Pentingnya Ketegasan Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Menghidari Kebingungan

Dalam hidup itu banyak sekali pilihan, terutama keputusan keputusan penting seperti pendidikan, karir atau pekerjaan, jodoh dan sebagainya, yang kesemuanya itu merupakan hal besar, yang sebisa mungkin jangan sampai salah memilihnya. Bagi sebagian orang, mungkin dalam mengambil hal mengambil keputusan bisa dengan mudah di lakukan, namun bagi sebagaian lainya, hal itu masih di rasa sulit untuk di lakukan, terutama mereka mereka yang memiliki sifat keragu raguan atau biasa di sebut plin plan.

Sifat plin plan atau keragu raguan banyak tidak di sukai orang, bahkan ajaran islam pun sangat membenci sifat ini. Sifat plin plan menandakan bahwa orang tidak memiliki jalur yang jelas, yang juga akan membingungkan orang lain pula. Sejatinya setiap manusia tidak ingin memiliki sifat ini, tapi apa daya karena tidak ada manusia yang sempurna. Bersama ini saya ingin berbagi sedikit tips bagaimana menghindari sikap plin plan dengan ketegasan mengambil keputusan.

[1] Ikuti bisikan hati yang paling dalam
Sejatinya dalam dua atau beberapa hal yang akan kita putuskan, ada satu hal yang paling membisik dan paling dominan dalam diri kita, namun hal tersebut tertutup oleh pilihan lain yang juga kalah membisik. Disini kita di perlukan kepekaan hati dalam memilih satu keputusan. Saran dari teman atau keluarga juga di perlukan agar kita bisa terstimulasi memilih kata hati kita yang sebenarnya. Biasanya, jika orang salah mengambil keputusan, ia menyesal karena apa yang di pilihnya ternyata tidak sesuai dengan keingian sebenarnya. Sebelum hal itu terlanjur di lakukan, jatuhkan pada pilihan pada hal yang paling membisik, paling dominan, paling sering di lakukan, paling di sukai dan yang paling baik menurut keinginan kita.

[2] Tekad tegas dan yakin
Sesuatu jika sudah di lakukan pasti akan lebih terasa. Jika Anda sedang dalam pusaran kebingungan, sikap memutuskan cepat ambil tindakan sangat penting, jangan terlalu banyak berpikir karena nanti malah akan semakin berputar putar. Ambil yang sekiranya paling baik dan paling menonjol dalam diri Anda, lalu putuskan dengan tegas, bila perlu ucapkan dengan lisan "YA!" atau "TIDAK" apapun resikonya. Sejatinya, setelah keputusan Anda dapatkan dan yakin 100%, Anda akan merasa lega. Jangan terbesit untuk memikirkan keputusan lain. Dengan cara ini juga akan membiasakan diri Anda berikutnya dalam mengambil keputusan. 

[3] Lebih sukses dengan tegas mengambil keputusan
Sebagai contoh, ada seorang dengan dua minat yang begitu prospektif untuk masa depanya, yaitu usaha handicraft musiman dan kepenulisan. Dalam usaha handicraftnya, ia sudah lancar dan merasa yakin bahwa apa yang  di lakukanya bisa berkelanjutan baik untuk masa depanya walaupun itu usaha musiman. Hal itu karena ia melihat rekan bisnis serupa yang tetap lancar walau sudah tak musimnya, sehingga ia menjadi yakin bahwa keputusanya itu tepat. Tapi apa sangka, kemampuan manusia itu berbeda beda, setelah apa yang di lakukan dengan keputusanya tersebut, ternyata tidak seperti yang di harapkan. Di tengah kegagalannya ia merasa bimbang dan penuh keraguan, apakah akan di teruskan atau tidak, sementara minat lain di bidang kepenulisan yang juga ia miliki justru semakin manis di lihat dari banyaknya penggiat serupa yang telah sukses dan tanpa mengenal musim.

Akhirnya, dengan segala upaya dan do'a, juga setelah melalui serangkaian tips diatas, ia dengan tegas memutuskan bahwa minat kepenulisanya lah yang tanpa mengenal musim, yang akan membawanya ke masa depannya. Dengan ketegasan yang ia pilih sesuai bisikan hati yang paling dominan, ia bisa menemukan jati dirinya dalam hal pekerjaan. Terlepas soal sukses atau tidak, namun kesuksesan itu sendiri juga berawal dari ketegasan mengambil keputusan.

Keputusan adalah hal yang harus di ambil walaupun itu sepele. Dengan kita memiliki sikap tegas mengambil keputusan, kita bisa akan selalu terhindar dari kebimbangan dan keraguan yang menyiksa hati. Semoga tips sederhana di atas bisa menjadi solusi bagi kita dalam mengambil keputusan, terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Ketegasan Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Menghidari Kebingungan"

Posting Komentar