Menaklukan Segala Ketidakmungkinan dengan SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 EDGE

Sumber gambar : heruwahyudi
Padeeee jaman dahuluuuu….hehehehe mungkin banyak orang tidak percaya jika sebuah kotak besi bisa berbicara sendiri, yang sekarang wujudnya adalah televisi.

Dahulu mungkin orang juga tidak percaya jika sebuah benda kecil bisa di pakai untuk berbicara dengan orang lain dengan jarak yang berjauhan, yang sekarang wujudnya adalah handphone. Hal itu bisa di maklumi karena mereka hidup di jaman tekhnologi yang belum canggih seperti sekarang ini.

Namun berbeda dengan sekarang, yang menurut orang jaman dahulu di anggap tidak mungkin, kini menjadi mungkin.

Bicara soal hal ketidak mungkinan untuk diri kita yang hidup di jaman serba canggih, pasti akan percaya karena kita sudah merasakan dan membuktikan omongan orang di jaman dahulu.

Dan ketidak mungkinan di masa depan pun kini sudah bisa kita temui dalam sebuah benda yang berwujud ponsel pintar atau smartphone. Salah satu contoh dari benda tersebut adalah keluaran produk Samsung dengan lini produknya yaitu SAMSUNG GALAXY S7 and SAMSUNG GALAXY S7 EDGE.

Pada tanggal 22 Februari lalu di Kota yang terkenal dengan sepak bolanya - Barcelona - Spanyol, samsung meluncurkan produk terbaru nya yaitu SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 EDGE.

Produk asal Korea ini memiliki kemampuan yang bisa di bilang mampu “menembus segala ketidak mungkinan” karena segudang fiturnya yang canggih. Hal ini bisa di buktikan dari tes benchmark seperti pada gambar di bawah.

Sumber gambar tes benchmark dari droidlime
Pada kesempatan ini hadir pula Mark Zuckerberg sang pendiri facebook yang kedatanganya secara tiba tiba sehingga mengejutkan banyak orang.

Kehadiranya bermaksud mengadakan kerjasama antara software virtual reality oculus buatan facebook yang nantinya akan di intergrasikan dengan aksesoris smartphone ini yaitu kacamata Gear VR  dan Kamera gear 360 yang dapat berputar 360 derajat.

Uniknya, semua pengunjung saat menyaksikan acara peluncurannya menggunakan kacamata Gear VR agar sekaligus bisa merasakan sensasi berbeda penggunaan dalam menikmati foto dan video.

Sumber gambar dari forbes
Mark mengatakan bahwa Samsung adalah penyedia perangkat VR terbaik yang di dukung dengan software virtual reality terbaik dari facebook. Mau tau seperti apa kecanggihan samsung Galaxy ini, lihat video di bawah.


Sedangkan di Indonesia, peluncuran kedua smartphone ini di lakukan pada tanggal 1 Maret 2016 di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta. Dalam acaranya peluncuranya yang di hadiri ratusan pengunjung, para pejabat samsung banyak memperkenalkan fitur fitur unggulannya, seperti tahan air dan debu, kamera terbaiknya , fitur Always On nya dan lain sebagianya.

"Berangkat dari semangat inovasi, kami tidak pernah berhenti mendengarkan konsumen karena kami percaya akan dunia yang lebih cerah, lebih tajam, lebih nyaman, dan lebih menyenangkan. Oleh karenanya, kami menciptakan Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge dengan desain elegan tanpa mengesampingkan fungsionalitas yang akan memberikan pengalaman mobile tanpa hambatan,”  tutur Vebbyna Kaunang IT & Mobile  Marketing Director Samsung Electronics Indonesia di sela sela acara.
Perlu di ketahui bahwa smartphone ini sudah menggunakan system operasi android Marshmallow 6.1 yang merupakan upgrade dari android lollipop sebelumnya. Sistem operasi memiliki banyak keunggulan dan lebih fungsional, contohnya seperti system keamanan yang lebih baik, adanya system pembayaran dll.

Oke deh, sebelum membahas lebih detail fitur fiturnya, berikut adalah spesifikasi dari SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSU NG GALAXY S7 EDGE




Bagaimana, mantap kan spesifikasinya ? Dan sekarang kita akan bahas seperti apa sih kehebatan SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 EDGE ini, kok di bilang mampu menembus ketidak mungkinan ? 


Yang menarik dari SAMSUNG GALAXY S7 khusus untuk versi EDGE nya adalah bentuk bodi tepinya melengkung, yang menjadikan smartphone ini terlihat sangat beda dan mewah. Sedangakan pada seri SAMSUNG GALAXY S7 tidak demikian.



Dengan paduan kaca dan logam dalam pembuatanya, membuat smartphone ini benar benar kuat terhadap resiko kecelakaan seperti terjatuh.

Selain itu dengan tambahan tekhnologi layar Corning Gorilla Glass 5 baik di depan ataupun belakang, akan semakin menambah kekuatan dari bodi smartphone ini, bener bener kuat kan ?


SAMSUNG GALAXY S7 menggunakan layar 5.1 inch dan SAMSUNG GALAXY S7 EDGE menggunakan layar 5.5 inch. Keduanya ber-resolusi quad HD atau 1440 x 2560 piksel. Dengan resolusi ini setiap inchi mampu menampung 577 piksel sehingga layarnya menjadi sangat jernih.

Selain itu dengan tekhnologi layar super amoled menjadikan smartphone ini memiliki ketajaman kontras yang sangat tinggi. Yang hitam lebih hitam dan yang putih semakin putih.

Smartphone ini juga memiliki 2 layar sekaligus loh, yaitu layar utama dan layar tepinya (edge screen). Anda bisa sapukan dari tepi maka layar akan terbuka.


Layar ini berfungsi untuk memunculkan konten terpisah seperti kontak, pesan, dan lain sebagainya, sehingga jika ingin menelpon atau sms bisa di lakukan dengan lebih cepat.

Ada yang unik dari smartphone ini, yaitu jika kita meletaknya di saku atau di atas meja, dia akan nonaktif atau mati sendiri, jadi seperti menerima perintah dari manusia. Selain itu dalam keadaan nonaktifpun, dia bisa menampilkan tanggal atau waktu dan hanya memakan baterai 1% dalam sehari, hebat kan ?






SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 EDGE sudah di bekali dengan RAM 4 GB. Jika pada umumnya sebuah smartphone hanya memiliki 1 prosesor, maka pada smartphone ini memiliki 2 prosesor yaitu

1 OCTA CORE (2.3 GHz + 1.6 GHz Quad)
2 QUAD CORE (2.15 GHz  + 1.6 GHz Dual)  
dengan  dukungan tenaga 62 bit. Sedangkan untuk garfisnya (GPU) menggunakan Adreno 530/ Mali-T880 MP12.

Untuk versi yang di pasarkan di Indonesia menggunakan CPU Exynos 8890. CPU ini lebih bagus 30 % dari seri sebelumnya. Sedangkan GPU nya 64% juga lebih baik dari seri sebelumnya, sehingga untuk menjalankan aplikasi ataupun bermain game bisa di lakukan dengan mudah tanpa lag. Makanya tidak heran jika hasil benchmark yang di hasilkan paling tinggi di antara smartphone lain seperti pada gambar di atas

 

Walau resolusi kameranya di turunkan dari seri sebelumnya (S6) tekhnologi smartphone ini lebih canggih hingga menyamai kamera DSLR.

Kamera utama 12 Mp dan kamera depanya 5 Mp pada SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 EDGE di buat dengan perencanaan yang matang dan membutuhkan riset yang begitu panjang hingga menghasilkan tekhnologi Dual Pixel yang begitu canggih, dimana tekhnologi ini adalah pengembangan dari phase detection autofocus dan mampu menangkap fokus 4 kali lebih cepat dari phase detection autofocus  biasa. Sehinga walau objek yang di tangkap sedang bergerak pun bisa tertangkap dengan begitu cepat.
“Kami meninjau hampir semua teknologi terbaru terkait dengan smartphone dan kamera dan sampai pada kesimpulan bahwa cara untuk menunjukkan efek paling inovatif adalah membangun dalam sensor Dual Pixel, merupakan hardware yang sama sekali baru saat itu,” kata Hwayoung Kang Insinyur utama samsung.
Jika diibaratkan mata manusia, maka teknologi Dual Pixel ini adalah mata kanan dan kiri yang mampu menangkap dua objek berbeda dengan fokus yang sama. Ini berarti seperti kita manusia yang sedang melihat sebuah benda..


Juga dengan dukungan bukaan lensa f1.7, mampu menghasilkan kualitas gambar yang seperti aslinya karena mampu menangkap cahaya dalam kondisi apapun.

Fitur unggulan lainnya yaitu Motion Panorama. Fitur ini dapat menambahkan efek dinamis pada foto panorama tradisional serta memberikan pengguna pengalaman visual terbaik dalam menggunakan kamera SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 EDGE

Tak lupa fitur flash  untuk membuat objek foto menjadi lebih terang, dan fitur beauty shoot untuk membuat hasil foto lebih cantik juga di sematkan pada smartphone ini. Dan berikut adalah hasil kamera dari SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 Edge.



Bagaimana, jelas banget kan hasilnya ? ya iyalah namanya juga kamera proffesional




Dengan fitur ini kita bisa menonaktifkan notifikasi notifkiasi yang masuk ke smartphone seperti email, social media dll, sehingga kita bisa tetap fokus bermain game. Samsung juga telah membenamkan tekhnolog VULKAN API

"Apa itu VULKAN API, bisa ada apinya gitu, kebakaran dong ...?"

Ya bukan lah Brooo... VULKAN API adalah tekhnologi yang mampu menghadirkan kemampuan membuka aplikasi atau permainan dengan performa grafis dengan kualitas tinggi. Dengan fitur ini, pengguna tidak hanya di suguhkan dengan tampilan gambar grafis yang super tajam, namun juga mampu meredam resiko lag saat bermain game loh, wuih keren.



Kini Anda tak perlu di repotkan dengan ribetnya kabel kabel untuk mengecas, karena smartphone ini sudah menambahkan tekhnologi wireless charging atau pengecasan tanpa kabel, sehingga menjadikanya lebih praktis di bawa kemana mana.


Kita tinggal menaruh smartphone di atas charging pad, maka dengan sendirinya smartphone akan terisi baterainya. Untuk pengecasan hingga penuh 100 % membutuhkan waktu sekitar 120menit.

Walaupun agak lama, namun smartphone ini mampu bertahan hingga 2 hari dengan pemakaian normal. Juga mampu bertahan selama 17 jam dengan kondisi brightness atau kecerahan maksimal.

Untuk daya baterai SAMSUNG GALAXY S7 memiliki ukuran 3000 mAh, sedangankan untuk SAMSUNG GALAXY S7 EDGE memiliki daya lebih tinggi yaitu 3600 mAh.


Sudah pastinya, karena ini adalah smartphone kelas atas maka untuk konektivitas pun menggunakan konektivitas tingkat tinggi.

"Pasti 4G LTE ?"

Memang benar, namun bukan 4G LTE biasa loh, soalnya ada embel embel cat9 nya. Maksudnya yaitu teknhnologi yang mampu memberikan kecepatan internet sangat tinggi hingga 450 Mbps, waoww. Jika saya boleh tebak, pasti ini tekhnologi masa depan, mungkin tahun 2050, waduh, pasti aku sudah tua, dan aku sudah punya cucu. Semoga masih hidup biar bisa lihat canggihnya smartphone samsung.


Untuk Mas Brow atau Mbak Sist yang mungkin areanya belum mencakup jaringan tersebut, bisa menggunakan 3G HSPA nya di smartphone ini yang juga tak kalah cepat koneksinya hingga 50 Mbps. Sedangkan untuk kartunya sendiri menggunakan kartu Dual SIM, namun slot kedua bisa alih fungsikan menjadi slot micro SD.


Nah, ini yang tadi saya katakan. Sama dengan seri sebelumnya yaitu S6, SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 EDGE ini memiliki penyimpanan internal yang super luas, yaitu 32 GB dan 64 GB. Namun pada S7 ini di tambahkan fitur slot micro SD yang mampu menampung memori hingga 200GB, banyak banget kan ?


Kini transaksi non tunai pun bisa di lakukan melalui SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 EDGE. Karena smartphone ini membekali fitur Samsung pay yang berfungsi sebagai alat pembayaran. Tapi mungkin fasilitas ini baru hanya bisa di nikmati di Eropa atau Korea sana, di Indonesia belum.


Tahukah kalian, kalau smartphone ini bisa bertahan di dalam air dengan kedalaman 1.5 meter selama maksimal 30 menit ?

“Masa sih ?”

Iya Bro, itu karena tekhnologi sertifikasi IP68 yang di benamkanya. Jadi misal hp ini kecemplung air tidak apa apa, atau misal kena hujan juga tidak apa apa, asal jangan kelamaan sesuai batas waktunya.


Walaupun tahan air, hp ini tidak di buat untuk di cemplung cemplungin ke air ya, soalnya  ini hp, bukan gayung hehehe. Dengan smartphone ini, kalian bisa tetap menelpon atau memotret saat hujan hujanan, asal jangan kelaman ya.


Smartphone ini memiliki fitur pengamanan berupa sensor sidik jari loh, jadi kita bisa melindungi privasi kita di dalam smartphone dengan cara yang sangat aman, secara kan sidik jari setiap orang berbeda bebeda.


Di SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 Edge Ini kita bisa tetap memantau kesehatan kita juga. Fitur yang di benamkanya berupa sensor detak jantung yang cara penggunaanya hanya tinggal meletakan jari tangan kita pada sensornya yang ada di belakang bodi ponsel.


Dengan cara tersebut kita bisa mengetahui jumlah detak jantung kita. Dengan fitur tersebut kita juga bisa membatalkan panggilan hanya dengan meletakan jari kita kita, mantep kan ?


Inilah alasan saya kenapa ingin sekali memiliki smartphone merk samsung, karena ada fitur Samsung Galaxy Gift nya.


 “Samsung Galaxy Gift itu apa sih Brow ?”

Samsung Galaxy Gift adalah aplikasi khusus untuk smartphone Samsung dimana kita bisa berebut voucher gratis yang bener bener gratis tanpa biaya sepeserpun untuk belanja produk sesuai merchant yang bekerja sama dengan Samsung. Kita juga bisa mendapatkan potongan harga di toko online yang juga bekerjasama denganya.


Ada banyak sekali voucher gratis atau voucher potongan harga yang bisa kita dapatkan . Jadi, pantau terus aplikasi ini untuk mendapatakan voucher tersebut ya. Download aplikasinya disini.
FYI : Hingga saat ini fitur Samsung galaxy gift sudah sampai pada seri sebelumnya yaitu S6/S6 EDGE, namun karena SAMSUNG GALAXY S7/EDGE adalah lini produk baru, jadi belum bisa di ketahui persis apakah bisa di unduh di smartphone ini atau tidak. Namun  saya yakin pasti fitur ini nanti juga akan hadir  smartphone ini, secara kedepan juga masih akan terus terupgrade produk produk baru dari samsung.
“Ternyata SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 EDGE keren banget ya Bro ?”

Ya iya dong, dengan segudang fiturnya, membuat banyak hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Masa iya sih ada sebuah smartphone memiliki kamera jernih setajam mata, atau sensor detak jantungnya, juga bisa sebagai alat pembayaran. Dan hal itu sudah terbukti oleh SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 EDGE.

“Berarti emang bener ya jika ketidak mungkinan mampu di taklukan dengan SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 EDGE”

Bener banget Bro, namun di balik segala fitur canggihnya, ada kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan saat Anda akan membelinya. Apa kekurangnya, ini dia :

1 Desain menyatu (unibodi), dimana fisik smartphone ini adalah satu utuh dan tidak bisa di buka, membuat baterai tidak bisa di lepas.

Namun begitu kekurangan ini telah di tepis dengan fitur pendingin yang berupa cairan di dalamnya, dimana cairan akan menguap di saat panas dan mengembun di saat dingin.

Dengan fitur ini akan membuat smartphone Samsung ini akan tetap awet dalam penggunaanya. Mungkin jika di ibaratakan sebuah motor maka cairan pendingin tersebut adalah radiator yang berfungsi mendinginkan mesin, namun konsep tersebut mampu di terapkan dalam sebuah smartphone oleh samsung, waow, bener benar mampu menembus ketidakmungkinan yah ?

2 Dalam bahasa Jawa ada istilah Rega Nggawa Rupa, maksudnya   harga yang mahal pasti membawa kualitas. Dengan harga yang di tawarkan di atas 8 juta rupiah, smartphone ini cukup adil karena di bekali dengan segudang fitur canggih yang mampu menaklukan ketidak mungkinan tadi.

Mungkin bagi sebagian orang yang berkantong tebal, untuk mendapatkan smartphone ini bisa dengan mudah. Namun bagi masyarakat biasa pastinya butuh waktu lama menabung untuk mendapatkan.

Tapi kayaknya tidak loh, soalnya kita bisa mendapatkanya dengan jalan pintas tanpa harus mengeluarkan uang, contohnya dengan mengikuti kontes blog ini yang hadiah utamanya SAMSUNG GALAXY S7, waooow, semoga beruntung deh.

3 Masih menggunakan USB biasa. Biasanya untuk smartphone kelas atas, Port USB yang di gunakan adalah type C karena mampu mentranfer data dengan kecepatan tinggi, namun pada Samsung type ini belum.

Tapi tidak usah khawatir, karena bluetooth yang di gunakan di smartphone ini adalah bluetooth versi tinggi yang juga tak kalah banter untuk mentranfer data. Juga kita tak perlu repot repot colok USB karena memori internalnya sudah banyak, yaitu 32/64 GB dan terdapat slot memori hingga 200GB, waowww…buanyak men.

Penggunaan USB biasa ini mungkin juga di maksudkan agar pengguna lebih mudah menemukan port USB yang kompatibel di saat ingin menghubungakannya dengan PC/Laptop. Ini di karenakan smartphone yang menggunakan USB type C masih jarang.

4 Tidak ada kamar mandinya. Hussss… emangnya ini bangunan apa ? ini cuma smartphone yang ukurnnya hanya segenggaman tangan. Maksudnya tidak ada lah di dunia ini yang sempurna, semua pasti ada kekuranganya. Mana mungkin walau smartphone ini harganya mahal tapi ada kamar mandinya, gak mungkin dooonggg.

"Nah, sekarang sudah tau kan seperti apa smartphone ini, baik kelebihan atau kekuranganya"

Kesimpulan dan penutup
Dengan segala fitur menarik yang mampu menaklukan ketidak mungkinan dari SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 seperti kamera fokus cepatnya, fitur tahan air dan debunya, alat kesehatanya dan lain sebagainya, membuat kita banyak di mudahkan dalam banyak hal. Dan pastinya, harga membawa kualitas.

Dan inilah akhir review dari SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 EDGE dari saya. Jangan lupa follow @samsung_id dan juga download aplikasi samsung galaxy giftnya biar bisa shoping gratis. Terimakasih, jangan lupa comment and share ya, dadaahh..

Sumber referensi artikel dan gambar
1 Samsung.com
2 Tekno.kompas.com
3 Sidomi.com
4 Bitstrips apps android
5 Redesain by Amir Mahmud

Subscribe to receive free email updates:

25 Responses to "Menaklukan Segala Ketidakmungkinan dengan SAMSUNG GALAXY S7 dan SAMSUNG GALAXY S7 EDGE"

  1. waw.. Samsung yang ini super keren ya. Makin canggih saja, gak ada habisnya berinovasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, samsung emang selalu berinovasi menghadirkan produk produk canggih dan menawan

      Hapus
  2. Pengen punya yang ini tp mahalnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 9 juta, tapi kualitasnya tak tertandingi

      Hapus
  3. Inovasi dari Samsung selalu keren. Yang kusuka dari galaxy s7 adalah hadirnya gear 360 sama gear VR, plus hasil bidikannya yang tidak blur meski objek sedang bergerak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, samsung emang selalu berinovasi dengan menghadirkan produk produk dengan tekhnologi terbaru

      Hapus
  4. Ngga kebayang ya gimana rasanya kalo bisa punya smartphone ini. Produktivitas kerja pasti bakal makin meningkat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangetttt...dengan smartphone ini pekerjaan kita sebagai blogger pasti bakal semakin lancar

      Hapus
  5. Duh..duhh..samsung ini bikin mupeng aja ya dg segala kecanggihan fitur smartphone-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge emang bikin bangga.....hahahaha...

      Hapus
  6. Canggih sih, tapi harganya keterlaluan. Sungguh. Kalau turun jadi 3 jutaan mah, iphone dijual juga ridho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata orang, tekhnologi tidak begitu bermanfaat jika hanya segelintir orang saja yang memakaianya. Tapi menurut websitenya, untk membuatnya saja sudah habis 3 juta, kalo di jual segitu ya rugi entar.

      "iye iye, tapi juga gak terlalu mahal kaleeee"....

      Terimakasih dah berkunjung

      Hapus
  7. Wah udah ada yg baru lagi dari Samsung. Reviewnya bikin kepengen aja deh.

    BalasHapus
  8. Waw...mantap. ada 2 prosesor ya. Keren deh, bikin mufeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aneh kan, prosesornya ada 2, bener bener mampu menaklukan ketidak mungkinan kan Samsung Galaxy S7 ini ?

      Hapus
  9. lengkap sekali mas ulasannya..... :)
    semoga mengan mas ya ...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke terimakasih, moga sukses juga buat Mas Fajar :-)

      Hapus
  10. keren super auto fokusnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, autofokusnya 4x cepatnya dengan autofokus biasa loh

      Hapus
  11. mau beli ini!!! :D hehehehehheheh
    gak sabar bulan depan nih hohohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besok tgl 4, moga beruntung :-)

      Hapus
  12. Pantes pengin beli, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge emang keren abis

    BalasHapus
  13. wuohhh takluk deh sama blogger kontes khusus smartphone, keren2 gambarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, Mbaknya bisa ajah, masih nyontek gambarnya xixixi...

      Hapus