Peduli lingkungan dengan kesadaran diri sendiri

Saat pertama kali saya merantau ke kota, saya kaget sekali dengan suasana kota besar yang jauh beda dengan kampung halaman saya yang asri, hijau dan sejuk.

Saat tiba di kota untuk merantau mencari pekerjaan, saat itu menunjukan pukul 4 dini hari, orang orang masih tertidur lelap, saya kaget sekali untuk pertama kalinya karena ternyata suasana lingkungan kota yang saya tuju kotor, jorok dan penuh sampah dimana mana. 

Pikir saya waktu itu "lah, kok ternyata lingkungan kota yang selama ini saya bayangakan indah tidak sesuai kenyataan". Sampah berserakan dimana mana, saluran pembuangan air yang macet dan baunya sungguh sangat menyengat di hidung.

Dan kagetnya lagi untuk pertama kalinya, saya disambut dengan tikus got yang begitu menjijikan yang baru saja keluar dari saluran air yang kotor. Huss, jijik sekali, malu sama negara tetangga yang lingkungannya lebih bersih. Apakah ini perlilaku masyarakat Indonesia yang sesungguhnya ?

Saya jadi bertanya tanya di benak saya, mengapa indonesia yang begitu terkenal dengan budayanya, ramah tamahnya, merupakan negara yang begitu tercemar lingkunganya.

Maka dari itu melalui blog saya dan WWF indonesia, yaitu lembaga konservasi alam terbesar dan tertua di Indonesia yang bertujuan untuk melindungi kelestarian alam dan lingkungan di Indonesia, mencoba untuk mengajak semua orang untuk peduli lingkungan sekitar kita supaya tetap asri dan hijau. Baik di lingkungan perkotaan ataupun di pedesaan.

Tentang lingkungan di pedesaan dan masalahnya

Indahnya suasana alam yang sejuk. Sumber gambar dari bimcibedug
Anda bisa bisa lihat sendiri betapa indahnya lingkungan di daerah pedesaan. Atau bahkan mungkin malah Anda tinggalnya di desa, Anda bisa rasakan sendiri suasananya, hawa sejuknya di pagi hari, sejuk, bebas polusi dll. 

Berbeda dengan di kota seperti di kota rantau misalnya, yang umumnya kotor dan banyak sampah yang sangat menggangu lingkungan sekitar.

Biarpun begitu, kita tetap harus menjaga lingkungan hijau seperti pedesaan agar tetap asri dan hijau. Di daerah pedesaan pun, masalah lingkungan pun ada dan selalu ada. 

Misalnya masalah penebangan hutan di daerah sumatera dan kalimantan untuk di jadikan perkebunan kelapa sawit ataupun untuk di jadikan lokasi produksi semisal pabrik, pemukiman dll. Kegiatan seperti itu juga menjadi pemicu utama kerusakan lingkungan.

Penebangan hutan secara liar dapat mengakibatkan banjir, tanah longsor, erosi tanah dsb. Binatang binatang pun akan terganggu habitatnya karena lingkungan nya rusak. Kera, harimau, burung burung akan kehilangan tempat tinggalnya karena di rusak oleh manusia, kasihan mereka walaupun hanya sekedar binatang, mereka pun ingin hidup, sama seperti kita.

Sumber gambar dari cindysofiecs
Hal seperti inilah yang akan mengakibatkan rusaknya bumi kita, itu semua karena ulah manusia itu sendiri.

Hutan yang gundul bisa mengakibatkan banjir yang nantinya juga akan merugikan manusia itu sendiri. 

Pikirlah sebelum bertindak. Jangan asal mementingkan diri sendiri dan merugikan orang lain karena ulah kita. 

Kita sudah sering melihat berita di televisi tentang musibah banjir, tanah longsor dll yang umumnya terjadi di wilayah pedesaan yang berbukit bukit, tentunya kita tidak mau jika hal itu menimpa diri kita, apalagi sampai mengorbankan orang orang yang sangat kita sayangi. Kita tetap bisa aman hidup di lingkungan macam apapun asalkan kita bijak memperlakukanya.

Kita sudah di anugrahkan alam yang sangat kaya oleh Tuhan untuk kita nikmati, harusnya kita bisa menjaganya dengan baik dan merawatnya, bukan untuk di gunakan semena mena dan semaunya sendiri.

Sumber gambar dari google
Lihatlah musibah musibah yang akan terjadi jika kita bertingkah semaunya sendiri, penebangan hutan akan mengakibatkan banjir dan tanah longsor yang pastinya akan merugikan diri sendiri dan oang lain.

Betapa sedihnya jika karena ulah kita sendiri, kita harus menerima pahitnya, apalagi jika sampai mengambil sesuatu yang sangat berharga milik kita, seperti yang saya tuliskan di atas tadi, yaitu jatuhnya korban jiwa, sungguh sangat menyedihkan.

Musibah akibat banjir. Sumber gambar dari google

Tentang lingkungan di perkotaan dan masalahnya


Indahnya kota. Sumber gambar dari google
Kota, daerah yang banyak di dambakan orang sebagai tempat tinggal ataupun mencari rejeki. Jakarta misalnya, di jakarta ada banyak sekali harapan yang bisa di raih di kota metropolitan ini. Terutama untuk para perantau dari daerah daerah yang ingin menggantungkan hidup dengan mencari nafkah disini.

Karena alasan itulah mengapa orang rela berbondong bondong datang ke kota kota besar untuk mencari nafkah. Dan semakin bertambahnya perantau yang datang, masalahpun banyak terjadi terutama soal lingkungan

Lingkungan yang kotor dan penuh sampah yang menumpuk,saluran air yang tersumbat, sungai sungai yang tersumbat aliranya karena sampah pula, akan mengakibatkan banjir.


Sampah jakarta. Sumber gambar dari google
Banjir Jakarta. Sumber gambar dari google

Tentunya hal itu sangat merugikan kita, di saat banjir, kita akan sangat terganggu, aktifitas seperti terhenti. Penyakit pun akan sangat mudah menyerang. Itu semua karena kebiasaan masyarakatnya yang kurang baik, buang sampah sembarangan dimana mana.

Itulah gambaran tentang lingkungan kita, baik di daerah hijau seperti di desa desa ataupun di daerah padat penduduk.

Dari ulasan di atas bisa di tarik kesimpulan bahwa : dimanapun kita bermukim, baik di desa ataupun di kota, jangan pernah melalaikan yang namanya kebersihan lingkungan. Lingkungan yang asri tercipta jika kita bisa sadar lingkungan, sadar betapa pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat di sekitar kita yang kelak akan di huni anak cucu kita nanti.

Tanamkan kebiasan diri sejak dini untuk sadar diri peduli lingkungan, ajari anak cucu kita untuk hidup bersih dan sehat serta peduli lingkungan jangan buang sampah sembarangan, gunakanlah air secukupnya, manfaatkan barang barang berharga di rumah yang sudah tak terpakai untuk tidak langsung di buang yang sekiranya bisa di olah kembali atau di daur ulang. 

Dengan kreatif mendaur ulang, kita bisa berkarya dan melahirkan sesuatu yang baru, yang bahkan bisa sangat berguna untuk orang lain

Dengan lingkungan yang bersih dan sehat, hidup akan menjadi lebih sehat pula. Dan kedepanya pun akan menjadi lebih baik lagi. Melalui blog dan WWF, saya mencoba mengajak semua pembaca untuk sadar akan lingkungan.

Betapa pentingnya lingkungan yang sehat dan bersih, betapa indahnya lingkungan yang asri, betapa indahnya Indonesia yang kaya budaya dan ramah tamahnya, namun memiliki lingkungan yang bersih, sehat dan sejuk. Oh Indonesiaku rayaku yang sehat lingkungan, aku bangga padamu

Tulisan ini di ikut sertakan dalam dalam kontes blog peduli lingkungan yang di adakan oleh BLOGdetik dan WWF tentang peduli lingkungan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Peduli lingkungan dengan kesadaran diri sendiri"

  1. Setuju gan, cara lainnya juga menanam pohon, Sekarang semakin menarik karena ada program revolusioner, "MENANAM POHON SEKALIGUS MENDAPATKAN MANFAAT EKONOMOMI DALAM PENANAMAN DAN KAMPANYENYA"

    Cari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com

    BalasHapus