Yakin Masih Mau Melakukan Perbuatan Haram dengan Mendownload Lagu Secara Ilegal ? Mending Install Aplikasi Musik Melon Saja, Halal !

Ada orang bilang, hidup tanpa cinta bagaikan sayur tanpa garam, rasanya hambar dan nggak enak di makan. Nah kalau saya bilang, hidup tanpa musik bagaikan sayur tanpa garam juga, masuk akal nggak ?

"Pernyataan yang aneh deh, tapi nyata, dan masuk akal juga sih, soalnya tanpa musik pasti bikin bunek, karena musik itu sendiri bikin kita hepi enjoy gitu, iya nggak ?"

Betullll banget, saya pribadi sangat mencintai musik, karena bikin saya jadi senang, bisa menghibur hati saat sedang gundah gulana. Dengan musik, pikiran menjadi fresh kembali, perasaan juga semakin terhibur. Bahkan dulu sewaktu sekolah, saya rela mengumpul ngumpulkan uang demi bisa rental musik bersama teman teman, waktu itu 1 jamnya 10 ribu, sekarang sudah sampai 30 ribu. Pokonya ada kepuasan tersendiri dengan musik, apalagi jika sudah memegang gitar listrik sama dram, puas abis.

Dalam keseharian saya, kemana mana di temani musik, membaca buku, main komputer, mancing, jalan jalan, kumpu kumpul sama teman, selalu membawa hp untuk mendengarkan musik, soalnya emang suka banget sama musik. Sambil nungguin padi yang di jemur karena habis panen pun dengerin musik, biar gak bosen.


Kecintaan saya dengan musik semakin menjadi jadi saat kelas 2 SMA (tepatnya sih SMK). Jadi pas waktu itu, agar hobi saya semakin asik dengan musik, saya mempelajari cara bermain gitar. Dengan saya bermain gitar, menyanyikan sebuah lagu menjadi menjadi semakin menyenangkan, terlebih jika di iringi alat  musik lain seperti dram atau gendang dangdut. Karena gitar yang saya pakai adalah hasil pinjaman, membuat saya semakin bersemangat untuk terus belajar sebelum gitar tersebut di pinta sama yang punya. Buku buku lagu yang berisi lirik lagu dan kunci kunci gitarpun banyak saya beli, kalau nggak salah jumlahnnya lebih dari 10 buah, bahkan lebih.


Waktu itu di tempat saya masih jarang yang bisa bermain gitar, gitarnya pun cuma ada satu, dan saya kepingin sekali bisa memainkanya. Beruntunglah karena akhirnya saya punya gitar sendiri, jadi bebas bermain musik. Grup Band favorit saya waktu ada banyak, seperti Peterpan dengan lagu andalanya “Mimpi Yang Sempurna”, “Topeng”, “Taman Langit” dll. Ada juga Boomerang dengan lagunya “Pelangi”. Selain itu ada Padi dengan lagunya yang berjudul “Sobat”. Saya juga suka sekali dengan lagu lagu nya Sheila on 7, seperti “Sephia”, “Pejantan Tangguh”, “Bunga di Tepi Jalan” dll. Pokonya banyak banget deh. 

Tak ketingalan pula, kaset CD atau DVD grup band favorit banyak saya beli di pasar, waktu itu harganya masih Rp. 5.000,- an. Sebenarnya saya tau sih jika membeli kaset yang banyak di jual di pasar itu di larang, karena memang si penjual kaset tersebut bukan pemilik dari lagu yang di jualnya, alias membajak. Tapi kalau saya harus beli yang asli, harganya mahal, hehehe. Buat kalian, beli yang asli ya.

Tapi itu dulu, sekarang untuk mendapatkan sebuah lagu favorit, nggak usah beli kaset segala, kan ada internet, pakai hp atau smartphone, PC, juga bisa. Tinggal koneksikan internet, download, selesai deh.

Eh, tapi jangan asal download lho, soalnya itu lagu ada yang punya. Jika kita asal download, nanti bisa bisa kita di tuduh mengambil karya orang lain tanpa ijin, dan itu bisa menghambat kreatifias para musisi dan juga negara, karena tak bayar pajak, iya nggak ?

Tahukah kalian jika kesuksesan Charlie ST 12 bisa ia dapatkan dengan perjuangan yang luar biasa. Dulu ia hanya seorang pengamen jalanan di kota Bandung bersama teman temanya. Dari hasil ngamen yang tak menentu jumlahnya, Ia sering kelaparan tidur di emper toko, kasian kan ?

Mencoba memperbaiki nasibnya, ia pun mengirim ngirimkan lagu lagu  nya ke banyak dapur rekaman dan berbagai stasiun radio, namun yang ia dapatkan malah cibiran dan cemoohan karena lagunya di anggap kurang menarik. Tak patah semangat, ia pun terus berusaha mengirimkan karya karyanya tersebut sambil memperbaiki kesalahan kesalahan yang menjadi alasan penolakan dapur rekaman dan stasiun radio tersebut, hingga akhirnya pun ia bisa sukses seperti sekarang ini. Semua itu butuh perjuangan yang luar biasa banget loh.

Gambar di pinjam dari http://newzflazz.blogspot.co.id/
Dari musisi barat ada Justin Bieber, itu loh yang punya lagu bei bei bei ouw..gitu ! Hidupnya banyak menderita karena kemiskinan yang melanda. Semenjak kecil ia sering mengamen membantu Ibunya memenuhi kebutuhan sehari harinya. Namun karena kegigihan dan kerja kerasnya, ia bisa menikmati kesuksesanya sekarang.

Gambar di pinjam dari http://showbiz.liputan6.com
Contoh lainya yaitu Anggun C. Sasmita yang rela berpindah pindah Negara untuk mengejar karirnya. Ia pernah tinggal di Inggris, namun karena ternyata karirnya di sana tidak seperti yang ia impikan, ia menjual perusahaan rekamanya untuk biaya hidup bersama suaminya. Ia juga harus rela menyanyi dari café ke café karena kehabisan uang. 

Bayangkan coba, hidup di negri orang sampai kehabisan uang.

Tidak putus asa, ia pun pindah ke Perancis. Di Perancis itulah ia baru bisa mendapatkan karir yang cemerlang. Semua yang ia lakukan penuh dengan perjuangan, apalagi hidup di negri orang itu beda banget budayanya, dia harus cepat bisa beradaptasi dengan lingkunganya. Dan semua itu tak mudah baginya, namun ia bisa melakuknya dan sukses seperti sekarang ini.

Gambar di pinjam dari angguncsasmi.net
“Pertanyaanya, jika kalian dalam posisi mereka, maukah karya kalian di bajak orang lain, apalagi di jual murah, dan kalian tak dapat royalty apa apa, mau nggak ?”

Saya yakin pasti enggak, nggak bakalan kalian ijinin jika karya kalian di jual orang sembarangan tanpa ijin, terlebih di jual dengan harga murah, kesanya menghina banget. Sudah membajak, tanpa ijin, di jual murah pula, kebengetan itu namanya.

Nah, maka dari itu, sebagai warga Negara yang baik, harusnya kita bisa menghargai kerja keras para musisi dengan tidak mendownload lagu sembarangan atau menjiplak karya orang lain tanpa seijin pemiliknya, karena itu tindakan kriminal yang merugikan pembuatnya itu sendiri dan juga Negara, karena tidak membayar pajak seperti yang di atas saya katakan.

Salah satu cara bijaksana yang bisa kita lakukan untuk menyalurkan kesenangan kita dengan musik yaitu dengan menggunakan aplikasi musik berbasis android bernama Melon. Sambil makan buah melon, yuk kita download aplikasinya, klik di sini. Saya harap kalian bisa ya cara mendownloadnya..?

“Apaaaa? enggak bisaaaa……?”

Ga apa apa deh, Admin kan baik hati, tidak sombong dan suka menabung xixixxi..#becanda. Ini saya kasih gambar animasi cara mendownloadnya, ikuti langkah langkahnya ya ?



Dan sekarang saatnya kita bahas, seperti apa sih aplikasi melon ini, namun sebelumnya kita kenalan dulu yuk.

Aplikasi melon adalah aplikasi mobile yang berfungsi untuk mendownload lagu, streaming lagu, membeli lagu dengan jalan yang resmi dan legal tanpa pembajakan. Jadi jika Anda menggunakan aplikasi melon ini, berarti Anda telah mendukung musisi Indonesia untuk terus berkarya demi perkembangan industri, baik di Indonesia maupun mancanegara, karena di aplikasi ini banyak juga tersedia  luar negri. Aplikasi ini bisa di gunakan dari banyak sistem operasi, baik melalui PC www.melon.co.id ataupun smartphone seperti Android, Blackberry dan iPhone


Dan sekarang kita akan membahas fungsi kanal kanal dari aplikasi melon ini, berhubung saya menggunakan android, pembahasan ini saya khususkan bagi pengguna android yah, tapi bagi pengguna smartphone lain kalau mau sekedar baca ya boleh banget, oke !

Berikutnya adalah mendaftar menjadi anggotanya, lihat caranya pada gambar di bawah.


Selain dengan email, kalian juga bisa loh daftar dengan no hp, ataupun langsung log in dengan akun facebook, google plus atau indihome. Untuk pengguna indihome, kalian bisa berlangganan dengan cara pembayaran lebih mudah, yaitu di gabungkan dengan tagihan layanan indihome. Keuntungan jika menggunakan internet indihome pada aplikasi melon yaitu kalian tidak perlu login, karena melon sudah menyediakan fitur auto login khusus untuk pengguna indihome.

Dan sekarang kita coba kanal kanalnya yuk


1 Kanal Music
Di kanal ini kalian bisa bisa melihat ada 3 tiga tab, yaitu 
Fresh untuk lagu terbaru, 
Melon Pick untuk lagu pilhan Melon
Melon Chart atau tangga lagu dari Melon

Di kanal ini kalian juga bisa mencari lagu favorit dengan menggunakan fitur pencarian yang ada. Untuk fungsi selengkapnya, baca gambar di bawah 


2 Kanal Playlist
Sekarang kita menuju ke kanal playlist, fungsi fungsinya lihat gambar ya.


Lah terus, bagaimana cara membuat My Playlist atau Local Playlist ? Untuk membuat Local Playlist bisa di lakukan dari banyak kanal, seperti kanal Playlist ataupun Library. Caranya yaitu dengan memilih ikon 3 titik di pojok kanan atas lalu pilih Create Playlist, nanti akan muncul kotak dialog nama playlist, ketik nama, selanjutnya akan muncul lagu lagu yang pernah di putar, jadi sebelum membuat Local Playlist ini, Anda harus memutar lagu dulu yah. Selengkapnya lihat gambar di bawah 


Sedangkan untuk membuat My Playlist atau daftar putar favorit kita, caranya yaitu dengan cara mencari lagu terlebih dahulu, selengkapnya lihat gambar di bawah :


3 Library
Sekarang kita menuju kanal Library, dimana kanal ini menyimpan lagu lagu yang pernah di putar sebelumnya. Selengkapnya lihat gambar di bawah :


4 Purchase
Dengan fitur ini kita bisa streaming lagu secara bebas di aplikasi Melon. Biaya berlanggananya pun murah, mulai dari harian, mingguan dan bulanan. Harganya mulai dari Rp 3.000,- an, murah kan ? Cara pembayaranya menggunakan pulsa dari operator Telkomsel dan Indosat. Namun untuk versi PC, kalian bisa membayarnya juga dengan kartu kredit. Oke deh, cara berlanggananya ikuti langkah langkah pada gambar di bawah :


5 Buy Album
Sudah saatnya kita menghargai karya  anak bangsa dengan membeli album atau lagu satuanya (kita juga bisa loh beli 1 lagu saja) karena dengan begitu berarti kita telah menyelamatkan kreativitas para musisi di seluruh dunia khsususnya di Indonesia agar terus berkarya. Cara membeli lagunya pun mudah seperti kita berlangganan paket seperti pada gambar di atas.


Membeli satu lagu pun caranya sama ya dengan membeli paket. 1 lagu harganya Rp 5.000,- plus pajak 10% atau Rp 500,- jadinya Rp 5.500,-, pilih lagu favorit lalu pilih Buy MP3 !


O iya, jika lagu yang kalian download tak sengaja terhapus, kalian bisa masuk ke halaman My Page > My History dan bisa di download lagi loh.


6 Kanal Promo
Di kanal ini, kita bisa menemukan berbagai promo menarik, seperti paket murah dan berita berita terbaru dari Melon



7 My Page
My Page adalah halaman yang berisi layanan atau service dari Melon ke kita. Misal nih ya, karena saya menggunakan paket harian Rp 3.000,- maka saya bisa melihat status layanan melon ke saya di halaman My History di My Page. Selain itu juga ada download history yang sudah saya jelaskan di atas, dan download queue atau antrian download.


8 Coupon
Berikutnya adalah halaman coupon atau kupon. Halaman ini berfungsi jika kita mendapatkan kupon melon untuk di tukarkan dengan lagu lagu yang bisa kita download di aplikasi ini. 


9 Notification
Halaman ini berisi notifikasi notifikasi dari melon yang masuk ke smartphone kita. Kita bisa mengatur apakah kita bersedia menerima notifikasi atau berapa jumlah notifikasi di ijinkan masuk ke smartphone kita.


10 Log out
Tombol ini berfungsi untuk keuar akun, sip !

Haduh, pasti bosen yah baca artikel panjang panjang. Oke deh saya obatin, dengerin ya video saya lagi nyanyi sambil main gitar. Video ini khusus saya buat untuk kalian pembaca dan special juga untuk yang punya hajatan, yaitu Melon di websitenya www.melon.co.id


Bagaimana, agak jelek yah suaranya, tapi gak apa apa deh, semoga kalian terhibur. Video tersebut adalah bukti bahwa saya itu sukaaa sekali dengan musik. Saya bisa bermain gitar dari belajar otodidak loh, belajar sendiri.

Dan dari pengalaman saya menggunakan aplikasi  melon diatas, saya bisa ambil kesimpulan bahwa aplikasi ini benar benar membantu saya ngapalin lirik lirik lagu, terutama lagu lagu yang berbahasa inggris, sekalian melatih mekampuan berbahasa inggris saya yang belepotan. 


Dengan aplikasi ini, kita bisa mendownload lagu secara resmi dan tidak takut dosa karena ini cara halal. Dengan aplikasi ini pula, kita bisa  menyemangati para musisi di seluruh dunia supaya terus berkreativitas melahirkan karya karya musik terbaru. Negara pun ikut di untungkan dari pajak atas karya yang kita beli. Dan yang paling penting adalah kita bisa mengurangi pembajakan hak cipta, secara membuat lagu itu sulit banget dan butuh perjuangan luar biasa.

Saya juga ingin sedikit memberikan saran setelah pakai aplikasi ini, saya menggunakan smartphone android. Saran yang mungkin berguna yaitu, masih ada beberapa lagu yang tidak memiliki lirik lagu, contohnya seperti gambar di bawah.


Namun begitu yang saya suka dari aplikasi ini yaitu 
1 Tidak menampilkan iklan yang mengganggu, sehingga saya lebih nyaman streaming lagu
2 Kualitas suara yang bagus
3 No virus
4 Ada lirik lagunya
5 Untuk PC ada melon playernya loh yang bisa di mainkan secara offline, waow keren kan ? download disini


Akhir kata, itulah pengalaman pribadi saya menggunakan aplikasi android music dari melon, semoga bermanfaat yah.... Jangan lupa like twitter dan fb nya untuk update info terbaru dari Melon, dadaaahh.


Subscribe to receive free email updates:

18 Responses to "Yakin Masih Mau Melakukan Perbuatan Haram dengan Mendownload Lagu Secara Ilegal ? Mending Install Aplikasi Musik Melon Saja, Halal !"

  1. Cocok banget nih aplikasinya buat suamiku yang sukanya sing song :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Melon Apps emang akik banget buat streaming lagu

      Hapus
  2. Hmm keren mas ini mendukung banget nih buat saya yang sedang belajar gitar dengan adanya aplikasi ini semoga bisa mempermudah saya deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melon Apps cocok banget buat yg lagi belajar gitar

      Hapus
  3. denger musik legal bantu menyelamatkan karya cipta ya. Good luck ya lombanya

    BalasHapus
  4. Iya, Melon Apps memang sangat membantu para musisi untuk terus berkarya

    BalasHapus
  5. Asik nih buat dengerin musik berkah buat yang denger sama pemilik lagunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbak Evrina, sujses juga buat Njngan :-) ayo download Melon sekarang juga.

      Hapus
  6. mantep banget ulasannya, lengkap euy :)
    jadi penasaran pengen coba...

    *makasiiih informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ajah, ada lirik lagunya log, jadi bisa karaokean

      Hapus
  7. Kang gitarnya keren, di jual ngak tuh kang gitarnya :D
    Saya juga punya gitar di rumah rapi pengen beli lagi ... xixixi

    BalasHapus
  8. Selamat yaa, juara nih tulisannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbak, iya nih, Alhamdulillah :-D

      Hapus
  9. Waaah, jadi pengen download nih.Hehehe

    BalasHapus
  10. Wah...saya koq baru tahu ada apps ini. Trims sharingnya Mas Amir...

    BalasHapus