga pernah waktu itu, dapet samsubg J1

      Hapus
  4. Ketinggian lomba ini �� goodluck mas..

    BalasHapus
  5. Ketinggalan lagi.... Hadeeh... Good luck mas... Itu di atas, komentar ada nama saya, xixixi, lumayan, numpang ngetop dikit lewat blog ini. Saya baru mampir lagi, template nya ganti ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kudu di data dulu tanggal DL nya Mas, biar gak ketinggalan lagi. Templatenya udah lama ko, pake punya Mas Sugeng

      Hapus
  6. Setuju mas smartphone sekarang multifungsi, bisa untuk ngeblog, mengambil gambar, mengaktifkan media sosial dan banyak lagi.... Goodluck semoga menang ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, kalao aku yang paling poko yaitu buat modem,itu sudah wajib banget, makanya aku sampe sekarang gak beli model

      Hapus
  7. huhu mahal mas tapi. kalo blogger udah pro gitu bisa pindah ke note kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo blogger biasanya jarang beli smartphone karena sering dapet hadiah, tapi itu tidak mudah, harus ada perjuangan ekstra

      Hapus
    2. Kalo blogger biasanya jarang beli smartphone karena sering dapet hadiah, tapi itu tidak mudah, harus ada perjuangan ekstra

      Hapus
  8. keren gambar kartunnya mas amir hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...itu bikin pake manual trus di foto lalu diedit pake photoshop

      Hapus
  9. kalo tidak ada smartphone bisa mati gaya saya wkwkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, kemana mana sekarang kudu bawa smartphone, kalo gak bisa mati gaya ^_^ wkwkwwk

      Hapus
  10. Smartphone emang ga bisa dipisahkan dari seorang blogger ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mbak, buka fb, twitter, koment koment blog atau blogwalking, serta semuanya yang berkaitan dengan blog kini lebih mudah dilakukan lewat smartphone

      Hapus
  11. Wah saya masuk frame. Salam buat emak saya di kampung :D :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhe...iya Mas, trimakasih sudah berkunjung ^-^

      Hapus
  12. Terimakasih atas informasi yang bermanfaat ini Mas Amir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama, trimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  13. wah...ngomongin smartphone bakalan nggak ada matinya mas..hehehe
    saya rasa buanyak sekali hal-hal yang bisa saya lakukan dengan bantuan smartphone, bahkan saya pernah saking daruratnya scan dokumen menggunakan smartphone. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smartphone emang bermanfaat sekali buat kita semua, terutama para blogger yang hobinya jeprat depret dan browsing

      Hapus
  14. Ha-ha-ha.. Iya betul aku melakukan semuanya. Smartphone memang ngebantu blogger banget yak mas hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pokonya keberadaan smartphone membantu banget buat seorang blogger

      Hapus