Sebagus Yamaha Xeon RC kah sepeda motor Anda ?

Produsen sepeda motor merk ternama dengan lambang tiga garpu tala “Yamaha”, kini mengeluarkan produk terbarunya yaitu Yamaha Xeon rc 125 cc injeksi. Produk ini adalah versi lanjutan dari Yamaha Xeon sebelumnya namun hadir dengan banyak keunggulan. Tetapi dengan harga yang lebih murah yaitu Rp 15,01 jt dari Xeon sebelumnya seharga Rp 16,05 jt.

Sepeda motor injeksi dengan teknologi YM JET-FI berpendingin cairan ini, membuat bahan bakar yang di gunakan menjadi lebih irit di banding versi sebelumnya karena pembakaran yang di hasilkan lebih sempurna.


Untuk Anda yang ingin memiliki sepeda motor terbaru, tidak ada salahnya mencoba teknologi terbaru Yamaha Xeon RC ini dengan banyak fitur canggih di dalamnya. Lihat dulu keunggulanya, baru putuskan untuk membelinya.

Yamaha Xeon RC itu Keren, Anda bisa lihat :

Bodinya dengan striping yang keren dan tega



Gambar dari sini yang sedikit saya edit

Pembuatanya terinspirasi dari pesawat tempur milik Amerika F-117 NightHawk boomber dengan desain yang sporty dan aggressive.




Gambar di pinjam dari storeabi, otosia dan pratiwi yang sedikit saya edit

Pada striping di bodynya, terdapat aksen RC yang memiliki arti Racing Champion yang mempertegas bahwa motor ini adalah motor matic racing dengan teknologi balap DiAsil Cylinder dan Forged Piston dengan penyempurnaan mesin 125 cc dan mampu menampung bahan bakar sampai 3,8 liter. Juga di buat lebih menungging biar seperti motor balap beneran.

Lampu depanya






Gambar di pinjam dari sini

Lampu depan Yamaha Xeon RC ini terkesan gahar dan sporty dengan kaca lampu yang memanjang dari ujung bawah hingga atas bagian depan motor. Sehingga pancaran cahayapun akan terasa lebih terang.

Pun sudah di lengkapi dengan fitur canggih otomatis yang apa bila mesin di nyalakan maka lampu depan akan otomatis menyala.

Lampu belakangnya




Gambar di pinjam dari sini

Desain lampu belakang ini juga terinspirasi dari pesawat tempur milik Amerika F-117 Night Hawk yang tampak jelas dengan garis garis tajam pada covernya yang aerodinamis, seperti semburan api pesawat jet…

Spionya



Gambar di pinjam dari sini

Kaca spion yang sporty semakin menambah kesan racing champion dengan lekuk tajam yang memanjang ke belakang.

Jok



Gambar di pinjam dari sini

Desain jok dengan 2 warna menambah Yamaha xeon RC ini lebih keren dan menarik. Terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga lebih nyaman dan empuk untuk di duduki.

Knalpot




Gambar di pinjam dari otosia dan linternaut yang di edit

Knalpot yang terinspirasi dari sepeda motor Yamaha T-MAX yang sporty, kokoh, berotot dan agresif semakin menambah kerenya motor injeksi ini, powerfull dan eksklusif.

Speedo meter



Gambar di pinjam dari sini

Dengan speedo meter 3D yang keren serta latar belakang bewarna biru yang kontras sehingga lebih jelas terlihat

Garis lingkar velg



Gambar di pinjam dari sini

Terdapat garis lingkar velg yang semakin menambah Yamaha Xeon RC ini semakin racing look dan menarik.

Handle bar (pegangan di jok)



Gambar di pinjam dari sini


Pegangan pada jok di bagian belakang memiliki ukuran lebih besar dan lebar, menjadikan lebih mudah untuk di parkir (dengan memegang handlenya) ataupun untuk pegangan si pembonceng.

Juga pada buritan motor ini, terdapat logo Yamaha yang memberikan kesan eksklusif pada tampilan sportynya.

Bagasi



Gambar di pinjam dari sini

Yamaha Xeon RC ini memiliki bagasi yang lebih luas sehingga bisa menampung lebih banyak barang bawaan.

Untuk membuka bagasi ini menggunakan kunci yang langsung terintegrasi dengan kunci kontak. Tinggal klek klek…terbuka deh itu bagasi.

Shockbreaker





Gambar di pinjam dari sini

Adanya Shockbreacker tunggal semakin menambah kesan racing, juga untuk memudahkan pembukaan ban saat akan di tambal. Hal ini banyak di keluhkan pengguna xeon karburator karena saat ban terjadi kebocoran, untuk menambalnya menjadi lebih lama.

Dengan fitur ini juga menjadikan bobot motor injeksi ini lebih ringan sehingga lebih mudah untuk dorong atau di parkir.

Stang kemudinya





Gambar di pinjam dari sini

Stang kemudi Yamaha New Xeon RC ini tak diragukan lagi yang berdesain racing look. Uniknya pada moncongnya akan di jumpai air scoop.

Bisa diasumsikan airscoop ini merupakan tekhnik untuk membantu proses sirkulasi pasokan udara pada system.

Rem cakram





Gamba di pinjam dari sini

Dengan rem cakram pada roda depan semakin menambah kerenya si Yamaha Xeon RC ini. Jika saya di hadapkan pada pilihan antara sepeda motor dengan rem cakram dan tromol pada roda depan, saya akan memilih rem cakram.

Karena itu tadi, lebih keren, gagah dan lebih bagus pokonya lah… kata teman saya sih gitu

Yamaha Xeon RC itu cepat, Anda bisa lihat:

Jarak sumbu roda dan jarak ketanah





Gambar di pinjam dari sini yang di edit sedikit

Pada jarak sumbu roda, pihak Yamaha menaikanya 5 mm dan jarak ketanah juga di tinggikan 10 mm sehingga bisa dengan mudah dan cepat menerjang berbagai medan sulit seperti jalan berkerikil, polisi tidur dll. Selain itu berat lebih ringan 3 kg sehingga lebih gesit dan cepat untuk melaju.

Mesin dengan teknologi DiAsil Cylinder dan Forged Piston



Gambar ddi pinjam dari sini

Dengan teknologi balap DiAsil Cylinder , yaitu bahan mesin terbuat dari paduan antara aluminium dan silicon yang di cetak dimana :

1 Bahan ini memiliki kemampuan pendinginan yang sangat baik karena pelepasan panas lebih cepat (280% lebih baik dari besi).

2 Tahan terhadap gesekan yang menjadikanya lebih awet dan performa tinggi

3 Ringan, beratnya hanya 35%dari besi.

Sedangkan Forged Piston terbuat dari silicon yang di lelehkan lalu di bentuk piston (tempa) layaknya seperti dalam pembuatan keris atau samurai. Dengan cara seperti ini akan di dapatkan kualitas piston yang bagus. Garansi mesin pun tak tanggung tangung yaitu 5 tahun. Dengan teknologi ini membuat Yamaha Xeon RC semakin berperforma maksima.

Wah, bener bener dah, Yamaha Xeon RC memang selalu terdepan dan semakin tak tertandingi. Masih ada lagi...

Yamaha Xeon RC itu canggih. Anda bisa tahu :

Teknologi YM JET-FI



Gambar di pinjam dari sini

Teknologi injeksi YM JET-FI ini menjadikan pembakaran lebih sempurna yang mampu meningkatkan performa hingga 8% dalam mesin dan mampu menghemat bahan bakar hingga 20%.

Dengan teknologi pengkabutan bahan bakar yang sempurna ini, menjadikan Xeon RC menghasilkan akselerasi yang spontan, begitu ramah lingkungan dan siap masuk standar kadar emisi gas buang yang rendah (Euro 3) yang akan di tetapkan tahun ini di Indonesia, seperti di negara negara maju di eropa.

Standar samping yang berguna



Gambar di pinjam dari sini

Saat kontak di putar on dan tombol start di tekan, mesin tidak akan hidup jika standar samping belum di naikan. Lampu indicator pun akan menyala sebagai tanda bahwa standar samping masih tercagak.

Hal ini di maksudkan untuk keamanan berkendara karena resiko jatuh bisa terjadi saat motor berjalan tetapi standar masih tercagak, apalagi saat berbelok.

Kunci kontak 3 fungsi




Gambar di pinjam dari sini

Tidak hanya untuk menghidupkan dan mematikan mesin (on/off), pengaman ganda , tetapi juga bisa di pakai untuk membuka bagasi. Jadi Anda tak perlu repot copot kunci saat akan mengisi bensin atau membuka bagasi yang kebanyakan terdapat pada motor lain.

Rem pengunci ban belakang




Gambar di pinjam dari sini

Yaitu fitur canggih pengunci ban belakang yang berguna untuk mengunci ban agar tidak nyelonong saat parkir atau mengerem di tanjakan atau turunan.

Jika pada motor lain masih menggunakan dua tangan, disini cukup pakai jari telunjuk saja.

Caranya, tarik rem belakang dan tekan tuasnya dengan jari telunjuk (lihat gambar).

Fitur canggih lainya seperti

[*}AC/DC Open Circuit. Yaitu sistim pengisian aki dimana sistim ini bisa mencut off pengisian aki jika sudah penuh agar tidak terjadi over charging sehingga aki menjadi lebih awet

[*] Fuel Pump atau pompa bahan bakar yang berfungsi mensuplai bahan bakar dari tangki ke injektor dan menjaga agar tekanan bahan bakar sesuai persyarata. Dan dimana pada tipe ini dibuat lebih cerdas yaitu konsumsi llistriknya lebih hemat 30% dari pompa bahan bakar biasa.

Juga dilengkapi sensor canggih lainya yaitu :

[*] Oxygen sensor. Berfungsi mengoreksi emisi gas buang hasil pembakaran. Komponen ini yang akan menjamin kadar emisi gas buang Yamaha Xeon RC ini agar selalu terjaga.

[*] Throotle position sensor yang berfungsi mengontrol jumlah aliran udara yang mengalir kedalam mesin dalam menanggapi tarikan tuas gas pengendara.

Bedanya pada Xeon RC ini ukurannya lebih besar dari sebelumnya 26 mm menjadi 28 mm dan mampu menghasilkan pasokan udara yang lebih besar dalam sistim pembakaran. Menjadikan hasil kinerja mesin lebih maksimal.

Sensor canggih lainya seperti Intake Air Temperature Sensor, Intake Air Pressure Sensor dan masih banyak lagi fitur fungsional lainya pada motor injeksi ini. Dan pastinya Yamaha selalu memperhatikan setiap detil komponenya demi terciptanya sepeda motor yang keren, cepat dan canggih.

Ok, sekarang beralih ke uji cobanya.




Video meminjam dari disini

Saat gas diputar cepat, luar biasa, responsivitasnya langsung bergerak memindahkan bodinya yang sporty. Suaranya pun halus. Kelincahan juga terbukti maksimal saat harus bermanuver zig-zag. Sedangkan karakter suspensi hampir sama dengan Xeon lama, tetap terasa lembut namun stabil dibawa dalam kecepatan tinggi.

Itulah alasan mengapa Yamaha Xeon RC ini di bilang bagus. Wajar saja jika Yamaha menerapkan sloganya yang semakin tak tertandingi. Yamaha memang selalu terdepan. Motor injeksi dengan terlalu banyak kelebihan ini patut di coba untuk semua keluarga Indonesia.

Sedikit saran, alangkah baiknya jika ban motor injeksi ini menggunakan ban tapak lebar , alasanya karena pada saat uji coba di lintasan basah di sirkuit sentul, roda belakang mengalami slip saat cornering.

Dengan penerapan tapak ban lebar , selain secara handling lebih baik lagi tentu akan mendukung penampilan bak pesawat siluman bila dilihat dari depan ataupun belakang. Garang !

Sekarang kita lihat spesifikasinya

DIMENSI

P x L x T : 1855mm x 700mm 1070mm

Jarak sumbu roda : 1265 mm

Jarak terendah ketanah : 135 mm

Tinggi tempat duduk : 760 mm

Berat isi : 101 kg

Kapasitas tangki bensin : 3,8 L


RANGKA

Tipe rangka : Underbone

Suspensi depan : Teleskopik

Suspensi belakang : Unit Swing, Suspensi tunggal

Ban depan : 70/90-14MC 34P

Ban belakang : 90/80-14M/C 49P

Rem depan : Cakram

Rem belakang : Tromol


MESIN

Tipe mesin :4 Langkah, 2 Valve SOHC, berpendingin cairan.

Jumlah/Posisi silinder :Cylinder tunggal

Volumen silinder :124,86cm3

Diameter x Langkah :52,4 x 57,9 mm

Perbandingan kompresi :10,94 : 1

Daya maksimum :11,4 PS (8,4 kW) / 9000 rpm

Torsi maksimum :10,4 N.m (1,06kgf.m) / 6500 rpm

Sistem starter : Electric starter dan kick starter

Sistem pelumasan : Basah

Kapasitas oli mesin : Total :0,90 liter/perawatan Berkala : 0,80 Liter

Sistem bahan bakar : Fuel Injection System (YM JET-FI)

Tipe kopling : Kering, kopling sentrifugal

Tipe tranmisi : V-belt otomatis

Pola pengoperasian

tranmisi : Otomatis


KELISTRIKAN

System pengapian :TCI (Transistor Control Ignition)

Battery : YTZ5S

Tipe busi : NGK/CR7E

Mantap bukan ? Jadi sebelum memutuskan untuk memilih sepeda motor, ingat akan teknologi mutakhir pada Yamaha Xeon RC ini terutama pada rem pengunci ban dan standar samping. Teknologi dengan harga ringan namun dengan memiliki kualitas yang tak kalah dengan produk lain ini patut Anda miliki.

Ayo, maju terus Yamaha dengan terus berinovasi agar selalu menjadi yang terdepan dan semakin tak tertandingi

Selesai.


Referensi artikel :

*http://www.otosia.com/berita/aura-sport-xeon-rc-kentara-lewat-throttle-body-baru.html

*http://www.otosia.com/berita/17-sisi-hot-pada-new-yamaha-xeon-rc.html

*http://www.review1st.com/2013/01/11/yamaha-xeon-rc-test-ride-di-sentul/

*http://www.sejutaumat.com/2013/01/10/kupas-tuntas-perbedaan-xeon-rc-vs-xeon-karbu/

*http://www.yamaha-motor.co.id/xeon-rc/

*http://microsite.detik.com/minisite/YamahaBlogContest

*http://pahrizuhri.weebly.com/motor1.html

*http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120113055726AAni29a

*http://www.motor-modif.com/article-detail/631/xeon-rc-mestinya-pasang-ban-tapak-lebar

Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Sebagus Yamaha Xeon RC kah sepeda motor Anda ?"

  1. siip, kumplit . yamaha emang yahud ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya mbak juga, keren kayak motor xeon rc !!!! Ada gravatarnya lagi !!!

      Hapus
  2. Menarik ulasannya, semoga menang sob :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks juga sob, semoga sukses juga ya ?

      Hapus
  3. tuh kaaan, yamaha emang keren! apalagi new xeon ini

    BalasHapus
  4. Bagus banget reviewnya..keren kerenn...

    Goodluck yaa, silahkan mampir http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/03/semua-yang-saya-butuhkan-ada-di-yamaha.html
    terimakasih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks. Yamaha XEON RC EMANG KEREN BANGGET

      Hapus
  5. super banget bhro.......!!!
    dettail banget ente jelasinnya, sampe-sampe gambarnya juga di kasih perbandingan (ini dia neh point plusnya) Ane jadi tahu asal muasal desain Xeon RC yang keren ini.
    selain itu asik bacanya, banyak gambar bikin pembaca ga bosen ^_^
    sukses ya, semoga kita bisa menjadi dan bertemu di puncak juara
    amin amin amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punyaku masih belum seberapa di banding firstwinner, ngedit gambar aja aku masih ethek ewer. Punya ente bener bener bagus bhroooo. Btw bikin komiknya itu pake pake flash, premiere untuk video and photoshop untuk gambar, bener ga ?

      Top markotop dah pokonya, KEREN, CEPAT DAN CANGGIH. Juga semakin tak tertandingi, kayak XEON RC itu !!!

      Semoga juara bhroooo

      Hapus
  6. Review yang lengkap.. Nice.. :)
    Good Luck Ya.. :)

    http://massyh99.blogspot.com/2013/03/yamaha-xeon-rc-oh-my-racing.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama sis, good luck juga ya ?

      Hapus
  7. Mau tanya nih bro, untuk ganti kampas cakram depan, itu pakai Kunci L biasa apa Kunci L Bintang???

    BalasHapus
  8. gue udah punya rc nya tuh...
    tarikannya racing buanget....... sobbb mantap...irit lagi jga keren

    BalasHapus
  9. emang gk salah gw bli nih xeon rc.
    bner" mantap gaspollll

    BalasHapus
  10. Yang Lain Makin Ketinggalan...tapi sayang ane pake Xeon Gt...he.he.he...akselarasinya itu looo...wuuuzzz...wuuuuzzz...wuuuuuuzzz...

    Nais inpoh gan, salam kenal

    BalasHapus