Indahnya Pantai Suwuk Kebumen

Sebelum saya bercerita tentang liburan saya, saya ingin merekomendasikan untuk kalian semua tentang aplikasi wisata lokal sebagai referensi pencarian tempat wisata agar mencari tempat wisata bisa di lakukan dengan mudah hanya dari genggaman tangan.

Gbr 1. Tampilan awal aplikasi wisata lokal

Download aplikasinya di android, windows dan iOS. Namun untuk iOS masih dalam tahap pengembangan. Berhubung saya menggunakan android, maka gambar di bawah adalah cara mendownload khusus untuk pengguna android ya ? 

Gbr 2. Cara mendownload aplikasi wisata lokal di android
Cara mendownloadnya ikuti perintah berikut :
Langkah 1 : Cari logo Play Store di smartphonemu, lalu pilih sampai masuk ke Play Store.
Langkah 2 : Ketikan kata kunci “wisata lokal” tanpa tanda petik lalu cari.
Langkah 3 : Kalau sudah muncul, pilih dan unduh sampai 100%. Dengan 3 langkah mudah tersebut aplikasi wisata lokal siap di pakai di smartphonmu.

Ulasan lengkap tentang aplikasi wisata lokal dengan beragam fitur emas ini akan saya bahas lebih lanjut setelah cerita saya berlibur.  Dan inilah Indahnya Pantai Suwuk Kebumen
Gbr 3. Saat liburn di pantai suwuk
Sore itu sekitar pukul 3 sebelum kami semua pergi merantau lagi ke Jakarta, kami menyempatkan untuk sejenak berlibur ke salah satu pantai terindah di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, pantai itu bernama Pantai Suwuk. Terletak di selatan kota Kebumen Jawa Tengah dan merupakan muara sungai atau tempat bertemunya air sungai dan air laut.

Dengan pemandangan berupa gunung gunung dan bukit bukit, menjadikan Pantai Suwuk ini menjadi primadona tersendiri bagi warga Kebumen dan sekitarnya yang ingin berlibur, tak terkecuali saya dan teman teman saya. Dengan tanpa perlu banyak persiapan kamipun berangkat ke tempat tujuan.
Tidak jauh letak Pantai Suwuk ini, jika dari jalan raya utama kita bisa menempuh perjalanan dengan sepeda motor ataupun mobil dengan waktu kurang lebih 1.5 jam dengan jarak kurang lebih 20 km.
Pantai suwuk ini juga berjejeran langsung dengan Pantai Karangbolong dan masih dalam satu kabupaten. Di namakan Karangbolong di karenakan di pantainya terdapat batu yang berlubang (bolong) maka orang orang setempat menamakan Pantai Karangbolong.

Gbr 4. Pantai Karang bolong, gambar di pinjam dari sini
Kembali lagi ke Pantai Suwuk, di Pantai Suwuk ini setiap hari minggu atau hari hari libur terutama saat lebaran atau tahun baru, pengunjung banyak sekali berdatangan untuk berwisata. Mereka mengajak teman teman, pacar, anak istri dan saudara saudaranya untuk berlibur menikmati indahnya pantai.

Pemandangannya begitu indah, bukit bukit yang menjulang tinggi yang tepat berada di sampingnya menjadikan ciri khas tersendiri pantai ini yang membedakan dengan pantai lain.

Pada tepi pantai sebelah barat banyak terdapat batu batu besar yang berfungsi sebagai penahan derasnya ombak agar tidak sampai ke wilayah desa yang juga sekaligus banyak orang memanfaatkanya sebagai tempat memancing, tak salah jika Pantai Suwuk juga menjadi salah satu tempat surganya ikan bagi para pemancing, mereka datang dari berbagai wilayah di kota Kebumen dan kota kota sekitarnya.

Menyadari semakin banyaknya pengunjung yang terus bertambah setiap tahunnya, pegelola pantai pun kini mulai memperbaiki pengelolaan dan pembangunan sarana dan prasarananya seperti adanya kebun binatang, perbaikan jalan, pembangunan fasilitas rekreasi di sana sini yang semakin menambah indah suasana pantai, juga yang tak ketinggalan adalah kebersihan.

Pihak pengelola pantai selalu menjaga kebersihan dan menghimbau para pengunjung agar membuang sampah pada tempatnya demi terciptanya keindahan dan kenyamanan pantai.

Yang unik dari Pantai Suwuk selain panorama perbukitan dan keindahan pantainya adalah kulinernya. Saya pribadi paling senang saat berkunjung ke pantai ini, yaitu harus selalu mencicipi yang namanya peyek atau rempeyek yutuk, yaitu sejenis hewan laut seperti udang yang di goreng tepung, rasanya gurih sekali, tapi kalau makan terlalu banyak bisa bikin pusing.

Bentuknya bulat dan banyak di temukan di pasir pasir pantai saat ombak datang, jika sudah ke sana saya tak mau melewatkan untuk mencicipi makanan khas Kebumen selatan yang satu ini.

Nikmat sekali jika dimakan di tepi pantai sambil menikmati indahnya laut, hewan ini bisa kita dapatkan dengan mengeruk pasir dengan tangan atau dengan sekop saat ombak surut ke tengah pantai, jika terlihat ada yang nongol nongol di pasir maka dengan cepat kita keruk pasirnya dan lemparkan ke tepi darat, maka jika beruntung kita bisa dapat hewan pengeruk pasir ini, wah seru lah pokonya saat mencari hewan ini.

Selain rempeyek atau peyek yutuk juga ada tempe mendoan, pecel sayuran, sate ambal,  yang merupakan makanan khas kota Kebumen dan pokonya sangat nikmat sekali.

Gbr 5. Makanan Khas Pesisir Pantai Kota kebumen
Wah, poko-e maknyus tenan.
[a] Gambar rempeyek yutuk di pinjam dari sini
[b Gambar tempe mendoan di pinjam dari sini
[c] Gambar sate ambal di pinjam dari sini
[d] Gambar pecel sayuran di pinjam dari sini

Mencari Tujuan Wisata Menjadi Lebih Mudah Dengan Aplikasi Wisata Cerdas Bertaraf Bintang Lima + + Bernama Wisata Lokal

Sebelum berlanjut, silahkan buffering video saya pribadi tentang aplikasi wisata lokal.


Seperti pada video saya diatas, aplikasi wisata lokal adalah aplikasi mobile berukuran kecil yaitu hanya 3 MB yang akan mengantarkanmu langsung ke tempat tempat wisata fantastis dari seluruh Indonesia hanya dari smartphonemu, dari Sabang sampai Merauke, dari Aceh sampai Papua secara mendetail, lengkap dengan beragam fitur canggih dan cerdas untuk kalian semua.

Like juga fanspagenya di https://www.facebook.com/wisatalokal.net dan follow twitternya di @wisata_lokal untuk update informasi informasi menarik tentang wisata lokal. Kunjungi juga websitenya yang beralamat di www.wisatalokal.net dan blognya di blogs.wisatalokal.net 

Dan…… ini dia tujuh bintangnya si aplikasi wisata lokal karena begitu cerdas dan canggihnya untuk mencari sebuah destinasi wisata favorit.

1 Bintang Satu
Pencarian Tujuan Wisata Yang Terkategori
Begitu mudahnya kamu saat ingin mencari destinasi wisata dengan aplikasi wisata lokal dalam tampilan kotak kotak ini, di mulai dari tingkat propinsi kemudian kabupaten sampai dengan kecamatan lalu tujuan tujuan wisata yang ada dari kota tersebut.

Dengan penyajian yang terbagi dalam masing masing propinsi dari seluruh Indonesia, membuatmu akan sangat di mudahkan dalam mencari tujuan wisata sesuai keinginan.

Misalkan kamu ingin berwisata ke daerah Jawa Tengah, kamu tinggal pilih menu propinsi Jawa Tengah saja, kemudian akan terbagi dalam kota kota yang ada di Jawa Tengah dengan keindahan wisata yang di miliknya masing masing, misal kamu memilih kota Kebumen, maka akan muncul beberapa hasil tempat wisata yang ada di kota Kebumen, pada contoh gambar di bawah adalah sebuah benteng peninggalan jaman belanda yaitu benteng Van Der Wijk yang tepatnya berada di kecamatan Gombong kota Kebumen.

Gbr 6. Alur memilih tempat wisata

Dengan tampilan tujuan wisata yang terkategori, membuat kita lebih mudah menemukan tempat wisata sesuai keinginan. Kita tak perlu repot browsing kesana kemari di internet untuk mencari tempat wisata favorit, karena dengan aplikasi wisata lokal kita bisa mencari tempat wisata dengan mudah hanya dari genggaman tangan

Dan karena kemudahanya mencari wisata dengan tampilan kotak kotak yang terkategori ini, maka saya sematkan bahwa inilah bintang satu dari tujuh bintangnya aplikasi wisata lokal ini.

2 Bintang Dua
Fitur Pencarian Tujuan Wisata
“Aduh, minggu besok mau liburan kemana yah ? Saya gak mau liburan yang itu itu terus, saya pengen liburan ke suatu tempat yang indah dan tenang, misalnya kayak di Puncak Bogor, bagaimana kalau ke Pulau Lombok saja, pasti disana pemandanganya indah sekali dan suasananya tenang dan damai, tapi bagaimana saya bisa tau secara mendetail tempat  wisata itu, kalau harus cari cari di internet ribet, terlalu banyak informasi bikin kepala jadi pusing”.

Makanya Sob, pakai dong aplikasi wisata lokal di smartphonemu. Kalo kamu sudah download tuh aplikasi, buka aplikasi dan manfaatkan fitur pencarian wisata yang kamu inginin. Gak perlu repot repot dan muter muter cari cari di internet, entar yang ada malah kamu bingung sendiri karena saking banyaknya informasi wisata yang di tawarkan.  Coba deh ikuti langkah langkah pada gambar di bawah :

Gbr 7. Fitur pencarian wisata

Langkah 1  : Buka aplikasi wisata lokal lalu pilih menu Province, pilih ikon kaca pembesar (pencarian).
Langkah 2 : Masukan kata kuncinya, missal “Lombok” tanpa tanda petik lalu tunggu sampai muncul hasil pencarian. Pilih salah satu tempat wisata misalnya Lombok Barat Kab (gerung), hasilnya seperti pada langkah 3
Langkah 3 : Hasil pencarian sudah muncul

Wah, keren yah, mencari tempat wisata favorit bisa di lakukan dengan sangat mudah hanya dengan memanfaatkan fitur pencarian di aplikasi cerdas wisata lokal. Kalo begitu langsung saya pasang deh aplikasi cerdas wisata lokal ini.

Karena fitur cerdas pencarian wisata ini maka saya sematkan bahwa ini adalah bintang kedua dari tujuh bintangnya aplikasi cerdas wisata lokal.

3 Bintang Tiga
Terintegrasi Dengan Fitur pencarian Penginapan
Setelah kita menemukan tempat favorit yang kita inginkan, misal pada contoh di atas kita memilih tujuan wisata untuk daerah propinsi Lombok Barat Kab Gerung dan tujuan wisatanya adalah Pantai Gili Nanggu. Maka dengan fitur pencarian penginapan di aplikasi ini, kita bisa menemukan tempat persinggahan sementara atau hotel terdekat dengan mudah, lihat gambar di bawah :
Gbr 8. Fitur pencarian penginapan


Untuk mencari penginapan ikuti langkah langkah berikut di bawah :
Cara 1 : Buka aplikasi wisata lokal lalu pilih menu Province, di pojok kanan atas ada ikon titik tiga, pilihlah, lalu akan muncul option, pilih hotel dan hasilnya akan muncul seperti pada gambar hotel diatas.
Cara 2 : Pilih menu Province lalu kota dan tempat tujuan, missal pada contoh diatas kita memilih Pantai Gili Nanggu, pilih ikon bed (orang tidur) maka akan muncul hotel atau penginapan seperti pada gambar hotel diatas.

Wah, asik banget, sudah bisa menemukan tempat wisata favorit sesuai keinginan, ditambah lagi aplikasi wisata lokal ini dilengkapi fitur pencarian penginapan, mantap abis pokoknya, membuat liburan semakin asik dan menyenangkan. Karena fitur yang cerdas ini maka saya sematkan bahwa inilah bintang ketiga dari tujuh bintangnya aplikasi cerdas bernama wisata lokal ini.

4 Bintang Empat
Fitur Share Sosial Media
Fitur share social media, pasti keren nih ?

Iya dong, namanya juga aplikasi cerdas wisata lokal, jadi aplikasi ini bener bener tau banget apa kemauan kita. Dengan fitur sosial media ini, kita bisa kasih tau teman teman atau keluarga kita tempat tempat wisata favorit. Misalkan kita tau suatu tempat yang indah seperti di Lombok Barat, maka dari aplikasi cerdas ini kita bisa kasih tau mereka. Caranya lihat gambar di bawah :
Gbr 9. Fitur share sosial media

Caranya kita harus login dulu ya, setelah itu cari tujuan wisata favoritmu. Misalkan kalian memilih Pantai Gili Nanggu dan ingin membagikanya di facebook dan twitter, secara otomatis nanti update status facebook dan twitter yang kita lakukan dari aplikasi cerdas ini akan muncul di kronologi facebook dan twitter kita, lihat gambar 9 diatas.

Dengan fitur share social media, bisa memudahkan kita untuk berbagi tempat tempat wisata menarik dengan siapapun.

Bagaimana, keren kan aplikasi wisata lokal ini ?

Wah, ajib bener dah ini aplikasi, saya jadi bisa kasih tau temen temen buat ngrencanain liburan minggu depan.

Karena fitur cerdas share sosial media ini maka saya sematkan bahwa inilah bintang keempat dari aplikasi cerdas wisata lokal ini.

5 Bintang Lima
Gallery
Selain dari menu tampilan kotak yang terkategori menurut propinsi seperti pada point bintang satu diatas, di fitur galeri ini, kita bisa melihat ada banyak sekali foto foto wisata menarik dari berbagai tempat. Kalian bisa pilih salah satu foto untuk memperbesar ukuranya.

Gbr 10. Gallery
Dengan fitur galeri ini kita bisa langsung bisa menemukan foto foto menarik dari banyak tempat tanpa melakukan pencarian. Hebat kan ? Karena fitur gallery ini maka saya sematkan bahwa inilah bintang kelima dari tujuh bintangnya aplikasi wisata lokal.

Wah, kok mirip hotel saja pake bintang bintang segala, apalagi sampai bintang lima, itu berarti aplikasi ini termasuk aplikasi berkualitas dengan fitur canggih layaknya hotel bintang lima yang mahal tarifnya dong ?

Betul betul betul (hi hi hi…kayak upin ipin saja). Ini adalah aplikasi canggih dan cerdas tentang wisata lokal yang berguna untuk memandu semua orang untuk mendapatkan tempat wisata favorit dengan cara yang mudah dan di bekali fitur fitur canggih pula supaya semakin memudahkan semua orang untuk mendapatkan wisata favorit yang di inginkan.

Tapi kalau hotel bintang lima tarifnya mahal, berarti nih aplikasi bayar dong, dan pake mahal ?

Eitsss…tunggu dulu, aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis dan gratis, kalopun pake bayar paling cuma ENOL rupiah, dan itu berarti emang gratis.

Wuihhhh, keren brooo, sudah canggih, berkualitas, bertaraf bintang lima, gratis lagi, kalo begitu langsung deh saya download aplikasinya.

Nahhh, gitu dong, buruan sebelum kehabisan, eitsss..emang baju obral…kok kehabisan. O iya, bukan hanya bintang lima saja loh sob, masih ada bintang yang lain.

Ah masa, berarti ini aplikasi lebih dari berkualitas dong, alias kata, berkualias pake banget.

So pasti dong, kalo gitu, yuk kita lihat bintang bintang yang lain.


6 Bintang Enam
Artikel
Dengan fitur artikel yang di sematkan pada aplikasi wisata lokal ini, kita bisa tau tentang sejarah atau cerita di balik tempat wisata tersebut. Misalnya Air Terjun Grojogan Sewu yang orang tau bahwa air terjun tersebut berada di timur kota Solo, tapi ternyata di Jogja pun ada. Namanya memang benar sama, namun tempatnya beda, jika Grojogan Sewu yang aslinya berada di kota Solo, maka yang ini berada di kabupaten Kulon Progo DIY (sumber : artikel di aplikasi wisata lokal).
Gbr 11. Artikel

Selain itu tentang cerita dari tempat lainya, contohnnya Pantai Jerman. Menurut artikel yang ada di aplikasi ini, Pantai Jerman itu ada di Pulau Bali. Penamaan Pantai Jerman dikarenakan dahulu di sekitar pantai tersebut banyak di huni warga Negara Jerman sehingga orang orang berubah menyebutnya Pantai Jerman.

O begitu ya, tapi kok artikelnya ada dua jenis, yang pertama di menu artikel, trus yang kedua pilihan wisatanya, seperti gambar diatas ?

Artikel pada menu artikel di halaman utama, berisi info info terbaru dan terupdate tentang wisata lokal, kalau yang pada pilihan wisatanya berisi informasi sejarah atau cerita di balik tempat wisata tersebut. Paham ?

Oke, paham

Dengan adanya fitur artikel ini, kita tidak hanya tau info info terbaru, tapi juga cerita di balik tempat wisata tersebut. Menarik bukan ? karena fitur smart dan mendidik ini maka saya sematkan bahwa inilah bintang ke enam dari tujuh bintangnya aplikasi cerdas wisata lokal.

7 Bintang Tujuh
Akun Member (Profil)
Dan bintang yang terakhir adalah akun member atau dalam menu aplikasi adalah menu profil.

Gbr 12. Menu profil

Di menu profil ini, kalian bisa mengupload foto foto wisata yang kalian punya, mereview tempat wisata favorit, merating atau memberi bintang, me-like, dan masih banyak lagi. Sebelumnya kalian bisa log in dulu dengan akun facebook kalian, jadi gak ada daftar daftaran yang bikin ribet, cuma dengan akun facebook kalian bisa langsung login atau masuk, keren kan ?
Dan sekarang kita akan menggunakan option option member setelah kita login, lihat gambar di bawah :

Gbr 13. Option member

































Perhatikan gambar di atas, pada menu city, ada hubungannya dengan wish lish, yaitu tempat wisata yang tercantum dalam menu wish list adalah tempat wisata yang terdapat di kota dalam menu city. Sebagai contoh, taman pintar yang telah kita kasih wish lish terdapat di kota Yogyakarta dan Pantai  Karangbolong terdapat di kota Kebumen.

Sedangkan wish lish itu sendiri yaitu daftar keinginan kita atau tempat wisata yang menjadi keinginan kita dengan cara menekan tombol bintang (wish lish) di halaman pilihan wisata (gambar di bawah) dan nanti akan muncul kotak dialog yes or no, pilih yes, maka tempat wisata yang kita kasih wish lish akan muncul di halaman profil kita. Jika kita pilih no maka tempat wisata yang kita inginkan tidak ada dalam wish lish kita dan tidak ada dalam menu city.

Gbr 14. Wish lish

Dengan fitur wish lish ini kita bisa memilih dan menyimpan daftar keinginan wisata favorit kita tanpa harus mencari cari lagi. Jadi misal kita lupa akan daftar keinginan tempat wisata  di aplikasi ini, kita tinggal buka wish lish kita, maka dengan cepat daftar keinginan wisata kita akan langsung muncul . Keren kan ?

Pada menu photos, adalah foto foto yang kita upload di suatu tempat wisata yang kita kunjungi, pada contoh di atas adalah foto Pantai Suwuk saat saya liburan ke sana.

Pada menu About dengan ikon pulpen, kita bisa menuliskan deskripsi tentang diri kita, misal kita seeorang fotografer, design grafis dll kita bisa menuliskanya di sini. Disitu juga kita bisa menaruh alamat blog atau website kita jika kita memiliki blog atau website.

Sedangkan menu setting bergambar gerigi berfungsi untuk log out.

Selain fitur menarik diatas, masih ada lagi fitur keren lainya, dengan fitur ini kita bisa mengupload foto, merate foto, mereview dan masih banyak lagi, caranya lihat gambar di bawah :

Gbr 15. Option member bag 2

Jika kita sudah login facebook, kita bisa menggunakan fitur lain selain fitur yang sudah saya jelaskan di atas, lihat gambar diatas.

Pada Maps, kalian bisa mengetahu lokasi suatu tempat wisata, pada contoh diatas adalah Gili Nanggu yang berada di propinsi Lombok Barat Kabupaten Gerung. Jika kalian sudah berada di sekitar area wisata tersebut  namun bingung mencari tempatnya secara tepat, caranya gunakan fitur maps yang ada di smartphone kalian, maka dalam sekejap tempat yang kalian cari akan langsung kelihatan.

Pada ikon image, kalian bisa melihat penampakan foto foto wisata dari tempat wisata favorit, dengan adanya foto foto ini kalian bisa mengetahui lebih jelas seperti apa pemandangan di sekitar tempat wisata tersebut.

Lalu pada ikon rate (bintang) kalian bisa merangking/merate suatu tempat wisata favorit, dengan merate/merangking terlebih full rate (5 bintang) maka kalian bisa merekomendasi teman teman atau pengunjung lain sehingga mereka bisa mendapat rujukan tempat liburan istimewa. Sayang kan kalau kalian nemu tempat wisata menarik tapi cuma kalian saja yang tau, dengan berbagi maka kita juga sekalian beribadah, walau hanya hal kecil sekalipun.

Dan pada ikon review kalian bisa mereview dan melihat review member lain dari suatu tempat wisata. Misalkan kalian pernah mengunjungi tempat wisata tersebut, maka kalian bisa mereviewnya, seperti apa suasanannya, keindahan alamnya, pantainya, ikan dan pasirnya bisa di tuliskan di menu ini, pastinya setelah kalian login facebook.

Pada contoh di atas saya mereview atas keindahan alam Pantai Gili Nanggu, karena menurut saya biarpun saya belum pernah kesana, saya harus berbangga bahwa Indonesia itu sangat indah dan memiliki pariwisata taraf Internasional, dan saya juga harus turut serta melestarikanya walaupun hanya dengan rekomendasi saja, yaitu dengan mengunduh aplikasi cerdas wisata lokal dan merekomendasikan tempat tempat wisatanya kepada orang lain supaya wisata Indonesia makin di kenal masyarakat luas. Makanya kalian juga harus punya ini aplikasi ya ?.

Sekarang kita akan lihat fitur fitur lain, lihat gambar di bawah :

Gbr 16. Option member bag 2

Perhatikan gambar diatas, pada tanda  plus yang akan berubah silang jika di pilih, akan muncul pilihan yaitu upload image, report dan wish lish.

Pada upload image, kalian bisa mengupload gambar atau foto tempat wisata yang kalian miliki, misal seperti saya menguload foto wisata Waduk Wadaslintang. Nanti setelah di upload, gambar akan muncul di menu photos profil kita seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Asik kan bisa berbagi berbagi foto dengan teman teman dan semua orang, makanya buruan deh unduk aplikasi wisata lokal di smartphonemu sekarang juga.

Pada menu report, berfungsi untuk melaporkan foto atau gambar yang salah, misal foto atau gambar tersebut mengandung unsur pornografi, sara dll kalian bisa melaporkannya lewat menu report ini.

Dan selanjutnya pada menu wish lish sudah saya jelaskan diatas ya..

Itulah beragam fungsi option member yang bisa kalian gunakan di aplikasi wisata lokal ini, dengan fitur fitur tersebut kalian bisa saling berbagi, mereview, upload foto dll. Dan karena fitur fitur option member inilah maka saya sematkan bahwa inilah bintang ke tujuh dari tujuh bintangnya aplikasi cerdas wisata lokal.

Wuih keren abis Brooo, masa sampai tujuh bintang, berarti melebihi bintang lima dong, plus plus dong…..?

Ya iyalah masa ya iya dong, secara nih aplikasi cerdas banget gitu. O iya, masih ada lagi fitur lainya lho..?

Yang bener, sudah segitu bagusnya nih aplikasi, masih ada lagi fitur lainya ?

Bener, yaitu fitur bantuan (help) dan about, lihat gambar di bawah ini :

Gbr 17. About dan Help

Lihat gambar diatas, pada menu Tentang (About) wisata lokal berisi informasi tentang mengapa apliaksi ini di buat, yang tak lain adalah untuk memudahkan kita dalam mencari sebuah destinasi wisata lokal hanya dari smartpone kita. Sedangkan pada menu Help atau Bantuan, menginformasikan tentang cara menggunakan aplikasi ini, seperti mereview, menupload foto, merate dll. Dengan fitur help ini kalian tidak akan kebingungan bagaimana cara menggunakan aplikasi ini.

Kesimpulan
Lengkap sudah rasanya pembahasan kali ini tentang tentang cerita saya berlibur dan pengalaman pribadi meggunakan aplikasi wisata cerdas wisata lokal. Dengan aplikasi wisata lokal, kita akan sangat di mudahkan dalam mencari sebuah destinasi wisata lokal favorit hanya dari smartphone kita.

Ya, dengan fitur fiturnya yang canggih seperti upload photo, fitur berbagi dengan social media, rating dll, tak salah jika saya menyebut bahwa “aplikasi wisata lokal adalah aplikasi revolusioner  pertama di bidang wisata yang memudahkan kita dalam mencari sebuah destinasi wisata hanya dari genggaman tangan. Dan logo di bawah saya persembahkan khusus untuk aplikasi wisata lokal bertaraf bintang lima plus plus.

Gbr 18. Bintang lima ++ aplikasi wisata lokal

Aplikasi wisata lokal benar benar telah memberikan pengalaman baru dan berbeda di bidang wisata bagi kita semua dalam mencari sebuah destinasi wisata lokal.

Masukan dan saran
Setelah saya mencoba menggunakan aplikasi wisata lokal secara keseluruhan, saya ada sedikit saran  dan masukn tentang salah satu fitur di aplikasi wisata lokal ini.

Pertama : pada fitur galeri, saat pertama kali saya memilih salah satu foto tempat wisata, secara reflek saya kira akan memunculkan dimana tempat wisata yang ada pada foto tersebut. Saya kira juga akan muncul sebagai POI dengan rincian tempat wisata lengkapnya, tapi ternyata tidak. 


Saya juga masi penasaran dimana saja foto foto tersebut berada, barangkali saya suatu saat saya pengin kesana. Mungkin alangkah baiknya jika foto tersebut bisa menampilkan tempat wisata lengkapnya, sehingga saya dan orang lain tidak akan lagi penasaran dimana foto foto galeri tersebut berada.

Kedua : pada propinsi jawa tengah dengan kotanya Pemalang, tidak terdapat tempat wisata. Menurut penelusuran saya, hanya kota Pemalang lah yang tidak memiliki tempat wisata di aplikasi ini.


Menurut sumber yang saya baca di tempatwisataid, Pemalang memiliki banyak obyek wisata menarik, contohnya Pantai Widuri, Curug Cibedil dan Mata Air Moga dan masih banyak lagi yang lainya. Paling tidak, taruh 2 atau 3 tujuan wisata di kota tersebut supaya orang lain bisa tau seperti apa wisata di kota Pemalang. 

Penutup
Akhir kata, tulisan diatas adalah dari pengalaman pribadi saya berlibur dan pengalaman pribadi menggunakan aplikasi wisata lokal untuk mengikuti Lomba Blog Aplikasi Wisata Lokal

Pantai Gili Nanggu, Waduk Wadaslintang, Pantai Karang Bolong dan lain sebagainya yang saya sebutkan diatas adalah merk dagang masing masing

Ini adalah akhir pembahasan kita dalam tema wisata lokal. Salam hangat dan jangan lupa kometar dan likenya ya, sampai jumpa di artikel berikutnya, cheeeerrrss…. :-)

Sumber penunjang materi dan gambar :
1 Pribadi
2 Dari aplikasi wisata lokal
3 Dan sumber lain yang sudah saya sebutkan langsung di artikel

http://blogs.wisatalokal.net/2015/01/lomba-menulis-blog-aplikasi-wisata-lokal/

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Indahnya Pantai Suwuk Kebumen"

  1. keren, tapi panjang sekali artikelnya, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sih, 2 minggu saya buat ini. Thkns ya dh berkunjung

      Hapus
  2. indonesia memang indah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, posting wisata ngawi juga Ndon, biar orang pada tau

      Hapus
  3. kangen sate ambal, artikelnya komplet banget mas..sukses yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Iya pancen, enak tenan. Download juga aplikasi wisata lokal saja di android atau windows, biar bisa cari wisata lain tentang kebumen

      Hapus
  4. kebumen memang indah
    #salam explore kebumen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, apa lagi pantai mengantinya. Jangan lupa download aplikasi wisata lokalnya ya, buat cari tempat wisata favorit :-)

      Hapus
  5. panjaang hehe
    bagus isinya ada aplikasinya lg
    ada yg typo dlm kata
    huruf tempat digedein

    @guru5seni8

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, mksh reviewnya, 2 minggu saya buat

      Hapus
    2. Terimakasih banyak masukanya Mbak Tya, sukses selalu ya, main ke kebumen, tar tak kasih peyek yutuk 1 karung, he he he

      Hapus
  6. Komplit sekali ulasannya. Goodluck ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mbak Arin. Ini juga gara gara saya sering baca artikelnya Mbak Arin yang menarik di baca

      Hapus