4 Macam jenis bisnis online, Anda pilih mana ?

Src
Bisnis online paling tidak bisa di kelompokan menjadi 4 macam, yaitu :

1 Toko online
Jenis bisnis toko online ini, produk yang di jual pada umumnya adalah produk nyata. Contoh toko buku online bukukita.com. Ditoko online tersebut menjual berbagai macam buku buku cetak. Jenis bisnis online seperti ini bisa menjadi pendongkrak penjualan toko nyata atau konvensional kedua setelah toko buku nyata seperti gramedia, gunung agung dll.

Jika Anda berniat berbisnis online model ini, Anda perlu bekerjasama dengan jasa pengiriman barang seperti tiki, JNE dll. Ada banyak juga pelaku bisnis online model ini yang sukses, contohnya seperti pemilik toko buku online diatas. Asalkan di jalankan dengan fokus dan konsisten.

2 Jualan ebook.
Bisnis online jenis ini adalah bisnis online yang paling umum dan paling banyak di jalani. Selain pengirimanya yang super mudah karena bisa lewat download, juga tidak terkendala dengan cuaca, waktu yang singkat dan produk tidak usang di makan waktu.

Contoh produk semacam ini seperti ebook panduan tentang cara bermain piano, panduan cara membuat kue tart, panduan belajar desain dan sejenisnya yang di rangkum dalam sebuah file.

Jadi lebih jelasnya, misal jika Anda ingin belajar membuat kue tart, atau Anda ingin belajar piano-lalu ada yang menjual informasinya di internet dalam bentuk file, maka Anda akan mendapatkan panduan tersebut dalam bentuk file, umumnya file PDF.

Contoh pelaku yang sukses seperti Joko Susilo yang menjual panduan cara mencari uang di internet karena ia mahir dan berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang ini. Ia menjualnya dalam bentuk file yang bisa di download.

3 Menjadi affiliasi.
Affiliasi adalah pekerjaan mempromosikan produk orang lain karena kita belum memiliki produk sendiri untuk dijual. Jika  kita berhasil menjualkan produknya atas rkomendasi kita maka kita berhak atas komisi sesuai kesepekatan kedua belah pihak. Dari kedua model bisnis online diatas affiliasi adalah yang paling mudah dilakukan.

Kita tak direpotkan dengan complain dari konsumen, tugas kita hanyalah berpromosi dan berpromosi. Semakin banyak kita berpromosi maka semakin besar keuntungan yang kita dapatkan dari setiap penjual yang kita lakukan.

Kita bisa lakukan dengan iklan PPC atau rekomendasi dengan artikel di blog. Untuk saya sendiri, saya melakukanya dengan membuat artikel di blog pribadi saya.

Biarpun hanya affiliasi, tapi sangat tidak menutup kemungkinan untuk bisa sukses layaknya mereka yang memiliki produk. Ada banyak top affiliasi dengan kekayaan yang berlimpah, seperti Joko Susilo dulu di click bank.

4 Kontes blog.
Jenis bisnis online ini adalah jenis bisnis online dimana kita akan di bayar jika tulisan kita memenuhi syarat dan memenangkan lomba. Penyelenggara yang sering mengadakan kontes blog seperti ini seperti blogdetik, viva.co.id, group jogjacamp dll.

Hadiah yang di perebutkan sangat menggiurkan seperti gadget smartphone, android, blackberry, ipad ataupun uang tunai sampai 10jt untuk pemenang pertama.

Tulisan yang berpotensi menang adalah tulisan yang mmenuhi persyaratan yang di tentukan oleh penyelenggara, navigasi tulisan, gambar pendukung serta kreativitas, keaslian dll.

Itulah sedikitnya 4 macam bisnis online yang bisa Anda ikuti. Apapun pilihan Anda, jalankan satu saja terlebih dahulu sampai berhasil, lakukan dengan fokus dan konsisten. Setelah itu Anda bisa beralih ke model bisnis online yang lain atau terserah Anda.

Itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Macam jenis bisnis online, Anda pilih mana ?"

Posting Komentar