Tips Menang Lomba Blog

Credit
Artikel blog amir-ilangit kali ini akan membahas tentang tips supaya menang kontes blog, simak baik baik ya.

[1] Jika jalur Anda adalah lomba blog, maka ikutlah lomba blog, jangan sekali kali ikut lomba semi  seo blog yang kriteria penilainya ada termasuk hasil pencarian google, kecuali jika Anda paham ilmu seo. Menurut pengalaman, saya sudah capek capek ikut lomba blog yang menurut infonya tertulis besar besar "BLOG COMPEITION " dan kualitas artikel di utamakan, eh begitu penilaian ternyata lomba seo, katanya "kualitas artikel di utamakan" ternyata itu adalah lomba seo. Masih banyak lomba blog yang kriteria penilainya adalah kualitas, maka dari itu hindari sebisa mungkin lomba blog semi seo jika Anda tidak paham seo.

[2] Baca baca baca baca semua syarat dan ketentuan lomba “secara detail dan rinci” dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Tidak lucu jika sudah capek capek nulis sampe lembur hingga mata seperti mata panda malah kalah gara gara hal yang sangat sepele seperti tidak like fb atau follow twitter penyelengara blog kontes, karena pernah ada kejadian seperti itu. Seharusnya Dia dapat android mahal malah gagal gara gara tidak follow twitter. Waktu itu pada sebuah lomba blog tentang masalah sampah di Jakata

[3] Tema artikel lomba harus sesuai dengan tema yang di berikan. Jangan sampai keluar dari tema lomba, sebagus apapun artikelmu tapi jika keluar dari tema ya sudahlah, kemungkinan besar bisa kalah

[4] Penting, TAG ITU SAMA ARTINYA DENGAN LABEL , camkan baik baik. Tag juga bisa berarti kategori, saya sudah capek capek nulis malah salahh mengartikan kalau tag itu artinya label, kasian banget saya. Jangan sampai salah ya kalau tag itu sama juga dengan label atau kategori. Biasanya pada sebuah lomba blog mengharuskan artikel memberikan tag, jangan di kira tag itu letaknya di dalam artikel, bukan...tapi tag itu label atau kategori, biasanya letaknya di samping atau sidebar, kategori,ok..

[5] Tonjolkan semua keunggulan produk atau jasa.Lomba blog pastinya sang penyelenggara sedang mempromosikan produk atau jasanya, jadi dengan menonjolkan semua keunggulan dan keuntungannya, maka seseorang yang membaca blog anda pada artikel tersebut akan terbujuk hingga akhirnya menggunakan produk atau jasa yang ada apda artikel tersebut. Itulah tujuan di adakanya lomba blog, menjaring pengunjung menjadi pembeli atau pengguna jasa. Dengan menonolkan semua keunggulan dan keuntungannya maka potensi untuk menang akan semakin besar.

[6] Gunakan pengalaman pribadi, foto pribadi, reportase pribadi. Dengan reportase atau laporan milik sendiri, pengunjung akan merasa lebih percaya dengan produk atau jasa yang ada di artikel yang di lombakan, dengan begitu akan menjadi nilai tambah pada penilaian lomba blog oleh juri.

[7] Pengenalan produk di luar company profile adalah nilai tambah, contohnya seperti penggunaan gambar gambar grafis atau video motion grafis. Disini penguasaan software software seperti photoshop atau corel draw untuk edit gambar sangat penting. Dengan pengenalan produk secara grafis buatan sendiri maka akan menambah nilai dalam penjurian blog.Grafis bisa berbentuk paling mudah berupa info grafis atau komik seperti milik Lalu Alfian Ri'fai asal Lombok NTB.

Selain itu web design juga penting untuk mendukung nilai jual produk atau jasa sehingga menambah poin penilaian oleh juri lomba. Ini termasuk baru dalam ilmu kontes blog dan baru beberapa orang saja yang menerapkanya, letaknya berada di samping atau sidebar, namun backrgound ini berbeda di setiap artikel, contohnya seperti milik Rezki Darmawan anak kelas 2 SMAN 1 Kota Kediri Jawa Timur pada artikel Samsung Galxy S6 yang memenangkan android tersebut, atau milik Mas Tomo di artikel tentang Kurio Mobile Apps. Web design sendiri bisa di pelajari dengan bahasa pemrograman HTML dan CSS, Anda bisa belajar sendiri atau kursus untuk bisa memahaminya.

[8] Alur artikel yang mengalir menambah kualitas artikel. Alur artikel sangat penting, dengan alur artikel yang mengalir maka akan membuat enak di baca, ini juga menjadi poin penilaian oleh juri lomba.

[9] Jangan lupa sematkan link yang di wajibkan. Ini yang paling sering di persyaratkan, jangan sampai terlewatkan untuk kata kunci yang di minta untuk di sematkan link. Gunakan shortcut CTRL + F untuk mencari kata kunci yang mungkin belum di kasih link.

[10] Jangan lupa cantumkan sumber jika mengutip. Copas adalah pelanggaran, jika mengutip sumber harap cantumkan sumber. Sumber pun harus terpercaya, misal situs situs portal berita, wikipedia dll. Jangan sembarang ambil sumber karena belum jelas keaslianya.

[11] Tambahkan tips dan trik tentang penggunaan produk atau jasa. Misal Anda sedang mengikuti lomba blog tentang produk otomotif, motor misalnya. Tambahkan juga tips bagaimana menggunakan motor tersebut agar aman seperti menggunakan jaket, helm, SIM dll. Tips ini sukses di terapkan oleh Mbak Arifah Wulansari asal Jogjakarta dalam lomba  blog Honda Vario dan berhasil memenangkan juara 1 dengan hadiah uang senilai Rp 9.000.000,- ngiler kan...bisa buat beli bakwan satu grobak....he he he..

[12] Tambahkan rekomendasi pemasangan aplikasi android jika ada.Jika suatu produk atau jasa memiliki mobile apps seperti android, rekomendasikan pemasangan dan pengulasanya , juga sematkan link menuju aplikasi tersebut. Cara seperti ini sukses saya terapkan dan berhasil mendapatkan juara 2 dalam lomba blog aplikasi wisata lokal.

[13] Lengkapi dengan rumus 5 W + 1 H. 5W + 1 H adalah semua tentang produk atau jasa, yaitu apa, bagaimana, dimana, mengapa dan kapan.Contoh jika Anda mengikuti lomba blog tentang suatu website misal lazada.co.id, maka Anda bisa menuliskan deskripsi "apa itu lazada, mengapa harus lazada, bagaimana membeli di lazada dsb.

[14] Jangan lupa like atau follow socmed produk atau jasa lomba. Seperti yang saya katakan diatas, jangan lupa untuk follow dan like akun socmed produk atau jasa penyelenggara lomba blog, juga sematkan juga link menuju akun socmednya di dalam artikel untuk menambah poin penilaian oleh juri lomba.

[15] Pilah pilahkan dengan poin poin atau kategori dengan huruf tebal. Pilah pilahkan dengan huruf tebal, seperti pada poin 13, cetak tebal atau blok warna agar setiap bagiannya memiliki penjelasan yang terkelompok. Cara ini juga di terapkan pada blognya Rezki Darmawan hampir di setiap artikel yang di lombakan

[16] Buat kalimat penekanan dengan huruf tertanda cetak tebal atau quote. Ya, ini ilmu yang saya dapat dari blognya milik hartomo yang dari 10 x lomba cuma kalah 1 x, hebat sekali pokonya. Dia menggunakan huruf tebal atau penekanan pada kalimat kalimat penting tentang suatu produk. Misal aplikasi kurio di blognya Hartomo, memiliki keunggulan tidak perlu bolak balik mencari informasi, maka ia menuliskannya bisa seperti  ini "idak perlu lagi bolak balik di mesin pencari dengan modal kata kunci demi mendapatkan informasi"

[17] Belajar dan belajar, karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan. Rajin rajinlah membaca artikel pemenang lomba, saran saya bacalah artikel lomba juara 1 2 atau 3 pada lomba blog besar seperti blog detik atau lomba blog dari perusahaan besar yang biasaya pesertanya hingga 700 orang. Dengan belajar dari artikel pemenang yang di saring dari begitu banyak peserta maka artikel tersebut benar benar bagus dan berkualitas untuk di ambil ilmunya.

[18] Jangan mencontek ya, biasanya hasil contekan dengan aslinya itu berbeda, dan jika ketahuan maka kemungkinan besar bisa gagal menjadi juara. Kasian juga yang di contek, sudah capek capek sampai gak tidur bikin artikel malah di contek, huh...pelangagaran itu namannya, kreatif kreatif. 

[19] Share sosial media. Sebarkan artikel Anda ke akun sosial media seperti facebook dan twitter untuk mendapatkan pengunjung. Dengan jumlah share sosial media yang banyak, akan menambah penilaian oleh juri untuk menambah potensi menang lomba. Kalau saya sendiri sukanya pake twitter, buat kata kata yang membujuk orang supaya mau mengklik artikel kita. Lah, follower saya kan sedikit ? gampang, beli saja follower aktif, 25 rb dapat 250 follower, 100rb dapat 1000 follower, cukup untuk menjadikan mereka pembaca blog kita. Ada banyak sekali penjual follower di internet, tinggal pilih saja. Selain itu saling berkunjung dan kasih komentar ke blog peserta lain juga disarankan, tapi ya itu tadi, jangan mencontek ya, nanti kalo ketahuan bisa di DO...kalah...kasian.

[20] Jika penyelenggara blog adalah sebuah provider telekomunikasi misalnya Simpati, XL, Indosat, maka jika pada formulir pendaftaran di persyaratkan menyertakan no hp, gunakan nomor dari provider tersebut karena akan menambah penilaian oleh juri, dengan begitu kemungkinan menang akan semakin besar.
Bagi Anda pejuang lomba blog, kunjungi master winner blog contest asal kota Bogor yang sekaligus memiliki predikat Srikandi Blogger yaitu Mbak Murtiyarini pada blognya asacinta.blogspot.co.id, dia adalah seorang PNS staff IPB (Institut Pertanian Bogor) yang tidak hanya berkali kali menang lomba, tapi RATUSAN X MENANG LOMBA BLOG. Lihat prestasinya di sini
Ada banyak sekali prestasi yang ia dapatkan dari hobi menulisnya, bagi Anda pejuang lomba blog, silahkan pelajari artikel artikelnya supaya bisa belajar darinya untuk bisa menang.

Itu saja yang bisa saya bagikan, walaupun sederhana tapi itu berdasarkan pengalaman pribadi saya yang selalu saja kalah bertahun tahun. Tapi setelahnya akhirnya saya bisa menang walau cuma juara 2, 3, 3 dan favorit. Semoga tips ini membantu.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tips Menang Lomba Blog"

  1. Wahhh keren.. Sering menang lomba ngeblog ya mas? Cool tips! ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak kok, pengenya sih, masih sering kalah, sering banget malah, cuma saya gak mau menyerah saja, pantang menyerah. Btw terimakasih ya dah berkunjung ke blog saya...:-)

      Hapus
  2. Hmmm trima kasih mas tipsnya, cukup bermanfaat bagi newbie seperti saya. Kebetulan saya juga sedang mengikuti lomba blog, mungkin mas mau berkunjung ke blog saya untuk memberikan kripik pedasnya. :) Btw semoga sukses selalu dan tetap semangat mas ngeblognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok terimakasih, semangat terus ya

      Hapus