Mengatasi Kesenjangan Digital Pelaku UMKM dengan Memanfaatkan Aplikasi Kioson

Pernahkan kalian mendengar seorang kerabat atau tetangga yang bilang begini “eh, usaha warung Pak A ko sepi ya?” atau mungkin begini “kok warungnya Bu B tutup ya, apa karena kurang modal atau gimana ?”

Saya sendiri sih pernah. Mungkin dikarenakan faktor ekonomi dan infrastruktur yang kurang memadai, sehingga usahanya sulit berkembang atau bahkan berhenti.

Padahal dijaman serba internet seperti sekarang ini, dari 258 juta penduduk Indonesia, ada 83 juta yang belum pernah belanja online, namun bisa menggunakan internet. Sedangkan yang pernah belanja online hanya 8 juta saja.

Hal ini terjadi karena kurangnya infrastruktur digital, rendahnya penetrasi bank (teman teman saya juga masih banyak yang belum bisa bertransaksi di Bank), serta masyarakat yang terbiasa bertransaksi dengan uang tunai. Selain itu juga dikarenakan rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia (terutama didaerah pedesaan) dan kurangnya kepercayaan terhadap penjual online.

Dari fakta tersebut, penduduk yang berjumlah 83 juta orang diatas karena belum pernah belanja online namun bisa menggunakan internet, merupakan lahan manis untuk dijadikan target market suatu bisnis, terutama jika digarap oleh pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Salah dua contoh dari pelaku UMKM yang memanfaatkan internet untuk mengembangkan usahanya adalah Bu Eli dan Mbak Rossa. Bu Eli adalah seorang pemilik warung di daerah Bekasi Jawa Barat. Mbak Rossa juga adalah pemilik warung di Kota Semarang Jawa Tengah. 

Sebelum mereka mengenal dunia digital, dalam hal ini yaitu kioson, pendapatan dari usahanya belum bertambah karena belum terkoneksinya usaha miliknya dengan internet. Hal itu dikarenakan belum pahamnya atau masih ada kesenjangan digital pada diri mereka, terutama soal transaksi online.

Karena pada umumnya, orang yang awam dengan transaksi online (terlebih baru pertama kali), merasa takut jika harus berbelanja online. Mereka mengira, begitu uang masuk, barang tak kunjung datang. Juga karena sang penjual tidak bisa diketahui langsung keberadaanya, sehingga mengurangi kepercayaan jika harus bertransaksi denganya.

Berbeda dengan masyarakat perkotaan yang umumnya lebih berpendidikan dan sudah terbiasa dengan dunia digital, terutama soal transaksi online.

Namun keadaan berbalik setelah mereka mengenal kioson, pendapatan mereka kini bertambah. Sekarang mereka paham bahwa internet itu bisa bisa mendatangkan keuntungan. Terutama untuk mengembangkan sebuah usaha, dalam hal ini adalah warung milik mereka berdua.

Dari kisah ini terbukti bahwa kioson mampu memutuskan kesenjangan digital yang dialami mereka berdua, sehingga membuat usaha miliknya mengalami peningkatan.

Bu Eli dan Mbak Rossa, pelaku UMKM yang sudah membktikan manfaat aplikasi kioson
Kioson adalah adalah e-commerce dalam bentuk aplikasi android yang menghubungakan antara antara pembeli dan penjual melalui sebuah agen, namun dengan transaksi yang aman dan terbuka.

Terbuka disini maksudnya adalah karena cara pembayaran di lakukan dengan menyerahkan uang secara cash ke agen kioson. Jadi nggak ada yang namanya kekhawatiran karena barang tak sampai atau uang tak kembali.

Hmmm..pasti kalian bingung ? oke, sini saya jelaskan dalam langkah demi langkah di bawah ini :

1] Pertama, pemilik warung menyediakan aplikasi android kioson yang terpasang pada smartphone atau tablet yang sebelumnya telah terisi deposit

2] kedua, pembeli yang merasa khawatir dan takut berbelanja online ataupun pembeli yang sudah terbiasa dengan belanja online, datang ke pemilik warung untuk membeli produk keinginanya. 

3] Ketiga, pembeli memilih produk yang di inginkanya melalui aplikasi kioson, yang kemudian menyerahkan sejumlah uang kepada pemilik warung (agen) sebagai pembayaran atas produk yang di belinya.

4] Keempat, pihak suplier kioson mengirimkan pesanan pembeli ke pemilik warung (agen)

5] Kelima, pembeli mendatangi warung untuk mengambil belanjaan onlinenya

6] Keenam, pemilik warung mendapatkan komisi dari produk yang terjualnya tadi, yang tersimpan didalam aplikasi kioson. Sehingga keuntungan pun semakin bertambah karena pemilik warung tidak hanya menjual produk fisik yang ada di warung pribadi miliknya, tapi juga produk suplier yang tersimpan di ecommerce kioson. Untuk lebih lengkapnya, tonton video transaksi kioson dibawah ini :


“Wah mudah sekali ya berbelanja di kioson. Tapi saya mau tanya Bro, cara melihat komisinya bagaimana ?

Komisi akan ditambahkan ke deposit satu hari setelah melakukan transaksi ya, jadi semakin banyak menjual, komisipun akan terus bertambah dan bisa di gunakan untuk jualan lagi. Anda bisa menarik komisi di menu Panel Kioson > Pendapatanku di aplikasi kioson sehingga secara otomatis saldo Anda akan bertambah.

Pendapatan di Kioson
 “Oooo ya ya ya...lah kalau jumlah komisinya bagaimana ?”

Anda akan mendapatkan komisi belanja online hingga 8% per item. Untuk transaksi seperti pulsa, paket data, token listrik komisinya hingga 1500 rupiah. Dan untuk komisi pembayaran tagihan, komisinya hingga 1000 rupiah per transaksi.

Sementara untuk agen Laku Pandai dan Agen Sinarmas Multifinance (SMMF), komisi hingga 400 ribu per aplikasi yang di setujui, namun fitur ini baru akan hadir beberapa waktu kedepan ya ?

Bagaimana, sekarang sudah paham kan seperti apa kioson itu ?

“Pahammm..., tapi bisa dijabarkan manfaat kiosonnya ?"

Untuk usaha kecil
1] Seperti yang saya katakan diatas, agen atau pemilik warung atau pelaku UMKM, memiliki keuntungan ganda dari produk dan layanan yang berhasil dijualnya dikioson, selain produk fisik yang dijual diwarung atau tokonya pribadinya. 

2] Pemilik warung atau toko menjadi lebih paham dengan dunia digital terutama soal transaksi online. Dan hal itu merupakan cara cerdas untuk meningkatkan prosentase penjualan warung atau tokonya.

3] Mengubah persepsi bagi orang yang masih awam soal dunia digital, bahwa transaksi online itu nyata dan mampu mendatangkan keuntungan. Sehingga berpotensi menyebarkan inspirasi untuk orang orang sekitarnya, terutama para pelaku UMKM yang belum mengenal dunia digital, dalam hal ini aplikasi kioson.

4] Pemilik warung atau toko tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar atau tempat untuk memulai usaha, karena bisa di lakukan kapanpun dimanapun. Terlebih bagi yang memiliki smartphone android sendiri. Hanya dengan 10 ribu saja maka sudah bisa berjualan. 

Berbeda lagi ceritanya jika pemilik warung atau toko membuka usaha secara offline, karena harus menyewa ruko atau bangunan, modal dagang, dan jika diperlukan juga harus merekrut karyawan. Yang mana hal tersebut akan mengeluarkan dana yang tak sedikit, bahkan hingga puluhan juta rupiah.   

5] Konsumen atau pembeli akan terus bertambah karena pemilik warung menyediakan produk yang bermacam macam dan diluar dugaan. Maksudnya diluar dugaan yaitu pemilik warung atau toko menjual produk selain yang ada di warung atau tokonya, seperti komputer, kulkas, TV, tiket pesawat, tiket hotel, dan produk lainya.

Bagi Suplier
Bagi suplier, produknya memiliki banyak agen yang siap untuk menjualnya, sehingga potensi penjualanpun semakin besar dan omset bertambah. Selain itu pembayaran dari pihak kioson pun prosesnya cepat.

Bagi konsumen
Masyarakat sekitar menjadi terbantu akan keberadaan agen kioson karena bisa mendapatkan produk incaranya, bahkan bagi yang belum paham dengan dunia digital serta belum memiliki rekening bank atau kartu kredit.

Dan akhirnya dari kesemua itu adalah solusi dari kesenjangan digital di suatu daerah. Semua berkat adanya kioson yang berfungsi sebagai jembatan kesenjangan digital yang dialami pelaku UMKM, sehingga mampu meningkatkan pendapatan UMKM  itu sendiri.

Selain Ibu Eli dan Mbak Rossa, ada banyak juga lo pelaku UMKM yang juga sudah membuktikan bahwa aplikasi android kioson memberikan perkembangan baik bagi usahanya, sebagian di ataranya adalah seperti di bawah ini :

Testimoni kioson. Klik tombol Show untuk membuka dan menutup

Tolkhah Mansur, Arrohma Celluler - Jepara. KIOSON systemnya sangat oke, Sangat mendukung bisnis di era serba online. Saya puas bisa bergabung dengan KIOSON. Walaupun belum semua transaksi bisa di layani. Sekedar saran, untuk proses order barang sampai tujuan, mohon di perbaiki lagi, karna prosesnya masih terlalu lama, beda dengan toko online yg umum. Perbanyak lagi barangnya, makin komplit makin laris. Terimakasih KIOSON. Semoga ke depan semakin sukses dan profesional. "Salam seduluran".


Khoeron, Arul Cell - Jakarta. Terimakasih kepada kioson dan kepada seluruh tim kioson yang telah memberi kesempatan untuk jualan online dan saya banyak belajar dari kioson,dan semoga kedepannya kioson makin maju makin banyak program serta diskon, makin banyak pelanggan."kioson luar biasa".


Abdul Ghofur, Al Fath Cell - Jepara. Terima kasih KIOSON yang mengajarkan saya berbisnis online, bahwa dengan bisnis online bisa dilakukan di manapun dan kapanpun. Banyak yang mesti di perbaiki, serta perlengkapi barang2 elektroniknya seperti handphone biar bisa order lebih banyak. Terimakasih KIOSON.


Suyono, Rara cell - Muara Bungo. KIOSON.. MANTAP Belum genap sebulan bergabung Alhamdulillah... bonus nya udah BANYAK. Di tunggu program menarik berikutnya. 


Zayadi, AA Cell Jakarta. Memang pada awal sebelum memahami, saya jarang melakukan transaksi. Setelah saya memahami cara mengoperasikan kioson, kioson sangat membantu sekali. Kioson sangat menarik dan mempermudah transaksi sehingga omset semakin bertambah.


Maya Istiqomah, Cuci Motor Jaya dan Depo Isi Ulang Air Minum "Asri Water" - Jawa Tengah. Awal gabung bulan Oktober awal, meskipun ini usaha dijalankan di rumah bukan di counter tapi alhamdulilah transaksi berjalan dan dapat komisi tambahan lumayan lah. Semoga kioson dapat meningkatkan terus komisi e-commercenya dan layanannya. Sukses terus buat KIOSON dan pastinya juga untuk semua Mitra KIOSON diseluruh Indonesia.


Endang Widowati, Toko Bu Endang – Semarang. Bergabung dengan Kioson merupakan pengalaman yang sangat berharga. Sejauh ini pelayanan Kioson cukup bagus, permintaan untuk Top-Up dilayani dengan segera meskipun selewat jam kerja. Untuk transaksi juga cukup lancar, dan proses pemesanan e-commerce relatif lancar dan cepat sampai barang sampai ke customer. Semoga kedepan semakin banyak & lengkap koleksi e-commerce ya. Salam Kioson.

Itu hanya sebagian kecil dari para pelaku UMKM yang telah membuktikan manfaat kioson untuk usaha miliknya, atau selengkapnya klik disini

Atau juga bisa di lihat pada gambar dibawah ini :

Pelaku UMKM yang sudah membuktikan manfaat kioson
Sekarang sudah tahu kan jika kioson sudah terbukti bermanfaat bagi dan memberikan perkembangan bagi pelaku UMKM. Dan sekarang kita kenalan yuk dengan kioson.

"Tau dong...kioson emang membantu banget untuk meningkatkan pendapatan pelaku UMKM ^_^"

Dibalik cerita sukses kioson, ada orang orang berbakat di dalamnya, beliau adalah Roby Tan sebagai founder kioson, Viperi Limiardi sebagai Co-Founder, Jasin Halim sebagai Co-Founder dan CEO, serta Rico Putra sebagai CTO.

Orang orang hebat dibalik lahirnya kioson
Misi kioson adalah membantu para pelaku UMKM dengan memanfaatkan tekhnologi digital terutama di daerah pedesaan, agar mampu bersaing dalam menjalankan usahanya, demi terciptanya kesejahteraan pelaku UMKM itu sendiri.

Sedangkan visi kioson adalah membangun jaringan retailer terbesar di  Indonesia yang bekerjasama dengan para pelaku UMKM, juga demi kesejahteraan pelaku UMKM itu sendiri. 

Kioson didirikan pada bulai Mei 2015 oleh para ahli dibidang Merchandising, E-Commerce, Telekomunikasi and Industri Keuangan. Dengan taglinenya “semua bisa online”, kioson ingin agar seluruh pelaku UMKM di Indonesia mampu bersaing dengan ketatnya persaingan bisnis.

Kantor Kioson
Hingga saat ini, jumlah toko yang bergabung dengan kioson sudah mencapai 4000 lebih, sedangkan konsumen aktif mencapai 400 ribu lebih. Sementara supliernya berjumlah lebih dari dari 500 dan akan terus bertambah seiring berjalanya waktu.

Tenang saja, karena kioson didukung oleh tim IT yang proffesional dan berpengalaman dibidangnya, serta Custumer Service yang siap membantu Anda. Selain itu ada juga tim lapangan yang siap melayani para mitra jika membutuhkan. Pokonya kepuasan konsumen adalah keabnggan kioson.

Tim Proffesional kioson
Bagaimana mendaftar menjadi E-tailer atau mitra kioson ?

Caranya mudah, hanya dengan memilih paket Gold, maka Anda akan mendapatkan tablet khusus, dari kioson, spanduk, buku panduan serta saldo senilai Rp 100.000,- agar Anda bisa mulai berjualan. 

Cara mendaftar paket Goldnya yaitu dengan menghubungi Customer Sevice kioson yang ada diakhir artikel, kemudian pihak sales canvaser dari kioson akan menghubungi Anda untuk proses lebih lanjut.

Sedangkan bagi yang sudah memiliki smartphone sendiri, bisa mengunduh aplikasi androidnya dan bisa mulai mendaftarkan dirinya menjadi member kioson.

Dan disini, saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi android kioson. Pertama tama kita harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu ya, klik disini.

Setelah terdownload, siapkan email beserta scan atau foto KTPmu, usahakan fotonya terlihat agar jelas pendaftaran lebih mudah. Jika sudah, lihat langkah langkahnya pada gambar di bawah :

Cara mendaftar jadi member kioson
Isi data dengan lengkap ya. Setelah mendaftar selesai, Anda akan menerima sms dan email yang berisi user dan password yang bisa digunakan untuk log in. Namun jika Anda ingin mengganti passwordnya, Anda bisa mengklik tombol “lupa Password/Membuat Password”.

Notifikasi pendaftaran masuk melalui sms dan email
Setelah Anda bisa log in dengan user dan password tadi, Anda bisa melihat tampilan dari aplikasi kioson  yang terdiri dari menu layanan dan produk yang di kemas dalam balutan warna orange, dan tombol tombol tekhnis di sebelah kanannya. Anda juga akan mendapatkan gratis saldo Rp 5.000,- karena telah bergabung dengan kioson.

Halaman home aplikasi kioson beserta pembagian fungsinya
Sebelum memulai untuk berjualan, Anda harus deposit terlebih dahulu ya ? ada 2 cara yang bisa dilakukan. Oiya, jika dalam 2 minggu akun Anda tidak dideposit, maka pihak kioson akan menghapus ID kioson secara otomatis, oke ?

Pertama dengan menggunakan Bank Sinarmas
Untuk Top up dengan Bank ini, minimal  Rp 20.000,- ya ? No rekeningnya 8383 dan kode Banknya 153. Jangan bingung dengan nomor rekening Bank Sinarmas ini, emang 8383 alias cuma 4 digit ko. Awalnya aku juga kurang percaya, masa iya sih nomor rekeningnya cuma 4 digit. Oke deh, kalau gitu lihat saya lagi tranfer lewat Bank Sinarmas.

Cara tranfer lewat Bank Sinarmas
Bagaimana, mudah bukan ? Pengalamanku saat deposit dengan Bank Sinarmas, tak perlu konfirmasi tau tau udah nambah aja tuh saldo, bener, jos banget ih kioson.

Kedua menggunakan rekening Bank lain milik kioson :
Bank BCA :     494 305 6776
Bank Mandiri:  121 000 3622622
Bank BRI :      0329 0100 3591303
Atas Nama :     PT. Kioson Komersial Indonesia dengan minimal top up Rp 10.000,-. 

Dan setelah selesai transfer, harap konfirmasi di aplikasi kioson dengan memilih tombol Panel kioson > Pembayaran Online > Tambah Balance. Isi semua data yang di perlukan seperti pada gambar di bawah kemudian tekan tombol Kirim Rincian Pembayaran. Tunggu beberapa saat sampai saldo Anda bertambah di kioson.

Cara konfirmasi pembayaran
Gambar diatas cukup jelas ya, nomor referensi diisikan tanggal saja, oke ? Dan setelah konfirmasi transfer dilakukan, tunggu beberapa saat hingga saldo masuk ke akun kioson kita.

Dan setelah masuk, sekarang saatnya belanja. Disini saya mencoba membeli kacang seharga Rp 8.000,- sebanyak 3 wadah, caranya lihat pada gambar di bawah ini :

Cara belanja di kioson
Setelah selesai, tunggu barang datang. Jika pesanan di tujukan ke alamat E-tailer, maka pembeli akan mengambil ke alamat E-tailer. Sementara jika alamat pengiriman di tujukan ke alamat pelanggan atau pembeli, maka kurir akan mengirimkanya sampai kerumah pembeli tersebut. Untuk saya, saya pilih ke alamat pelanggan atau pembeli. Namun karena barang belum datang, saya belum bisa menuliskanya ya ?

Dan jika Anda ingin melacak status pesanan, gunakan tombol lacak kiriman ya, lihat gambar di bawah :

Lacak pesanan belanjaan
Berikutnya seperti di atas saya tuliskan, komisi akan telihat setelah 1 hari dimenu pendapatanku dalam aplikasi kioson, yang kemudian saya tarik dan masuk ke saldo, sehingga saldo saya bertambah. Dan semakin sering menjual, semakin banyak pula saldo saya bertambah.

Dan setelah saya mencoba menggunakan aplikasi kioson, saya ada sedikit masukan yang barangkali bermanfaat buat perkembangan kioson kedepan :

1] Cara depositnya agak sulit, saat pertama menggunakan aplikasi ini, saya agak kebingungan bagaimana mengisi saldo kioson. Baiknya ada tombol menu deposit halaman homenya.

2] Belum ada label stock habis pada produk, kemarin pas saat mau beli satu set obeng dan begitu mau dibayar, eh ternyata udah habis.

3] Tidak menampilkan jumlah komisi/atau cashback yang tertera disetiap produk, sehingga e-tailer tidak tahu berapa jumlah cashback yang akan diterima nanti.

4] Alangkah baiknya jika kasih tombol share somed pada setiap produk, sehingga jika ada orang yang ingin merekomendasikanya ke orang lain, caranya tinggal ketuk tombol share tersebut.

5] Sepertinya terlalu sering loading. Saya sering mendapati loading yang belum juga selesai hingga akhirnya saya menutup aplikasinya. Bahkan setelah menutup aplikasi dengan mengetuk tombol home, untuk kembali lagi ke aplikasi kioson lagi, ternyata masih loading juga.

Untuk mengatasinya, saya menghapus data aplikasi kioson dari pengaturan sistem androidnya. Dan itu berarti harus harus berbelanja dari awal lagi (login lagi) karena proses belanja sebelumnya telah terhenti oleh loading. Dan hal ini jadi memperpanjang waktu.

6] Baiknya cara mendaftar jadi member Gold di sediakan formulir untuk mempermudah pendaftaran

7] Baiknya juga di sediakan bantuan penggunaan aplikasi semisal A & Q (tanya jawab), paling tidak di website kioson di www.kioson.com,  karena saya sendiri juga belum mengetahui fungsi fungsi dari berbagai fitur seperti kunci layar, refund pengembalian, sync, gps dan lain lain secara lebi detail.

8] Pengiriman terbilang agak memakan waktu. Untuk pesanan saya baru akan tiba antara 5-10 hari, dimana umumnya antara 3-6 hari.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai aplikasi kioson. Kesimpulanya, jadi dengan adanya Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM, para pelaku UMKM bisa bersaing dengan dalam persaingan usaha yang semakin ketat, sehingga berpotensi meningkatkan pendapatan dari para pelaku UMKM itu sendiri.

Akhir kata, berakhirlah pembahasan artikel dengan tema Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM, jangan lupa ya untuk gabung dengan akun socmednya, seperti facebook, twitter, Linkedin dan youtube kioson.

Namun jika Anda ingin berkunjung ke kantornya, alamatnya berada di :

PT. Kioson Komersial Indonesia
AXA Tower Lt. 42, Kuningan City
Jl. Prof. Dr. Satrio kav. 18 Kuningan, Jakarta Selatan
DKI Jakarta – 12940

Telfon
+62 818 0721 8383 (XL)
+62 899 983 8383 (Tri 3)
+62 857 7625 8383 (Indosat)

Email
info@kioson.com

Sampai jumpa.....jangan lupa like and komentarnya ya ?

Sumber referensi
Artikel dan Video:
www.kioson.com

Gambar :
Freepik.com

Subscribe to receive free email updates:

24 Responses to "Mengatasi Kesenjangan Digital Pelaku UMKM dengan Memanfaatkan Aplikasi Kioson"

  1. Pertamax Mas..
    Sambil nunggu bisa ndaftar hehee...
    Mas Amir tulisannya selalu memberi kejutan.. sukses ya Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah,tulisanku masih kalah dengan yang lain Mas, terimakasih sudah berkunjung ya ? ^_^

      Hapus
  2. Aku jadi penasaran ma kioson ini, ceki2 dulu ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di instal aja Mbak, gampang kok caranya. Trimakaih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  3. Uedan tenan, lengkap abis!!!! Master kalo udah nulis, beuuuh... Komplit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. #namanya_juga_usaha ^_^ dan aku bukan master,soalnya masih sering banget kalah ^_^

      Hapus
    2. Wis pokoe Joged, eh... Pokoe mantap. Semoga kesuksesan di pihak kita ya mas. Aaamiiin

      Hapus
  4. Wihi.. emang asyik ya kioson ini mas. Pilihan transaksi yang banyak membantu banget buat umkm ya karena ga repot harus punya cc atau debit tertentu. Good luck mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, yang masih ada kesenjangan digital dalam hal ini adalah konsumen pun bisa teratasi dengan adanya kioson

      Hapus
  5. Lengkap banget. Calon juara nih bpk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin amin amin, trimakasih Mbak sudah berkunjung ^-^

      Hapus
  6. Jadi lebih mudah dong ya kang kalau ada kiosin mah dan makin muantappp juga kalau mau belanja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener Mas, soalya bisa belanja lewat genggaman tangan.

      Hapus
  7. Balasan
    1. Ini ecommerce Mas, kioson hanya sebagai pihak ketiga yang menjembatani antara pengusaha satu dengan yang lainya

      Hapus
  8. Mantap, ulasannya detail sekali. Terima kasih informasi berharganya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih Mas, trimakasih sudah berkunjung ke blog saya ^_^

      Hapus
  9. Balasan
    1. Iya,kioson memang start up bisnis baru, terobosan baru agar masyarakat lebih sejahtera dalam hal ekonomi

      Hapus
  10. Wah lengkap banget ini, penjelasanya... sepertinya sih masuk nominasi deh...
    soalnya aku mau ikut gabung, minder duluan liat ini artikel...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin amin amin y.r.a, aku malah submitnya mepet DL Mas. Btwselamat ya dapet firstwinner di kerang mutiara ^_^

      Hapus
    2. Wah tau aja ya mas nya... itu lagi memihak ke saya mas...
      siapa tau kali kioson memihak sama mas Amir dan Mas Hendra

      Hapus