Inilah Alasan Mengapa Orang Sakit di Anjurkan Bersedekah

Sebelum saya menjawab pertanyaan pada judul di atas, saya ingin tanya pada kalian semua, sudahkan harta kalian semua bersih dari riba ?
Sudah…belum….sudah….belum…sudah kayaknya…

Tahukan kalian semua jika di dalam harta kalian terdapat “hak” orang lain dan harus di sedakahkan atau di zakatkan supaya tidak menjadi riba yang haram ?
Tau dong….tau, cuma kadang belum sadar saja….

Nah, maka dari itu setiap kita wajib untuk menyedekahkan atau menzakatkan sebagian harta kita agar tidak menjadi riba yang menjadikan dosa dan agar orang lain yang lebih membutuhkan bisa terbantu dengan sedekah yang kita lakukan.

Harta atau benda (misal emas) jika sudah mencapai batas zakat (nisab) menurut ajaran islam maka harus di sedekahkan atau di  zakatkan agar terbebas dari yang namanya riba yang akan di pertanyakan nanti di akhirat kelak.

Sedekah sangat di anjurkan dan zakat hukumnya wajib agar senantiasa kita mendapat perlindungan dunia akhirat, jiwa yang tenang serta sehat baik lahir maupun batin.

Dan tahukan kalian jika sedekah juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, ada orang bilang, bersedekah bisa melahirkan rasa ketenangan pada orang sakit yang melakukan sedekah sehingga mampu mensugesti sel sel sarafnya untuk berubah menjadi sehat saat sakit hingga akhirnya si pasien sembuh dari sakit yang di deritanya. Adapun hadits yang mengatakan tentang sedekah untuk orang sakit seperti di bawah ini :

Obatilah orang orang sakit di antara kalian dengan bersedekah (Syaikh Al – Albani di dalam Shahih Al-Jami’) sumber : zakat.or.id

Hadits lain juga ada yang menyebutkan seperti di bawah ini :

Rosululloh SAW bersabda “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan do’a untuk menghadapi datangnya bencana (H.R. Ath-thabrani)
sumber : indoislamicstore.com

Telah banyak kita ketahui selain manfaat sedekah yang paling terlihat yaitu sedekah membuat harta kita bertambah, namun belum banyak yang menyadari bahwa  sedekah juga mampu menyembuhkan berbagai macam  penyakit yang merupakan “obat ekstra” dan terbukti menyelamatkan banyak jiwa manusia. Berikut adalah kutipan dari beberapa sumber  kisah nyata bahwa bersedekah bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

[1] Sedekah menyembuhkan penyakit kanker rahim Ibu Reni. Jadi ceritanya, Ibu Reni sedang hamil untuk pertama kalinya, namun dalam pertengahan masa kehamilanya ia begitu tersiksa karena ia mengalamai penyakit pendarahan yang begitu hebat dan sangat menyiksa dirinya dan suaminya, namun begitu ia yakin bahwa dengan bersedekah maka penyakitnya akan sembuh. 

Dan benar pula, setelah ia bersedekah, tak selang berapa lama penyakit yang ternyata adalah kanker rahim yang ada dalam tubuhnya keluar dari dalam tubuhnya berupa segumpal daging melalui jalan pembuangan, singkat cerita pendarahan hebat yang sangat menyiksa karena begitu lama di deritanya pun berhenti dan Ibu Reni sembuh seperti semula. (Sumber : id.facebook.com)

[2] Penyakit batu ginjal hilang berkat sedekah. Di ceritakan ada seorang yang menderita penyakit ginjal dan di vonis harus di operasi. Namun si pasien tersebut bersikeras untuk tidak mau di operasi karena pada jarum suntik saja ia takutnya setengah mati. 

Di tengah kebingungan tersebut, seorang kerabat dari pasien mendapati buku tentang keajaiban bersedekah kemudian si kerabat membacanya dan menganjurkan si pasien untuk bersedekah. Dan ia yakin bahwa keajaiban bersedekah adalah mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, singkat cerita si pasien pun bersedekah dan hanya dalam kurun waktu kurang dari 7 hari si pasien pun di vonis sembuh dan tidak jadi di operasi karena batu ginjal yang ada di dalam tubuhnya hilang secara ajaib, itulah keajaiban bersedekah bagi kesehatan (sumber : motivasi.petamalang.com)

[3] Kisah lainya yaitu dari Ibu Jihan asal Mojokerto Jawa Timur, anaknya yang masih balita terkena penyakit step yang datang secara tiba tiba. Tubuhnya kejang kejang, matanya terbalik ketas, mukanya pucat dan badanya lemas menggigil. Ia beserta keluarga merasa kebingungan karena sudah di berobatkan kesana kemari belum juga sembuh. 

Lalu ada tetangga yang menyarankan untuk bersedekah yang kemudian ia menurutinya, ia menyedekahkan sebagian hartanya kepada anak anak yatim dan fakir miskin dan meminta do’anya supaya anak kesayangannya bisa sembuh. 

Dan memang benar, setelah ia bersedekah tak selang berapa lama anaknya pun sembuh total 100% dari sakitnya dan tak pernah kambuh lagi, hingga kini ia pun rutin bersedekah dan mengajak saudara saudaranya untuk bersedekah karena bersedekah mampu menyelamatkannya dari berbagai masalah termasuk masalah kesehatan. (sumber : himmatunayat.org)

[4] Kanker darah sembuh dengan sedekah. Jadi ceritanya, seorang ibu majikan di Negara arab terkena penyakit kanker darah, perasaanya gelisah tidak karuan, kondisi fisiknya sudah tidak bisa apa apa lagi. Untuk merawat dirinya, ia mendatangkan pembantu rumah tangga dari Indonesia.

Ternyata majikanya itu sangat baik, tidak seperti yang di beritakan di media.  Seminggu bekerja, sang majikan memperhatikan kelakuan aneh si pembantu yang suka berlama lama di dalam kamar mandi.

Sang majikan pun bertanya dengan penuh kesopanan “apa yang sedang kamu lakukan di kamar mandi ?” tanya majikan. “Saya harus membuang ASI di payudara saya Bu, karena saya baru 20 hari melahirkan anak saya, kalau tidak di buang, dada saya rasanya sakit” jawab si pembantu sambil menangis

Lalu sang majikan pun merasa iba dan kasihan melihat keadaanya, dan dengan penuh keikhlasan, sang majikan pun langsung membayar lunas gajinya yang 2 tahun dan menyuruhnya pulang untuk menyusui anaknya, padahal ia belum genap bekerja satu bulan. “Pulanglah kamu, lebih baik kamu menyusui anakmu dari pada mengurus saya disini, saya sudah membayar gajimu penuh untuk 2 tahun, jika nanti kamu ingin kembali lagi, hubungi saya lagi” kata sang majikan. Dan si pembantupun pulang untuk menyusui anaknya. 

Setelah bersedekah, hari hari sang majikan merasa lebih bahagia, lebih tenang dan bersemangat untuk hidup. Kemudian ia memmeriksakan kondisi kesehatanya ke dokter. Dan apa yang terjadi, ternyata diagnosa dokter menyatakan bahwa sang majikan telah terbebas dari kanker darahnya, dan ia pun bisa hidup sehat dan bahagia seperti orang orang. Katanya “setelah bersedekah, hidup saya jauh lebih tenang dan bahagia, saya jadi semangat untuk sembuh”. (sumber : motorrio.com )

[5] Kisah lainya di alami oleh Ibu Rika yang terkena penyakit kanker. Ia adalah seorang guru honorer yang gajinya kecil. Karena penyakitnya, ia merasa bingung, uangnya tinggal sedikit untuk berobat, padahal butuh biaya banyak untuk kesembuhanya.

Ibu Rika adalah orang yang taat beribadah, ia hampir tak pernah meninggalkan sholat tahajud. Suatu malam, ia bermimpi  bertemu dengan seorang ulama. Dalam mimpinya ia di anjurkan untuk bersedekah. Namun ia bingung, apakaha harus menyedekahkan hartanya atau tidak, sementara ia butuh biaya banyak untuk pengobatanya.

Lalu ia menemui seorang ulama, dan ulama tersebut membenarkan bahwa sedekah adalah cara terbaik untuk mengatasi berbagai masalah, contohnya masalah penyakit. Kemudian Ibu Rika pun menuruti saranya, ia menyedekahkan sebagian hartanya untuk yang membutuhkan.

Pada suatu kesempatan, ia bertemu dengan teman akrabnya semasa SD, temanya kaget jika ternyata Ibu Rika sedang terkena penyakit kanker. Teman tersebut yang juga baru pulang dari luar negri menjadi TKI membantu Ibu Rika mengobati penyakitnya, dan hingga akhirnya penyakitnya pun sembuh. (sumber : el-alamia.com)

Itulah sedikit kisah dari kajaiban bersedekah. Bersedekah merupakan jalan pintas dan solusi dari berbagai masalah yang ada dalam kehidupan kita sehari hari, tak terkecuali soal penyakit yang di derita seseorang. Jika ada dari kita yang mungkin sedang di landa sakit dan belum menemukan obat yang cocok, cobalah bersedekah, dengan bersedekah Tuhan akan memberikan jalan kesembuhan bagi kita di samping orang yang kita sedekahi akan menjadi bahagia, bukankah kita juga akan ikut bahagia jika orang lain bahagia, terlebih jika kebahagian itu kita lahirkan, maka dari itu, ayo peduli bantu sesama dengan bersedekah.



Dan dari kisah diatas, terjawablah pertanyaan mengapa orang sakit di anjurkan untuk bersedekah, yaitu agar supaya cepat di temukan jalan atas suatu permasalahan seperti  kesembuhan untuk orang sakit, karena dengan sedekah, kita yang sedang tertimpa masalah hidup seperti di dera sakit akan di berikan jalan kesembuhan lewat sedekah yang kita lakukan. Dan bagi kita yang masih sehat, tak perlu menunggu sakit untuk bersedekah, karena pastinya kita akan lebih di jaga kesehatanya sebelum sakit jika kita mau bersedekah.

Selain sedekah mampu menyembuhkan orang yang sakit, adapun manfaat lain dari sedekah yaitu seperti :

[1] Sedekah dapat menyelamatkan kita dari siksa api neraka di akhirat nanti karena harta kita akan di pertanyakan ke bermanfaatanya saat di masih hidup di dunia.

[2] Sedekah dapat membantu para kaum dhuafa dan fakir miskin serta orang orang yang sedang dalam kesusahan agar bisa terkurangi beban hidupnya.

[3] Sedekah dapat membina hubungan sosial yang lebih baik antar sesama manusia. Dengan sedekah atau zakat maka akan terciptalah hubungan baik serta mampu meningkatkan tali silaturahmi antar keduanya.

[4] Seperti saya katakan diatas, manfaat sedekah yang paling terlihat yaitu membuat kita kaya harta namun berkah, itu karena Tuhan merestui harta yang kita miliki karena pemanfaatanya yang berguna untuk membantu sesama. Harta hanyalah titipan, setelah kita  meninggalkan bumi kita ini, harta tak akan di bawa mati, yang kita bawa hanyalah amal ibadah kita untuk bekal di akhirat. Dengan kita mau bersedekah secara ikhlas berapapun nilainya, merupakan tabungan amal ibadah untuk bekal kita di akhirat nanti.

Sedekah juga tidak harus berupa materi (misal uang), sedekah juga bisa dengan sumbangan pemikiran ataupun tenaga, misal dengan menjadi sukarelawan membantu anggota PMI yang sedang membantu korban bencana, mengevakuasi korban bencana alam, membersihkan rumah rumah yang kotor akibat banjir dan sebagainya.

PMI adalah oraganisasi perhimpunan nasional resmi milik  pemerintah yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan yang menerapkan 7 prinsip yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan dan kesemestaan. PMI sendiri memiliki sekitar 408 cabang dan tersebar di 33 Propinsi di Indonesia.

Kini tugas PMI bukan hanya di kegiatan donor darah saja, ada banyak hal lain yang di lakukan PMI dan anggotanya seperti penanggulangan bencana seperti saat banjir, tanah longsor, kebakaran dan lain sebagainya tanpa memihak golongan politik, ras, suku ataupun agama tertentu. PMI dalam pelaksanaanya juga mengutamakan pembedaan terhadap korban yang paling membutuhkan pertolongan agar jiwanya dapat segera di selamatkan. (sumber : Wikipedia PMI )

Diatas telah kita ketahui akan manfaat besar dari bersedekah yaitu bisa menolong kita dari berbagai masalah baik lahir ataupun batin, contohnya seperti bersedekah bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bersama dengan ini PMI juga mengadakan kegiatan amal bernama Bulan Dana PMI yang bertujuan membantu saudara saudara kita yang membutuhkan bisa terbantu. Seperti saya katakan diatas, kegitatan PMI bukan hanya berfokus pada donor darah saja, namun ada kegiatan lain seperti bantuan dapur umum untuk para korban bencana, pelayanan kesehatan, ambulan, dukungan psikososial bagi korban terdampak bencana, pelayanan pemulihan hubungan keluarga, pembinaan generasi muda dan relawan, pengolahan air bersih, dan sosialisasi atau diseminasi kepalang merahan serta kegiatan kegiatan kemanusiaan lainya. Maka dari itu partisipasi masyarakat pada kegiatan amal ini dalam membantu pemerintah begitu di butuhkan demi kelancaran PMI dalam kegiatan sosial kemanusiaanya.


Sumber gambar A = merdeka.com - B = jusufkalla.info - C = pmisolo.or.id - D = antarafoto.com - E =https://bazisjakartatimur.files.wordpress.com
Bulan Dana PMI adalah penghimpunan dana kemanusiaan yang resmi dan di ketuai oleh  Bpk Handaka Susanto  yang bertujuan untuk solidaritas, gotong royong, dan partisipasi masyarakat dalam penanganan bencana.

Ketua Bulan Dana PMI Bpk Handaka Susanto. Gambar di pinjam dari sini
Menurut Handaka Susanto, penggunaan dana sebesar 75 % akan di alokasikan untuk  kegiatan sosial seperti seperti kesehatan masyarakat,  bhakti sosial, pelayanan dapur umum untuk korban bencana dan sebagainya. Sedangkan yang 25 % akan di alokasikan untuk pembinaan relawan PMI, pembinaan tenaga relawan dan guru PMR, ambulans serta pemulihan hubungan keluarga. Dengan adanya Bulan Dana PMI ini di harapkan partisipan masyrarakat untuk turut serta membantu pemerintah dalam penanganan bencana.

Bantuan Anda bisa di salurkan melalui donor darah seperti identiknya PMI di cabang cabang PMI terdekat ataupun dengan mendonasikan  sedikit  dari materi Anda untuk meringankan beban mereka seikhlasnya ke nomor rekening di bawah ini :
 
No Rek resmi Bulan Dana PMI. Nb : Sumber gambar :  donor darah http://lampost.co, tanah longsor http://pmi-kabtegal.or.id dan banjir http://www.antaranews.com
Berapapun bantuan Anda akan sangat meringankan beban mereka. Dengan Anda mau dan tergerak untuk mau membantu mereka yang sedang dalam kesulitan, maka sebenarnya Anda sedang menemukan solusi atas segala permasalah yang mungkin sedang membelit dalam hidup Anda. 

PMI hanyalah sebagai jembatan untuk meneruskan sedekah Anda untuk di berikan kepada mereka yang membutuhkan. Niscaya cepat atau lambat, kebaikan Anda akan dibalas berlipat ganda oleh Yang Maha Kuasa. Dan secara khusus saya sebagai pemilik blog ini mendo’akan apa yang menjadi tujuan hidup Anda terlaksana dengan bersedekah, amin amin ya robbal ‘alamin.

Saran
Agar pengumpulan donasi Bulan Dana PMI lebih cepat terkumpul, ada baiknya jika penyelenggara menggunakan form khusus dalam sebuah website (misal di website PMI) yang terintegrasi atau di hubungkan dengan nomor rekening yang ada, supaya masyarakat lebih di mudahkan dalam melakukan donasinya.

Juga jika perlu dengan di buatnya mobile apps untuk organisasi ini  yang juga terintegrasi dengan form donasi maka akan semakin di mudahkanya pula masyarakat dalam melakukan donasinya. Manfaatkan kecanggihan tekhnologi informasi untuk hal hal yang berguna seperti kegiatan amal Bulan Dana PMI ini.

Kesimpulan dan penutup
Dari berbagai manfaat sedekah yang ada, dan adanya PMI sebagai organisasi social kemanusiaan yang menjembatani uluran tangan Anda, serta  kegiatan Bulan Dana PMI yang resmi di adakan dan di ketuai oleh Bpk Handaka Susanto, semoga kita semua senantiasa mendapat berkah kesehatan, kenikmatan dan kesejahteraan dari Yang Maha Kuasa karena kebaikan yang kita lakukan.

Akhir kata, ini adalah ulasan opini pribadi saya dalam mengikuti kontes blog PMI kerjasama dengan citizen6 dalam rangka Bulan Dana 2015/2016. Follow juga twitter @PMI_DKI_Jakarta @liputan6dotcom dan  @citizen6 untuk update informasi terbarunya, akhir kata, ayo peduli bantu sesama bersama Palang Merah Indonesia. Raih ketenangan batin dan lahir Anda dengan bersedekah.

Nb : Artikel ini adalah murni buatan saya sendiri, adapun saran dan masukan yang saya tuliskan di atas juga adalah murni hasil pemikiran saya sendiri dan “tidak sama sekali mencontek” hak intelektual milik orang lain. Sebelumnya artikel ini telah saya publish di blog ini, namun karena ada unsur plagiat dari pihak lain maka artikel ini saya hapus dan post ulang sehingga menjadi lebih baru dengan tanggal dan waktu post yang baru. Gambar gambar grafis pendukung artikel di atas juga adalah murni buatan saya sendiri, adapun gambar gambar dan sumber lain penunjang materi sudah saya sertakan link sumbernya.

Sreenshott artikel yang telah saya hapus
Sekian dan terimakasih.....
---------------------------------------------- :-) ----------------------------------------------

http://citizen6.liputan6.com/read/2356908/yuk-ikut-lomba-blog-bulan-dana-pmi-berhadiah-total-rp-15-juta

Sumber referensi artikel dan gambar :
[1] PMI
[2] Liputan 6 1
[3] Liputan 6 2
[3] Dan sumber sumber lain yang sudah saya sertakan langsung di artikel

Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to "Inilah Alasan Mengapa Orang Sakit di Anjurkan Bersedekah"

  1. Tulisannya keren mas.. Emang kerasa banget deh the power of sedekah itu seperti apa.. Sukses juga ya buat lomba PMI nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sedekah itu mampu segala masalah, termasuk penyakit yang di derita seseorang. Semoga menang juga buat Anda :-)

      Hapus
  2. Sedekah memang menjadi solusi bagi byk masalah kehidupan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, dan PMI bertugas sebagai perantaranya, terimakasih sudah berkunjung :-)

      Hapus
  3. Mantep gan... Tulisannya keren

    BalasHapus
  4. Assalam

    Apa kabar Mas Mahmud! Salam kenal dari Banjarmasin.... semoga tulisan nya menjadiinspirasi banyak orang! Sukses selalu.....

    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabar Baik Gan Kartika, salam kenal juga, semoga sukses selalu...

      Hapus
  5. tak perlu menunggu sakit jika ingin bersedekah, yang jelas sedekah dengan niat ikhlas akan memberikan keberkahan bagi kita dunia dan akhirat, sukses ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul betul Mbak, sedekah tak perlu menunggu sakit, kita yang lagi sehat akan lebih sehat jika mau bersedekah :-)

      Hapus
  6. Balasan
    1. Berbagi itu mampu menghilangkan masalah. Trnjsh dah berkunjung :-)

      Hapus
  7. Lengkap banget artikelnya. (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya....lama bikinya..trmkasih dh berkunjung :-)

      Hapus
  8. bener banget apa kata sempeyan,, sedekah itu penting :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, penting banget, sedekah bisa mengatasi banyak masalah

      Hapus
  9. Subhanallah.. Manfaat sedekah sangat luar biasa..

    BalasHapus