Penggunaan fungsi HOUR,MINUTE ,INTdan SECOND dalam Excel

Fungsi Hour,Minute dan Second sama sama memiliki argument “(Serial_Number)” yang berguna untuk mencari Nilai Jam,Menit dan Detik. (Serial number) adalah nomor seri yang berasal dari data waktu. Sedangkan Fungsi INT memiliki argument ”( number)” yang berguna untuk mencari nilai ke pembulatan terdekat. (Number) adalah nomor seri yang berasal dari data dalm suatu sel

Contoh 1: Penggunaan Fungsi Hour,Minute dan Second secara terpisah.
Fungsi HOUR

Fungsi MINUTE

Fungsi SECOND

Fungsi INT

Contoh 2: Penggunaan Fungsi Hour,Minute,int dan Second secara gabungan.


Penjelasan rumus.

Rumus akan mencari Nilai Pembulatan ke bawah (INT) dalam hari, Mencari Nilai Jam,Menit dan detik dimana petama kali akan membulatkan ke bawah karena sel acuan (C4) dalam bentuk format waktu dan di tambahkan tanda dan (&) ,tanda petik (“) ,nama waktu dan tanda petik lagi. Jadi Jika Nilai jam sama dengan 24 maka akan di hitung 1 Hari karena 1 Hari ada 24 jam. Dan jika kurang dari 24 akan di hitung 0 Hari. Karakter dan (&) berguna sebagai penyambung fungsi.

Ketik rumus pada sel D4 dan Tekan Enter. Copy ke bawah dengan cara Letakan pointer mouse di pojok kanan bawah sel tersebut sampai berubah menjadi tanda plus kecil lalu doubleklik atau drag ke bawah hingga semua sel terisi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penggunaan fungsi HOUR,MINUTE ,INTdan SECOND dalam Excel"

Posting Komentar