Inovasi Daerahku – Lebih Cerdas dengan Les Gratis di Dusun Carbalung Kota Kebumen

Berbagi itu indah. Berbagi itu tidak harus lewat materi. Berbagi juga bisa dengan apapun, contohnya ilmu. Terkadang, masih ada saja orang yang enggan berbagi ilmu secara cuma cuma, mereka khawatir jika ilmu yang mereka bagikan, nantinya orang lain akan mengunggulinya. Padahal dengan berbagi, Tuhan bisa melipat gandakan rejeki dari apa yang kita bagikan.

Salah satu rahasia orang sukses dunia adalah karena mereka mau berbagi, entah itu dalam bentuk materi ataupun ilmu. Jika dalam bentuk materi, orang akan teringankan bebanya dengan apa yang kita berikan. Namun jika dengan ilmu, orang yang kita beri, ilmunya tidak akan habis sampai ajal menjemput.

Di kampungku, tepatnya di kelurahan Pacalbalung Desa Sidoagung Kecamatan Sruweng Kota Kebumen Jawa Tengah ini, setiap minggu pagi di adakan les cuma cuma alias gratis bagi anak anak kelas TK sampai kelas 6 SD. Ide ini tercetus berkat Mbak Muna, salah satu pemudi mahasiswi tetangga saya yang begitu sadar akan pentingnya pendidikan.

Anak anak sedang belajar bersama
Dari ide cemerlang ini, hari libur anak yang biasanya di gunakan untuk bermain bisa di kurangi karena di gantikan dengan belajar. Dan karena metode pembelajaran yang menyenangkan pun, anak anak tidak bosan mendengarkan apa yang di perintahkan oleh gurunya. 

Pembagian menurut kelas
Guru atau pembimbingnya yaitu dari kakak kakak kelas SMA atau kuliah, ataupun bagi siapa saja yang ingin dengan sukarela membimbing anak anak untuk belajar, jadi gurunya ada banyak. Terlebih karena antara anak dan guru pembimbing sudah saling kenal akrab, anak jadi tidak ragu dan malu untuk bertanya jika kesulitan mengerjakan pelajaran.

Dengan adanya les gratis ini, anak anak di untungkan dengan bertambahnya ilmu mereka selain di sekolah. Orang tua pun merasa senang dan mendukung dengan adanya kegiatan ini, karena selain anak menjadi lebih pintar, waktu bermain anak juga bisa di kurangi dan di gantikan dengan hal yang bermanfaat.

Anak anak sedang belajar bersama
Pelajaran yang di ajarkan yaitu semua pelajaran di sekolah, seperti matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dll. Untuk memudahkan pembelajarana, mereka di bagi dalam kelompok kelas, seperti kelas 1-3, kelas 4-5 dan kelas 6.

Mereka juga bisa meminta bantuan jika kebetulan sedang ada PR, namun dengan cara sang pembimbing akan mengajarinya terlebih dahulu agar si anak paham akan mata pelajaran yang menjadi PR tersebut. Bukan guru yang mengerjakanya tanpa anak tau apa apa, karena memang maksud dari adanya les ini yaitu melatih anak agar lebih pintar dan juga lebih bertanggung jawab.

Hingga saat ini, kegiatan les gratis ini baru berjalan sekitar 3 bulan dan berjalan lancar. Setiap  hari minggu jam 8 pagi, anak anak beramai ramai datang ke TPQ karena tempat belajarnya ada di gedung TPQ masjid setempat.

Untuk saat ini, baru hanya anak SD yang menerima pembelajaran les ini, karena memang di rasa cukup mudah mata pelajaran yang di ajarkan untuk tingkat SD. Untuk anak SMP mungkin kedepan juga akan di realisasikan jika pembimbingnya dirasa sudah mampu untuk mengajar. Intinya kita semua warga ingin agar semua anak anak di daerah kami menjadi anak cerdas, sehingga lebih siap menghadapi masa depan mereka masing masing. 

Itulah inovasi yang ada di daerahku, semata mata hanya karena ingin berbagi, tepatnya berbagi ilmu, bukan karena hal lain.  Agar bisa melahirkan generasi muda yang cerdas dan lebih bersiap menghadapi masa depan yang penuh tantangan. 

Sampai sekarang, baru kali ini saya menjumpai adanya Inovasi Daerah berupa les gratis seperti ini. Semua berkat pemikiran orang cerdas bernama Mbak Muna. Semoga kedepan akan lahir Mbak Muna Mbak Muna lain yang dengan senang hati melahirkan pemikiran pemikiran cerdas, Untuk Indonesia yang lebih baik. Dan semoga ini menjadi Kabar Baik untuk warga Indonesia dimanapun mereka berada, sekarang dan selanjutnya.

Terimakasih
Amir Mahmud

Artikel ini diikutsertakan pada Kompetisi Menulis Blog Inovasi Daerahku - https://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Inovasi Daerahku – Lebih Cerdas dengan Les Gratis di Dusun Carbalung Kota Kebumen"