Seperti Ini Konten Marketing Yang Saya Terapkan Dalam Berbisnis Online

Hai sobat blogger semuanya, apa kabar, semoga dalam keadaan sehat selalu ya, amin. Blog amir-silangit kali ini akan membahas tentang bisnis online yaitu seputar konten marketing yang di lakukan lewat sebuah blog. Berdasarkan pengalaman saya berbisnis online dengan menggunakan blog selama ini, kini saya bisa berbagi sedikit tips bagaimana sih sebaiknya menulis sebuah blog untuk tujuan marketing, pastinya kita tidak mau kan jika produk atau jasa kita penjualanya kurang memuaskan ? nah maka dari itu tekhnik tekhnik penulisan atau konten blog untuk membantu sebuah marketing sangat di perlukan, apa itu tekhnik tekhniknya, simak baik baik 7 point ulasan di bawah ini:

[ 1 ] Sebelum kita memutuskan untuk berjualan online baik itu berupa produk atau jasa, pastikan bahwa produk atau jasa yang akan kita promosikan memiliki prospek yang bagus dan banyak peminatnya. Jangan sampai terjadi, sudah capek capek menulis malah produk atau jasa kita  kurang populer atau bahkan ketinggalan jaman, bisa di pastikan pelanggan akan sulit kita dapatkan dan akan berimbas pada tujuan utama kita berbisnis, yaitu merosotnya penghasilan kita.

Dalam menentukan sebuah produk atau jasa yang akan kita jual secara online, kita tidak boleh gugup, terburu buru ingin  cepat sukses, kita harus sabar, teliti dan jangan gunakan perasaan apalagi ikut ikutan, misalkan kita lihat di twitter “wah, kok si A jualan kaos bisa laris gitu yah, ikut ikutan ah pasti laris juga”.  Atau menggunakan perasaan “kira kira kalau saya jualan jam tangan impor kayak si B pasti laris juga”. Jangan tiru model ikut ikutan ataupun perasaan, karena sekarang ada cara cerdas mencari produk potensial dengan meriset kata kunci produk atau jasa dengan menggunakan google keyword planner.

Google keyword planner adalah tool yang di sediakan gratis oleh google yang berfungsi untuk meriset kata kunci banyak atau tidaknya suatu kata kunci serta kuat atau tidaknya persaingan suatu kata kunci sebuah produk atau jasa dalam satuan kurun waktu. Kita bisa memanfaatkanya untuk meriset  kata kunci produk atau jasa yang ingin kita jual secara online. Ketikan kata kunci google keyword planner di google maka situsnya akan muncul dan kita bisa membukanya kemudian log in dengan menggunakan akun gmail kita miliki, karena ini dari google maka gunakan gmail ya...

Misalkan kita ingin berjualan baju batik, kita bisa meriset kata kuncinya di google keyword planner, misal kita ketik “batik asli pekalongan” atau “batik tulis pekalongan” tanpa tanda petik, jika sudah ketemu, saran saya pilihlah hasil pencarian dengan sedikit pesaing namun hasil pencarianya banyak dalam setiap bulanya, dengan begitu kita bisa menang dalam persaingan bisnis karena blog atau website kita lebih berpotensi menempati urutan teratas pencarian. Dengan begitu pula kunjungan akan blog atau website kita menjadi lebih banyak dan potensi untung besar pun bisa dengan mudah kita dapatkan, lihat gambar di bawah (kotak biru)

Selain dari hasil riset kata kunci di google keyword planner, kita juga bisa berjualan online dari hobi kita, misalkan kita hobi memelihara burung parkit, dengan kita menjual hobi kita secara online, akan ada banyak orang orang dengan hobi yang sama yang akan melihat hobi kita, saling bertukar pengalaman dan akhirnya membeli produk dari hobi kita. Cara itu sukses saya lakukan dalam hobi saya berjualan online kerajinan tangan buatan saya sendiri

[ 2 ] Dalam memilih nama domain web atau blog, usahakan juga menggunakan kata kunci dari hasil riset kata kunci di google keyword planner seperti diatas, dengan begitu kita sudah menang double yaitu dari kata kunci dan nama domain. Dengan cara seperti ini potensi hasil pencarian di google lebih besar berada di urutan teratas pencarian, dan kemungkinan produk atau jasa kita di lihat orang akan semakin besar sehingga potensi terjadinya penjualan pun semakin besar.




[ 3 ] Konsisten dan fokus adalah kunci utama sukses. Jika misalkan kita ingin menjual baju batik, maka fokuskanlah artikel web atau blog kita hanya mengulas informasi seputar batik. Orang akan ingat terus pada sesuatu yang khusus menangani satu macam hal dan akan kembali dan kembali lagi untuk melihat produk produk baru yang kita keluarkan.


Mereka akan menjadi pengunjung setia web atau blog kita. Konsistensikan dengan selalu rajin menulis artikel satu tema agar pengunjung semakin bertambah. Dengan memasang alat penjaring pengunjung seperti fanspage facebook, twitter, instagram ataupun autoresponder di blog (akan kita bahas di bawah), pengunjung potensial akan mudah kita tangkap untuk kita follow up ulang karena kekonsitensian dan fokus kita pada satu produk.

[ 4 ] Dalam memilih template web atau blog, gunakan template yang seo friendly, ada banyak template seo friendly yang bisa kita dapatkan secara gratis di internet. Namun saran saya, jika bisa gunakanlah template seo friendly yang premium atau berbayar, karena template berbayar pastinya memiliki fitur lebih mumpuni di bandingkan yang gratis, cara ini sangat berguna untuk perkembangan web atau blog kita. Ada banyak template premium seo friendly yang di jual di internet, tidak mahal, hanya dengan harga 100 ribuan saja kita sudah bisa mendapatkannya. Template seo friendly juga sangat berpengaruh pada hasil pencarian.


Sedikit saya terangkan, template seo friendly pada fitur fiturnya biasanya meliputi menu breadcamp, yaitu menu yang terkategori atau tersusun, lihat poin 1 pada gambar diatas. Contohnya jika kita menuliskan artikel dengan tema baju maka kategorinya adalah fashion, lebih general atau umumnya lagi adalah sandang, jika tertulis di urutan kategori di blog biasanya seperti ini : Sandang>>Fashion>>Pakaian>>Judul Artikel. Artikel yang tersusun sesuai kategori sangat di sukai google dan berpengaruh pada hasil pencarian pula.

Selain menu breadcamp fitur lainya yaitu read more, related article, popular post, tombol share socmed, serta backgrund template yang berwarna putih dan biru, konon katanya background dengan warna ini sangat di sukai google. Juga kolom komentar yang terintegrasi dengan facebook, karena banyak juga kolom komentar yang juga dalam penyampaian komentarnya bukan hanya bisa di lakukan oleh seorang blogger, namun pengguna facebook pun bisa berkomentar. Dengan fitur komentar ini maka pengunjung akan semakin banyak berdatangan ke web atau blog kita, bukan hanya dari bloogger tapi juga dari orang lain pengguna facebook, dengan begini potensi terjadinya penjualan pun semakin besar. Kita bisa mengetikan kata kunci “template seo friendly” tanpa tanda petik di google dan kita bisa menemukan template template seperti ini dengan bermacam macam fitur dan harga, pilih sesuai kebutuhan.

[ 5 ] Dalam pengisian konten atau penulisan artikel, alangkah baiknya jika kita bisa menguasai tekhnik seo atau pengoptimalan kata kunci. Misal jika kita membuat artikel dengan tema Ban Mobil Bagus, maka  paling tidak terdapat satu kata kunci di setiap paragraf dengan tercetak tebal dan miring atau bergaris bawah disamping tekhnik seo lain yang bisa di terapkan. Juga dengan menaruh banyak backlink (tukar link dengan blogger lain), merupakan salah satu tekhnik seo yang bagus untuk mendapatkan hasil pencarian teratas google (istilahnya backlink berkualitas). Cara ini juga sekaligus menjalin silaturahmi kepada sesama blogger.

Namun begitu, kualitas artikel juga di utamakan agar pelanggan bisa mendapatkan informasi yang  tulis pake asal, bukan asal tulis karena memburu seo.  Kualitas artikel penting untuk membangun dan menjaga kepercayaan pengunjung. Pelengkap artikel berupa gambar asli atau pun grafis juga di perlukan sebagai pemanis artikel atau ilustrasi penggambaran artikel, disini sedikit di butuhkan keahlian  olah gambar. Untuk saya pribadi menggunakan photoshop untuk mengolah dan mengedit gambar. Untuk video dengan menggunakan windows movie maker sudah cukup.

Juga yang tak kalah penting adalah kemampuan bahasa pemrograman, paling tidaknya yaitu HTML yang paling mudah di pelajari, karena editor teks blog di bentuk dengan menggunakan kode HTML walaupun secara langsung (compose) kita bisa menuliskanya dengan mudah seperti layaknya di Ms Word, namun seringkali kita masalahkan dengan tata letak artikel seperti pargraf paragraf yang tersusun kurang baik karena kode HTML, maka dari itu kemampuan untuk bisa memahami kode kode ini walaupun sedikit sangat di perlukan untuk seorang blogger agar tampilan susunan paragraf atau gambar lebih tertata. Jika ingin lebih bagus selain HTML juga ada CSS yang berfungsi sebagai pengaturan tata letak template sebuah blog agar tampilan tata letak blog kita menjadi lebih rapi dan tertata. Dengan kemampuan web design ini juga pastinya akan berpengaruh pada potensi blog kita untuk di temukan oleh pengunjung sehingga potensi terjadinya penjualanpun akan semakin meningkat

[ 6 ] Untuk social media, saat ini yang paling ramai di gunakan adalah facebook baik personal ataupun fanspage, untuk saya sendiri menggunakan personal juga menggunakan fanspage yang saya pasang juga di sidebar blog saya untuk menjaring like pengunjung, sehingga market potensial bisa saya tangkap dengan menggunakan fanspage facebook ini.


Menjaring pengunjung potensial juga bisa menggunakan fitur gratis dari blog seperti form follow blog, atau juga bisa menggunakan jasa autoresponder, terlebih jika autoresponder itu sendiri bersifat pop up atau tiba tiba muncul saat pengunjung web atau blog di buka sehingga pengunjung akan kaget dan reflek untuk memasukan data kontaknya.  Dengan menggunakan autoresponder pengunjung bisa dengan mudah di tarik dengan memberikan bonus namun dengan catatan untuk mendapatkan bonusnya harus dengan memasukan nama dan emailnya. Jika bonus yang di berikan menarik, pengunjung akan dengan senang hati memberikan data kontaknya, dengan begitu kita tidak akan kehilangan data pengunjung potensial kita dan bisa kita follow up  ulang kedepanya.


Selain facebook, juga ada twitter dan instagram, untuk saya prbadi juga memasang widget twitter di sidebar blog supaya pengunjung juga bisa kita tangkap untuk kemudian di follow up. Aktif di twitter dengan rajin nge-tweet missal 20 menit sekali merupakan cara ampuh berpromosi, namun lakukan juga status tweet yang berguna agar orang tidak bosan dengan status kita berpromosi, cara ini efektif untuk menambah follower twitter kita. Cara ini juga sering di lakukan oleh mereka mereka yang berbisnis lewat akun social media yang satu ini karena memang cukup populer untuk berbisnis. Dan untuk widget instagram pun bisa juga kita pasang di sidebar blog.

Dan yang paling berpengaruh menurut pengamatan saya, bahkan pelaku pelakunya bukanlah orang yang mahir dalam dunia IT yaitu aplikasi perpesanan bbm, ada banyak sekali jutawan jutawan terutama para perempuan atau ibu rumah tangga yang menggunakan aplikasi ini untuk berjualan online, padahal mereka melakukanya sambil menggendong anak balitanya, menyusui, mengurus pekerjaan rumah dan sebagainya, betapa repotnya namun semua itu terbukti bisa di lakukan dengan ketekunannya dan sukses.


Menurut pengamatan saya juga, justru lebih banyak seller online yang di dominasi oleh perempuan, dari 15 orang yang 12 adalah perempuan, dan rata rata dari mereka sukses, mungkin karena memang perempuan jumlahnya lebih  banyak dari laki laki, dan produk perempuan pastinya juga lebih banyak pula. Dengan juga memasang pin bbm di blog kita, masalah kontak kontak akan semakin mudah dilakukan, terlebih kini internet sudah mencapai hingga pelosok pelosok desa seperti di tempat saya, hal itu sudah saya terapkan saat berbisnis online kemarin, dan memang benar, penyumbang terbesar penghasilan saya datang dari aplikasi ini.

[ 7 ] Video, dengan adanya demonstrasi melalui video yang di pasang di web atau blog kita (sebelumnya juga bisa di publish di youtube) juga bisa menjawab antusias pengunjung untuk melihat lebih jelas seperti apa produk kita. Penyampaian produk melalui video menambah kejelasan dan pemahaman pengunjung akan produk atau jasa yang kita tawarkan, sematkan juga alamat web atau blog di akhir video karena video juga merupakan alat promosi yang bagus untuk menjaring pembeli. Jika pembahasan diatas kurang jelas, coba lihat video di bawah ini :


Itulah 7 point penting dalam membuat sebuah konten marketing blog post menurut pengalaman pribadi saya berjualan online. Kesimpulanya, dengan tekhnik tekhnik content marketing seperti riset kata kunci, pasang widget socmed, seo dan sebagainya seperti yang saya terangkan diatas, merupakan cara tepat untuk mendongkrak dan meningkatkan kemajuan akan suatu bisnis di dunia maya. Baca dan terapkan maka hasilnya akan kelihatan, lakukan juga dengan Do’a karena Do’a adalah penyempurna usaha kita supaya apa yang kita lakukan bisa cepat terlaksana.

O iya masih adalagi, tips ini bukan soal tekhnis melainkan soal hubungan kebatinan, yaitu janganlah pernah kita menyakiti hati orang tua terutama Ibu kita yang melahirkan kita, merawat dan mendidik kita dengan penuh kasih sayang dan pengorbanan. Dunia seisinya takkan bisa mengganti kasih sayang yang di berikan kepada kita.
Ridho Illahi adalah ridho orang tua terutama Ibu, jika kita ingin berhasil maka janganlah pernah kita menyakiti hatinya. Kita harus mendapatkan ridhonya agar Tuhan bisa mengabulkan keinginan dan impian kita
Dengan cara ini niscaya apa yang kita perjuangkan akan cepat berhasil. Mengapa saya bilang begini, karena saya sudah membuktikanya.

Akhir kata, itulah opini pribadi saya dalam rangka mengikuti lomba blog indosat, aplikasi bbm atau produk lain yang saya sebutkan adalah milik masing masing dan tidak mencerminkan promosi apapun.Kunjungi website indosat di www.indosat.com dan akun sosial medianya seperti twitter di @Indosatmania  dan fanspage facebook indosat untuk update info info terbaru seputar layanan dari indosat.Juga jangan lupa download aplikasi android indosat di playstore untuk berbagai macam keperluan seperti isi ulang pulsa, daftar paket internet dll.  Semoga adanya artikel ini bisa menjadi referensi bisnis yang baik demi terciptanya Indonesia yang maju dan sejahtera, amin.Terimakasih, jangan lupa komentarnya ya... :-)

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Seperti Ini Konten Marketing Yang Saya Terapkan Dalam Berbisnis Online"

  1. Ini resert keyword dan gaya penulisan artikel ya gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kira kira seperti inilah, ini pengalaman saya selama ini dalam berjualan online :-)

      Hapus
  2. Bagus mas tahapannya mudah diikuti, memang konten marketing itu cara sukses berjualan online. Saya sendiri menerapkannya dalam meningkatkan penjualan buku maupun jasa review.

    Makasih ya, mampir juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses Mas buat bisnis onlinenya, semoga cita cita cepat tercapai, langsung ke TKP

      Hapus
  3. Wah lengkap banget mas tahapan-tahapan nya... sangat bermanfaat banget mas artikelnya.. semoga dengan kita memahami apa itu Konten Marketing, kita bisa sukses mengembangkan bisnis di dunia online khususnya..

    Salam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mas, sukse selalu buat Njenengan... :-)

      Hapus
  4. Lengkap infonya...trima kasih ya sdh mengulas ttg ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok sama sama, terimakasih juga sudah berkunjung ke blog saya :-)

      Hapus
  5. aahhh keren nihh isinya, pak...
    semoga sukses lombanya ya heee

    BalasHapus
  6. beuhhh mantab kali nih konten untuk marketingnya, sukses untuk lombanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke terimakasih, sukses juga buat Mbak Evrina...

      Hapus