Fungsi IF

Fungsi IF adalah rumus fungsi yang di gunakan untuk menjumlahkan data dengan kriteria tertentu. Fungsi IF memiliki argumen =IF(logical_test ; value_if_true;value_if_false).

Logical_test adalah nilai yang akan di uji dengan operator pembanding. Dalam contoh dibawah, operator pembandingnya yaitu sama dengan ( = ) dan logical_test nya adalah C6=”K”

Value_if_true adalah nilai yang akan di isikan excel, jika logical_test bernilai benar dalam contoh di bawah yaitu “Kawin”
Value_if_false adalah Nilai yang akan di isikan oleh excel jika logical_test bernilai salah dalam contoh di bawah yaitu “Tidak kawin”



Keterangan gambar :

Untuk mengisi status pegawai ketentuanya adalah jjika di kode status terisi dengan huruf K maka berarti sudah kawin, jika selain K maka Tidak kawin. Di program excel pada komputer saya, huruf K ada di sel C6.

Penulisan rumus fungsinya adalah sbb : =IF(C6=”K”;”Kawin”;”Tidak Kawin”) kemudian tekan enter. Jika sudah benar letakan kursor di pojok Sel tsb sampai berubah menjadi tanda panah kecil lalu double klik atau drag ke bawah hingga terisi semuanya.

=(sama dengan) adalah tanda untuk setiap rumus harus di awali dengan tanda tsb
If adalah arti dari kata “Jika” dan harus di ikuti dengan tanda kurung buka ( (  ) dan di akhiri dengan tanda kurung tutup ( ) ).
C6 adalah sel C6.
Tanda (=) maksudnya adala sama dengan (Jika Sel C6 sama dengan).
“K” adalah tanda huruf K di sel C6 ( penting : huruf di dalam fungsi harus di awali dan di akhiri dengan tanda petik (“) karena teks bukan angka. Jika angka bisa langsung di ketik angka dan tidak menggunakan tanda apapun.
Tanda Titik koma (;) adalah maka.
“Kawin” adalah pernyataan benar di dalam C6 Jika C6 berisi tanda K maka berarti sudah kawin.
Tanda titik koma (;) adalah berarti selain itu,maksudnya selain tanda K.
“Tidak Kawin” adalah pernyataan salah jika di dalam sel C6 berisikan tanda selain K.

Cara pembacaanya jika di langsungkan yaitu jika di dalam sel C6 berisikan tanda K maka berarti sudah kawin,jika berisikan tanda selain K maka Tidak Kawin. Jika rumus yang Anda ketikan benar maka hasilnya akan ketemu, jika belum benar biasanya akan keluar peringatan tanda berupa kotak dialog yang menyatakan bahwa perintah rumus yang Anda ketikan belum benar.

Dan akhirnya, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa baca fungsi IF bercabang juga ya ? silahkan cari referensi artikel lain jika dirasa masih kurang paham. terima kasih dan semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi IF"

Posting Komentar