Musik Melon : Orang Bijak Pasti Tidak Pernah Membajak Karya dan Tidak Asal Download Lagu

Anang meminta pemerintah berantas pembajakan karya musik. Gambar di pinjam dari sini
Sebelum bercerita soal musik Melon, saya ingin bercerita dulu nih soal kisah musik yang pernah saya alami.

Saya ituuu... sangat suka sekali dengan musik. Saking sukanya dengan musik, saya jadi bisa memainkan gitar dan juga sedikit bermain gendang dangdut. Type musik yang paling saya suka yaitu dangdut, karena dangdut bikin saya jadi bergoyang goyang.

Ada yang unik nih dengan cerita musik saya ini. Jadi, ada teman saya yang jago banget bermain gendang. Ia bisa begitu mahir memainkanya berkat di ajarin oleh temanya sewaktu di pondok pesantren dulu.

Dan saat ia pulang, saya dan banyak teman lain kaget di buatnya karena tiba tiba ia begitu mahir bermain gendang. Padahal sebelum ia berangkat ke pondok, ia belum bisa seperti itu.

Karena kemahiranya lah, membuat ia selalu menjadi andalan tukang gendang saat bermain musik bersama sama.

Aku dan Ma'mun sedang dangdutan
Ternyata bermain gendang itu susah lho, dan beda banget dengan alat musik lainya. Saya saja perlu belajar agak lama sampai benar benar bisa menghasilkan suara yang bagus, butuh ketelatenan agar menjadi mahir, jadi nggak asal pukul pukul saja. 

Kalau kita lihat orang bisa bermain gitar itu biasa, tapi kalau lihat orang bisa bermain gendang dangdut itu baru luar biasa (bagi sayaa....).

Karena seperti saya singgung diatas, bahwa dangdut itu bikin geal geol dan geleng geleng kepala, bahkan tanpa sadar, iya nggak ?

Saat gubyak (istilah untuk dangdutan), saya memposisikan sebagai tukang gitar (walau nggak pinter pinter amat sih), teman saya tersebut sebagai tukang gendang, dan adik saya sebagai tukang kecriknya.

Lagu yang di mainkan seperti lagu Malaysia, judulnya seperti "Bunga", "Rela", "Sahara" dll. Selain itu ada koleksinya Rhoma Irama seperti "Menunggu", "Judi", koleksinya Mansyur S, Imas S. Arifin, Megie Z dan banyak lagi yang lainya.

Tempat untuk berkumpul gubyak yaitu di beranda rumah saya, kalau gubyak sudah di mulai, biasanya teman teman  yang lain pada berdatangan karena ingin menyaksikan kita sedang bermain musik.

Pokonya suasana menjadi semakin asik banget jika sudah berkumpul begini, menjadi akrab dan menyenangkan sekali.

"Btw, dimana uniknya Bro ?"

Uniknya yaitu ada pada tukang gendangnya yang bernama Mas Ma'mun. Ia adalah teman saya yang kurang beruntung.

“Maksudnya ?”

Karena ia memiliki kelainan dalam daya pikirnya. Hingga saat ini, ia belum juga bisa membaca ataupun menulis dengan lancar.

Memang, dulu ia pernah sekolah, tapi sampai lulus SD pun ia masih juga belum bisa membaca dan menulis, bahkan hingga sekarang. Aliasnya ia itu penyandang difabilitas

Walaupun ia dengan keistimewaan yang Tuhan berikan, namun ia memiliki keahlian bermain gendang, yang mana di tempat saya tinggal, cuma ia lah satu satunya orang yang bisa memainkan gendang dengan segitu bagusnya, mirip tukang gendang di grup organ ternama pokonya.

Bahkan, ia pernah di tawari untuk menjadi tukang gendang oleh teman saya lainya yang berencana akan membentuk sebuah grup musik dangdut. Dan kata teman saya tersebut, bayaran tukang gendang itu lebih mahal dari pemain alat musik lainya.

Dan.... itulah ceritaku dalam musik yang unik dan asik, yang memberi kesimpulan bahwa di setiap kekurangan apapun pasti ada kelebihan, seperti Mas Ma'mun contohnya yang mahir bermain alat musik gendang. Maka dari itu, kita di larang untuk mendiskriminasikan orang dengan keistimewaan (difabel)..ya ?

Dan sekarang, saatnya saya akan bercerita soal musik melon. 

Selain bermain musik secara langsung seperti cerita di atas, saya juga sukaaaa sekali mendengarkan musik lewat aplikasi musik bernama melon.

Aplikasi ini tersedia dalam format android, blackberry, iOS ataupun PC. Website resmi dari aplikasi ini bisa di kunjungi di www.melon.co.id


Download aplikasinya dalam format ANDROID - BLACKBERRY - iOS - PC

Yang paling saya suka dari aplikasi ini yaitu lagu lagu dari musik melon kulitasnya bagus dan suaranya jernih karena merupakan lagu asli. Selain itu dengan aplikasi musik melon ini, kita juga sedang menyerukan kampanye anti membajak karya loh.

“Maksudnya ?”

Maksudnya yaitu lagu lagu yang di ada di aplikasi ini adalah resmi sehingga tidak melanggar hukum. 

“Oooo..jadi sembarangan download lagu itu tidak di anjurkan ya ?”

Betul. Para musisi nantinya akan di untungkan dengan royalti penjualan lagunya, maka dari itu kita harus membalas kerja keras mereka dengan tidak download lagu sembarangan.

Dan pastinya walaupun saya belum pernah membuat lagu, membuat lagu itu sulit banget. Selain dengan modal yang begitu banyak dan bahkan tak terhitung jumlahnya, mereka para musisi juga harus banyak sekali berkorban. Dan berikut adalah sepenggal kisah pahit perjuangan dari beberapa musisi sukses tanah air.

[1] Ryan d’masiv. Vokalis grup band D’ Masiv ini dulunya adalah pengamen jalanan. Ia sering mengamen di bis kota, rumah makan, jalanan, dll. Walaupun harus hidup dalam himpitan ekonomi, namun ia tetap semangat mengejar cita citanya menjadi penyanyi. 

Sering kali ia harus merasa kelaparan karena tak mendapatkan uang yang cukup untuk makan. Untuk melatih kemampuan bernyanyi bersama teman temanya, uang hasil mengamen mereka gunakan untuk rental studio musik, dan itu berlangsung lama serta melalui proses yang panjang, pahit dan berliku liku hingga ia bisa sukses seperti sekarang ini. (Sumber dari sini dan dari sini)

Gambar di pinjam dari sini
[2] Kisah yang kedua yaitu dari Judika. Penyanyi asal Sidikalang - Daili - Sumatera Utara ini pernah menjadi korban penipuan ajang lomba menyanyi. Bahkan ia pun pernah menjadi tukang tambal ban di Jakarta, yang mana hasilnya untuk makan saja pas pasan. 

Sebelum di terima di Indonesia Idol, ia banyak mengalami kegagalan dari  berbagai kompetisi kompetisi menyanyi yang ia ikuti. Namun dengan perjuanganya yang begitu berliku liku, ia bisa sukses seperti sekarang ini. (sumber  dari sini)

Gambar di pinjam dari sini
[3] Kisah yang ketiga datang dari penyanyi cantik Cinta Penelope. Tahukah kalian jika Mbak Cinta ini dulunya adalah seorang pembantu rumah tangga. Ia melakoni profesi ini selama 1 tahun 8 bulan dengan gaji pas pasan. Ia juga pernah hidup di jalanan selama 7 tahun dan berpindah dari kota satu ke kota lainya. 

Dalam perjalanan hidupnya, ia sering kali mengamen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Walaupun hidupnya begitu pahit, namun semangat cita citanya menjadi penyanyi tak juga surut, hingga akhirnya ia bertemu Anton Sheila On 7 yang membawanya menjadi seperti sekarang ini. 

Gambar di pinjam dari sini
Itulah sepenggal cerita perjuangan pahit getir mereka hingga tiba waktunya bagi mereka untuk menikmati jerih payah dari karyanya.

Jika Anda di posisi mereka, maukah karya kalian di bajak ? apalagi di jual di pinggir jalan dengan harga yang begitu murah dan sering kali kualitasnya di ubah ubah sesuai keinginan mereka (pembajak), sehingga sering kali juga di temui musik musik mp3 atau video video yang berbeda dengan aslinya

Di larang membajak. Grafis by Amir Mahmud
Saya jadi merasa heran saja saat masyarakat koar koar soal koruptor. Mereka tidak terima karena koruptor memakan uang rakyat.
Jika koruptor suka mengambil uang rakyat, maka musisi di korupsi hasil karyanya dari aktifitas download lagu dengan cara ilegal (tidak sah) 
Dan pastinya hal itu sering kita lakukan, hayo ngaku saja ???? hehehe... nggak mau kan kita di samakan atau bahkan menjadi pelaku korupsi alias koruptor itu sendiri, termasuk dalam hal musik.

Nah, dengan aplikasi musik melon ini, merupakan salah satu cara untuk menghargai karya mereka para musisi. Dan bersama ini,yuk kita bahas tentang aplikasi musik ini, dalam....

KUPAS TUNTAS APLIKASI ANDROID MUSIK MELON

Pertama tama kita harus download aplikasinya terlebih dahulu ya, berhubung saya menggunakan android, jadi pembahasan ini khusus untuk pengguna android, tapi buat pengguna selain android juga boleh banget ikuti pembahasan ini. Caranya lihat gambar di bawah :


Bagaimana, mudah bukan cara mendownloadnya ? 

Aplikasi sudah terdownload, berikutnya kita harus mendaftar jadi member terlebih dahulu supaya bisa menggunakan layanan dari melon. Caranya lihat pada gambar di bawah :


Jika mendaftar sudah selesai, sekarang saatnya membahas fungsi kanal kanal yang ada di aplikasi ini


Dan berikut adalah penjelasan fungsi dari masing masing kanal
[1] Tab pertama ada kanal musik. Kanal musik ini berisi tab “FRESH” tab “MELON PICK” dan tab “MELON CHART”. Untuk pembahasan selengkapnya, baca gambar di bawah ya...


[2] Tab kedua ada kanal Playlist. Playlist atau yang bisa di artikan sebagai daftar putar ini berisi 3 tab yaitu “MELON PLAYLIST” “MY PLAYLIST” dan “LOCAL PLAYLIST”. Keterangan selengkapnya lihat gambar di bawah :


Lalu, bagaimana cara membuat daftar putarku (MY PLAYLIST) dan daftar putar lokal (LOCALPLAYLIST) untuk menyimpan lagu lagu favorit ?

Gampang kok, ikuti langkah langkah pada gambar berikut ini

Membuat MY PLAYLIST



Membuat LOCAL PLAYLIST

Untuk membuat daftar putar lokal atau LOCAL PLAYLIST, ikuti langkah langkah pada gambar di bawah :

Note : untuk membuat LOCAL PLAYLIST itu ternyata kita harus sudah pernah mendownload lagu terlebih dahulu, berhubung saya sudah pernah mendownload lagunya, jadi saya bisa membuat LOCAL PLAYLIST, kemarin saat belum mendownload lagu, saya belum bisa membuat LOCAL PLAYLIST ini, oke...
[3] Tab ketiga ada Library. Di tab Library ini kita bisa melihat catatan download yang kita lakukan, contohnya karena saya sudah pernah mendownload lagu nya, maka catatanya bisa di lihat di tab Libary ini, lihat gambar di bawah :


[4] Tab ke empat ada Purchase atau bisa di artikan dengan pemesanan. Di sini kita bisa berlangganan paket streaming dan download sesuai dengan waktu dan harga yang di tawarkan, saya sendiri memilih yang paling murah yaitu 3 ribu/hari, lain itu ada 15 ribu/minggu dan 50 ribu/bulan.


Cara melakukan pemesanan paketnya seperti saat membeli lagu pada gambar di bawah ya.... Dan ada biaya tambahan 10% dari harga normalnya, yaitu dari 3 ribu rupiah menjadi 3300 rupiah.

Dan inilah cara membeli lagunya, lihat gambar di bawah :

Note : 1 lagu harganya 5000, di tambah biaya 10% juga jadinya 5500. Nilai segini tidak ada apa apanya di banding perjuangan para musisi dalam berkarya.
[5] Tab ke lima ada Buy Album. Di tab ini, kalian bisa membeli banyak lagu (kumpulan lagu) sekaligus dari para artis atau yang biasa di sebut album. Cara melakukanya sama dengan cara membeli lagu di atas, oke ? sip, lanjut ke langkah berikutnya.


[6] Tab ke enam ada Promo. Tab Promo ini berisi promo promo menarik dari melon, contohnya seperti promo beli lagu berhadiah voucher belanja pada gambar di bawah.


[7] Tab ke tujuh ada My Page. Tab ini berisi uraian tentang layanan yang sedang di gunakan, riwayat download dan antrian download. Tab ini (download history) juga berfungsi jika lagu yang sudah di download ternyata tak sengaja terhapus, kita jadi bisa mendownload ulang lagi, selengkapnya lihat gambar di bawah :


[8] Tab yang ke delapan ada Coupon. Tab ini berisi kupon yang bisa di tukarkan dengan lagu untuk di download. Kupon ini bisa di dapatkan dari misal hadiah lomba blog dan sebagainya. 


[9] Tab yang ke sembilan ada Setting. Tab ini berisi opsi, apakah kita akan menerima notifikasi (pemberitahuan) atau tidak. Juga berapa jumlah notifikasi yang akan kita terima dari melon, apakah 5, 15, 25 atau 50 ?


[10] Dan terakhir ada log out, yang pastinya berfungsi untuk keluar akun musik melon.

Bagaimana, sekarang sudah paham kan semua fungsi fungsi dari aplikasi android musik melon.

Dan yang paling penting, selain kita bisa bermusikan dengan mudah - dengan aplikasi musik melon -mari kampanyekan anti membajak karya dengan tidak download lagu sembarangan, agar para musisi mendapatkan hak mereka.

O iya, aplikasi ini bisa di gunakan untuk streaming dan download jika kalian sudah upgrade layanan.

Jika belum maka kalian baru bisa menikmati streaming setiap lagu dalam waktu 1 menit saja, untuk download pun harus upgrade layanan terlebih dahulu.

Tenang saja, untuk berlanggananya murah kok, mulai dari 3 ribu rupiah per hari.

Sekedar masukan :
[1] Pada saat saya streaming lagu, ada beberapa lagu yang masih belum memiliki lirik, contohnya seperti di bawah ini :


[2] Pada saat saya menglik URL mobile version, link download untuk aplikasi versi iOS malah di arahkan ke link lain, bukan ke link dimana aplikasi iOS tersebut bisa di download, yaitu di sini https://itunes.apple.com/id/app/melon/id674085693?l=id&mt=8

[3] Jika saya lupa password aplikasi melon android, bagaimana saya bisa mereset ulang password untuk mendapatkan password saya kembali.

Di aplikasi musik melon android ini tidak ada opsi reset password. Bagaimana jika suatu saat saya punya paket streaming dan download 50 ribu sebulan, sementara mau log in lupa passwordnya, kan jadi tidak bisa menikmati musiknya ?


[4] Saat kita mendownload lagu dengan paket yang ada, contohnya saya mendownload dengan paket 3 ribuan dan paket gratis 7 harinya, file yang terunduh adalah file .DCF, yang mana file ini menurut admin twitter melon, hanya bisa di mainkan di aplikasi melon saja.

Namun setelah saya coba di hp android saya, saya kesulitan melakukanya, bahkan saya gunakan di laptop saya pun juga masih kesulitan.

Alangkah baiknya jika pihak melon memberikan ulasan semisal dalam bentuk artikel tentang cara penggunaan file ini, sehingga saya dan banyak orang tau bagaimana menggunakanya, terimakasih :-)

CARA MENDAPATKAN UANG DARI MUSIK MELON

Ada yang keren nih di musik melon. Yaitu hanya dengan mendaftar dan memasang widget melon di blog atau website kalian, maka kalian bisa mendapatkan keuntungan dari lagu yang terjual lewat widget yang kalian pasang di blog atau website tersebut. Saya sendiri juga sudah memasangnya, lihat di pojok kanan atas blog ini.


Untuk cara mendaftarnya, klik link http://widget.melon.co.id/member/login.php kemudian klik tombol DAFTAR SEKARANG seperti pada gambar di bawah :


Setelah itu ikuti langkah langkah pada gambar di bawah ini :

*Note : usahakan kalian sudah memiliki NPWP ya, tapi jika belum juga nggak apa apa, barangkali ada pemotongan pajak dari pendapatan kita di widget melon, kan biar nggak repot. Biasanya jika belum mempunyai NPWP, pemotongan akan lebih besar dari yang seharusnya.
Dan sebagai WNI yang baik, harus taat pajak, ya..? saya juga sudah punya ko, ini dia penampakanya :-D
NPWP ku. Dok Pri
Setelah selesai mendaftar, lalu kalian akan di arahkan untuk mendapatkan kode widgetnya, setelah kode di dapatkan, maka kalian bisa memasangnya di blog atau website kalian.

“Lalu, bagaimana dengan komisinya ?”

Kalian akan mendapatkan 5% dari penjualan lagu di widget melon, dengan minimum payout yaitu 200 ribu rupiah dalam waktu 14 hari kerja. 

Penting untuk di ketahui, bahwa melon akan mencopot widget dari blog atau website jika di ketahui blog atau website tersebut melanggar ketentuan, seperti :

[1] Blog yang mencemarkan nama baik melon,

[2] Blog yang mencemarkan nama baik reseller atau pihak ketiga,

[3] Blog yang mengganggu ketertiban umum atau mengabaikan moral,

[4] Blog yang berisi tindakan kriminal,

[5] Blog yang di anggap melanggar hak cipta,

[6] Melanggar undang undang dan lain sebagainya yang di anggap tidak memenuhi syarat dan ketentuan.

Dan itu berarti kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari widget melon akan hilang. Untuk syarat dan ketentuan selengkapnya bisa di lihat di sini 

ALASAN KENAPA HARUS MEMILIH MUSIK MELON

[1] Dalam aplikasi melon tidak terdapat iklan, ini yang paling saya suka,

[2] Kualitas suara bagus dan jernih karena menggunakan tekhnologi dolby digital,

[3] Tidak adanya virus yang mengancam kinerja smartphone,

[4] Terdapat lirik lagu baik lagu Indo atau mancanegara, sehingga saya bisa bisa karaokean sambil ngapalin lirik lagunya,


[5] Tersedia dalam berbagai format, seperti android, blackberry dan iOS,

[6] Terdapat juga pemutar untuk versi PC, bisa di download di sini. Uniknya untuk versi PC ini bisa di mainkan secara offline,


[7] Dengan mendownload lagu di musik melon, merupakan cara bijaksana untuk menghargai karya karena bisa mencegah pelanggaran hak cipta,

[8] Jika kalian berlangganan paket bundling indihome, maka kalian bisa mendapatkan gimmick berupa layanan streaming gratis selama periode promosi 12 bulan.  Selain itu kalian juga bisa log in otomatis jika menggunakan koneksi indihome ini,
FYI : IndiHome adalah layanan koneksi internet cepat dengan speed hingga 100M bps. Dengan koneksi internet yang begitu cepat, melakukan banyak hal seperti ngeblog, kirim email, upload foto menjadi lebih hemat waktu

[9] Gratis layanan 7 hari  streaming dan download untuk member baru,

[10] Terdapat banyak koleksi hingga 2 juta lagu yang terdiri dari berbagai macam genre, dari lagu anak anak, pop, dangdut, mancanegara dll,

[11] Walaupun saya tak punya kartu kredit, tapi disini kalian yang punya kartu kredit berlogo mastercard atau visa juga bisa berlangganan dengan metode pembayaran kartu kredit jenis ini.

Akhir kata, lengkap sudah pembahasan kita kali ini tentang musik melon. Kesimpulanya, dalam hidup iu banyak sekali cerita menarik soal musik, seperti saya dan Mas Ma'mun contohnya dengan cerita gendangnya

Dan dengan musik melon, kita bisa bermusikan dengan mudah karena bisa di lakukan dengan berbagai OS gadget, hanya 3 ribu rupiah perhari, kita sudah bisa menikmati streaming dan download lagu

Selain itu dengan mendownload lagu di apps ini, berarti kita telah menghargai karya para musisi. Kita juga bisa mendapatkan keuntungan dari widgetnya. Dan juga aplikasi ini pun memiliki banyak keunggulan seperti yang saya terangkan di atas.

Semoga dengan pembahasan sederhana ini bisa semakin memudahkan kita dalam bermain musik dengan cara mudah, berkualitas dan bijaksana. Untuk update info terbarunya, jangan lupa juga ya untuk follow socmednya di facebook dan twitternya, sampai jumpa...


Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Musik Melon : Orang Bijak Pasti Tidak Pernah Membajak Karya dan Tidak Asal Download Lagu"

  1. Hmmm, baru tau ada melon 🍈 musik. BTW ini paid review kan ya mas??? Keren amat ulasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan paid review Mas, tapi komisi per penjualan

      Hapus
  2. bener deh dengan download musik dari melon sama saja dengan menghargai karya par musisi..
    ---
    btw wah.. mas amir... lengkap banget ulasannya.. kerennnn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dengan mendownload lagu di musik melon, berarti kita sedang menggalakan kampanya anti membajak karya, karena menjiplak itu haram. Btw artikelku lengkap karena aku selalu berusaha untuk totalitas, terimakasih kunjunganya ya Mas Ardi :-)

      Hapus
  3. Aku udah langganan Melon. Yang aku suka sih, bisa dengerin lagu yang aku suka kapan saja. Dan di mana saja. Walau pun tanpa koneksi internet. Tapi ya harus download dulu. Gak kemahalan juga. Toh bisa download dan streaming sepuasnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain itu, dengan aplikasi musik melon juga menghindari pembajakan karya

      Hapus
  4. Dari musik klasik sampai musik terkini semua ada di MelOn. Selain halal karena jelas legalitasnya, lagu-lagu di MelOn kualitas suaranya jernih. Dengan harga yang relatif terjangkau, kita sudah bisa streaming dan download lagu sepuasnya. Kini MelOn menjadi teman pengantar tidur anak saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi musik melon emang bisa menjadi teman setia kita, dan juga dengan mwndownload lagu di aplikasi ini, berarti kita telah mendukung kampanye anti membajak karya

      Hapus
  5. Komplit ya pelayanan dari Melon, aku juga suka. Semoga makin banyan perkembangan positifnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, pelayananya banyak, terupdate terus, apalagi jika berlangganan paket bundling indihome, bisa log in otomatis

      Hapus
  6. Amir lengkap banget mereviewnya, sukses ya, setujulah gak boleh dibajak karya siapapun, btw ku pikir melon sama dengan yang satunya, ternyata beda ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak biar kece...hehehe.
      Setuju banget kalau membajak karya itu di larang. Dengan aplikasi musik melon berarti kita telah mendukung kampanye anti membajak karya

      Hapus
  7. Keren mas, lengkap sekali pembahasannya :) Melon pilihan tepat buat yang suka ndengerin musik. Semoga beruntung mas ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Rezki, aku selalu berusaha totalitas setiap X menulis. Melon emang pas dan pilihan tepat buat yang suka musik, apalagi bisa mwndukung kampanye anti membajak karya. Dan, semoga kita semua sukses, amin

      Hapus
  8. jadi pengen pake aplikasi melon juga nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung pasang aja deh Mbak, di jamin bisa menemukan lagu algu berkualitas....

      Hapus