Fungsi IF dengan OR (Jika,atau)

Fungsi IF dengan OR di gunakan untuk mecari data Jika data 1 ATAU data lain (Jika A atau B )

Contoh :
Sebuah perusahaan akan memberi gaji tambahan pada karyawannya yang memilki jabatan Direktur ATAU Pimpinan sebesar Rp 500,000,- dan untuk jabatan selain itu gaji tambahannya Rp 100,000,-



Ketikan rumus seperti contoh tabel di atas. Letakan pointer di pojok kanan bawah sel tersebut sampai berubah menjadi tanda plus kecil dan drag ke bawah untuk mengisi sel sel yang masih kosong.

Pada dasarnya fungsi IF hanya menggunakan satu logical test dan dua argument yaitu argument benar dan argument salah. Biarpun ada gabungan fungsi lain.... karena fungsi lain tersebut akan di statuskan menjadi logical test. Begini....dalam contoh di atas :

IF adalah sebagai fungsi
OR(B30="Direktur";B30="Pimpinan")sebagai Logical_test dan harus di kurung karena ada penghubungnya yaitu ATAU, maksudnya OR(B30="Direktur" ATAU B30="Pimpinan")tanda titik koma(;) maksudnya "ATAU"
C30+500000 sebagai argument benar dan
C30+100000 sebagai argumen salah

Jika kursor di letakan di IF maka akan muncul argumen Logical_test,value_if_true atau argumen benar dan value_if_false atau argumen salah. Dan jika Logical_test di klik maka fungsi di point B di atas akan tersorot hitam sebagai Logical_test begitu pula untuk value_if_true dan value_if_false.
Semoga membantu.
Salam.
Amir.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi IF dengan OR (Jika,atau)"

Posting Komentar