Ku Pilih Smartfren Untuk Internet Cepat di Daerah Pelosok #goforit

Hai teman teman, apa kabar , semoga dalam keadaan sehat selalu ya… amin. Blog amir-silangit kali ini akan membahas tentang kecanggihan tekhnologi modern yang bernama internet dari vendor ternama yaitu smartfren yang kini hadir dengan tekngnologi  Smartfren 4G LTE Advanced nya. Namun sebelumnya lihat percakapan di bawah antara Elma dan teman temanya soal penggunaan smartphone dari smartfren di daerah pelosok.



Dari percakapan diatas, kita bisa tahu bahwa internet cepat bisa kita dapatkan dari produk smartfren dengan sinyalnya yang kuat. Dan bicara soal internet, Internet sekarang bisa di bilang sudah menjadi kebutuhan  pokok hampir setiap orang, bagi saya sendiri, internet hukumnya wajib karena tanpa internet saya sulit untuk  bisa menyebarluaskan bisnis saya. Paling tidak dalam 1 bulan saya harus memaket internet smartfren Rp 50.000,-. Untuk harga tersebut saya mendapatkan kuota 2,3 GB untuk smartphone andromax keluaran pertama  yang saya miliki.
Saya tinggal di daerah pelosok desa di kota kebumen utara yang di apit gunung gunung dan bukit, rumah saya di bagian paling utara dan ke utaranya lagi sudah tidak ada rumah lagi, jadi kampung saya ibarat cekungan, namun sinyal smartfren begitu kuat sehingga saya memilih smartfren untuk akses internet  yang  terbukti koneksinya begitu cepat karena sinyalnya yang kuat hingga teman teman saya banyak yang beralih ke smartfren



Kembali lagi ke soal paket internet, bagi saya harga paket tersebut cukup terjangkau, apalagi kuotanya kini bertambah dari yang dulu  1,75 GB menjadi 2,3 GB. Di akhir bulan biasanya kuotanya habis pas tanggal jatuh tempo atau kadang kurang 1 atau 2 hari tergantung pemakaian.  Karena sekarang kuota bertambah jadi sampai akhir bulan kuota bisa lebih sehingga saya bisa lebih bebas berinternetan seperti memutar youtube, bbm man, fb, twitter, browsing dan yang pasti saya bisa nyaman berbisnis online.  Cara daftarnya cukup mudah, ketik Internet [spasi] vol50rb. Contoh : Internet vol50rb kirim ke 123, mudah banget

Keunggulan smartfren secara umum
Ada banyak keunggulan yang di miliki oleh produk smartfren secara umum, lihat gambar di bawah


Penjelasan keunggulan smartfren secara umum :
[1] Sinyal kuat hingga ke pelosok negri.
Seperti yang diatas kita bicarakan,  saya menggunakan produk smartfren karena saya tinggal di kampung pelosok yang di apit bukit bukit dan gunung gunung sehingga sinyal sulit masuk, namun begitu saya butuh akses internet cepat untuk mendukung aktifitas online saya. Selain untuk update blog, internet sangat saya butuhkan untuk mencari rejeki yaitu berjualan online produk kerajinan tangan kreasi saya sendiri. Saya beruntung karena ada smartfren yang hadir di tengah tengah kita dengan sinyalnya yang kuat dan internetnya yang cepat walau di daerah pelosok sekalipun seperti di di tempat saya tinggal.  Jika tanpa smartfren, mungkin usaha saya sampai saat ini belum mengalami kemajuan.  Dengan smartfren, pemasukan saya dari berjualan online menjadi lebih. Jika di pelosok saja sinyalnya sudah kuat berarti di daerah perkotaan lebih bagus lagi dong, pastinya.
"Di tempat saya tinggal, sekuat kuatnya sinyal GSM masih lebih kuat sinyal CDMA smartfren, jika sinyal GSM masih bisa menangkap 1 bar, maka sinyal smartfren lebih, jika sinyal GSM hilang, maka sinyal smartfren masih tetap ada".
[2] Internet cepat dengan tekhnologi komunikasi terbarunya Smartfren 4G LTE Advanced.
Smartfren kini hadir dengan tekhnologi baru bernama smartfren 4G LTE Advanced, yaitu tekhnologi yang melebihi dari sekedar 4G LTE yang  memungkinkan pelanggan bisa menikmati layanan 4G LTE lebih optimal dengan cakupan yang lebih luas (FDD/Frequency Division Duplex) dan kapasitas bandwidth (TDD/Time Division Duplex) yang lebih besar di bandingkan operator lain. Menjadikan kecepatan dari layanan smartfren 4G LTE advanced ini lebih cepat dan cakupan pun lebih luas namun lebih stabil. 4G LTE adalah generasi ke empat dari tekhnologi komunikasi mobile internet yang kini bisa di nikmati dari produk smartfren terbaru. Tekhnologi ini mampu membuat koneksi internet menjadi lebih cepat hingga 40 Mbps.

[3] Harga produk terjangkau.
Di bandingkan dengan produk lain terutama untuk jenis smartphone yang paling popular saat ini, produk produk smartfren memiliki harga yang cukup bersahabat namun dengan kualitas, fitur, desain yang tak kalah dengan produk lain. Untuk tipe android C3 saja dengan android kit katnya, harganya cuma Rp 500 ribuan bahkan kurang, sementara yang paling tinggi hanya sekitar 2 jutaan, sehingga bisa di jangkau untuk kalangan menengah ke bawah

[4] Desain dan fitur canggih.
Saya ambil contoh lain yaitu andromax C2 keluaran pertama seperti milik saya, dengan layar berukuran 4 inch dan desain sudut kotaknya yang terlihat menarik, membuat smartphone yang satu ini begitu mudah di genggam. Juga yang paling saya suka yaitu pada bagian atasnya (penutup mesin) terbuat dari logam, sehingga menjadi lebih kuat terhadap goncangan dan benturan. Selain itu dengan balutan warna putihnya menjadikan smartphone yang satu ini terlihat lebih menarik. Juga fitur dolby digital nya membuat kualitas suara saat bermain music menjadi lebih bagus.





[5] Inovasi.
Untuk urusan inovasi, smartfren selalu berupaya memberikan yang terbaik dengan selalu menghadirkan produk produk baru, fitur fitur baru dan tekhnologi tekhnologi baru, terbukti dengan hadirnya tekngnologi Smartfren 4G LTE Advanced lengkap dengan gadgetnya seperti yang sedang kita bicarakan ini. Kedepan smartfren akan selalu berusaha memberikan pengalaman pengalaman baru untuk para konsumen semua dengan menghadirkan teknologi tekhnologi dan inovasi terbarunya.

[6] Kualitas
Sedangkan untuk urusan kualitas, smartfren juga selalu berupaya memberikan yang terbaik dengan selalu menghadirkan produk produk berkualitas. Semua itu di lakukan juga demi kepuasan konsumen. Terbukti  dengan penghargaan yang di raihnya seperti di tahun 2013 lalu dalam ajang Indonesia Selular Show yang di selenggarakan oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia bekerja sama dengan Dyandra Promosindo, smartfren meraih penghargaan  Indonesian Cellular Award  (ICA ) 2013 untuk kategori Best CDMA Phone untuk Andromax U dan Best CDMA Operator


Sumber gambar di pinjam dari http://forum.detik.com
Lebih Cepat Dengan Tekhnologi Smartfren 4G LTE advanced


Smartfren 4G LTE Advanced adalah generasi ke empat  jaringan internet di mana kecepatan menjadi lebih tinggi serta jangkauan yang lebih luas dan stabil. Keunggulan utama dari generasi  ini adalah kecepatannya, dimana jika pada jaringan 3G kecepatan rata ratanya berkisar 1-3 Mbps, maka pada generasi ini kecepatan rata ratanya berkisar 12 sampai 40 Mbps.

Seperti yang sudah saya singgung diatas, dua tekhnologi terbarunya yaitu  FDD (Frequency Divison Duplex) yang berjalan diatas spectrum 850 MHz, berfungsi untuk menjangkau seluruh pengguna secara lebih luas di pelosok tanah air. Sedangkan teknologi TDD (Time Division Duplex) yang berjalan diatas spectrum 2.300 MHz berfungsi untuk koneksi yang lebih cepat karena kapasitas downlinknya lebih besar. Akses internet akan menjadi lebih cepat seperti menonton video hingga tanpa buffering, download file file besar, upload dan lain sebagainya bisa di lakukan dengan sangat cepat. Sumber (tekno.liputan6.com)

Jangkauan area Smartfren 4G LTE Advanced tersebar hingga ke pelosok daerah, kira kiranya bisa di lihat lihat pada tanda kuning pada gambar di bawah. Selengkapnya untuk jangkauan bisa di cek di coverage area 4G  website smartfren, cek tanda centang 4G untuk melihat areanya. Dengan jangkauan yang lebih luas, lebih banyak masyarakat yang bisa menikmati layanan intenret cepat ini, dengan begitu potensi meningkatnya produktifitas masyarakat akan meningkat.


Dan sekarang mari kita lihat bukti test drive jaringan Smartfren 4G LTE Advanced yang di lakukan di beberapa kota di Indonesia.

Test drive di kota Denpasar Bali, kecepatan mencapai 49 Mbps, sumber inet.detik.com

Test drive di kota Yogyakarta, kecepatan mencapai 28 Mbps, sumber taktiktop.com 
Test  drive di kota Malang,  kecepatan mencapai 10 Mbps,sumber liputan6.com

Test drive di kota Solo, kecepatan mencapai  14 sampai 37 Mbps, sumber dsukmana.wordpress.com

Test drive di kota Surabaya, kecepatan mencapai..sumber tekno.liputan6.com

Test drive di kota Bandung, kecepatan mencapai 13 Mbps sumber selular.id


Test drive di kota Semarang, kecepatan mencapai 26 Mbps.sumber inet.detik.com
Dan di bawah ini adalah test drive jaringan 4G LTE di  kampung saya Kebumen Utara dengan Andromax Ec yang kebetulan ada tetangga saya yang memilikinya.


Memang benar, kecepatanya tak bisa di ragukan lagi. Saya juga tak menyangka, di daerah pelosok yang terapi bukit bukit dan gunung sinyal 4G LTE tetap bisa masuk. Untuk level 1 bar saja kecepatanya 1,59 Mbps. Saya coba untuk mendownload file berukuran 15 MB dan hanya butuh waktu sekitar 1 menit. Kata tetangga saya, jika sinyalnya pada level full seperti di alun alun kecamatan, untuk mendownload file berukuran 50 MB di jaringan 4G LTE hanya butuh waktu 30 detik, cepat banget pokonya.

Keunggulan lain dari tekhnologi ini yaitu, walaupun sudah menggunakan tekhnologi tinggi sehingga akses internet menjadi lebih cepat, namun tarif akses internet tetap murah seperti tarif sebelumnya, bahkan akan di tambah bonus bonus menarik seperti tambahan kuota dan lain lain. Dan juga harga smartphone yang terjangkau merupakan keuntungan tersendiri bargi para penggunanya.Sumber (tekno.liputan6.com)

Bebas internetan dengan paket smartplan limitless 4G LTE
Disamping smartphone dan perangkat MiFi andromax 4G LTE terbarunya, smartfren juga melengkapi paket internetnya dengan paket yang bernama smartplan limitless lho..dengan paket ini Anda bisa bebas internetan walaupun kuota sudah habis.

Lho, kok bisa ? Bisa dong, jadi dengan paket smartplan limitless ini, Anda bisa bebas berinternetan walaupun kuotanya sudah habis sampai masa akhir berlaku paket 4G LTE Anda, kecepatan pun bisa di atur sendiri. Caranya cukup mudah, pembelian bisa di lakukan via aplikasi MySmartfren atau melalui website my.smartfren.com. Dibawah adalah cara pembelian paket melalui aplikasi android MySmartfren

Caranya :
1 Masuk ke aplikasi My Smartfren
2 Pilih menu Package
3 Pilih paket yang di inginkan atau tekan tombol “rekomendasi” jika ingin membeli paket yang di rekomendasikan oleh smartfren
4 Atur kuota sesuai kebutuhan , setelah selesai klik tombol Buy
5 Akan muncul halaman konfirmasi
6 Setelah itu akan muncul notifikasi pembelian sukses

Menarik sekali bukan, sudah harga gadget terjangkau, sinyal kuat sampai ke pelosok daerah, kecepatan pun super ngebut di tambah lagi kita bisa bebas berinternetan walaupun kuota sudah habis dengan paket smartplan limitless 4G LTE. Harga yang di tawrkan mulai dari 50 ribu rupiah untuk 1 GB, 60 ribu rupiah untuk 2 GB ++ seperti terlihat pada tabel di bawah :



Produk Produk Smartfren Dengan Tekhnologi 4G LTE Advanced
Dan sekarang, yuk kita lihat produk produk smartfren dengan generasi  smarfren 4G LTE Advancednya, ada 5 seri smartphone andromax serta 3 perangkat MiFi yang juga sudah mengusung generasi  tersebut, lihat gambar di bawah

1. Andromax R


Fitur unggulan dari Smartfren  4G LTE Advanced Andromax R :

Sistem Operasi : Android Lollipop  5. Yaitu sistem operasi yang terupgrade dari versi sebelumnya yang memiliki kinerja lebih baik. Sistem android lollipop yang tertanam di andromax R ini di klaim lebih menghemat baterai hingga 90 menit. Selain itu juga tampilan antar muka yang lebih responsif terhadap sentuhan dan suara, security atau keamanan juga lebih terjaga, terdapat juga pengaturan notifikasi dan banyak keunggulan lainya dari sistem operasi terbaru ini.Sumber (tekno.kompas.com)

Layar : Untuk yang suka bermain game dan nonton video, andromax R ini memiliki layar 5 inch dengan resolusi HD IPS OGS untuk kualitas grafis yang lebih baik, sehingga mampu memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan, juga material dragon trail glass yang mampu menjaga layar tahan terhadap benturan dan sekaligus memiliki fitur anti gores sehingga anda tak perlu lagi membeli anti gores, membuat andromax R ini menjadi lebih kokoh.

Kamera : Dengan kamera 8 mega pikselnya di bagian belakang, serta 5 mega pikselnya di bagian depan, lengkap dengan flashnya, sangat cocok untuk mengabadikan moment moment istimewa ataupun berselfie selfie ria dengan kualitas gambar yang lebih jelas.

Prosesor : Untuk prosesor, andromax R ini di bekali prosesor Cortex A53, Snapdragon 410, RAM 1 GB, Quad Core 1.2 GHz, yang mampu memberikan pengalaman multitasking, internet, permainan, menonton film dengan baik.

Sound : Tekhnologi  Dolby Digital Plus yang tertanam pada smartphone ini, mampu memberikan kualitas suara yang lebih baik, menjadikan aktifitas bermain music yang lebih menyenangkan.

Kartu SIM : Dengan fitur dual sim CDMA dan GSM,  memberikan kemudahan tersendiri untuk berkomunikasi dengan teman atau sauadara kita.

Baterai : Dengan kapasitas baterai 2200 Mah, cukup untuk menyimpan daya baterai lebih lama sehingga membuat awet dalam pemakaianya.

Harga : Untuk fitur secanggih ini, Andromax R hanya di banderol seharga Rp 1.599.000,-. Cukup terjangkau di banding smartphone lain dikelasnya.
Menurut sumbernya di teknologi.metrotvnews.com, yang paling mengejutkan dari andromax R ini yaitu bobotnya yang ringan, padahal dimensinya besar. Selain itu lapisan pinggiran bodi yang berwarna emas, membawa kesan mewah dan elegan. Bagian penutupnya pun di lapisi dengan lapisan dof, sehingga tidak licin jika di pegang.
2. Andromax Qi


Fitur unggulan dari Smartfren  4G LTE Advanced Andromax Qi :

Sistem Operasi : Android Lollipop  5

Layar : Dengan layar TFT LCD berukuran  4.5 inch ini, mampu memberikan kenyamanan tersendiri untuk bermain game, browsing internet, menonton video dengan kualitas gambar dan warna yang bagus

Kamera : Dengan dual kamera yang di milikinya, 5 MP di bagian belakang dan 2 MP di bagian depan, lebih asik untuk berselfie selfie ria ataupun mengabadikan gambar gambar menarik dengan kualitas gambar yang jernih. Di lengkapi juga dengan fitur face detection yang berfungsi memudahkan kita dalam mengambil gambar saat menjepret objek foto.

Prosesor : Untuk prosesor, andromax Qi  ini di bekali prosesor Cortex A53, Snapdragon 410, RAM 1 GB, Quad Core 1.2 GHz dengan dukungan pengolah grafis andreno 306, mampu memberikan tampilan dan kinerja yang lebih baik serta halus saat browsing, chatting, bermain game dan menonton film dengan baik.

Sound : Sama dengan andromax R diatas, tekhnologi  Dolby Digital Plus juga tertanam pada smartphone ini yang mampu memberikan kualitas suara yang lebih baik, menjadikan aktifitas bermain music  yang lebih menyenangkan.

Kartu SIM : Dengan fitur dual sim CDMA dan GSM,  memberikan kemudahan tersendiri untuk berkomunikasi dengan teman atau sauadara kita.

Baterai : Dengan kapasitas baterai 2000 Mah, cukup untuk menyimpan daya baterai sehingga lebih awet pemakaianya.

Harga : Rp 1.299.000,-
Menurut sumbernya di teknologi.metrotvnews.com, ponsel ini cukup bagus karena  memiliki desain cukup unik dengan penutup bagian luarnya yang halus dan bergelombang sehingga tidak licin saat di pegang, performa lumayan, juga merupakan salah satu ponsel 4G LTE termurah dan baterai cukup bagus di kelasnya.
3. Andromax Q

Fitur unggulan dari Smartfren  4G LTE Advanced Andromax Q :

Sistem Operasi : Cyanogen Os  12, yaitu system operasi hasil pengembangan dari android lollipop 5, dimana pada OS ini terdapat  fitur themes bawaan (Cyanogen Themes ). Dengan fitur themes cyanogen ini kita bisa mempermudah lebih dari sekedar tampilan huruf dan wallpaper, namun juga bisa mengganti icon hingga animasi. Wah, bikin penasaran juga rasanya dengan andromax tipe ini.
Fitur unik lainya dari bawaan system operasi ini yaitu Cyanogen Improve Security,  yaitu fitur pin  yang di gunakan untuk mengunci andromax, dimana letak angka sulit untuk di tandai orang melalui gerakannya karena angka selalu berubah ubah letaknya. Contoh, jika pin yang kita kasih adalah 12345, jika orang memperhatikan gerakan tangan kita sesuai letak urutan angka secara normal maka bisa di tandai dan di ketahui, namun dengan fitur unik ini, letak angka akan berubah ubah ubah, angka 1 bisa berposisi di angka 6 pada posisi normal, angka 2 bisa berposisi di angka 7 pada posisi normal dan lain sebagainya.
Layar : Dengan layar TFT LCD berukuran  4.5 inch ini, mampu memberikan kenyamanan tersendiri untuk bermain game, browsing internet, menonton video dengan kualitas gambar dan warna yang bagus

Kamera : Dengan dual kamera yang di milikinya, 5 MP di bagian belakang dan 2 MP di bagian depan, lebih asik untuk berselfie selfie ria ataupun mengabadikan gambar gambar menarik dengan kualitas gambar yang jernih. Di lengkapi juga dengan fitur face detection sehingga memudahkan kita dalam mengambil gambar saat menjepret objek foto.

Prosesor : Untuk prosesor, andromax Qi  ini di bekali prosesor Cortex A53, Snapdragon 410, RAM 1 GB, Quad Core 1.2 GHz dengan dukungan pengolah grafis Adreno 306, mampu memberikan pengalaman multitasking, internet, permainan, menonton film dengan baik.

Sound : Dengan fitur sound audiofx yang di miliki smartphone ini, mampu memberikan pengalaman mendengarkan music dengan sangat baik terlebih jika menggunakan headset. Dengan kualitas hingga 24 bit High Res Losless Audio di tambah dengan adanya efek Bass Boss, Surround, Reverb dan 13 konfigurasi lain yang dapat diatur sesuai keinginan, membuat aktifitas bermain music menjadi lebih seru dan menyenangkan

Kartu SIM : Dengan fitur dual sim CDMA dan GSM,  memberikan kemudahan tersendiri untuk berkomunikasi dengan teman atau sauadara kita.

Baterai : Dengan kapasitas baterai 2000 Mah, cukup untuk menyimpan daya baterai sehingga lebih awet pemakaianya.

Harga : Rp 1.299.000,-

4. Andromax Es


Fitur unggulan dari Smartfren  4G LTE Advanced Andromax Es :
Sistem Operasi : Android Lollipop  5

Layar : Dengan layar berukuran  4 inch WVGA ini, mampu memberikan pengalaman visual yang tajam. Navigasi diatas layar memiliki respon hingga 5 titik sentuh secara bersamaan  terasa lancar tanpa hambatan.

Kamera : Dengan dual kamera yang di milikinya, 5 MP di bagian belakang  dan 5 MP di bagian depan, lebih asik untuk berselfie selfie ria ataupun mengabadikan gambar gambar menarik dengan kualitas gambar yang jernih.

Prosesor : Untuk prosesor, andromax Qi  ini di bekali prosesor Cortex A53, Snapdragon 410, RAM 1 GB, Quad Core 1.2 GHz ini, mampu memberikan pengalaman multitasking, internet, permainan, menonton film dengan baik.

Sound : Tekhnologi  Dolby Digital Plus (Es)  juga tertanam pada smartphone ini, yang mampu memberikan kualitas suara yang lebih baik, menjadikan aktifitas bermain music  yang lebih menyenangkan.

Kartu SIM : Dengan fitur dual sim CDMA dan GSM,  memberikan kemudahan tersendiri untuk berkomunikasi dengan teman atau sauadara kita.

Baterai : Dengan kapasitas baterai 1500 Mah, cukup untuk menyimpan daya baterai sehingga lebih awet pemakaianya.

Harga : Rp 999.000,-
Yang menarik dari andromax Es ini yaitu kamera 5 mega pikselnya baik depan ataupun belakang yang pas sekali untuk berfoto foto atau berselfie ria. Juga harganya yang terbilang terjangkau di kelasnya, membuat smartphone yang satu ini bisa di jangkau oleh kalangan menengah ke bawah
5. Andromax Ec


Fitur fitur diandromax Ec ini hampir sama dengan type Es, pada tipe ini memiliki sedikit perbedaan yaitu pada fitur sound, jika pada andromax Es menggunakan Dolby Digital Plus (Es) maka pada tipe ini menggunakan  DTS Sound yang pastinya membuat pengalaman bemain musik menjadi lebih asik.
Menurut sumbernya Haybat.wordpress.com di ponsel ini memiliki banyak keunggulan seperti
1 Build quality cukup bagus.
2 Penerimaan sinyal kuat (Cellular, Wlan, Bluetooth).
3 Capacitive key memiliki backlight.
4 Lock GPS cepat dan akurat.
5 Kamera sekunder memiliki flash dan wide angle.
6 Kamera utama dan kamera sekunder sama-sama 5 MP.
7 Speaker jelas, dan ada teknologi DTS Sound.
Dengan harga Rp 999.000,- sangat terjangkau untuk fitur secanggih ini di kelasnya
Selain dari gadget smatphone diatas, tekhnologi 4G LTE Smartfren juga hadir pada mobile wifi (MiFi) smartfren, yaitu sejenis modem WiFi dengan tekhnologi smartfren 4G LTE Advanced yang berfungsi untuk berbagi internet dengan jaringan 4G LTE. Dapat di koneksikan dengan perangkat PC, Smartphone, Tablet dan perangkat yang mendukung wifi lainya hingga 32 koneksi. Pemakaian pun hingga 10 jam standby, menjadikan aktifitas berinternetan lebih lama dan menyenangkan.
 

Dan kecepatanya pun tak kalah menarik, di bawah adalah screenshot speed internet yang di hasilkan dari salah satu MiFi jenis M2P diatas yang di pinjam dari sumbernya nicois.me


Itulah perangkat perangkat smartfren dengan tekhnologi smartfren 4G LTE Advancednya untuk menghasilkan akses internet menjadi lebih cepat.  Dari semua keunggulan smartfren diatas,  tidak ragu lagi jika kita memilih produk produk dari smartfren untuk mendukung aktifitas mobilitas sehari hari.

Tips menjaga smartphone agar tetap awet
Agar smartphone kita tetap awet, perawatan baik luar (hardware) maupun dalam (software) di perlukan, berikut adalah tips sederhana dari saya untuk menjaga smartphone kita agar tetap awet.

Luar (body)
[1] Gunakan casing hp atau flip cover untuk mengurangi resiko cacat apabila terjadi benturan seperti terjatuh atau hal lain, dan juga untuk melindungi layar agar tetap aman.

[2] Pada layar, gunakan screen ptotector agar layar smartphone  kita selalu terlindungi dan tidak tergores membekas. Jangan gunakan kuku untuk menyentuh layar agar tidak membekas.

[3] Jangan menaruh smartphone   kita di dalam saku baju karena bisa terjatuh, juga di saku celana karena dapat mengakibatkan kerusakan pada layar. Smartphone yang di masukan kedalam saku celana akan beresiko kerusakan karena tertekuk kesana kemari saat kita ingin duduk, berdiri atau gerakan gerakan lain  yang beresiko dapat merusak layar smartphone .

[4] Jangan lupa istirahkan smartphone kita setelah lama di gunakan, missal untuk akses internet berjam jam yang dapat mengakibatkan baterai atau mesin panas. Istirahatkan sejenak agar baterai dan mesin tetap awet.

[5] Gunakan charger  asli atau yang sesuai (kompatibel) dengan merk smarthone agar baterai dan mesin tetap awet.

[6] Hindari smarthone jangan sampai terkena air karena dapat mengakibatkan kerusakan, jika terkena air, segera bongkar dan keringkan untuk menghilangkan air yang masuk. Hindari menghidupkannya secara langsung jika sudah terlanjur terkena air. Jika terjadi kerusakan, segera bawa ke service center terdekat.

Dalam (software)
[1] Hilangkan/uninstall aplikasi aplikasi yang kurang perlu yang dapat memberatkan smarthpone, rajinlah juga untuk membersihkan ram dengan pembersih ram yang bisa di unduh di playstore.

[2] Untuk pengguna yang belum berpenglaman, hati hati jika menghubungkan smarthone dengan PC komputer. Kesalahan pengkoneksian dapat mengakibatkan kerusakan system pada smartphone.

[3] Untuk sd card atau memori, copot atau hapus file file atau gambar gambar yang kurang perlu,  karena dapat membuat smarthone menjadi lelet

[4] Pasang antivirus agar sistem tetap aman
 Sekiranya itu saja tips yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat buat kita semua.
Rekomendasi rating app mobile smartfren
Sebagai warga Negara yang baik, mari kita dukung pihak smartfren dengan cara mendownload aplikasi aplikasi android smartfren di playstore seperti yang utama yaitu aplikasi android 4G LTE Education dan aplikasi android MySmartfren untuk mendaftar paket internet smartplan limitlessnya. Berikan juga support dalam bentuk rating dan ulasan agar pihak smartfren tetap terus semangat berkarya dalam berinovasi demi terciptanya Indonesia yang produktif, cerdas dan sejahtera.


Sebagai contoh, saya mendownload, merangking dan memberikan ulasan untuk aplikasi android 4G LTE Smartfren dan aplikasi MySmartfren di playstore sebagai bentuk dukungan saya terhadap smartfren agar semakin semangat dalam menghasilkan karya karya dan inovasi terbarunya di masa depan.



Kesimpulan dan penutup
Dengan berbagai keunggulan seperti yang paling utama yaitu sinyalnya yang kuat dan internetnya yang cepat bahkan di daerah pelosok sekalipun, desain, harga yang terjangkau serta fitur fitur canggih yang di milikinya, maka tidak heran jika saya sebut bahwa smartfren adalalah produk telekomunikasi terbaik pilihan masyarakat Indonesia.
Karena smartfren, kita tidak perlu ragu lagi saat ingin membeli atau memiliki smartphone berkualitas namun dengan harga terjangkau, terutama untuk masyarakat yang tinggal di daerah pelosok pedesaan seperti saya. Pastinya  kita juga tidak ingin  menyesal  belakangan gara gara smartphone yang kita beli tidak peka terhadap sinyal. Jangan sampai uang yang kita keluarkan sia sia hanya karena jaringan atau sinyalnya yang begitu sulit dan peka terhadap smartphone yang kita miliki. 
Setelah saya coba bolak balik dan melihat lihat website smartfren, saya ada sedikit masukan yang mungkin saja berguna. Ini tentang fitur kemanan yang umumnya di gunakan pada situs situs belanja online atau e-commerce untuk melindungi data para pelanggan agar terhindar dari tindak kriminal atau pencurian akun, namun belum di miliki oleh smartfren.

Website smartfren dengan koneksi belum aman
Walaupun smartfren bukanlah website e-commerce, namun untuk jaminan keamanan dan kepercayaan pelanggan sangat di butuhkan demi kelancaran bisnis smartfren kedepan. 

Screenshot Sertifikat aman SSL

Saran saya, dengan memasang sertifikat SSL (Secure Socket Layers) yang bisa di akses melalui protokol https pada website smartfren, maka website akan terlindugi dari tindak kriminal online yang di lakukan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu juga untuk menjaga kepercayaan para pelanggan terhadap pihak smartfren. Simbol aman bisa di lihat dengan ikon gembok kecil jika kita mengarahkan kursor ke pojok kiri atas dan muncul tulisan "secure connection" yang artinya koneksi aman. Dengan begitu maka website smartfren akan terlindungi dan tetap bisa menjaga kepercayaan pelangan

Akhir kata, semoga tulisan ini bisa menjadi menjadi referensi bagi kita semua untuk memilih produk telekomunikasi terbaik dengan kualitas tinggi namun dengan harga terjangkau. Jangan lupa untuk update seputar info terbaru dari smartfren dan blogdetik dengan follow twitter dan like facebooknya.

A Fb smartfren di https://www.facebook.com/smartfren, twitter smartfren di @smartfrenworld dan @smartfrencare
B Fb blogdetik di  https://www.facebook.com/blogdetik dan twitter blogdetik di @blogdetik

Sumber referensi artikel dan gambar :
[1] Pribadi
[2] www.smartfren.com
[3] Aplikasi aplikasi android smartfren 
[4] Sumber gambar tokoh kartun dan rumput oleh freepik.com
[5] Dan sumber sumber lain yang sudah saya sebutkan diatas

Subscribe to receive free email updates:

30 Responses to "Ku Pilih Smartfren Untuk Internet Cepat di Daerah Pelosok #goforit"

  1. berapa hari ini buatnya om, lengkap benar, semoga menang lomba blognya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyambi sih Gan, jadi kalo ada sela, jika di total waktunya bisa 1 minggu lebih, maklum masih amatiran. Terimakasih telah berkunjung, Semoga Agan juga beruntung

      Hapus
    2. Terimakasih Bang, sukses untuk Anda juga

      Hapus
  2. lengkap bener, semoga menang gan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, semoga Agan juga beruntung, terimakasih telah berkunjung ke blog saya :-)

      Hapus
  3. wahh kerenn tulisannya, mudah-mudahan menang :)

    BalasHapus
  4. Lengkap ulasannya Mas Amir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang, trimakasih dah berkunjung ke blog saya :-)

      Hapus
  5. Balasan
    1. Iya Bang, lagi semangat semangatnya nih, terimakasih ya dah berkunjung ke blog saya :-)

      Hapus
  6. wah, penjelasannya lumayan panjang banget ya sob,, semoga sukses di lombanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, lagi semangat semangatnya nih Mas, amin banget kalau menang :-)

      Hapus
  7. mantap gan, smartfren memang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang, di tempat saya walaupun pelosok tapi sinyalnya kuat, internetnya jadi cepat. Terimakasih dah berkunjung

      Hapus
  8. Balasan
    1. Iya nih, thks support dan kunjunganya :-)

      Hapus
  9. banyak ngets, good luck! ^_^)9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, agak lama bikinya, terimakasih dah berkunjung ke blog saya :-)

      Hapus
  10. keren, good luck, semoga menang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjunganya :-)

      Hapus
  11. Lengkap abies gan. Semoga menang ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin amin amin, terimakasih Gan dah berkunjung :-)

      Hapus
  12. Lengkap banget gan, mampir tempatku doong...

    http://www.rephiandhi.com/2015/09/smartfren-4g-lte-advanced-Internet-cepat-goforit.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya Mase juga bagus kok, pake pengalaman pribadi lagi. Langsung meluncur ke TKP

      Hapus
  13. Wah sama saya juga ngikutan lomba blog ini, penjelasannya cukup detail mas. Semoga bisa menang ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum beruntung Mas, gara gara ada sedikit persyaratan yang belum di penuhi, ga apa apa sih buat pelajaran

      Hapus
  14. Wah maaf baru berkunjung gan.lagi sibuk soalnya.gmn hasilnya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum beruntung Mas, gara gara ada sedikit persyaratan yang belum di penuhi, ga apa apa sih buat pelajaran...

      Hapus