Pesan Taksi Jadi Lebih Mudah dan Tenang dengan Aplikasi My Blue Bird


Sebagai wujud cinta saya kepada do’i blue bird, beberapa hari yang lalu saya sengaja pergi ke Kota Semarang hanya untuk menjajal aplikasi terbaru dari blue bird yaitu blue bird apps. Kebetulan Semarang juga telah beroperasi taksi ternama ini, selain kota kota lainya seperti Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan dan Bali yang pemesananya sudah bisa di lakukan lewat aplikasi. Dan kemungkinan besar juga kedepan pihak blue bird akan melebarkan sayap armadanya seperti ke Jogjakarta, Purwokerto dll.

“Eh Bro, niat banget sih, sengaja jauh jauh dari Kebumen ke Semarang cuma untuk naik taksi blue bird ?”

Sebenernya saya juga ada saudara di Semarang, jadi sekalian deh nyobain taksi blue bird lewat appsnya. Dan ternyata naik taksi itu adem banget loh, ada AC nya, nggak sumpek dan nggak berisik pula… xixixixi…...

“Huuuu…….#katro deh kamuu……”

Biarin…hehehe... Kronologinya nih ya, jadi sewaktu saya turun dari bis di daerah Banyumanik Semarang, langsung deh buka apps blue bird.

"Akhirnya, kesampe-an juga naik taksi, yee...... :-D" kata saya dalam hati

Dan aku pun langsung buka apps nya dan pesen taksinya. Eh begitu klik order, taksinya langsung datang nggak sampai 5 menit.

"Wah, kok cepet banget Pak datangnya ?" Tanya saya
"Iya, soalnya kebetulan saya cuma berjarak beberapa meter dari Masnya, makanya begitu Masnya order langsung deh saya terima" Jawab Pak Pengemudinya

“Waow, cepet banget ya responnya ?”

Bangettt…dan sembari jalan, inilah langkah langkah sekaligus review saya terhadap blue bird apps. Pertama tama install aplikasinya dulu ya, berhubung saya memakai android, jadi tutorial ini khusus bagi pengguna android, tapi bagi kamu yang memakai iPhone atau windows, bisa juga download aplikasi ini.

“Oooo, jadi bisa di pakai di lebih dari satu OS smartphone dong ?”



Ya iyalah, blue bird gitu. Oke deh, setelah mendownload, mari ikuti cara mudah memesan taksi lewat blue bird apps.

Langkah selanjutnya yang harus di lakukan yaitu daftar dulu menggunakan email, mudah kok, lihat gambar di bawah :


Setelah proses mendaftar selesai, verifikasi juga masuk ke emailmu loh, jangan lupa klik ya. Dan sekarang, yuk kita order taksinya, caranya lihat gambar di bawah :


Mudah bukan cara pesan taksinya. Dan emang mudah kok. Kita juga tidak sulit menemukan taksi terdekat, begitu kita berada di area operasional blue bird dan membuka aplikasinya, maka burung burung biru otomatis muncul di area terdekat kita.
FYI : untuk di kota Semarang ternyata baru tersedia satu macam taksi, yaitu taksi reguler seperti yang terlihat pada gambar. Untuk jenis taksi lainya seperti Silver Bird, Blue Bird Van atau Silver Bird Van baru tersedia di Jakarta dan kota kota yang di tunjuk.
Seperti yang tertulis pada gambar di atas, usahakan agar kita memberi note atau catatan, saya sendiri memberi note seperti ini “saya pakai baju lorek lorek, jeans biru, pakai topi dan bawa tas” sehingga Pak pengemudi bisa dengan mudah mengenal saya sebagai calon penumpang.

"Tadi saya kasih catatan tentang ciri ciri saya Pak, yaitu saya pakai pakaian seperti ini, saya juga kasih ancer ancer alamat tujuanya biar Njenengan (Pak Pengemudi) lebih paham" Celetuk saya.

"Iya bener Mas, saya juga pernah muter muter karena penumpangnya tidak memberikan alamat yang jelas, sehingga saya jadi kebingungan" Jawab Pak Pengemudi.

Setelah tombol BOOK BLUE BIRD NOW di tekan, langkah berikutnya lihat pada gambar di bawah :


Sebelum memutuskan untuk memesan taksi, kita bisa melihat rating kinerja pengemudi terlebih dahulu, jika ternyata rating bintangnya rendah yang bisa artikan kinerjanya mungkin kurang bagus, kita bisa menekan tombol Cancel Booking untuk membatalkan pemesanan dan berganti taksi blue bird lain dengan pengemudi yang memiliki rating terbaik. Tapi walaupun ganti, tetep aja kalau blue bird itu memang jasa taksi yang proffesional dan berkualitas.

Dengan adanya fitur rating ini, maka para pengemudi taksi blue bird akan berlomba lomba untuk memberikan layanan terbaik untuk pelangganya, siapa yang paling ramah, sopan, rajin terhadap pelanggan, maka kemungkinan besar ia yang paling banyak narik atau medapatkan penumpang.

Jadi, fitur rating ini bagi saya sangat bagus dan perlu di pertahankan, dan jika bisa perlu di kembangkan, karena akan semakin menguntungkan kedua belah pihak, baik penumpang (konsumen) ataupun pengemudi dan perusahaan blue bird itu sendiri.

Fitur lain yang juga menguntungkan yaitu bernama finding your blue bird. Fitur ini akan muncul jika kita sedang menunggu taksinya. Misal jika kita terburu ingin cepat sampai tujuan namun taksi yang kita tunggu belum sampai, kita bisa memanfaatkan fitur ini, dengan fitur ini kita bisa mencari tau posisi taksi sudah sampai mana. Karena kemaren taksi yang saya pesen sampainya cepet banget, maka saya pun tidak menggunakan fitur ini.


Dan karena saya ingin menjajal fitur telfonya, maka saya pun mencobanya. Namun belum juga di angkat, eh taksinya udah di depan saya, cepet banget ya ?

"Ternyata aplikasi blue bird ini bisa buat nelfon Pengemudinya ya Pak ?"
"Iya Mas"

"Tapi nomornya muncul nggak Pak ?"
"Enggak Mas, jadi nomor Masnya bisa tetep terprivasi. Saya juga bisa nelpon balik Masnya (penumpang) lo"

"Masa sih ?"
"Iya, jadi misalkan calon penumpang belum ketemu lokasinya dan belum juga ngasih kabar, maka saya (pengemudi) bisa nelfon calon penumpang"

"Wah, bagus ya Pak aplikasi blue bird ini ?"
"Iya Mas"
FYI : Ternyata taksi yang saya naiki di Semarang ini bukan menggunakan smartphone, tapi menggunakan alat sejenis argo bernama Fleety untuk menerima pesanan lewat aplikasi. Tapi walaupun begitu bisa di pakai buat nelfon. Mungkin di Jakarta atau kota lain sudah menggunakan smartphone.


Keren bukan, ternyata dengan blue bird apps ini kita bisa menelpon pengemudi jika kita kebingungan dengan lokasi kita berdiri. Hal ini bisa saja terjadi jika kebetulan kita berada di kota yang baru seperti saya ini, yang mana tempat atau jalan jalanya belum kita kenal betul, sehingga kita merasa kebingungan. Dengan fitur ini kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan pengemudi taksi yang kita pesan. Selain itu dari pihak pengemudi pun ternyata bisa menelpon balik.

“Wuih, ajib dah, bisa nelpon balik ternyata”

Iya dong, blue bird gitu. Juga di saat sedang dalam perjalanan, kita juga bisa loh membagi lokasi kita ke socmed, tinggal pilih saja ikon ranting lalu share, sayangnya kemaren saya tak sempet membagikan lokasi saya ke temen temen terdekat, soalnya kelupaan :-)


Setelah kita sampai, dan memang benar, saya bayarnya sesuai rentang estimasi, di aplikasi tertulis 42K - 46K atau Rp 42.000,- sampai Rp 46.000,-, dan saya bayarnya cuma Rp 44.000,-, dan sayapun sudah menyiapkan uangnya lengkap beserta receh recehnya, jadi nggak kawatir deh besok besoknya kalau mau naik taksi blue bird lagi, karena tarifnya bisa di ketahui perkiraanya lewat aplikasinya.
FYI : kemaren saya tanya ke Admin @BlueBirdGroup, bahwa tarif dasar taksinya yaitu Rp 6.500,-/buka pintu dan Rp 4.300,-/km. Namun bisa saja berbeda beda di setiap daerah. Dan pastinya harga estimasi di aplikasi menjadi lebih jelas
Dan setelah saya turun, saya menerima struk lewat email selain struk yang keluar lewat argonya langsung. Hal ini penting karena bisa sebagai bukti bahwa kita telah melakukan perjalanan dengan taksi blue bird, yang mungkin saja struk ini di perlukan dalam urusan pekerjaan. Jika kebetulan struk fisiknya hilang, maka masih ada struk emailnya.

"Wah, ada struknya ya Pak ?"
"Iya Mas"


Belum selesai nih, selanjutnya di smartphone kita akan muncul halaman untuk merating kinerja pengemudinya, karena waktu kemarin pengemudinya begitu sopan dan ramah terhadap saya, bahkan saya ngobrol banyak denganya, maka saya kasih bintang 5 deh...:-)


Selain memesan taksi untuk hari ini, dengan blue bird apps kita juga bisa loh pesan taksi untuk esok hari, misalkan kita mau pergi besok di jam 12:47, kita pun bisa memesanya dari sekarang, caranya lihat gambar di bawah :


Keren bukan, bisa pesen taksi untuk esok hari pula

"Ajib dah, bisa pesen taksi buat esok pula hanya dari genggaman tangan"

Fitur unik lainya yaitu kita bisa menambahkan lokasi favorit hingga 4 tempat, caranya bisa di lihat pada gambar di bawah :


Bahkan lokasi favoritpun di berfungsi sebagai PICK-UP dan DROP OFF, sehingga memesan tinggal klik klik saja tanpa perlu mengetik ngetik. 

Dan jika kita ingin mengubah lokasi favoritnya, tinggal klik MANAGE seperti terlihat pada gambar di point 4 di atas

Sedangkan untuk melihat riwayat booking, payment atau pembayaran dan juga history, pilih atau klik icon garis di pojok kiri atas maka akan mucul pilihan seperti pada gambar di bawah ini


Di menu BOOKING, kita juga bisa melakukan pemesanan taksi melalui halaman ini. 

Di menu PAYMENT adalah metode pembayaran yang bisa di lakukan, yaitu cash dan voucher. Untuk voucher bisa di dapatkan di pool pool blue bird, kata pengemudinya sih begitu. Tapi sepertinya akan lebih baik lagi jika vouchernya juga bisa di jual di minimarket minimarket yang banyak tersebar di sekitar kita. Dan kata pengemudinya juga sudah bisa pakai kartu kredit, namun baru hanya di sebagian wilayah saja, Semarang belum.

Di menu HISTORY berisi riwayat perjalanan kita, seperti perjalanan yang telah di lakukan ataupun yang di cancel. Sampai saat ini historinya belum bisa di hapus, mungkin alangkah baiknya jika bisa di hapus, sehingga tidak mengganggu tampilan aplikasi.

Dan terakhir,  untuk mengedit profil kita, tinggal masuk ke menu lalu pilih edit profil. Anda juga bisa menambahkan foto, caranya lihat gambar di bawah :


Fitur lain yang belum sempurna yang mungkin belum bisa terpakai karena masih dalam pengembangan yaitu disclaimer, yang mana jika di klik tidak menampilkan apapun.

Dan setelah saya mencoba menggunakan aplikasi ini secara menyeluruh beserta ubak ubek website perusahaanya, ini yang bisa saya simpulkan :

Kelebihan dari aplikasi :
[1] Yang paling saya suka dari aplikasi ini yaitu adanya fitur estimasi tarif penumpang, sehingga saya bisa menyiapkan uang sejumlah perkiraan harga yang tertera. Jadi dengan fitur ini saya tak perlu khawatir kekurangan uang untuk bayar pengemudi.

[2] Adanya fitur rating pengemudi. Dengan fitur ini saya bisa memilih pengemudi yang memiliki rating terbaik yang berarti bahwa pengemudi tersebut memiliki kinerja yang lebih baik dalam artian lebih sopan, lebih siap membantu, lebih ramah dan lebih baik kepada penumpang.

[3] Adanya fitur telfon dan telfon balik oleh pengemudi sehingga bisa kontak kontak saat kebingungan soal posisi penjemputan penumpang. Selain itu nomor hp penumpang pun tetap terprivasi karena tidak muncul di fleety pengemudi.

[4] Adanya fitur struk email selain struk langsung berupa kertas yang keluar dari argo, sehingga bisa sebagai bukti yang mungkin saja di perlukan bahwa kita telah melakukan perjalanan dengan taksi blue bird yang di pesan lewat aplikasinya

[5] Adanya fitur share location, yaitu saat kita on the way, kita bisa bagikan lokasi kita ke teman teman kita.

[6] Ukuran aplikasi hanya 16 MB, tidak memakan ruang memori smartphone

Kekurangan dari aplikasi :
[1] Fitur history belum bisa terhapus

[2] Tombol disclaimer belum berfungsi

[3] Sampai saat ini saya belum bisa mengedit profil untuk menambahkan nomor telfon, yang bisa di edit hanya menambahkan foto saja

[4] Belum mendukung bahasa Indonesia. Saat pertama membuka aplikasi ini saya sempet bingung karena menggunakan bahasa inggris. Alangkah baiknya jika aplikasi ini juga di kasih option pilihan bahasa Indonesia, sehingga cara menggunakanya pun lebih mudah di mengerti, terutama untuk orang orang yang tidak terlalu paham atau bahkan tidak mengerti bahasa inggris. Dengan adanya pilihan bahasa Indonesia, maka kemungkinan besar orang untuk melakukan pesanan taksi lewat aplikasi ini lebih besar. Selain itu juga sebagai indentitas bahwa taksi blue bird adalah taksi khas Indonesia

Kelebihan Blue Bird selain aplikasi :
[1] Blue bird merupakan jasa layanan taksi ternama yang proffesional dan sudah berpengalaman selama 44 tahun. Blue bird selalu mengutamakan kualitas dari segala aspek yang di dukung dengan tekhnologi tinggi demi kenyamanan konsumen.

[2] Blue bird begitu peduli dengan kesejahteraan pegawainya terutama dengan para pengemudinya, hal ini di buktikan dengan banyaknya anak anak dari pengemudi blue bird yang di berikan beasiswa perguruan tinggi agar masa depan keluarga pengemudi blue bird lebih terjamin. Selain itu blue bird juga sering kali memberikan umroh kepada para pengemudinya yang ingin pergi ke tanah suci untuk beribadah.

[3] Blue bird telah menerima banyak penghargaan sebagai jasa layanan transportasi terbaik dan berkualitas yang selalu mengutamakan kepuasan konsumen.


[4] Untuk kota kota tertentu seperti Jakarta, bukan hanya taksi reguler saja yang bisa di pesan, tapi ada Silver Bird, Charter Bus Big Bird,  Limousine & Car Rental, Excecuive Taxi dan Blue Bird Life Care.

[5] Memberikan banyak diskon, seperti perjalanan dari airport dan untuk area operasional di 9 kota.


[6] Blue bird  merupakan jasa layanan yang jujur dan terpecaya, misalkan Anda sebagai penumpang ketinggalan barang di taksi blue bird yang di naiki, maka pihak blue bird akan segera menghubungi Anda agar barang bisa di kembalikan atau menahanya di kantor blue bird sampai barang di ambil pemiliknya.

"Loh, bagaimana caranya ?"

Kan data kita tersimpan di aplikasi, seperti email dan nomor telfon. Kita juga bisa tau ID taksi yang kita tumpangi lewat aplikasi ini. Untuk taksiku ID nya FR 225, jadi misalkan ada barang yang ketinggalan, tinggal buka aplikasinya saja di menu history dan lacak taksinya.

Sedangkan jika kita saat pesan taksinya juga menelfon pengemudinya, kita juga tau nomor hp pengemudinya (asal jangan di hapus ya), sehingga bisa tanya langsung jika ada barang yang ketinggalan. Atau telfon customer servicenyanya langsung di  (021) 797 1245 juga bisa, dan ini dia gambarnya


"O iya ya, lupa...hehehehe.."

Intinya blue bird bukan hanya setia dengan pelayanan yang berkualitas, namun juga jujur dalam dalam menjalankan bisnisnya.

Dan saya pun ada sedikit masukan yang barangkali berguna : 
[1] Andaikan pihak blue bird bisa memberikan fitur kepada para pengemudinya mengenai kondisi jalan, apakah ramai, longgar, atau macet, mungkin saya atau calon penumpang bisa lebih cepat sampai ke tempat tujuan, selain itu juga untuk meminimalisir tarif yang harus di bayarkan penumpang. Sehingga pastinya penumpang akan merasa sangat senang karena lebih hemat waktu dan biaya.

Pengaplikasianya bisa melalui kamera CCTV yang terpasang di titik titik tertentu yang rawan kemacetan untuk memantau kondisi jalan. Sedangkan pengemudi di bekali alat komunikasi sedemikian rupa yang terhubung dengan pusat blue bird untuk menentukan jalan mana yang baiknya di lewati.

Atau mungkin pengemudi bisa langsung di bekali alat yang mungkin bisa serupa layar monitor yang mendukung tekhnologi GPS untuk melihat kondisi jalan yang baiknya di lewati. Intinya dengan penambahan fitur pemantau jalan, calon penumpang dan pihak blue bird akan sama sama di untungkan.

Bagi saya pribadi, hal ini penting mengingat kemacetan yang terus terjadi di kota kota besar. Bahkan di kota Semarang kemarin, saya lihat ada ruko yang sudah jadi namun terpaksa di bongkar karena adanya pelebaran jalan oleh pemerintah setempat, hal ini di lakukan karena kemacetan di Semarang itu sendiri yang semakin kesini semakin bertambah.

Kesimpulan dan penutup
Dengan aplikasi blue bird, kita sangat di mudahkan dalam melakukan pesanan taksi. Hanya bermodalkan smartphone dan tinggal pencet pencet tombol maka dengan segera, taksi akan menjemput Anda. Selain itu dengan penambahan fitur fitur terbarunya seperti estimasi harga, kita akan merasa nyaman karena tak akan pernah khawatir kekurangan uang untuk membayar.

Disamping itu, blue bird juga merupakan jasa layanan transportasi ternama dan terpercaya yang sudah berpengalaman selama 44 tahun. Bahkan penghargaan pun sudah banyak di raih karena kualitas dan layanan yang begitu memuaskan di rasakan oleh masyarakat.

Akhir kata, semoga review cerita aplikasi blue bird ini berguna bagi kita terutama yang sering bepergian menggunakan taksi blue bird. Jangan lupa follow twitter @bluebirdgroup dan fanspage facebook blue bird dan websitenya di www.bluebirdgroup.com, sampai jumpa.....

Artikel ini di ikut sertakan dalam kompetisi menulis story telling blue bird, untuk ikutan silahkan klik banner di bawah


Subscribe to receive free email updates:

38 Responses to "Pesan Taksi Jadi Lebih Mudah dan Tenang dengan Aplikasi My Blue Bird"

  1. Wow lengkap dan komplit banget ulasannya. Good luck ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses juga buat Mbaknya, kalau menang mau pesen bluebird lagi nih penginya :-)

      Hapus
  2. jadi pengen nyobain naek bluebird nih.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa kalau ke kota kota yang sudah beroperasi taksi blue bird ini, kayak Jabodetabek, Semarang, Suarabaya, Bali, Medan, Bandung dan yang lainya, cobain juga aplikasinya ya ?

      Hapus
  3. nah, sopir bluebird itu gak bawa smartphone.. terus kalau kita gak tahu tempat, bagaimana kita ngubungin dia mas..
    aku belum pernah naek sih... hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan aplikasi blue bird ini ada fitur telfonya, jadi misalkan kita kebingungan di suatu tempat, tinggal telfon aja tuh Pak Sopirnya, tar kan di arahin, gampang kok. Pokonya blue bird selalu memberikan yang terbaik untuk pelangganya. Btw terimakasih banget dah berkunjung

      Hapus
  4. Alhamdulillah, aplikasinya bermanfaat ya. Semoga kelak bisa diaplikasikan juga di daerah lainnya di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja Mbak, saya penginya sih juga ada di Jogja sama Purwokerto

      Hapus
  5. Enaknya ada Blue Bird di sana, sayangnya sini nggak ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Kebumen juga nggak ada Mas, paling dkt dr tmpatku ya di Semarang. Dan naik bluebird itu adem, ada AC nya, xixxi...

      Hapus
  6. Wah keren mas, tadi awalnya saya kira dari kebumen-semarang naik taksi eh ternyata dari banyumanik.. :D
    sekarang masih di semarang kah mas? :)
    O iya semoga menang kompetisi ini mas ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang dah pulang k Kebumen Mas. Dan trimakasih dah brkunjung, amin amin moga menang :-)

      Hapus
  7. muantep mas berapa kata itu niat sekali.. sukses ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, harus niat dan niat banget dobg Mas, demi tercapainya sebuah cita2

      Hapus
  8. Lengkap & Kreatif Banget Mas (y)
    Inimah Udah Pasti Calon Pemenang 3 Besar Lagi :v :v
    Sukses Selalu Dan Tetap Berjuang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus tetep semangat Mas, demi masa depan yg lebih baik. Seperti dedikasi bluebird kepada masyarakat

      Hapus
  9. Kita tunggu my blue bird app ini din purdjo dan kebumen ya mas Amir..
    Sukses selalu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, itu berarti Kebumen dan Purworejo sudah maju banget, amin

      Hapus
  10. wuidihhh lengkapnya, sukses ya amir, niat banget mereviewnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku niat banget Mbak, niatnya pakai banget pokonya. Dan sukses juga buat Mbaknya

      Hapus
  11. Udah tahunan nggak pernah naik taksi lagi. Jadi kangen naik taksi. Sekarang mah semua serba online gitu ya... Jadi pengen nyobain dah.

    Keren liputannya. Kapan deadline nya ya lombanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru sekali, fan gampang banget sekarang peaan taksinya, soalnya pakai aplikasi

      Hapus
  12. Wah semakin canggih saja teknologi sekarang ini, pesan taxi jadi lebih mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, my blue bird apps emang memudahkan penggunanya dl mmesan taksi

      Hapus
  13. Jadi mudah dan gampang ya mas. Untung ada aplikasi ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, jadi tenang juga, soalnya ada fitur estimasi bayarnya, keren pokonya blue bird aplikasi ini

      Hapus
  14. Wah keren kak reviewnya!
    Sukses^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbak Febby Aurora :-)

      Hapus
  15. Wah reviewnya puanjang kali lebar bgt. Lengkap euy.
    Oya ngomong2 saya kok gak dapat struk lgsg dari pak sopirnya ya. Hihihi. Kapan-kapan kalau naik mau minta ah biar bisa jafi kenang-kenangan. Ini lho saya naik blue bird. Hihi.
    Sukses utk lombanya, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan saya dapt struknya Mbak, mungkin berbeda beda

      Hapus
    2. Kebetulan saya dapt struknya Mbak, mungkin berbeda beda

      Hapus
  16. cieeeeeeeeeeee selamat ya mas, menang ^^
    congratssss. lengkaaapeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbak, alhamdulillah banget nih aku bisa menang.

      Hapus
  17. selamat ya, btw baca ini serasa naek bluebird, eia makasi artikelnya bermanfaat pke banged. suatu waktu sy ke semarang kudu baca ini mpe pol.sy dengar bluebird jg berangkatin haji karyawan2nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, jadi bluebird itu peduli banget dengan kesejahteraan keluarga pegawainya, untuk hal seperti dalam hal spiritual atau pendidikan

      Hapus
  18. wuihhh..selamat yaa Amir.. asik asik 8jeti nih ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he he ^_^ iya nih Mbak, baru pertama X, Tuhan sedang memberi rizki kepadaku ^_^

      Hapus
  19. Mantap pak. Emang detail banget artikelnya jos pak.
    Mampir kalau sempet ya pak ke blog kcil ane https://goo.gl/ygIHo5

    BalasHapus