Memaknai Sumpah Pemuda di Era Digital Dengan Semangat Belajar

Gambar di pinjam dari sini
Dahulu Indonesia belum merdeka seperti sekarang ini, dahulu Indonesia masih menjadi Negara yang di kepung oleh  penjajah, namun berkat semangat juang 45 bangsa Indonesia terutama para pemudanya, kini Indonesia bisa menjadi Negara yang merdeka, maju dan berkembang. 

Beruntunglah karena kita di lahirkan setelah merdeka, bayangkan jika kita lahir dalam keadaan Negara yang masih konflik seperti di Timur Tengah, pastinya yang terjadi tidak seperti sekarang ini.

Maka dari itu janganlah pernah sia siakan keberuntungan kita di Negara yang damai dan merdeka ini, manfaaatkan waktu sebaik mungkin, dan jangan pernah ada kata malas malasan. Malas bukan hanya pangkal bodoh, tapi malas menyebabkan kekurangan hingga mengakibatkan kemiskinan. Memang rejeki Tuhan yang mengatur, namun rejeki itu sendiri lebih berpihak pada orang orang yang lebih rajin dan lebih mau berusaha.

Bicara soal sumpah pemuda, makna sumpah pemuda bagi saya sendiri juga masih berperang, namun bukan perang melawan penjajah bersenjata, melainkan penjajah tersebut adalah kebodohan dan kemiskinan itu sendiri.

Dengan kita rajin dan giat belajar  di sertai semangat juang 45, apapun itu pasti dengan ketekunan dan keuletan akan membuahkan hasil yang maksimal. Sekali lagi, kita harus sangat bersyukur karena kita di lahirkan setelah kemerdekaan. Selain itu Indonesia tercinta ini juga merupakan Negara yang kaya akan isi alamnya, yang bisa kita manfaatkan untuk kehidupan selanjutnya.

Sebagai generasi penerus bangsa, sudah menjadi kewajiban kita membalas jasa jasa mereka (pahlawan kemerdekaan) dengan meneruskan perjuangannya. Salah satu caranya  dengan semangat belajar. Tanamkan mindset (pola pikir) di otak kita bahwa dengan rajin dan giat belajar merupakan bekal yang baik untuk masa depan demi Indonesia yang lebih baik.
Semangat belajar untuk masa depan yang lebih baik. Gambar di pinjam dari sini
Semangat belajar agar sukses di masa depan. Gambar di pinjam dari sini
Jaman modern ini merupakan jaman yang  penuh dengan tekhnologi, contohnya dengan hadirnya internet di tengah tengah kita, yang mampu memberikan dampak positif dalam banyak hal. Misalnya dalam hal ekonomi, seorang Ibu rumah tangga saja bisa berpenghasilan puluhan juta rupiah hanya dengan menggunakan aplikasi perpesanan seperti bbm.

Ibu ibu pengusaha. Gambar dari screenshoot  timeline twitter
Mereka memanfaatkan akun sosial media seperti twitter yang terkoneksi dengan bbm atau nomor ponselnya untuk berbisnis, dan karena keuletanya mereka pun bisa berpenghasilan. Anda bisa lihat sendiri di timeline timeline twitter, ada banyak sekali orang berjualan online, termasuk dari kalangan ibu rumah tangga.

Tanpa meninggalkan anak anak tercintanya ia bisa sambil berbisnis menjual berbagai produk atau menjadi reseller hanya dari genggaman tangan. Tekhnologi informasi seperti internet ini sangat berdampak positif bagi kehidupan ekonomi manusia jika di manfaatkan secara positif pula.

Tekhnologi untuk masa depan yang lebih baik. Gambar di pinjam dari sini
Dengan tekhnologi ini kita akan sangat di mudahkan dalam mencari segala macam informasi yang kita inginkan, kapanpun dan di manapun asalkan koneksi internet bisa di jangkau. Dengan tekhnologi ini pula, kita tidak boleh bermalas malasan untuk belajar, belajar itu tidak harus di bangku sekolah, belajar itu bisa kapan saja dan dimana saja juga bagi siapa saja baik tua atau pun muda, baik kaya ataupun miskin.

Semangat belajar walau tanpa listrik. Gambar di pinjam dari sini
Belajar otodidak atau belajar sendiri. Gambar di pinjam dari sini
Bagi saya pribadi, internet sudah menjadi kebutuhan layaknnya sandang pangan, tanpa internet saya sulit untuk bisa mengetahui berita berita terbaru, info info lomba blog terbaru dan sebagainya. Dulu sebelum saya mengenal internet, saya masih menggunakan buku cetak untuk belajar, namun beruntunglah kini terutama para pelajar karena dengan internet bisa mendapatkan referensi informasi bahan pelajaran dengan mudah.

Hadirnya internet pun kini membuat gaya hidup banyak orang termasuk saya berubah drastis, dengan internet saya bisa belajar bagaimana berjualan namun dengan target market yang lebih luas, tidak hanya di area lokal saja namun nasional (jualan online).

Dengan internet saya bisa mendapatkan penghasilan dari yang seharusnya tidak menjadi iya. Oleh karena itu dengan hadirnya tekhnologi informasi yang satu ini kita harus lebih semangat dalam menggapai cita cita. Apapun informasi yang Anda inginkan, hanya dengan mengetikan jari maka informasi tersebut akan muncul seketika.

Ada banyak para pebisnis sukses karena mengandalkan internet, namun begitu tetap ada pembelajaran khsusus untuk mecapai target yang kita inginkan, maka dari itu kita tidak boleh bermalas malasan, internet hanya sebagai salah satu jalan untuk menunjukan arah kita menggapai tujuan. Bukan malah malas malasan, kita harus tetap semangat belajar untuk menggapai cita cita

Gambar di pinjam dari sini
Semakin berkembangnya tekhnologi, terutama tekhnologi informasi, semakin banyak pula Institusi Institusi pendidikan yang lahir dengan konsentrasi ilmu teknologi informasi seperti Sekolah Tinggi Telematika Telkom (ST3 Telkom) Purwokerto. ST3 Telkom Purwokerto adalah Insitusi pendidikan yang mengajarkan ilmu tekhnologi informasi dari jenjang D3 sampai S1.

Gedung ST3 Telkom Purwokerto. Foto : facebook
ST3 Telkom Purwokerto telah berpengalaman lebih dari 12 tahun dan telah terbukti banyak melahirkan orang orang berkualitas dengan di buktikanya 80% para lulusannya yang telah bekerja sebelum di wisuda.

ST3 Telkom Purwokerto memiliki dosen dan tenaga pengajar berpengalaman di bidangnya, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas. Jadi jika kalian ingin kuliah cepat kerja, ST3 Telkom Purwokerto tempatnya. Berikut alasan mengapa harus kuliah di ST3 Telkom Purwokerto

 Gambar mahasiswa di pinjam dari kampusnya
Bagi Anda yang berprestasi ataupun yang kondisi ekonominya belum mencukupi, ST3 Telkom Purwokerto menyediakan beasiswa kuliah bagi para mahasiswanya pada tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 1.4 Milyar. Maka dari itu jangan sia siakan kesempatan ini, manfaatkan waktu dengan baik untuk menuntut ilmu, karena waktu adalah ilmu dan waktu tak akan pernah kembali walau sedetikpun, selagi Anda masih mampu.

Daftar donatur beasiswa ST3 Telkom Purwokerto. Gambar : Facebook
Siswa penerima beasiswa dari ST3 Telkom Purwokerto. Foto : facebook  
Seperti saya tuliskan pada infografis diatas, ST3 Telkom Purwokerto juga menyediakan info karir atau CDC ( Career Center Development) dimana setelah Anda lulus, Anda akan mudah dan  cepat mendapatkan pekerjaan.

Karir ST3 Telkom Purwokerto. Gambar : facebook
Manfaatkan kesempatan emas ini dengan beasiswa 1.4 milyar dari Perguruan Tinggi  IT Terbaik di Purwokerto ini, untuk menuntut ilmu meneruskan perjuangan pahlawan kemerdekaan, agar Indonesia menjadi Negara yang memiliki masyarakat yang mampu melahirkan ide ide dan inovasi baru, untuk kemajuan Bangsa Indonesia itu sendiri, sekarang dan selanjutnya.

"Saya kan belum tau rute nya jika harus ke Kampus ST3 Telkom Purwokerto, saya dari luar kota  ?"
"Oke, ikuti petunjuk di bawah"

Dengan Pesawat 
A Misal dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, gunakan maskapai penerbangan ke kota Cilacap menggunakan maskapai Susi Air. Jarak dari Bandara Cilacap ke Kota Purwokerto sekitar 30 km, gunakan taksi atau mobil sewa kampus, yang banyak tersedia di bandara.

B. Jika Anda menggunakan pesawat dan turun di Bandara Adi Sucipto Jogjakarta, maka selanjutnya  bisa gunakan transportasi bus atau kereta api lalu turun di Kota Purwokerto.

Dengan Kereta Api.
Jika Anda dari Jakarta atau Surabaya, turun di Stasiun Purwokerto, lalu naik taksi Argo yang selalu stand by di stasiun ke lokasi kampus dengan biaya sekitar 20 ribu rupiah. Atau bisa juga dengan naik angkot dengan kode G1 arah Jl.Gerilya lalu turun di perempatan Karang Bawang, di lanjutkan berjalan kaki sekita 150 meter ke arah kampus.

Dengan Bus
Jika Anda dari arah Surabaya atau Jakarta, naik bus ke arah Kota Purwokerto. Gunakan bus seperti Sinar Jaya, Budiman, Pahala Kencana, Efisiensi, Sumber Alam dll. Jarak dari Terminal Bus Purwokerto ke kampus sekitar 2 kilometer. Atau jika lebih mudah, dari Terminal Bus Purwokerto naik angkot D1 arah JL. D.I Panjaitan lalu turun depan kampus.

Atau lihat peta di bawah :

Denah lokasi Kampus ST3 Telkom Purwokerto. Gambar : facebook
Purwokerto adalah kota besar di Jawa Tengah, semua bus jalur selatan baik dari Surabaya atau Jakarta selalu melewati kota ini.

"Sekarang sudah tau kan kampus ST Telkom Purwokerto ?"
"Sudaaah..."

Kesimpulan dan Penutup
Jika makna sumpah pemuda di jaman terdahulu bertujuan untuk membebaskan Negara kita dari tangan penjajah, maka di era digital ini, makna sumpah pemuda yaitu melanjutkan perjuangan para pemuda pejuang kita dengan semangat dan giat belajar, agar Indonesia menjadi Negara yang maju dan berkembang.

Di tambah lagi dengan hadirnya tekhnologi informasi seperti internet dan Institusi Institusi Pendidikan Teknhnologi Informasi  seperti ST3 Telkom Purwokerto, akan semakin memudahkan kita dalam menggapai cita cita, hingga terciptalah Indonesia yang makmur dan sejahtera.

Itulah sedikit opini pribadi saya tentang makna sumpah pemuda di era digital ini dalam rangka mengikuti lomba blog ST3 Telkom Purwokerto. Like juga fb kampusnya disini. Susi Air dan merk dagang lainya adalah milik masing masing dan tidak mencerminkan promosi apapun. Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua, terutama bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, sekian dan terimakasih.


Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Memaknai Sumpah Pemuda di Era Digital Dengan Semangat Belajar"

  1. Wah lengkap banget artikelnya :) pantes sering menang hehe. Good luck ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, terimakasih. Dengan belajar dan belajar kita pasti bisa cepat sukses

      Hapus
  2. Waah ST3 Telkom ada di Purwokerto juga yaa.
    alternatif bagus yang nih buat lembaga pendidikan di sekitar jawa tengah dan jawa barat timur. sukses lombanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya gak sekolah apalagi kuliah Mbak, cuma pengen saja, nanti kalo menang lomba blog saya pengen kuliah disana, amin amin amin...:-)

      Hapus
  3. teman saya salah satu alumni ST3 Telkom Pwt..sekolah ini memang bagus utk memperdalam ilmu telekomunikasi dan informatika..semoga sukses lombanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ST3 Telkom Purwokerto emang bagus, terlebih ada beasiswa yang gak tanggung tanggung, 1.4 Milyar

      Hapus
  4. thanks for the information and like the blog this website (greetings) .....

    BalasHapus