4 Cara Asik Agar Jantung Tetap Sehat

Ilustrasi jantung sehat. Sumber
Di jaman serba canggih seperti sekarang ini, kita sering di sibukan dengan pekerjaan sehari hari. Pergi pagi, pulang malam, dan kadang karena harus lembur, terpaksa pulangnya sampai larut malam. Dan itu sering membuat kita lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat. Ujung ujungnya tidak bisa berolahraga karena tubuh sudah lelah. Makanan cepat saji pun menjadi langganan karena karena ingin serba cepat.

Jika sudah seperti ini, gaya hidup sehat terabaikan, dan ancaman berbagai penyakit pun datang, seperti penyakit jantung misalnya. Sebenarnya cara untuk sehat itu banyak dan mudah, cuma karena saking sibuknya, membuat kita sulit untuk melakukanya. 

Bersama ini, saya ingin berbagai tips, bagaimana sih agar tubuh dan jantung tetap sehat walaupun sibuk, namun bisa di lakukan dengan cara yang asik dan menyenangkan, berikut tipsnya : 

1.Mendengarkan Musik Favorit
Seperti kita tahu, musik membuat kita terhibur, perasaan pun berubah menjadi senang. Menurut sebuah penelitian, ternyata musik favorit mampu membuat rileks pembuluh darah. Tubuh akan mengeluarkan zat biokimia alami bernama endorfrin yang dikenal dapat mengurangi rasa sakit serta dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Musik dapat menyehatkan jantung. Sumber
Namun begitu, musik yang di dengarkan baiknya bukan musik dengan lirik bermakna negatif, melainkan musik yang melahirkan emosi positif, seperti musik favorit contohnya. Musik instrumental tanpa lirik juga di nilai memiliki efek baik di banding dengan musik berlirik, karena terkadang banyak lirik lagu yang membuat orang jengkel sehingga menimbulkan emosi negatif. 

Untuk menjalankan riset diatas, peneliti melibatkan 74 pasien yang terbagi dalam 3 kelompok selama 3 minggu. 

Kelompok pertama merupakan kelas khusus olahraga tanpa musik dalam sehari.

Kelas kedua merupakan kelompok olahraga plus musik selama 30 menit dalam sehari.

Sedangkan kelompok ketiga merupakan kelompok khusus mendengarkan musik setiap hari tanpa di sertai olahraga.

Hasilnya, kemampuan pasien di kelompok kedua yaitu kelas olahraga di sertai musik, fungsi jantungnya cenderung meningkat dan kemampuan olahraganya juga meningkat dengan nilai rata ratanya 39%

Untuk kelompok pertama dengan kelas olahraga tanpa musik, kemampuan olahraganya meningkat 29 %

Dan untuk kelompok ketiga dengan kegiatan mendengarkan musik tanpa olahraga sama sekali, kemampuan olahraganya meningkat hanya 19%. 

Ini membuktikan bahwa dengan mendengarkan musik saja, kemampuan olahraga penderita penyakit jantung mengalami peningkatan, apalagi jika ditambah olahraga.

Dan sementara riset hanya melibatkan pasien penyakit jantung, tapi tidak menutup kemungkinan riset ini juga berlaku untuk orang tanpa penyakit jantung.

2.Cokelat Hitam Asli
Dalam sebuah studi yang melibatkan 470 responden lanjut usia, ternyata cokelat hitam mampu menurunkan resiko kematian sebanyak 50% akibat penyakit jantung dalam kurun waktu 15 tahun. Senyawa dalam cokelat hitam ternyata mampu memberi perlindungan kuat terhadap oksidasi kolesterol LDL.

Coklat Hitam. Sumber
Pengkonsumsian jangka panjang mampu membuat kolesterol lebih sedikit mengendap di arteri, sehingga menurunkan resiko penyakit jantung. Cokelat hitam yaitu coklat yang mengandung setidaknya 70% kakao atau kokoa (kakao yang sudah dipanggang dan berbentuk bubuk), jadi bukan coklat yang banyak mengandung gula, mentega dan sejenisnya seperti yang dijual dipasaran

3.Tertawa
Seperti kita tahu bahwa tertawa membuat kita bahagia. Orang yang sering tertawa memiliki raut wajah lebih muda di banding yang hobinya cemberut. Menurut sebuah penelitian, ternyata tertawa 15 menit sehari mampu mengurangi tekanan darah, menurunkan hormon stress dan kortisol.

Tertawa dapat menyehatkan jantung. Sumber
Bahkan sering kita lihat bahwa tertawa juga di jadikan metode pengobatan alternatif suatu penyakit dan terbukti mampu meringankan penyakit tersebut.

Sedangkan stress merupakan hal buruk untuk kesehatan karena merupakan penyebab serangan jantung dan gagal ginjal. Stress juga dapat menimbulkan perangsangan yang berdampak pada pembuluh darah jantung (jantung koroner), seperti timbulnya plak pada ariteri yang dapat disebabkan oleh kalori atau lemak LDL (kolesterol darah) dan lain sebagainnya.  

Maka dari itu hindarilah stress dan hiburlah diri dengan tertawa, seperti menonton video video lucu atau bercengkrama dengan orang orang humoris, dan lain sebagainya.

4.Senam Jantung
Bagi Anda yang hobi olahraga sekaligus menjaga agar jantung tetap sehat, senam jantung merupakan cara mudah dan tak kalah asik menyenangkan. Selain dari gerakan gerakan layaknya menari dan iringan musiknya yang membuat suasana hati menjadi riang, kita juga bisa bercengkrama dengan rekan rekan lain sesama pengikut senam, berbagi pengalaman, curhat dan lain sebagainya, sehingga hati merasa terhibur.

Senam jantung sehat. Sumber
Senam jantung itu sendiri merupakan gerakan senam yang khusus di buat untuk mendukung kinerja dan performa jantung agar tetap sehat. Senam jantung berfungsi untuk meningkatkan aliran peredaran darah ke seluruh tubuh selama 24 jam. Apalagi saat usia bertambah, performa jantung akan berkurang, maka dari itu senam jantung penting untuk di lakukan.

Gerakan gerakan dari senam jantung akan memacu jantung untuk mengambil oksigen sebanyak banyaknya agar kebutuhan oksigen tubuh terpenuhi.

Nah, itulah sedikit tips untuk kita agar jantung tetap sehat dengan cara asik dan menyenangkan. Jika rutin olahraga di rasa berat atau tak bisa menghindari makanan siap saji yang banyak mengandung lemak sehingga beresiko terkena serangan jantung, maka bisa lakukan melalui cara  diatas, terimakasih

Sumber 

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "4 Cara Asik Agar Jantung Tetap Sehat"

  1. Balasan
    1. Ayooo...semangat sehat untuk jantung sehat dengan cara yang menyenangkan

      Hapus
  2. Abahku sampe 4x kena stroke, awalnya dari jantung. Pasang ring sudah 2x. Sekarang gak bisa sembuh sempurna, malah cenderung menurun kesehatannya. Ayo jaga jantung kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan, menjaga kesehatan ituemang penting banget, agar selalu sehat sepanjang masa

      Hapus
  3. Menjaga kesehatan itu harus dimulai sejak dini ya mas, apalagi jantung. Dan saya juga baru tau, kalo dengerin musik bagus buat jantung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, karena musik bikin hati tenang, jadi detak jantung pun jadi stabil

      Hapus