Pentingnya air bersih untuk kehidupan mahluk hidup

bentengkehidupan.wordpress.com

Bumi kita terdiri dari sebagian besarnya adalah lautan atau air. Air sebagai kebutuhan pokok makhluk hidup terdapat banyak sekali di bumi ini. Tanpa air, kita tak bisa hidup. Tanpa air, bisa di pastikan hampir seluruh makhluk hidup takan pernah ada. Air sangatlah di butuhkan dan sangatlah vital untuk seluruh kehidupan makhluk hidup di muka Bumi ini. Tubuh manusia sebagian besarnya terdiri dari air. Tumbuhan, hewan membutuhkan air untuk hidup. Tanpa air, manusia hanya bisa bertahan selama kurang lebih 7 hari alias seminggu.
Tak banyak di sadari oleh kita betapa dahsyatnya pengaruh air terhadap tubuh, setiap sel tubuh kita membutuhkan air.  Penelitian yang di lakukan Dr. Fereydoon Batmanghelidji, M.D. asal Iran menemukan bahwa otot otot yang menggerakan tubuh kita terdiri dari 75%nya adalah air. Bukan itu saja, paru paru yang kita gunakan untuk bernafas 90%nya adalah air. Sedangkan pada otak kita terdiri dari 76%nya adalah air.  Penelitian lain yang di lakukan Dr fereydoon selama 25 tahun tentang air  juga telah menemukan bahwa, kekurangan air dapat menyebabkan perubahan pada kondisi tubuh manusia. Bahkan 85%penyakit medis modern berawal dari dehidrasi berkepanjangan.
Untuk kehidupan sehari hari seperti memasak, mencuci, mandi,  kita membutuhkan air  bersih untuk melakukanya. Bayangkan jika semua airyang ada di bumi ini kotor dan tercemar. Berbagai macam penyakit akan menimpa hidup manusia dan makhluk hidup lainya, dan akan sangat beresiko pada perkembangan hidup makhluk hidup di bumi ini selanjutnya.
Maka dari itu, menjaga dan memelihara kebersihan sumber air sangatlah penting untuk kita lakukan demi keberlangsungan hidup yang sehat. Bayangkan saja jika pada musim penghujan saja air bersih susah di dapatkan.  Seperti yang terjadi pada warga puluhan desa di kota Purbalingga Jawa Tengah. Ada 71 Desa yang membutuhkan sumbangan airbersih  padahal daerah tersebut telah memasuki musim hujan. Jika pada musim hujan saja air bersih susah di dapat, bagaimana pada musim kemarau.  Apa yang bakal terjadi jika air yang kita konsumsi berasal dari air kotor ?

www.metrotvnews.com

Tapi permasalahanya, mengapa bumi yang kaya akan air, masih saja banyak masyarakat yang kekurangan air bersih walau musim penghujan sekalipun. Apakah karena kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan seperti membuang sampah sembarangan, limbah pabrik yang sering kali mencemari sumber air. Ataupun karena kebetulan sumber air berada di dekat sungai atau sawah sehingga kebersihan  air bisa tercemar seperti warna keruh, berbau dll. Disini Pemerintah perlu turun tangan mengatasi masalah ini, misalnya dengan memberikan edukasi atau bimbingan tentang pengolahan air tercemar supaya manfaatnya bisa lebih maksimal. Seperti jika airberwarna keruh, bisa di filter atau di saring dengan penyaring air. Paling tidak yang  sederhana  saja seperti  yang di lakukan oleh anak anak SMA di Kalimantan. Mereka membuat saringan air sederhana yang bisa menjernihkan air keruh menjadi bening. Alat yang di gunakan sangat sederhana seperti batu, kapas, sabut atau ijuk yang sangat mudah di dapatkan di sekitar kita.
Cara membuatnya :
Siapkan botol bekas minuman yang sudah di potong bawahnya, lalu lubangi tutup botol dengan paku.
Bahan bahanya terdiri atas tumpukan pada gambar di bawah

Gambar susunan saringan air sederhana

Buat susunan seperti pada gambar di atas dan masukan air kotor. Atau Lebih lengkapnya tonton 
videonya dibawah ini :

Mungkin terlihat sangat sepele dan tak terlalu bermanfaat, tapi lihat hasilnya !
Dirumah saya, air yang di gunakan untuk kebutuhan sehari hari berasal dari air sumur. Dan beruntung saja, rumah saya yang letaknya agak berada di dataran tinggi, untuk soal air bersih masih mudah di dapatkan. Paling jika pada musim kemarau, untuk mendapatkan air bersih saya harus nguyang (mencari air) di sumur tetangga. Biarpun begitu, tak jarang air sumur di tempat saya berbau menyengat hingga sampai  berwarna kebiruan. Dan jika sudah begitu, saya harus membersihkan aliran pembuangan air kotor yang tersumbat oleh tanah. Akan tetapi tiidak menjamin bahwa  jarak antara pembuangan dengan sumber air  bersih sudah cukup jauh kurang lebih 10-15 meter agar air tidak tercemar, tetapi jika saluran pembuangan air kotor sering tersumbat dan jarang di bersihkan maka tetap saja air akan tercemar. 
Saya saat sedang membersihkan aliran libmah
 
Untuk menjaga agar sumber air bersih di tempat saya tetap bersih, saya rutin membersihkan dengan selalu mengatur jalan pembuangan air limbah tetap lancar. 

 
Jarak antara sumber air bersih dengan pembuangan berkisar 10 meter. Karena di rumah saya menggunakan pompa air, maka sumur saya tutup rapat dengan palang bambu serta plastic agar tidak ada kotoran seperti dedaunan ataupun binatang yang masuk ke dalam sumur. Tak lupa sebelum di tutup, kotoran seperti dedaunan saya bersihkan. Keseringan kucing saya  anjlog sehabis mencari tikus di atap rumah tanpa sepengetahuan siapapun kedalam sumur. 

Kucingku di atas sumur
 
Tak lupa juga karena sumur di tempat saya ukuranya besar berkisar lebarnya 2 meteran beserta dalamnya kurang lebih 12 meter, setiap airnya sudah habis selalu dikuras dan buang lumpurnya.
Untuk kebutuhan minum sehari hari saya menggunakan air yang di rebus sampai mendidih. Air gallon masih belum perlu di gunakan. Banyaknya kayu bakar dan air bersih saya manfaatkan semaksimal mungkin untuk kebutuhan sehari hari terutama untuk minum.
Tapi, bagi Anda yang tak mau  repot memasak air, kini ada solusi mudah dan hemat dengan harga terjangkau dan pastinya aman dan sehat untuk seluruh keluarga Anda, unilever dengan produk water purifier atau pemurn air yang di beri nama Pure it. Memberikan solusi mudah dan hemat untuk Anda sekeluarga, mendapatkan air minum yang lebih sehatbahkan dari airminum yang telah di masak.
pureit-pemurni-air-minum.blogspot.com

Apa itu Pure it ?
Pure it yaitu water purifier atau pemurni air dengan teknologi modern yang canggih yang dapat mematikan kuman berbahaya di dalam air yang dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit yang membahayakan tubuh seperti typus, diare, sakit kuning, kolera dll. Simak penjelasan tentang Pure it pada videodi bawah ini :


Air yang di hasilkan pure it dapat langsung di minum tanpa perlu di masak. Pure it adalah solusi mudah, praktis dengan harga yang terjangkau namun dengan kualitas terjamin untuk mendapatkan air minum yang sehat serta terlindungi dari kuman berbahaya. Pure it menghilangkan dan mematikan bakteri , virus, parasit  berbahaya dan kotoran sehingga menghasilkan air minum yang sehat, jernih, tidak berbau dengan rasa yang alami tanpa perlu khawatir masalah kesehatan.
Dengan Pure it air yang di hasilkan lebih sehat karena mampu menghilangkan zat zat yang tidak dapat  hilangkan hanya dengan di rebus saja. Pure it telah mendapat sertifikasi internasional karena kualitasnya seperti dari EPA (Environmental Protection Agency) dari Amerika serikat juga dari banyak lembaga lembaga lain di Asia dan Eropa untuk menghilangkan bakteri dan virus berbahaya dalam air.
Alasan mengapa harus Pure it Karena
  1.   Tak perlu memasak air, tinggal tuang ke bagian atas wadah pure it, air yang keluar langsung bisa di minum 
  2.  Karena dapat menghilangkan bakteri, virus, parasit dan zat lain yang tidak dapat hilang hanya dengan memasaknya.
  3.    Tanpa gas dan listrik
  4.  Harga terjangkau
  5. Mudah dipakai
  6.  Tanpa gallon ( lebih hemat dan praktis )
  7.    Lebih jernih dengan rasa yang alami
  8.  Karena sudah terbukti manfaatnya. Lihat testimoninya pada video di bawah ini :



Dengan adanya Pure it, juga telah memberikan solusi memanfaatkan sumber air sebaik mungkin untuk masyarakat. Dengan Pure it, mendapatkan air minum menjadi lebih mudah, praktis dan hemat. Akhir kata - Mari kita lindungi sumber air yang ada di sekitar kita dengan selalu menjaga dan merawatnya agar tetap bersih dan bermanfaat maksimal bagi semuanya. Masa depan anak cucu kita ada pada diri kita sendiri.

referensi :
Vemale.com
lombablogpureit.blogdetik.com
Metrotvnews.com
Youtube.com
Youtube.com
Buku reader digest fit
Sumber video by :
http://www.pureitwater.com/ID/testimoni
http://www.youtube.com/watch?v=1xGmW2NuYbs
http://www.youtube.com/watch?v=wdMDkdh2a-g

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya air bersih untuk kehidupan mahluk hidup"

Posting Komentar