Melihat Indahnya Indonesia dari Selatan Kalimantan

Gambar : cerita-rakyat
Hai kawan, pastinya kalian tau kan jika Indonesia itu luas sekali, seperti dalam kutipan sebuah lagu daerah yang bunyinya “Dari sabang sampai Merauke berjajar pulau pulau, sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia”. 

Indahnya Indonesia itu tak melulu di lihat dari sudut pandang kota Jakarta saja, justru keindahan dan kealamian Indonesia lebih banyak terdapat di pulau pulau di luar Jawa seperti misalnya di Kalimantan Selatan. 

Bicara keindahan berarti bicara soal wisata. Destinasi Wisata Kalsel (Kalimantan Selatan) juga tak kalah menarik di banding tempat wisata wisata popular lainya. Justru di pulau yang masih terbilang alami inilah terdapat keindahan tersendiri karena belum terlalu terkontaminasi dengan unsur unsur modern, sehingga masih terjaga ketradisionalanya, kebersihan juga kealamianya. Wisata Kalimantan Selatan ini cocok sekali untuk di kunjungi karena keindahanya. Dan berikut adalah 2 destinasi wisata Kalsel  yang patut Anda coba.


Di Kecamatan Sungai Tabuk, Desa Lok Baintan, Kabupaten Banjar Kalsel ini, ada sebuah pasar unik dimana transaksi jual beli di lakukan di atas sungai dengan sebuah perahu (jukung). Dinamakan pasar Lok Baintan karena terletak di Desa Lok Baintan. Mayoritas pedagang adalah perempuan dengan topi lebar (tanggui). Yang unik dari pasar ini yaitu masih menggunakan sisitem barter atau tukar barang, besaran harga harga jual barang sesuai kesepakatan kedua belah pihak, walaupun ada juga yang membelinya dengan uang.
Pasar terapung ini buka dari jam 4 pagi dan selesai tengah hari sekitar jam 9. Barang yang di jual meliputi kebutuhan sehari hari dari hasil perkebunan seperti buah buahan, sayuran, kue basah dll. Namun jika Anda ingin membeli makanan siap saji pun ada, seperti soto banjar misalnya.

Ada dua pasar terapung di Kalsel ini, yang satu di kota Martapura dan yang satu di kabupaten Banjar yaitu pasar Lok Baintan ini. Anda akan merasakan suasana ketradisioanalan yang khas dan uniknya budaya Indonesia di sini. Jangan lupa bawa kamera dan pasang alarm supaya tidak ketinggalan bangun pagi untuk menikmati suasana pasar terapung ini.


Selain pasar terapung di atas, di Kotabaru Kalsel ini juga ada destinasi wisata yang tak kalah menarik, yaitu Pulau Samber Gelap.  Jangan di lihat dari namanya, tapi keindahanya. Bulan bulan yang cocok untuk datang kesini yaitu antara April sampai Mei, Oktober hingga Desember, di bulan ini angin bertiup cukup stabil dan cuaca terang sehingga cocok untuk di kunjungi.

Disini Anda akan mendapati suasana pantai yang begitu alami, pasirnya yang putih bersih, airnya yang jernih, pohon kelapa yang tumbuh di sekitar pantai, serta trumbu karang serta ikan yang berwarna warni di dasar laut. Di tambah langit birunya akan menambah suasana pantai semakin indah. Anda juga bisa melihat penyu penyu di karenakan di Pulau ini masih alami sehingga menjadi tempat bermukim penyu penyu untuk bertelur.

Untuk sampai kesini Anda bisa menyewa kapal dengan waktu perjalanan kurang lebih 8 jam dari kota Banjarmasin. Rasa lelah perjalanan akan terbayar lunas dengan pemandangan pantai yang begitu indah untuk di nikmati.


Untuk Anda yang ingin berwisata ke Kalimantan Selatan namun tinggal di luar kota atau luar Pulau Kalimantan, Garuda Indonesia adalah media transportasi udara yang mengedepankan kualitas dan layanan yang bertemakan Indonesia.
Dengan konsep Garuda Indonesia Experience nya, Garuda Indonesia memberikan pelayanan terbaik dengan menyajikan aspek aspek terbaik dari Indonesia, mulai dari saat reservasi hingga tiba di bandara tujuan, penumpang akan di manjakan dengan layanan yang tulus dan bersahabat yang menjadi ciri keramahtamahan Indonesia.

Saran :
Dengan indahnya wisata Kalsel yang ada, mungkin akan lebih baik jika setiap tujuan wisata juga di integrasikan (di hubungkan) dengan kemudahan akses fasilitas umum seperti transportasi umum, hotel atau penginapan, tempat belanja, sehingga wisatawan yang akan berkunjung juga tidak kebingungan mau menginap di mana, belanja dimana dsb. 

Peranan pemerintah yang di dukung pula oleh masyarakat sangat penting untuk kemajuan sebuah wisata. Dengan cara tersebut maka potensi pengunjung yang datang untuk berwisata akan semakin banyak, sehingga bisa memajukan Destinasi Wisata Kalsel itu sendiri. Indahnya Indonesia juga ada di selatan Kalimantan dan itu hanya sebagian saja, masih banyak Destinasi Wisata Kalsel yang tak kalah menarik untuk di kunjungi, salam traveler, terimkasih.

Sumber artikel :
lomba blog wisata kalsel

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Melihat Indahnya Indonesia dari Selatan Kalimantan"

  1. Keren. Dari dulu saya ingin sekali ke pasar terapung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu saya pernah sekali Mas melihat pasar terapung, tapi waktu saya masih umur tahun, waktu itu saya jadi transmigran. Pokonya pasar terapung itu keren banget. Kalimantan selatan emang patut banget buat di kunjungi

      Hapus
  2. pernah sekali ke pasar terapung..pingin lagiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana, bagus gak disana, terus beli apa ? pasti makananya unik unik dan meanrik kalo dilihat dari gambarnya.

      Hapus
  3. kapan bisa aku bisa ksana :) salam dari www.borneo-ku.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam. Kalo ada kesempatan pasti bisa kesana. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :-)

      Hapus
  4. samber gelap emang keren ya, pengen deh kesana sama someone hehe

    BalasHapus
  5. kalau kepasar terapung sekarang ada yang praktis di hari minggu sih om. Udah beberapa kali kpasar terapung aslinya, enak loh makan soto banjar diatas kelotok.
    Kalau yang samber gelap belum pernah saya kesana sih sebenarnya ,ada rencana buat jalan kesana. tapi gak tau kapan .

    BalasHapus