Ternyata Hobi Layangan di Campur Ngeblog Bisa Bikin Kaya Loh

Gambar uang di pinjam dari sini
Semenjak kecil, saya itu sangat sukaaaa sekali dengan layangan. Bahkan saat di sekolah pun waktu masih SD, yang ada di pikiran saya itu cuma layangan dan layangan. Saya rela berpanas panasan sampai lupa makan gara gara kegandrungan sama mainan yang satu ini. Emang kalau sudah suka sama sesuatu ya beginilah jadinya. 

Hobi saya ini sangat tidak wajar. Loh, ko tidak wajar ? Iya, soalnya jika biasanya hobi ini tidak lagi di tekuni setelah dewasa, oleh saya malah terus berlanjut sampai sekarang. Walaupun sudah bukan anak anak lagi, saya masih sangat sukaaaa sekali bermain layangan. Dan saya sama sekali tidak malu di katain orang “ah, sudah besar masih main layangan, mirip anak kecil saja”. Nggak! saya malah semakin senang bermain layangan sampai kapanpun.

Jaman semakin modern, selain hobi layangan, saya juga sukaaa sekali membaca, karena membaca saya jadi suka menulis. Media menulis saya adalah blog. Dengan blog, saya jadi bisa membagikan pengalaman saya tentang banyak hal, termasuk hobiku bermain layangan. 

Dari kedua hobi ini, saya bisa meraup pundi pundi rupiah. Tulisan saya di blog semakin lama semakin di apresiasi karena sering memenangkan lomba blog yang hadiahnya tidak kalah dengan pekerja pada umumnya. Layangan saya pun semakin banyak beli, baik yang online ataupun offline (offline saat musim layangan)

Saya ini belum kaya, sebenernya kepengin banget sih. Tapi kalaupun saya kaya, saya tidak mau koar koar. Secara, pamer itu kan tidak baik, dosa, iya nggak ? 

Dan ini cara saya memanfaatkan hobi layangan dan menulis saya, yang semoga saja kedepanya bisa menjadi bisnis yang berkembang pesat, amin.

Jadi… saya membuat artikel dengan memanfaatkan blog dan kemampuan menulisku untuk berbagi ilmu tentang hobi layanganku. Saya tidak hanya membuat satu artikel, tapi sebanyak yang saya bisa. Untuk saat ini artikel tentang layangan ini masih tercampur di blog ini, namun kedepan saya berencana membuat blog yang khusus membahas tentang hobi layangan.

Untuk mempermanis artikel, saya pun belajar edit gambar. Software edit gambar yang saya pelajari yaitu photoshop, otodidak pastinya. Dengan saya bisa bermain edit gambar, maka saya bisa membuat ilustrasi tentang layangan dan gambar gambar lainnya. Seperti bagaimana membuat tali gadag (tali timba), tips agar layangan tidak muter atau miring miring dan lain sebagainya.
Ilustrasi gambar yang saya buat otodidak dengan photoshop
Dengan sebuah blog khusus tentang layangan, maka orang akan dengan senang hati bolak balik ke blog saya untuk belajar tentang layangan. Karena pastinya kita dan semua orang lebih suka dengan spesialis, dan disini saya sebagai spesialis layangan, iya nggak ? Dengan blog khusus tersebut, saya bisa menjaring pengunjung potensial lewat socmed yang akan saya jelaskan di bawah.

Selain edit gambar, saya juga belajar edit video. Tujuanya tidak lain yaitu sebagai pembelajaran tentang cara membuat layangan dalam bentuk video, karena belajar lewat video pastinya lebih mudah di mengerti dari pada lewat tulisan. Setelah jadi, video pun saya upload di youtube atau sebagai pelengkap artikel.

Tidak ketinggalan, saya juga memanfaatkan social media seperti facebook dan twitter. Di facebook, saya membuat fanspage atau halaman like nya, sehingga jika ada orang yang suka dengan layangan saya, mereka bisa like untuk mendapatkan kabar terbaru seputar layangan dari saya. Fanspage ini pun saya pasang di blog khusus layangan saya nanti. Sehingga selain mereka bisa belajar membuat layangan, mereka bisa bergabung dengan teman teman lain sesama pehobi layangan di fanspage tersebut. 

Bukan hanya fanspage, facebook personal pun saya jadikan ladang jualan. Agar produk cepat laku, maka saya pasang timeline (background facebook) baik di fanspage ataupun facebook personal, sehingga begitu orang melihatnya, mereka langsung membaca iklan saya yang super besar.

Sedangkan untuk twitter saya pun membuat akun twitter khusus layangan, yang juga akan saya pasang di blog khusus layangan saya nanti. Dengan begitu pengunjung potensial bisa saya dapatkan tidak hanya dari facebook saja, tapi twitter juga.

Karena saya juga pernah belajar ilmu internet marketing, sayapun akhirnya membuat ebook atau buku digital tentang cara membuat bermacam macam model layangan. Ebook ini saya kemas dalam sebuah website otomatis yang bisa menjual dengan sendirinya. 

Jadi tugas saya hanyalah memantau, apakah terjadi penjualan di setiap harinya atau tidak. Dan lagi lagi, saya belajar bikin webnya otodidak. Sulit gak Mas ? Nggaak dong, ini cuma intall script saja yang saya beli sama orang, tapi tetep ada pembelajaran khusus untuk melakukanya, tidak semudah membalik telapak tangan, dan selagi mau belajar pasti bisa. 

Buku internet marketing yang memberikanku banyak ilmu
Selain ebook, saya juga berencana menerbitkan buku cetaknya. Karena hingga saat ini banyak juga yang menanyakan tentang buku cetaknya di jual dimana.

Dari hobi ini saya jadi punya banyak pekerjaan disamping sulitnya mencari pekerjaan, soalnya kemarin saya pernah galau yang teramat sangat karena tak kunjung dapat kerjaan di umur saya yang hampir 30 th. 

Selain itu, saya juga menjual rangka layangan siap rakitnya dan alat serut layangan buatan saya sendiri. Jadi alat ini adalah alat untuk membuat layangan hasil pemikiran saya sendiri, fungsinya untuk membuat rangka layangan menjadi lebih cepat dan lebih bagus. Saya sampai pusiiiiing banget mikirin bagaimana caranya bikin alat ini, tapi untunglah karena akhirnya ketemu titik terangnya, dan jadilah alat serut layangan ini.

Alat serut layangan dan rangka siap rakit
Jadi nantinya, karena semakin hari semakin banyak follower layangan saya, maka pembeli tertarget nya pun semakin banyak. Dan dengan follower tertarget ini, saya bisa dengan mudah berjualan layangan. Pun semakin lama kemampuan menulis saya semakin lancar, hingga pastinya tulisan tulisan saya lebih banyak yang di apresiasi karena saya terus belajar. 

Bukan hanya itu saja, saya juga berencana ingin membuat aplikasi android tentang layangan ini, isinya berisi video cara cara membuat berbagai model layangan. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang tau akan layangan saya. Dan itu berarti pemasaran produk layangan saya akan semakin luas.

Jangan salah ya, walaupun ini hanya mainan tradisional, namun ada seni-nya. Harganya juga nggak semurah yang umumnya orang kira. Tergantung modelnya. Kalau untuk layangan  biasa (kotak) umumnya harganya Rp 1.000,- atau Rp 2.000,-, tapi untuk model lainya yang lebih rumit seperti layangan ular naga contohnya, untuk yang kecil saja harganya Rp 2.000.000,- dan yang besar Rp 4.000.000,-. Penjualanya pun bukan hanya ke Indonesia saja, tapi sampai Malaysia, Brunei, Singapore, Laos dll.

Layangan naga milik teman fb saya, harga termurahnya 2 juta
Dan jika di rangkumkan, potensi penghasilan dari jualan layangan dan ngeblog yaitu seperti ini :

[1] Anggaplah total follower socmed layangan saya adalah 10.000 dan semakin hari semakin banyak. Dalam seharinya saya bisa mengirim 2 paket. 

1 Paketnya isinya 3, kenapa 3 ? Karena untuk menutup biaya paking yang agak mahal, jadi minimal order minimla 3 pcs, itu pun belum termasuk ongkir.

Satu paket tersebut harganya Rp 90.000,- (@Rp 30.000,-). Dua paket jadinya Rp 180.000,-, jadi sehari penghasilan saya bersih Rp 150.000,- (Rp 30.000 untuk modal). Dan total penjualan layangan saya sebulan 30 hari adala Rp 4.500.000,-

[2] Anggaplah dari jualan alat sertunya saya bisa dapat Rp 1.000.000,- dalam sebulan (@Rp 80.000,- belum ongkir)

[3] Dari website jualan ebooknya saya bisa dapat Rp 1.000.000 dalam sebulan (@Rp 50.000,-)

[4] Dari buku cetaknya asumsikan saya bisa dapat Rp 1.000.000,- dalam sebulan (@Rp 40.000,-)

[5] Untuk hasil ngeblognya dalam 1 bulan bisa dapat rata rata Rp 2.000.000,-  dalam sebulan.
Jadi total penghasilan saya yaitu Rp 9.500.000,- gede nggak ? ya gede dong di banding dengan pekerja pada umumnya. Itulah hobi, jika di tekuni, hasilnya bisa melebihi gaji orang kerja pada umumnya, atau dengan kata lain bisa jadi pengusaha.

Anu itu Mas, mau tanya, Mas ini lulusan Universitas mana, kok bisa kayak gitu ?

Hadeuuhh…saya cuma lulus STM ko, gak ada duit buat kuliah. Cuma ya arena pikir saya jika ada kemauan pasti ada jalan, maka saya tekuni. Tapi rencana pengin kuliah kalau ada rejeki nantinya.

Dan bicara soal pengusaha atau buka usaha, pastinya bicara modal atau keuangan. Bersama dengan ini, saya mempunyai rekomendasi produk financial bagi Anda yang mungkin memiliki hobi atau akan membuka usaha, agar hobi atau usaha Anda tersebut berjalan lancar.

Cekaja.com adalah website pembanding bagi Anda yang ingin memilih produk financial seperti pinjaman uang untuk modal usaha ataupun asuransi untuk kelancaran usaha Anda.

Di cekaja.com, Anda bisa memilih produk financial yang beraneka ragam, seperti kartu kredit, kredit rumah, asuransi umum atau asuransi kesehatan, investasi, UKM ataupun TV dan internet

Produk produk financial cekaja.com
Disini Anda akan mendapatkan harga terbaik untuk produk financial pilihan Anda. Setelah data data yang di perlukan di input, hasil dari produk financial yang muncul bisa Anda bandingkan dan bisa Anda pilih. Sebagai contoh, saya akan membandingkan produk deposito berjangka dengan harga terbaik, caranya lihat gambar di bawah :

Hasil perbandingan harga produk depositeo di cekaja.com
Silahkan anda bandingkan sesuai produk yang akan Anda pilih. Di cekaja.com, Anda tidak perlu membuang buang waktu untuk mencari produk financial secara manual, karena bisa di lakukan kapanpun dimanapun lewat website tersebut.

Mengapa harus cekaja.com ?

[1] Karena cekaja.com memiliki tekhnologi perbandingan dan aplikasi mutakhir kelas dunia 

[2] Cekaja.com di dukung oleh tenaga professional yang ahli dalam bidang tekhnologi, financial dan asuransi. Selain itu cekaja.com juga di menggandeng mitra bank dan agen asuransi terbaik di Indonesia, sehingga layanan dan produk cekaja.com selalu diperbaharui dan diperluas untuk mencakup segala jenis kredit, asuransi, tabungan, investasi, dan produk konsumen lainnya.

[3] Cekaja.com selalu menjaga kemanan dan kerahasiaan data pelangan dengan baik.

Selain itu, cekaja.com juga banyak memberikan kita pelajaran lewat artikel artikel yang di update secara berkala, agar kita bisa belajar lebih dalam mengenai produk financial dari sumber yang terpercaya.

Produk bank dan asuransi apa saja yang bekerjasama dengan cekaja.com ?

Mitra terbaik cekaja.com
Bukan hanya itu saja, masih banyak lagi mita terbaik cekaja.com, klik disini untuk mitra produk Bank, dan klik disini untuk mitra produk asuransi.

Sekarang percaya kan jika cekaja.com mampu memberikan Anda pilihan produk financial berkualitas dengan harga terbaik ? Namun jika masih kurang paham apa itu cekaja.com, lihat video dibawah :


Kesimpulan 
Untuk menjadi sukses tidak harus sekolah tinggi tinggi, dengan memanfaatkan dan memaksimalkan hobi, kitapun bisa berkesempatan untuk sukses, walau itu hobi yang paling sederhana sekalipun seperti hobi layangan saya. Asalkan tekun menjalaninya pasti akan tercapai. Dan untuk mendukung suatu hobi yang berpeluang menjadi sebuah usaha yang nantinya akan membutuhkan modal, serahkan semuanya pada cekaja.com, karena cekaja.com pilihan tepat untuk mendukung usaha Anda.

Terakhir, mengapa saya menulis artikel ini ? karena ini adalah kontes menulis cekaja. Jika mau ikutan, klik banner di bawah

Subscribe to receive free email updates:

52 Responses to "Ternyata Hobi Layangan di Campur Ngeblog Bisa Bikin Kaya Loh"

  1. Hobiku makan ... Trus aku tambah melarrrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah enak tuh, apalagi kalau makanannya yang enak enak, dan kalau lagi kehabisan dana buat nurutin hobinya, cekaja di cekaja.com

      Hapus
    2. Mantap mas artikelnya...saya juga hobby banget sama layang-layang. Tapi sekarang masih musim hujan...jadi belum buat layangan baru.

      Hapus
    3. Walau musim hujan, tapi karena ini layangan online ya jadinya masih ada juga yang pesen. Dan jangan lupa, cekaja.com untuk solusi finansial Anda, oke ?

      Hapus
  2. assalamu'alaikum, subhanallah spesialis banget tentang layang2, trus enaknya masih bisa nyelipin tentang CekAja, good job jadi nambah lengkapnya (y)
    lah sy, cerita suksesnya kepanjangan hihihi..
    semoga kita berhasil, aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya spesialis layangan, karena saya suka banget sama layangan. Btw sukses juga buat Mbaknya. Jangan lupa cekaja.com untuk solusi finansial kita semua ya ?

      Hapus
    2. Wa'alaikum salam sebelumnya, terimakasih sudah berkunjung :-)

      Hapus
  3. Ealah lomba blog toh, ta kira apa, hehehe... Tapi emang bener mas, hobi kalo ditekunin banget banget bisa jadi duit. Yang namanya kerjaan dijadiin hobi, beuuuh, akan terasa ringan dan semangat deh.

    Saya juga suka layangan. Sukses terus buat bisnisnya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pekerjaan karena hobi itu emang asik banget di jalanin, enteng dan semangat banget, saya juga semangat banget. Pola kerja keras dan kerja cerdas selalu saya tanamkan, disiplin pula, terutama dalam mengatur waktu. Btw sukses juga buat Masnya, jangan lupa ya, cekaja.com untuk solusi finansial Masnya :-)

      Hapus
  4. wah memang bisa saja ya model bisnis saat ini..hehe
    tapi siip namanya peluang tercipta dari apa saja..semangat bikin layangan dan ngeblognya mas :D
    salam kenal mas :)
    dan semoga menang lombanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semanat terus Mas, dan terus semangat, demi masa depan yang lebih baik. Btw jangan lupa, cekaja.com untuk kebutuhan produk financial ya ?

      Hapus
  5. Wah ini tulisannya inspiratif, menghasilkan uang dari hobi, memanfaatkan hobi sebagai peluang dan sumber penghasilan. Keren (y)

    Good luck untuk kontes blognya, semoga menang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus kreatif dong, agar masa depan lebih terjamin. Dan jangan lupa, cekaja.com untuk produk financial kita, oke...

      Hapus
  6. Luar biasa tulisannya. Bermanfaat sekali
    Sukses ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, jangan lupa ya, cekaja.com untuk produk financial kamu

      Hapus
  7. Luar biasa tulisannya. Bermanfaat sekali
    Sukses ya.

    BalasHapus
  8. Inilah cara menyalurkan hobby yang baik dapat membuahkan hasil positif serta uang yang berlimpah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kita harus kreatif dong, agar masa depan semakin terjamin. Btw jangan lupa ya, cekaja.com untuk produk financial kamu

      Hapus
  9. Sangat Kreatif gan, bener sih gan kalo hobi kita ngehasilin duit mah bener2 mudah jalaninnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dong, agar Indonesia semakin maju. Agar indonesia semakin kaya. Nanti kalau sudah kaya uangnya di sedekahkan agar orang yang membutuhkan bisa terbantu. Sebagian lagi buat di investasikan atau di depositokan, cara milih produk depositenya di cekaja.com, kunjungi sekarang ya, di cekaja.com

      Hapus
  10. Memperoleh penghasilan dari hobby sangat menyenangkan ya. Karena kita memperoleh uang dari apa yg kita suka. Jadi saat bekerja, kita tidak terpaksa.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sangat menyenangkan, kere itulah hobi, jika di tekuni dan dimanfaatkan dengan baik akan berbuah manis. Dan jangan lupa, cekaja.com untuk solusi finansial kita

      Hapus
  11. Wah kreatif nih masnya... punya semangat tinggi. keren keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus Bang, agar kehidupan menjadi lebih baik, dan jangan lupa, cekaja.com untuk olusi finansial kita ya

      Hapus
  12. sangat inspiratif mas amir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus Bang, agar kehidupan menjadi lebih baik, dan jangan lupa, cekaja.com untuk olusi finansial kita

      Hapus
  13. Wow, luar biasa mas. Top banget! Kreatifitas memang mahal ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahal banget, kretifitas itu mahal banget, gak semua oang mau. Tapi semua orang bisa, asalkan ada kemauan pasti ada jalan. Dan jangan lupa, cekaja.com untuk solusi finansial Masnya

      Hapus
  14. mantap mas hobi buat layangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyam termakasih. Anda juga harus kreatif ya. Jangan lupa, cekaja.com untuk produk finansial Anda

      Hapus
  15. kalo yang begini ini sudah master lah, semoga menang pak, artikel nya menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak kok, saya masih banyak belajar, terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa, cekaja.com untuk produk finacial kita

      Hapus
  16. assalamu'alaikum, tuh kan bener, kalo isi blog ini sangat menarik sekali (y)
    selamat ya atas juara 3 nya, sukses selalu, dan semoga tetap terjalin silaturahim ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa alaikum salam, terimakasih Mbak. Tetap semangat dan salam blogger ^_^

      Hapus
    2. sami-sami mas, iya terus semangat, salam blogger juga ^_^

      Hapus
  17. mantap, selamat bro uda menang blognya :)

    BalasHapus
  18. wah ini yang artikel menang itu kan, tadi aku udah lihat di FB, selamat ya ahmad aka amir, kereeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbak, iya nih, rejeki anak sholeh

      Hapus
  19. Jieee, menang nih juara 3. Alhamdulillah kita menang mas. Selamat ya... Sukses terus buat bisnisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2, selamat juga buat Masnya

      Hapus
  20. Mantab gan, memang kalau kita bisa menjadikan hobi sebagai mata pencaharian kita tu bakalan enak dan ngerjainnya juga santai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, betul banget, terimakasih dah berkunjung :-)

      Hapus
  21. tulisannya sangat mengedukasi, salut deh buat mas. gak heran deh kalau jadi juara, hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, semoga bermanfaat :-)

      Hapus
  22. uwaaa.. ini mah udah masternya,kerenn..
    selamat untuk juaranya,hehehe

    BalasHapus