Pengalamanku Mengatasi Sakit TB Paru Hingga Sembuh

Jadi ceritanya begini, tahun 2009 lalu, adalah tahun yang amat menyenangkan bagiku. Kenapa ? karena setelah berbulan bulan bahkan hampir setahun mencari pekerjaan namun tak kunjung dapat, tiba tiba ada yang menawariku pekerjaan. Alhamdulillah, senang sekali rasanya, akhirnya status pengangguranku hilang.

Walaupun letaknya jauh di Jakarta, tapi tak apalah yang penting punya kerjaan dan halal. Pekerjaanku bukanlah pegawai kantoran atau yang daftarnya pakai ijasah dan lain sebagainya, tapi hanya sebagai buruh lepas dimana harus mengeluarkan banyak tenaga untuk melakukanya. Karena memang belum punya cukup syarat untuk mendapatkan jenis pekerjaan seperti itu.


Namun hanya 2 tahun aku bekerja, aku harus berhenti setelah sakit menyerang tubuhku. Tubuhku terasa sangat lemas, kurang nafsu makan, demam dan lainya sebagainya, yang mengharuskanku untuk istirahat total jika mau sembuh.


Aku pun pulang kampung (mudik) untuk memerikasakan diri ke Dokter. Dokter memvonis aku bahwa aku terkena gejala types, namun masih ringan karena tak sampai opname. 

Setelah berbagai macam Dokter aku kunjungi, penyakitku tak kunjung sembuh juga sampai hampir 6 bulan, sedih sekali rasanya karena harus menahan sakit begitu lamanya. 

Obat yang aku minum bukanya membuatku baikan, malah gejala sakitnya bertambah, seperti demam di malam hari, badan panas dan batuk kering berdahak yang membuat dadaku terasa sakit.

Aku pun kembali memerikasakan diri, kali ini ke dokter Puskesmas terdekat. Agar hasil lebih akurat, aku di suruh cek dahak di laboratorium.

Sungguh tak disangka, hasilnya membuatku ingin sekali menangis karena selain gejala types, aku juga terkena TB Paru. Mungkin karena pekerjaanku dulunya yang harus berkutat dengan debu debu, membuatku jadi sakit begini.


Yang paling mengagetkan lagi yaitu saat perawat mengharuskanku untuk meminum obat selama 6 bulan tanpa putus, karena jika sampai putus maka harus di ulang dari awal lagi.

Bayangkan, betapa bosanya harus selalu meminum obat, walaupun hanya 3 x seminggu. Terlebih karena ukuran obatnya besar besar melebihi biji jagung dan jumlahnya banyak, bosannn....... sekali rasanya.


Dan seperti kita tahu, rata rata obat akan mengakibatkan efek samping terhadap kekebalan tubuh. Seperti air seni berwarna pekat, badan jadi tak sekuat saat sebelum sakit, telinga agak berdengung dan lain sebagainya, seperti itulah yang aku rasakan.

Seringkali saat melihat teman teman berjalan di luar rumah, aku merasa iri karena mereka bisa beraktifitas dengan bebasnya. Bisa kumpul kumpul bareng, bekerja, jalan jalan dan lain sebagainya. Sedangkan aku, aku hanya tidur tiduran di rumah karena harus istirahat total. Waktu itu sedih sekali rasanya.

Saat pengobatan berjalan 4 bulan, aku pun di suruh untuk cek dahak kembali. Dan Alhamdulillah karena bakteri penyebab penyakitku sudah mulai berkurang sedikit demi sedikit. Yang itu berarti tubuhku sudah mulai berangsur angsur sembuh.

Agar penyakitku tak menular selama meminum obat, pencegahan yang aku lakukan yaitu dengan tidak membuang dahak sembarangan. Aku membuat tempat dahak khusus dari ember yang dikasih tanah kering dan aku taruh dikolong tempat tidur.

Dan agar kuman kuman tersebut mati, aku menyiramnya dengan karbol atau desinfektan, kemudian aku buang di tempat yang jauh atau aku kubur. Aku pun rajin melakukanya mengingat akan semakin ribet lagi urusanya jika ada anggota keluarga atau orang yang lain ikut tertular, namun beruntunglah karena hal itu tidak terjadi.


Walaupun aku laki laki, namun kebetulan juga, aku memiliki kebiasaan suka bersih bersih. Entah itu saat sehat ataupun sakit, aku tetap menanamkan pola hidup bersih. Terlebih saat sakit begini. Untuk peralatan makan pun aku tidak mencampurnya dengan anggota keluarga yang lain.

Setelah selesai makan, aku mencucinya dengan sabun yang terpisah dan kemudian membilasnya dengan air panas, sehingga kuman benar benar mati dan tak bisa menulari orang lain. Setelah itu aku pun taruh di tempat terpisah.

Untuk linkungan rumah pun aku menjadi lebih rajin membersihkanya, seperti menyapu halaman, ruang tamu, kamar, mengelap kaca jendela, menjaga kebersihan dapur, pakaian, sirkulasi udara yang baik dengan adanya ventilasi dan lain sebagainya.


Untuk soal makanan pun aku juga jadi lebih hati hati, seperti menghindari makanan berlemak, goreng gorengan, makanan pedas, bersantan dan bahan kimia memperberat kerja lambung serta tajam di tenggorokan karena memang saat itu aku juga terkena gejala typus. Selain itu aku pun selalu istirahat cukup agar proses pengobatanku berjalan lancar.

Seiring waktu berjalan, tibalah saat 6 bulan tiba. Beruntunglah karena saya selalu menuruti perintah Dokter dengan selalu berdisiplin untuk meminum obat dan tidak sampai putus.

Dan setelah pengobatan selesai, aku juga di suruh cek dahak kembali untuk mengetahui hasil dari pengobatan dalam kurun waktu tersebut.

Hasilnya sangat menggembirakan karena ternyata aku sembuh total, bahkan sakit gejala typusku sudah mulai sembuh juga. Rasanya bahagiaaaa...sekali bisa sehat kembali, terimakasih Tuhan karena Engkau mengabulkan doa doaku untuk sembuh.

Aku langsung membayangkan betapa nikmatnya hidup sehat, bisa kesana kemari, bisa bekerja kembali, jalan jalan dan lain sebaginya bersama teman teman.

Tapi....., ada tapinya, karena aku sudah pernah terkena penyakit ini, aku harus benar benar menjaga kesehatan setelahnya.

Kondisi tubuhku tak sesehat seperti dulu saat sebelum sakit, dan jika aku terkena penyakit seperti ini lagi, maka pengobatannya akan lebih sulit dan lebih lama lagi, yaitu selama 9 bulan dan jika tidak salah kata perawatnya juga harus di suntik setiap kali minum obatnya. 

Ya Tuhan, betapa sehat itu sangat berharga dan sangat penting dari apapun. Di kasih uang 1 milyar pun kalau harus sakit, aku gak mau. Kalian mau nggak ? pasti enggak kan, siapa juga yang mau sakit. 

Dan kayak apa ya rasanya di suntik selama 9 bulan, juga di barengi obat yang harus di minum, ihiks ihiks ihiks....jangan sampai deh...

Jika yang di suntik empus Tom difilm kartun Tom Jerry sih nggak apa apa, malah bisa buat nyiramin tanaman hias, lah ini manusia, yang ada malah pada bolong bolong...xixixixi....

Setelah saya sembuh, saya pun mendapat pengarahan dari perawatnya untuk proses pemulihan. 

Proses Pemulihan Penyakit TB Paruku

Setelah aku sembuh dari sakit, aku pun selalu membiasakan pola hidup sehat. Kondisi badanku setelah sembuh masih agak agak lemas. 

Agar badanku cepat pulih, aku selalu mengkonsumsi makanan makanan yang sifatnya adem di perut serta tidak tajam di lambung dan tenggorokan. Seperti tempe bacem, sayur bening, buah buahan, serta menghindari makanan pedas, asam, bersantan, dan makanan yang di larang oleh anjuran Dokter. Aku pun banyak meminum air hangat agar kondisi tubuhku tetap hangat. 

Yang paling rajin aku lakukan yaitu selalu membuat kamarku untuk terlihat bersih dan nyaman, seperti selalu saya pel dengan wangi wangian jika kotor, menaruh barang barang pada tempatnya yang sebelumnya juga telah saya bersihkan, membersihkan langit langit kamar dari sarang laba laba, mengelap kaca jendela, menjemur kasur dan bantal bantal untuk menghilangkan debunya, mencuci sprei atau selimutnya, dan mengusahakan sinar matahari masuk ke dalam kamar agar kamar tak terlihat lembab.


Waktu itu aku juga selalu rajin minum susu bubuk agar kondisi kesehatanku cepat pulih. Selain itu aku juga selalu mengusahakan untuk selalu senang, karena dengan perasaan yang senang, proses penyembuhanku akan menjadi lebih cepat. Bahkan banyak orang bilang, jika hati selalu di liputi rasa senang, merupakan obat ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tapi walaupun aku belum 100% sehat seperti sedia kala, aku masih sangat berhati hati menjaga kontak dengan anggota keluargaku yang lain. Seperti tidak membuang ludah sembarangan, tempat makan yang terpisah dan lain sebagainya. Intinya, aku selalu membuat suasana menjadi lebih menyenangkan, baik secara lahir ataupun batin.

Dan setelah aku bener bener sembuh total, aku pun mulai bekerja kembali dengan tubuh sehat. Oh senangnya bisa sehat kembali.


Berbicara soal proses penyembuhan, ada banyak sekali Vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit. Namun untuk hasil yang lebih efektif, kita tidak di anjurkan untuk asal memilih multivitamin. Pemilihan multivitamin yang tepat akan mempercepat proses penyembuhan, seperti contohnya Theragran-M.


Theragra-M adalah multivitamin mineral yang membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Anda saat penyembuhan setelah sakit. Dan alasan kenapa harus memilih Theragran-M, berikut keteranganya dalam bentuk infografis.


Keterangan infografis di atas yaitu :
[1] Kaya akan Kandungan Vitamin dan Mineral
Theragran-M memiliki banyak vitamin yang terkandung di dalamnya seperti vitamin A, B, B1, B6, B12, C, E dan Kalsium Pantotenat, yang membantu memulihkan kondisi tubuh saat masa penyembuhan setelah sakit. Sedangkan kandungan mineralnya seperti Iodium, Besi, Tembaga II, Mangan II, Magnesium dan Zinc, juga dengan fungsi yang sama seperti diatas.


[2] Aman 
Status aman itu sangat penting. Dengan terdaftarnya Theragran-M di Balai Pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM ) ini, kita tidak perlu khawatir jika produk ini di konsumsi. Karena sudah melalui pengawasan terlebih dahulu sehingga produk ini memang benar benar aman dan terbuat dari bahan bahan yang aman bagi tubuh kita.

Untuk di ketahui, walau di konsumsi dalam masa penyembuhan, Theragran-M bukan obat ya, melainkan multivitamin dan mineral.

Menurut info yang saya dapatkan di website tanyadokter.com, multivitamin umumnya bisa di konsumsi sehari hari karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh, asalkan dengan dosis yang benar yaitu cukup 1 x sehari saat atau setelah makan.

Dan memang benar, saya sendiri pun mengkonsumsinya. Walau baru 2 kapsul, namun aku sudah merasakan perbedaanya.

Dari yang biasanya badan terasa lelah saat malam, berubah menjadi lebih segar dan bugar. Aku pun heran, berarti Theragran-M ini emang berkhasiat sekali untuk kesehatan tubuh sehari hari, aliasnya bisa di minum kapanpun walau bukan dalam masa penyembuhan.

[3] Terpercaya
Produk Theragran-M diproduksi oleh pabrik farmasi terpecaya yaitu PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk yang berlokasi di Depok Jawa Barat dan sudah beroperasi sejak puluhan tahunyang lalu. Sedangkan pengawasan ketat di lakukan oleh Pharmacheutical Co., Ltd. Tokyo Jepang, sehingga bisa di jamin kepercayaanya.

[4] Halal
Sebagai orang islam, status halal itu penting banget lho karena akan lebih berkah jika sesuatu yang masuk ke tubuh kita adalah benda halal, menjadikan khasiatnya lebih terasa, terlebih dalam urusan kesehatan.

Pada bagian depan kemasan Theragran-M terdapat label halal yang membuktikan bahwa produk ini adalah halal untuk di konsumsi.


[5]Rekomendasi Dokter
Jangan salah ya, multivitamin ini juga banyak di rekomendasikan oleh dokter sebagai multivitamin untuk proses pemulihan setelah sakit. Karena memang sudah terbukti khasiatnya.
Dan yang paling penting, Theragran-M tidak memiliki efek samping asalkan di minum sesuai dosis atau aturan pakai
Namun begitu, kita juga harus tetap mengikuti aturan dalam menggunakanya dan tidak asal meminumnya. Untuk anjuran minumnya yaitu seperti yang tadi saya katakan, yaitu 1 x sehari saat atau setelah makan ya, terutama yang punya gejala sakit maag atau lambung, baiknya isi perut terlebih dahulu. 

Tablet ini manis ko karena di salut gula, aku sudah mencobanya. Sedangkan untuk Anak-anak, Ibu Hamil dan menyusui, baiknya konsultasikan dulu dengan dokter, karena mungkin dosisnya beda.

"Lalu, bagaimana tanggapan orang tentang Theragran-M ini ?"

Baiklah, di bawah adalah screenshoot testimoni dan tanggapan orang orang tentang Theragran-M


Sekarang sudah tau kan Theragran-M emang cocok untuk proses penyembuhan ? Oiya, sebagai konsumen yang bijak, telitilah sebelum membeli untuk semua produk, tak terkecuali multivitamin mineral. Perhatikan masa berlakunya atau tanggal kadaluarsanya, untuk mengantisipasi hal hal yang tidak di inginkan, oke.

Nah, itulah ceritaku menghadapai kondisi sakit hingga sembuh. Dan untuk proses pemulihanya, kita pun jadi tahu bahwa Theragran-M merupakan Vitamin yang bagus untuk Mempercepat Masa Penyembuhan, dan bisa di dapatkan di apotik apotik terdekat yang tersebar di seluruh Indonesia. Harga di tempatku Rp 20.000,-, dan mungkin berbeda di setiap daerah, sampai jumpaa....

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho

Sumber referensi artikel
https://theragran.co.id

Subscribe to receive free email updates:

93 Responses to "Pengalamanku Mengatasi Sakit TB Paru Hingga Sembuh"

  1. Amir pernah kena TB Paru? Ya Allah..sama kita.. :")
    Saya juga sekitar tahun 2011 lalu pernah terserang TB Paru.
    Rasanya itu gak enak banget..apalagi kenanya pas lagi hamil...huhuhuhuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah Mbak, Mbak pernah kena juga, lagi hamil pula, duh kasian banget dedenya. Tapi Alhamdulillah sekarang sudah sehat kan, dan semoga kita selalu di berikesehatan, amin. Terimakasih sudah berkunjung ya Mbak Andy Hardiyanti ^_^

      Hapus
  2. Keren deh Mir. Jarang orang peduli dengab lingkungan sekitar. Biasanya, mereka peduli untuk sembuh. Tapi gak peduli jika penyakitnya bakal menyebar ke orang lain.

    Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit harus banget dilakukan. Termasuk saat tubuh baru sembuh. Sebab kalo enggak, bisa gampang sakit lagi.

    Salah satu cara menjadi badan fit adalah dengan minum vitamin ini. Alhamdulillah aku juga cocok dengan Theragran ini. Minggu kemaren gak enak badan. Dan setelah minum vitamin ini, badan kembali fit.

    Sukses lombanya, Mir...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, aku peduli dengan orang sekitar, kan kasian misal gara2 saya mereka ikut kena juga. Dan Theragran-M emang cocok untuk masa penyembuhan, akupun sudah mencobanya, rasanya manis

      Hapus
  3. Wahhh...semoga selalu sehat mas... dan penyakit enggan mendekat. beruntung ada vitamin yang cocok ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin,semoga kita selalu di beri kesehatan ya Mbak, terimakasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  4. Semoga tidak kambuh lagi ya, Amir. Rutin minum obat salah satu cara terbaik kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga tidak kambuh lagi, dan semoga senantiasa kita selalu di beri kesehatan. Trimakasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  5. Alhamdulillah sembuh ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak,amin Alhamdulillah banget,semoga kita senantiasa di beri kesehatan. Trimakasih sudah berkunjung ke blog saya ^_^

      Hapus
  6. Semoga sehat terus ya Gan.

    Ibu saya juga pernah mengalami terkena TBC, saat itu bahkan ditambah sakit diabet yang mau ga mau membuat tubuh Ibu saya sangat sangat kurus sekali. Perawatan? Jangan salah, kami benar2 disiplin pada akhirnya dengan memisahkan mangkuk, piring dan gelas khusus untuk Ibu. Di bagian inilah yang lumayan mendebarkan karena takut menyinggung Ibu. Belum lagi kami harus mengingatkan agar Ibu tetap mengenakan masker ketika mengajar ngaji. Allhamdulillah setelah setahun penuh minum obat, Ibu sembuh tanpa menularkan ke siapa pun. Berkat kerja sama Ibu dan kedisiplinan beliau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah sembuh ya Mbak, kini aku juga adilebih menjaga kesehatan, dan menjalankan pola hidup sehat sebisa mungkin. Semoga penyakit itu tidak datang kembali. Trimkasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  7. TB Paru emang harus teratur minum obat yak. Kalau enggak harus diulang dari awal. Perlu kedisiplinan yak.

    Alhamdulillah udah sembuh,yak. Semoga tetap sehat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak sudah sembuh, amin ya Allah aku sudah sembuh, semoga senantiasa kita selalu di beri kesehatan, amin ya rabbal ngalamin

      Hapus
  8. Betapa pentingnya kesehatan itu ya mas? Yuk syukuri nikmat sehat dgn slalu menjaganya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, kesehatan itu amatlah penting, mau ngapain juga kalau sehat ya terasa lebih mudah

      Hapus
  9. Alhamdulilah ya mas bisa sembuh total dr TB. Karena klo g sembuh total bs bahaya krn berkembang jd TB-MDR. Di puskesmas sy utk ngobatin 1 pasien TB-MDR itu butuh waktu 2 tahun. Tiap hr pasiennya hrs dtg ke pusk utk minum obat dan yg perugas yg memantau dijadwal gantuan. Seluruh karyawan puskesmas terlibat utk memantau pasien ini. Alhamdulilah stlh pengobatan 2 thn bs sembuh skrg walopun pasiennya jg sempat stres. Siapa sih yg ga stres tiap hr wajib minum obat selama 2 th dan sekali minum obatnya banyak bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mbak, aku sudah sembuh total.Dan semoga aku dan kita semua selalu di beri kesehatan yang merupakan ni'mat paling berharga yang di berikan Tuhan YME, amin ya rabbal 'alamin

      Hapus
  10. Semoga kita selalu dijauhkan dari penyakit ya mas. Good luck buat lombanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita selalu sehat, amin ya rabbal 'alamin. Terimakasih Mas Hendra karena selalu update blog saya ^_^

      Hapus
    2. Wah, saya lagi hobi jalan-jalan ke blog teman mas, hehehe... Biar dapat banyak ilmu baru...

      Hapus
  11. Mantaab reviewnya lengkap :) memang theragran-M produk yang oke :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbak, Theragran-M emang cocok banget buat masa penyembuhan setelah sakit. Tapi walaupun gak sakit, kita tetap bisa mengkonsumsinya karena ini bukan obat dan bisa berfungsi sebagai daya tahan tubuh, terimakasih Mbak Ericka Abdullah sudah berkunjung ke blog sederhana saya ^_^

      Hapus
  12. wah seneng bacanya kayak baca komik jadi nggak berasa tau2 udah abis :), lengkap pula informasinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehehe...bgitulah Mbak biar yg baca nggak bosen, terimakasih ya sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  13. Waahh.. Menulis tentang pengalaman mengatasi sakit juga yah. Sama kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas,ini pengalamanku, terimkasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  14. Wah....TB paru yg parah bgtt aja bs ya kita dibantu dgn multivitamin thenagran-m ini, luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, kalo udah pulihan bisa di percepat penyembuhanya dengan ThragranM ini

      Hapus
  15. Wah....TB paru yg parah bgtt aja bs ya kita dibantu dgn multivitamin thenagran-m ini, luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak,selalu jaga kesehatan pokonya

      Hapus
  16. Iya kalau sakit paru gitu yg saya dengar memang lama ya pengobatannya. Multivitamin emang ngebantu banget ya untuk jaga2 kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, agak lama gitu, paling cepet 6 bulan untuk sakit TB Paru. Dan semoga kita di jauhkan dari berbagai penyakit yang menyerang, dan kita selalu sehat, amin

      Hapus
  17. Dan benar sih mengkonsumsi multivitamin seperti ini bisa membantu menjaga kondisi badan kita tetap fit, tetu saja harus dijaga juga pola hidup dan makan yang sehat, Semoga tidak kambuh lagi ya Mas Amir sakitnya. Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tidak kambuh lagi, amin. Terimakasih Mas Imawan Anshari sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk sehat ya ^_^

      Hapus
  18. Kesehatan itu nomor satu, harus bener-bener dirawat tubuh kita. Boleh juga vitaminnya, besok saya coba beli :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Diko, kesehatan nomor 1 banget, terlebih bagi kita blogger yang suka lembur,tubuh harus bener2 fit

      Hapus
  19. Jadi pengen bersih-bersih kamar nih mas..hehehe
    Sehat selalu mas. Salut bisa berobat teratur sampe sembuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh Mas, bersih itu sehat.Trimakasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  20. wah pengalamannya luar biasa mas, pasti berat banget harus inget minum obat selama 6 bulan berturut2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, waktu itu aku harus disiplin banget minum obat, makanya aku cepet sembuh.

      Hapus
  21. Aku waktu kecil pernah kena paru-paru basah, Mas. Embuh istilah medisnya apa, yang jelas paru-paruku kena. Makanya dulu aku beneran gak berani ngerokok kaya teman-teman, eman-eman paru-paruku. Pernah sih ngerokok jaman SMA, tapi cuma iseng aja. Seminggu gak sampe sebungkus, itupun nebeng atau join sama temen. Pokoknya ta eman-eman banget seluruh anggota tubuh. Jangan sampai rusak. Kalo rusak jadi sakit, kalo sakit repot. Mahal je sakit di Indonesia itu, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, ayo kita jaga kesehatan. Alhamdulillah aku sudah sembuh. Sehat itu paling berharga

      Hapus
    2. Selamat ya, Mas, tulisane juara satu. Keren!

      Hapus
  22. harus telaten yaa minum obatnya.. Adikku jg pernah kena tb paru..sehat selalu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, sudah sehat. Senang rasanya bisa sehat kembali. Trimakasih sudah berkunjung :-)

      Hapus
  23. saya pikir tadi karena merokok, ternyata karena debu dan debu. Mantap perjuangannya untuk sembuh, semoga tidak berulang lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak merokok Mbak, trimakasih sudah berkunjung :-)

      Hapus
  24. wah ini ceritanya keren, dan sakit TBC memang hrs sabar dan tekun minum obat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, alhamdulillah sembuh. Trimakasih sudah brkunjung :-)

      Hapus
  25. komiknya keren deh..
    selamat ya mas sudah sembuh dari TB, disiplin minum obat secara teratur tanpa putus mmg syarat utama. Ditambah lagi ada Theragran-M, cepat membantu pemulihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak aku udah sembuh dari sakit, senang rasanya bisa sehat kembali, trimakasih sudah berkunjung :-)

      Hapus
  26. Jadi 2009 tahun yg berkesan banget ya mas. Good news and bad news.. alhamdulillah sekarang sudah sembuh ya mas. Memamg penting banget untuk terus menjaga tubuh ya. Semoga kita selalu sehat ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada seneng ada ada juga kadang gak seneng, dan yang penting kita selalu sehat biar bisa ngeblog terus, hehehe..amin. Terimakasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  27. adik saya juga pernah ada yg kena TB, skrg Alhamdulillah sudah sehat. Dan sepertinya multivitamin ini harus selalu dikonsumsi adik saya, supaya staminanya tetap terjaga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah syukurlah kalau sudah sembuh, dan semoga kita selalu di beri kesehatan ya Mbak, biar bisa terus ngeblog....xixixixi..amin :-)

      Hapus
  28. Menjaga kebersihan sekitar harus dibiasakan memang. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pola hidup sehat membuat kita bisa hidup lebih sehat

      Hapus
  29. Syukurlah sekarang sudah sembuh total ya Bang, semoga sehat seterusnya. Ulasannya seru, graphisnya keren banget... harus belajar lagi nih aku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak sudah sembuh,alhamdulillah banget. Semoga kita selalu di beri kesehatan ya Mbak ? amin

      Hapus
  30. Alhamdulillah, jaga kondisi dan kesehatan ya mas untuk kedepannya, semoga selalu dikaruniai kesehatan, amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, trimakasih doanya, semoga kita selalu di beri kesehatan :-)

      Hapus
  31. Waah... Amir pernah kena TB Paru? yang paling berat sebenarnya kalau lingkungan sekitar gak mendukung usaha dan niat kita buat sembuh ya. Untungnya Amir punya keinginan yang kuat buat sembuh.

    Semoga terus sehat dan terus berkarya ya, Mir

    BalasHapus
  32. Waah... Amir pernah kena TB Paru? yang paling berat sebenarnya kalau lingkungan sekitar gak mendukung usaha dan niat kita buat sembuh ya. Untungnya Amir punya keinginan yang kuat buat sembuh.

    Semoga terus sehat dan terus berkarya ya, Mir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihiks ihiks, jadi pengin nangis Mbak, aku selalu punya keinginan kuat jika sudah niat sama sesuatu. Dan karena ingin terus berkarya, aku harus selalu sehat. Trimakasih kunjungannya ya ^_^

      Hapus
  33. sehat selalu ya Amir, alhamdulillah sudah sembuh sakit TB parunya, jangan sampai kena lagi karena bisa meningkat statusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, semoga kita semua selalu sehat walafiat, biar bisa terus berkarya, amin ya rabbal 'alamin

      Hapus
  34. Mesti pola hidup sehat dan bersih yaaaa, eh TB ini kan penyembuhan nya mesti 6 bulan minum obat yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kita harus selalu bahagia, biar sehat selalu, dan jangan lupa untuk menanamkan pola hidup bersih dan sehat, biar sehat selamanya. Dan syukurlah karena saya sudah sembuh. Btw trimakasih sudah berkunjung :-)

      Hapus
  35. wahhh sudah sembuh ya mas, sehat selalu yaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, semoga kita sehat selalu ya, amin ^_^

      Hapus
  36. ilustrasinya keren mass :D
    theragran-M emang ampuh untuk mempercepat penyembuhan ya mas :)
    semoga sehat terus ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih Mbak, Theragran-M emang cocok banget buat penyembuhan, aku sudah mencobanya

      Hapus
  37. Keren abis mas...Insya Allah dapet nih.....sukses selalu pokoke....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin,terimakasih Mbak sudah berkunjung

      Hapus
    2. Doanya Mbak Yuni terkabul nih, trimakasih ya ? ^_^

      Hapus
  38. Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga tidak terjadi lagi,amin :-)

      Hapus
  39. Balasan
    1. Amin,semoga kita semua selalu di beri kesehatan oleh Tuhan YME ya Mbak ^_^

      Hapus
  40. Selamat ya Mas, menang lomba BP. Tulisannya emang nunjukkin banget perjuangan sampean sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih Mas, aku memang niat sekali waktu itu untuk sembuh, agar bisa berkatifitas kembali. Btw trimakasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  41. woow .. memang anda layak dapat bintang bung :D ..
    hehe selamat ya jadi juara lomba, tulisannya keren!

    BalasHapus
  42. Makin keren aja nih mas Amir garap blog nya.. Selamat yaa..
    Jadi semangat ikut lomba lagi..

    BalasHapus
  43. PAntas juara 1. Keren. Saya terhanyut dalam cerita mas amir pas kena Tb. Huuuu sedih. Untung dah sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah sembuh Mbak, amin. Trimakasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  44. Wah selamat ya mas, Juara 1. Dapat laptop lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, alhamdulillah, trimakasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  45. semoga sehat selalu mas Amir, saya juga penderita TB Paru, baru menjalani pengobatan selama 10hari, tapi sudah bosen harus minum obat, mana efek obatnya 😞😔..saya juga mutusin resign dari tempat kerja, rasa risih harus pakai masker,, semoga daya dikasih kesabaran seperti mas Amir, rasanya pengen cepet sehat lagi..😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, sehat selalu ya Mbak, agar terus bisa ngeblog

      Hapus
  46. semoga sehat selalu ya mas, syukurlah sekarang ada Theragran-M

    BalasHapus