Inspirasiku : Joko Susilo dan Jonru

Sumber : Jonru dan Joko
Ada banyak sekali tokoh tokoh isnpirasi yang bisa menjadi motivator dan penyemangat kita dalam melakukan suatu hal, misalnya Bob Sadino yang terkenal sebagai pengusaha tanaman, karena semangat membaranya menjadikan ia pengusaha yang begitu sukses dan patut untuk kita tiru, ia mencoba berbisnis tanaman hingga tak terhitung berapa kali ia gagal, namun ia tetap semangat bahwa sukses itu bisa di dapatkan dengan kerja keras dan usaha maksimal, hingga akhirnya pun sukses ia dapatkan.

 Juga JK Rowling dengan novelnya Harry Poter yang sangat terkenal higga mendunia. Dia adalah novelis yang hingga berpuluh puluh kali mencoba menawarkan naskahnya ke penerbit, namun selama itu pula ia mendapatkan penolakan hingga untuk kesekian kalinya di terima dan terkenal seperti sekarang ini.

Dari kedua tokoh diatas kita bisa banyak belajar tentang semangatnya untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari hari supaya kita bisa mengikuti jejaknya menjadi orang sukses. Sesuai dengan tema diatas kali ini saya ingin sedikit berbagi cerita tentang tokoh ispirasi saya, dia adalah duo J alias Joko Susilo dan Jonru (Jonriah Ukur).

Joko Susilo
Adalah seorang anak jawa dari kabupaten semarang jawa tengah yang saat ini telah menjadi pebisnis online terkenal di dunia maya dan sangat kaya, atau boleh juga di bilang artis di dunia maya karena jika saya kanya ke orang “ kamu tau gak Joko Susilo, itu loh yang tekenal dengan bisnis internetnya  ?” mereka jawab “ tau dong, yang kaya dari internet itu kan ?” karena banyak orang yang tahu maka saya menyebutnya artis dumay, dunia maya.

Dulu ia hanyalah seorang pekerja biasa di Jakarta dengan gaji yang pas pasan, berangkat pagi pulang malam, gaji yang ia dapatkan hanya cukup untuk makan, kebutuhan sehari hari dan sisanya di tabung. Hingga akhirnya ia mengenal internet dan mulai banyak belajar tentangnya, mulai dari belajar membuat email, belajar mengetik di word, mailing list dsb. Semua itu ia lakukan secara otodidak hanya dengan membaca baca artikel internet dan tanpa ada bimbingan dari orang lain, karena saat itu (sekitar tahun 2000) masih jarang sekali yang menggunakan internet, saya saja kenal internet baru tahun 2006 kemarin.

Ia mulai belajar dan belajar tentang hebatnya internet hingga ia menemukan cara untuk merubah kehidupannya di masa depan. Idenya pada awalnya di tolak oleh keluarganya terutama oleh ibunya hingga ia menangisinya, karena menurutnya (ibunya) ia menempuh jalan yang salah, ia percaya sesuatu yang tak jelas di mata orang, bagaimana tidak, la wong ia percaya dan yakin kalo internet itu bisa mendatangkan uang sementara orang saat itu pada umumnya belum mengEnal apa sih itu internet, apalagi bisa mendatangkan uang, aneh (menurut ibunya).

Ibunya dan keluarganya pun terus menasehatinya agar ia kembali ke jalan yang benar (padahal benar), bekerja pada umumnya orang lain, berangkat pagi pulang sore selama satu minggu satu bulan. Tapi baginya (Joko) ia yakin bahwa apa yang ia yakini adalah benar dan terbukti, ia belajar dari orang orang luar sana yang sudah sukses dengan bisnisnya di internet. Dan, yang namanya orang mau berusaha pasti ada jalan, terlebih jika di serta dengan do’a, usaha yang kita lakukan akan di kasih jalan oleh Yang Maha Kuasa.

Dan yang di impi impikan oleh Joko Susilo pun terjadi, sekarang ia telah menjadi pebisnis online ternama dan terkenal hingga saya menyebutnya artis dumay atau dunia maya karena tenarnya dia di internet. Ada banyak sekali  artikel artikel tentang kehidupan dan tentang bisnisnya yang pastinya berisikan pengalaman pengalaman menarik yang ia tuliskan di blognya di alamat www.jokosusilo.com. Itu sedikit tentang kehidupan seorang tokoh internet bernama Joko Susilo, sekarang kita akan beralih ke tokoh yang kedua yaitu :

Jonru (Jonriah Ukur)
Kalian pasti tau kan siapa dia ? yup, benar sekali, dia adalah seorang pemilik self publishing yang akhir akhir ini terkenal sekali di internet, saya tidak akan menceritakan kenapa sebabnya, yang pasti dia adalah tokoh inspirasi saya, yang banyak sekali memberikan pelajaran tentang kehidupan saya terutama tentang hobi saya menulis, sama seperti hobinya.

Dia adalah seorang anak batak yang lahir di kabanjahe sumatera utara, pendidikan terakhirnya adalah S1 UNDIP jurusan akuntansi. Hobinya adalah menulis dan menulis, memang dulu dia mengambil jurusan akuntansi di kampusnya, namun setelah beberapa semester ternyata yan di rasa rasakan panggilan jiwanya adalah menulis. Ia mulai menulis banyak cerpen cerpen yang ia kirimkan ke berbagai penerbit walaupun terlalu banyak yang di tolak namun ia tetap semangat dan berusaha.

Rutinitas setiap harinya yang ia lakukan tak jauh dari yang namanya menulis dan menulis, walaupun karyanya masih saja banyak yang di tolak penerbit namun ia tetap tak patah semangat. Soal pekerjaanya ia adalah seorang content editor di sebuah persahaan ISP di jakrta. Karena saking hobinya menulis ia bisa menerbitkan buku juga tentang kepenulisan yang membuat saya juga ingin sekali menjadi penulis setelah saya membacanya, walaupun saat ini masih menjadi penulis blog.

Saya pun banyak belajar tentang kehidupanya, tentang bagaimana seirngnya naskahnya  di tolak  oleh penerbit berpuluh puluh kali sampai ia mendatangi penerbitnya, tentang vakumnya selama bertahun tahun ia menulis karena harus menghidupi keluarga dan semua tentang semangatnya yang begitu membara merupakan pelajaran yang patut di tiru oleh siapapapun agar menjadi orang yang selalu semangat dan jangan pernah putus asa. Itulah sedikit tentang cerita tokoh dunia maya dari Jonru  (Jonriah Ukur)

Kesimpulanya (Inspirasi saya dari kedua tokoh diatas) :
Mereka berdua (Joko Susilo dan Jonru ) adalah sosok tokoh yang saya anggap mendominasi tentang kehidupan saya, saya banyak sekali belajar buah pikiranya, saya banyak sekali belajar tentang internet marketing dari Joko Susilo, saya banyak sekali belajar tentang dunia kepenulisan dari Jonru dan saya banyak sekali belajar tentang semangat membara dalam menggapai cita cita dari kedua tokoh tersebut diatas.

Saat ini saya akan meluncurkan web bisnis online setelah belajar dari Joko Susilo dengan memanfaatkan tulisan tulisan yang sebelumnya saya telah belajar dari Jonru, dan kedua tokoh tersebut saya nobatkan sebagai DUO J inspiration my life.
Itu isnpirasiku dari kedua tokoh diatas, apa ispirasimu ?

Inilah akhir pembahasan dari cerita saya, www.jokosusilo.com, buku milik jonru dan lain sebagainya adalah merk dagang masing masing dan mencerminkan isntitusi manapun.
Tulisan ini diikutsertakan pada Lomba Menulis Artikel Blog Periode 1-2015
 *Jumlah kata : 993 kata

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Inspirasiku : Joko Susilo dan Jonru"

  1. Artikelnya menarik. :)
    Salam connecting :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thks Mbak, punya Mbak juga keren, semoga saling menginspirasi..

      Hapus
  2. Semoga makin sukses mas belajar bisnis onlinenya, dan jangan patah semangat. Saya juga selalu berusaha buat menyukseskan buku saya karena dijual secara online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OKe, thks Om suportnya, sukses juga yah buat bukunya, moga makin hebat jadi penulis buku
      BalasHapus

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Nah sekarang ada lomba yang hadiahnya buku saya itu, mau ikutan?

    BalasHapus