Fungsi SUMIF di Excel

Fungsi SUMIF digunakan untuk menjumlahkan data denga satu criteria. Contoh, pada table di bawah akan menjelaskan cara mencari jumlah penjualan masing masing sales hanya dengan mengetikan nama sales di sel B26 dan secara otomatis pada Sel C26 tsb akan terisi nilai jumlah penjualannya.

Contoh penggunaan fungsi SUMIF di excel

Caranya :
Pada tab data group data tool pilih data validation > data validation, maka akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah. 
Pilih data validation

Pada tab setting kolom allow pilh list yang maksudnya nama pada Sel B26 akan tersusun secara list (dari atas ke bawah) dan pada source atau sumber pilih sel F5:F9 yang maksudnya pada sel B26 akan mengambil nama sales dari range tsb.

Kemudian masih pada kotak dialog yang sama pada tab input message kolom input message isi dengan pilih sales untuk memberi  nama judul daftar nama sales pada sel B26, Klik OK.Kemudian pada sel C26 ketikan rumus =SUMIF(B5:B26,B26,C5:C25) dan tekan enter.

Pilih sales

Rumus akan menjumlahkan data dengan kriteria nama sales  pada sel B5:B25 dan nama masing masing sales tsb akan di isikan pada sel B26 serta akan menseleksi gaji pada range C5:C25 dan menjumlahkan hasil penjualan masing masing sales pada sel C26.

Mudah bukan ? teruslah belajar dan terus belajar supaya cepat pintar, baca juga fungsi SUMIFS yang fungsinya untuk menjumlahkan data dengan lebih dari 1 kriteria.Semoga artikel ini bermanfaat, salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi SUMIF di Excel"

Posting Komentar