Bazaar Online – Toko Online Layangan Sendaren Impianku

Gbr 1. Foto saya dan layangan layangan sendarenku, keren keren kan ?
Hai sobat dimanapun kalian berada, blog amir-silangit kali ini akan membahas tentang ide dan konsep toko online impian saya yang masih dalam rencana, benda yang akan saya jual adalah layang layang atau biasa saya menyebutnya layangan sendaren. Layangan sendaren adalah jenis layangan yang memiliki sayap seperti burung dan juga bisa di bentuk model lain seperti model jaran kepang, bulan, bintang, burung, keketan dll seperti pada gambar disamping.

Ide ini tercetuskan karena saya sangat hobi bermain layang layang dari kecil hingga dewasa sekarang. Dengan berkembangnya tekhnologi informasi terutama internet membuat banyak hal bisa di integrasikan dengan tekhnologi ini untuk berbagai kepentingan seperti yang saya lakukan ini.

Kebetulan juga saya memiliki hobi menulis di blog, banyak hal yang bisa saya bagikan lewat media ini, dengan blog saya senang karena bisa membantu banyak orang dalam banyak hal walaupun itu hanya sekedar ulasan atau tulisan. Dan melalui blog saya bisa mensosialisasikan ide saya ini untuk di publikasikan ke khalayak ramai melalui dunia maya yang semoga bisa bermanfaat atau meng-inspirasi orang yang membacanya.

Ceritanya begini,  tahun 2012 lalu di saat musim kemarau tiba, sudah pastinya saat musim tersebut para anak anak senang bermain layangan hingga musim kemarau berakhir.  Ini sudah menjadi tradisi masyarakat desa pada umumnya dimanapun mereka berada, tak terkecuali saya sendiri walaupun bukan anak anak lagi, yang namanya orang seneng sesuatu, apapun bisa di lakukan, contohnya seperti saya dengan hobi bermain layangan, tidak malu lah jika di kata orang, “udah gede mainanya layangan, kaya anak kecil saja” masa bodo amat, jangan salah kalo hobi saya yang seperti anak kecil ini bisa mendatangkan uang melimpah. Saya dan anak anak hampir setiap hari bermain layang layang selepas pulang sekolah.

Melihat kondisi itu, saya punya inisiatif “bagaimana kalau saya jualan layangan saja, pasti laku” dan betul saja, saya mencoba membuat layangan dan saya tawarkan ke salah satu anak tetangga, dan mereka mau hingga anak anak yang lain pun ikut membelinya, dan setelah itu saya sampai kebanjiran order pesanan layangan baik dari anak anak langsung ataupun dari warung warung yang saya titipi layangan, hingga saya harus sering lembur sampai malam karena harus membuat layangan.

Setelah sekian waktu saya berjualan layangan dan laris, saya terpikirkan “bagaimana jika saya menjualnya di internet, pasti juga laku dong?”, dan lagi lagi dugaan saya benar, ada banyak sekali pemesan layangan yang datang dari seluruh Indonesia, pikir saya “wah, kalau layangan ini saya jual di internet pasti saya akan untung banyak”.  Beberapa waktu lalu saya juga menerima pesanan dengan total 5 juta untuk di buatkan layangan dari seorang pemesan dari kota padang sumatera barat, tapi karena saya masih belum siap maka saya pending dulu karena pas saat itu saya juga lagi kerja. Saya sampai tersenyum senyum sendiri saat menerima pesanan itu, pikir saya “wah, hebat banget ya kalo aku sampai bisa membuat toko online layangan, semoga ini bisa menjadi kenyataan, amin”, pikir saya waktu itu.

Gbr 2. Jenis jenis layangan sendarenku
Dan rencana saya memang akan membuat toko online layangan karena sebelumnya juga saya telah meriset pasar dan responya banyak sekali, contohnya seperti artikel tentang cara membuat layang layang telah di baca hampir 100rb orang dan selalu menjadi yang paling popular di blog saya karena yang paling banyak di baca. Dari banyaknya minat pembaca yang lumayan tinggi saya yakin bahwa toko online layangan sendaren saya akan laris manis di pasaran.

Gb 3. Jumlah pembaca mencapai hampir 100.000 orang

Saya juga beruntung karena tema layang layang yang saya terapkan masih jarang sekali pesaingnya hingga di hasil pencarian blog dengan artikel di tema tersebut selalu menempati urutan 10 besar (2 atau 3 google), walaupun kenyataanya di no 5 google.

Gbr 4. Hasil SERP google tentang layangan

Konsep konsepnya pun sudah saya siapkan terlebih dahulu seperti memilih layanan jasa toko online yang bagus, harga yang pas, jasa pengiriman serta media pengepakan. Yang masih terkendala adalah media pengepakan karena bentuk fisik layangan yang ringkih (rentan patah jika terkena benda ) yang mengharuskan saya untuk membungkus sekuat dan dan seaman mungkin hingga selamat sampai di tangan pembeli namun dengan perhitungan harga yang pas. Gak mau kan kalo ternyata hasil yang saya dapatkan tak seberapa dan tekor hanya gara gara harga pembungkusnya yang mahal.

Jadi misalkan saya harus beli maka harus dalam partai besar supaya bisa mendapatkan harga sekecil mungkin agar untung yang saya dapatkan juga pas/lumayan lah. Rencananya saya ingin memberi nama website toko online layangan saya dengan nama www.layanglayangonline.com.

Gbr 5. Kardus pembungkus, gambar di pinjam dari www.jualbarangdanjasa.com
Media pengepakanya yaitu dari kardus tebal yang harus saya pesan terlebih dahulu dari pabrik atau jasa pembuatan kardus. Sebelumnya saya sudah pernah membuat bungkusnya dari bambu, namun karena ternyata sulit dan membutuhkan waktu terlalu lama maka saya punya inisiatif bagaimana jika menggunakan kardus kemasan. Dan setelah di pikir pikir ternyata kardus kemasan sangat cocok untuk membungkus layangan saya.

Toko online layangan saya masih dalam tahap perencanan dan masih dalam proses pembangunan sembari saya mencari modal dengan bekerja, karena pastinya semua butuh modal baik untuk nafkah hidup saya atau pun toko online saya nantinya, dan pekerjaan pokok adalah yang paling utama dan toko online layangan saya jadikan sampingan sembari mengumpulkan modal usaha, atau mungkin nanti bisa menjadi usaha tetap dan mata pencaharian saya jika ternyata hasil yang di dapat dari toko online ini lebih menguntungkan. Di bawah ini adalah video amatir tentang konsep toko online layangan sendaren saya yang saya buat dengan dengan aplikasi android bernama AndroVid, buffer sedikit ya...
video

Nantinya jika toko online saya sudah jadi, rencana saya juga akan melibatkan orang lain untuk membantu usaha toko online layangan saya sehingga saya bisa menciptakan industri kreatif yang bernilai ekonomis yang bisa meningkatkan kesejahteraan bagi saya ataupun orang lain.


Gbr 6. Foto kebersamaan saya bersama anak anak layangan, anak pemain layangan

Gbr 7. Foto ilustrasi pribadi layangan yang paling saya suka, he he he ngapak bahasane.

Itulah sekilas tentang konsep toko online layangan sendaren saya yang berawal dari hobi saya bermain layangan, semoga bisa menjadi isnpirasi bagi pembaca semua tentang hobinya masing masing.

Gambar 8. Buku Sukses Membangun Toko Online di pinjam dari bukalapak
Oiya, walaupun saya belum memiliki Buku Sukses Membangun Toko Online karya Carolina Ratri, tapi saya sangat merekomendasikan buat kalian kalian semua semua untuk memiliki buku ini, karena dengan buku Buku Sukses Membangun Toko Online ini kalian kalian semua terutama para cewek cewek yang ingin berbisnis online, akan sangat terbantu dalam mengembangkan usaha toko onlinemu, mulai dari pernak pernik toko online seperti sistem penjualan, jasa pengirimna dll sampai dengan contoh contoh toko online yang di kelola perempuan, bisa kalian pelajari lewat buku ini.

Tapi bukan berarti buku ini di khususkan buat para cewek lho, kalian para cowok segala umur pun bisa mempelajari buku ini, karena pada dasarnya di buku ini mengajarkan cara berjualan lewat online untuk para awam dan pemula yang baru ingin membuat dan membangun usahanya lewat toko online, jadi siapapun boleh banget dan di anjurkan untuk membacanya.

Dengan buku ini kalian bisa belajar banyak tentang usaha toko online yang kalian kelola, jadi jangan sampai gak punya yah. Dan pesan saya, teruslah belajar menuntut ilmu agar kita bisa menemukan hal hal baru yang berguna bagi kita dan orang sekitar, akhir kata, sampai jumpa di artikel berikutnya, jangan lupa like and comment kalau suka ya, cheeeerrrssss :-) (Amir Mahmud )

Tulisan ini di sertakan dalam Kontes Bazaar Online – Pamerkan Bisnismu bersama Ladaka Handicraft  dan Layana Shop

Sumber referensi artikel :
http://www.stilettobook.com/index.php?page=buku&id=47

Subscribe to receive free email updates:

24 Responses to "Bazaar Online – Toko Online Layangan Sendaren Impianku"

  1. Thanks Gan dah mampir, Sukses Juga Buat Agan...

    BalasHapus
  2. Nggak hanya balon yg upa rupa warnanya..layang2 jg bs rupa rupa warna dan bentuknya pula.....packing jg sip deh tuh.
    Sukses bisnisnya online nya yak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, hijau kuning kelabu merah muda warna cewek gak ada dan biru ada.. he he. Makasih suportnya ya Mbak...sukses juga deh buat Mbak...

      Hapus
  3. Aaaiiiisshhh! Kalo toko online layangannya udah jadi, aku mau yaa! Lumayan nih, sekarang nyari layangan yang bagus kan rada susah. Kudu keluar rumah pulak. Wkwkwkwk. Semoga tokonya jadi dalam waktu dekat ya. Aamiin. ^___^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, makasih suportnya. Amin, semoga cepat jadi deh Mbak. Semua karena saya hobi sekali bermain layangan. Mbak juga bisa memanfaatkan hobi Mbak kemudian di manfaatkan untuk hal yang menguntungkan

      Hapus
  4. Bentuk layangannya bagus, Mas. Soalnya di sini memang jarang yang jual layangan bentuk seperti ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh Mbak, itu karena saya suka berkreasi, layang layang saya kemaren pas musim kemarau saya jual ke warung dan toko toko dan juga langsung ke anak anak, lumayan deh Mbak sampai kebanjiran order. Yang belum saya belum pernah ngepakin buat di kirim ke pembeli online

      Hapus
  5. unik..kreativitas memang mahal harganya..kalau pesan, ongkirnya dihitung dr kota mana?biasanya pada tny..soalnya takut berat diongkir..

    BalasHapus
  6. unik..kreativitas memang mahal harganya..kalau pesan, ongkirnya dihitung dr kota mana?biasanya pada tny..soalnya takut berat diongkir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beratnya gak sampai satu kilo Mas, 1 0ns paling

      Hapus
  7. Balasan
    1. Kalo saya masih layangan sampai gede, biarin orang berkata apa yang penting aku bisa layangan... he he

      Hapus
  8. Semoga cepat terlaksana bisnis online nya,
    Jadi ingat upin ipin yang sukses jual layangan di internet :D

    BalasHapus
  9. Ha ha ha. mksh Mbak, Amin dah, mksh suportnya and dukunganya, sukses juga buat Mbak, thanks ya dah mampir

    BalasHapus
  10. wah, jadi inget ipin upin yang jualan layangan di internet, semoga segera terlaksana pak, apalagi sekarang mainan tradisional makin jarang ditemukan. ini bisa jadi peluang,

    BalasHapus
  11. Mksh Mbak suportnya, kebetulan saya hobinya main layangan, karena sekarang ada internet maka saya memanfaatkanya untuk mempromosikan layangan saya. Pengin juga sih kayak upin ipin, yang saya belum bisa tuh bikin layangan model ayam goreng....xi xix xi.. lku gak ya di jual...

    BalasHapus
  12. Waaah keren mas. Apik2 banget :))

    BalasHapus
  13. Bagus bagus sendarenY. Ponakan saya suka benget main sendaren.. packingY juga
    semoga sukses bisnisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, di tempat saya kebumen jawa tengah anak anak juga pada suka sekali bikin layangan, malah mereka juga pinter pinter bikin sendiri. Mksh ya kunjungan dan dukunganya ya ?

      Hapus
  14. Keren juga ya ide bisnisnya, bisa memanfaatkan peluang, yang jelas itu juga arena kualitas konten yang bisa bersaing dengan yang lain. Semoga segera terlaksana.

    Nah buat bantu beli domain ada tuh blog saya bikin lomba, kali aja mas dapet deh jadi juara dari situ bisa sewa domain deh. Mau?

    Ditunggu.

    BalasHapus
  15. semoga cepet jadi bos layanagn...maju terus...

    BalasHapus